Butuh rekomendasi kultum ramadhan terbaik? Simak daftar materi kultum terbaik di bawah ini. Bisa jadi rekomendasi pidato keagamaan singkat juga, lho!

Bulan ramadhan merupakan bulan yang identik dengan ibadah, baik itu puasa dan berbagai pengajian. Biasanya banyak pengajian atau ceramah tentang bulan ramadhan terbaru. Ceramah dalam pengajian selama bulan ramadhan juga biasanya dijadikan sebagai tugas bagi anak-anak sekolah dari berbagai jenjang pendidikan.

Ceramah puasa ramadhan biasanya merupakan kultum singkat tentang sholat 5 waktu dan tentang fokus ibadah selama bulan ramadhan. Superapp.id akan memberi daftar contoh ceramah singkat sebagai rekomendasi bagi Sedulur untuk mengisi kultum selama bulan ramadhan. Yuk, langsung saja kita simak kumpulan kultum ramadhan singkat di bawah ini!

Baca Juga: Selain Ramadhan, Macam-Macam Puasa Ini Perlu Kamu Tahu

-->

Rekomendasi Contoh Materi Kultum Ramadhan Terbaik!

1. Ibadah di Bulan Ramadhan

1. Ibadah di Bulan Ramadhan
okezone.com

Kultum tentang bulan ramadhan pertama yang pastinya dibawakan adalah kultum tentang sholat tepat waktu. Karena, bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan hikmah dan keberkahan, setiap ibadah akan mendapatkan pahala yang berlipat.

Oleh karena itu, biasanya kultum ramadhan akan membicarakan tentang keutamaan ibadah itu sendiri. Sedulur bisa menyampaikan tentang poin bagaimana ibadah di bulan ramadhan akan mendapatkan ganjaran yang luar biasa tinggi dan mendapatkan kedudukan yang spesial dari Allah SWT.

2. Sabar Menjalankan Ibadah Puasa di Tengah Pandemi

2. Sabar Menjalankan Ibadah Puasa di Tengah Pandemi
tribunnews.com

Kultum ramadhan tahun ini bisa Sedulur angkat terkait kesabaran dalam menjalan ibadah puasa di tengah pandemi. Kultum tentang sabar di tengah pandemi Covid-19 masih sangat relevan, mengingat pandemi yang masih menjadi ancaman saat ini, sedikit banyaknya mempengaruhi aktivitas ibadah kita.

Ceramah singkat tentang sabar juga bisa Sedulur kaitkan tentang hikmah shalat subuh dan keutamaan menjalankan sahur bagi yang hendak berpuasa. Sedulur bisa memberikan pemahaman agar jamaan ceramah menjadi lebih giat menjalankan sahur dan sholat subuh berjamaah, dengan tetap mengutamakan kesabaran menjalankan ibadah di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tak Terduga! Ternyata Ini 10 Manfaat Puasa Untuk Kesehatanmu

3. Hikmat Ibadah Puasa

3. Hikmat Ibadah Puasa
detik.com

Salah satu rekomendasi kultum lainnya adalah kultum tentang puasa. Sedulur juga bisa mengaitkan hikmat ibadah puasa dengan ceramah kesehatan. Bagaimana ibadah puasa ternyata dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Sedulur juga bisa mengutip Hadis Rasulullal SAW yang diriwayatkan oleh Ibu Majah dan Al-Hakim yang menyampaikan tentang hikmah puasa, berikut isi dari hadis yang dimaksud:

“Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa.” (Hadis Riwayat Ibnu Majah dan Al-Hakim).

4. Ikhlas di Bulan Puasa

4. Ikhlas Di Bulan Puasa
okezone.com

Bulan ramadhan juga merupakan bulan tentang ikhlas, Sedulur bisa memberikan materi kultum tentang ikhlas singkat. Kultum ramadhan tentang ikhlas merupakan materi yang umum disampaikan oleh setiap penceramah.

Terutama menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19, keikhlasan kita sebagai umat muslim memang sedang sangat diuji dalam ramadhan tahun ini dan tahun sebelumnya. Maka, materi kultum ramadhan tentang ikhlas merupakan rekomendasi yang sangat cocok untuk disampaikan.

5. Puasa Melatih Kendali Diri

5. Puasa Melatih Kendali Diri
merdeka.com

Rekomendasi ceramah tarawih singkat atau ceramah kultum ramadhan lainnya adalah tentang bagaimana ibadah puasa bisa melatih kendali atas diri. Karena ibadah puasa merupakan ibadah yang melatih setiap umatnya untuk mengendalikan hawa nafsu, baik itu amarah atau juga nafsu makan dan minum. Tema tentang kendali diri juga merupakan tema ceramah saat bulan ramadhan yang banyak disampaikan, dan bisa Sedulur jadikan sebagai rekomendasi kultum.

Sekian rekomendasi contoh kultum yang menarik yang disampaikan Superapp.id di atas yang bisa Sedulur gunakan sebagai rekomendasi ceramah, baik digunakan sebagai kultum ramadhan atau juga ceramah sholat tarawih. Jangan lupa untuk menghafal materi kultum di atas agar bisa disampaikan dengan sempurna.

Sedulur juga wajib menyiapkan segala persiapan untuk menyambut ramadhan agar menjalankan ibadah puasa dengan khidmat. Sedulur bisa membeli bahan untuk persiapan bulan ramadhan dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super, agar ibadah puasa Sedulur semakin khidmat dan hidup Sedulur lebih menguntungkan.