Bulan ramadhan sebentar lagi tiba, sholat tarawih akan kita laksanakan tiap malam. Yuk, mari kita hafalkan doa sholat tarawih, agar ibadah tarawih semakin khidmat dilakukan!

Sholat tarawih merupakan ibadah yang khusus dilaksanakan setiap bulan ramadhan. Dalam pelaksanaannya, Sedulur wajib membaca doa tarawih, baik itu sholat tarawih berajamaah di masjid dan doa sholat tarawih di rumah. Bacaan sholat tarawih dibaca setelah kita selesai melaksanakan ibadah sholat tarawih.

Nah kali ini, Superapp.id akan menyampaikan doa dan bacaan setelah sholat tarawih. Agar ibadah tarawih bisa dengan khidmat dan khusyu kita laksanakan, Sedulur wajib menghafal doa sholat tarawih. Namun, sebelum itu, untuk mengingatkan kembali, Sedulur juga wajib mengetahui bagaimana niat sholat tarawih itu sendiri.

Baca Juga: Bacaan Doa Sholat Dhuha & Terjemahan Latin, Mudah Dipahami!

-->

Niat Sholat Tarawih sebagai Imam

Niat Sholat Tarawih sebagai Imam
ayosemarang.com

Sebelum menghafal bacaan dan doa sholat tarawih, ada baiknya Sedulur menghafal kembali niat terawih itu sendiri. Superapp.id akan menyampaikan niat sholat tarawih dalam huruf latin untuk mempermudahnya. Terutama bagi Sedulur yang seringkali ditunjuk sebagai imam sholat tarawih, simak bacaan niatnya di bawah ini:

Ushalli sunnatat Tarwhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an imman lillhi ta‘l.

Artinya:

“Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.”

Niat Sholat Tarawih sebagai Makmum

Niat Sholat Tarawih sebagai Makmum
okezone.com

Berbeda dengan menjadi imam, sebagai makmun bacaan niat sholat tarawih pun berbeda. Sedulur wajib mengetahui bacaan niat baik sebagai makmum atau juga sebagai imam, sebelum Sedulur mengetahui bacaan doa setelah tarawih atau doa sholat tarawih. Simak niatnya di bawah ini:

Ushalli sunnatat Tarwhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an ma’mman lillhi ta‘l.

Artinya:

“Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

Doa Jeda Rakaat Sholat Tarawih

Doa Jeda Rakaat Sholat Tarawih
kumparan.com

Di sela-sela sholat tarawih, terdapat juga doa jeda shalat tarawih. Doa antara sholat tarawih satu ini dibacakan menjelang sholat witir. Berikut ini beberapa doa sholat tarawih dan witir yang bisa Sedulur baca

Allohumma inna Nas’aluka Ridhoka wal Jannah wa Na’udzhubika min Sakhotika wannaar

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon keridhoan-Mu dan surga, dan kami berlindung dari murka-Mu dan siksa neraka.

Setelah membaca membaca doa tersebut, jamaah biasanya akan dituntun oleh imam untuk langsung melakukan sholat witir, untuk menutup ibadah sholat tarawih itu sendiri. Setelah sholat witir, terdapat bacaan doa yang disebut dengan nama doa kamilin.

Baca Juga: Doa Pernikahan Untuk Pengantin Baru Dalam Islam + Artinya

Doa Sholat Tarawih; Doa Kamilin

Doa Sholat Tarawih, Doa Kamilin
okezone.com

Berikut itu doa sholat tarawih dan artinya yang bisa Sedulur baca. Agar lebih mudah Sedulur baca dan hafalkan, Superapp.id akan menyampaikan doa kamilin latin, berikut doanya:

Allahummaj’alna bilimani kamilin, wa lil Faraidi Muaddin, walis sholati hafidzin, wa lizzakati fa’ilin, wa lima indaka thalibin, wa li afwika rajiin, wa bil huda mutamassikin, wa ‘anil laghwi mu’ridhi, wa fid dunya zahidin, wa fil akhirati raghibin, wabil qadhai radhiin, wa lin na’mai syakirin,

wa ‘alal bala’ shabirin, wa tahta liwai sayyidina muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyamati sa’irin, wa ilal haudi waridin, wa ilal jannati dahilin, wa minan nari naajiin, wa ‘ala sariril karamati qa’idin,

wa min khurin ‘inin mutazawwijin, wa min sundusin wa istabraqin, wa dibaajin mutalabbisin, wa min tha’amil jannati akilin, wa min labanin wa’asalin mushaffaini syaribin, bi akwabin wa abariqa wa ka’sin min ma’in, ma’al ladzina an’amta alaihim minan nabiyyina was shiddiqiina was syuhada’i was sholihin, wa hasuna ula’ika rafiqaa, dzalikal fadhlu minallahi. Wa kafa billahi ‘alima.

Allahummaj’alna fi hadzas syahri syarifatil mubarakati minas su’ada’il maqbulin. Wa laa taj’alna minal azkiya’il marduudin. Wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin, wa ‘aalihi wa sahbihi ajma’in. birahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang melaksanakan kewajiban-kewajiban terhadap-Mu, yang memelihara sholat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan ketentuan, yang bersyukur atas nikmat yang diberikan, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, sampai kepada telaga (yakni telaga Nabi Muhammad) yang masuk ke dalam surga, yang duduk di atas dipan kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu yang murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Tata Cara Sholat Tarawih

Tata Cara Sholat Tarawih
ohmedia.my

Setelah mengetahui bacaan doa setelah sholat tarawih latin di atas, tentu saja Sedulur juga harus mengetahui tata cara sholat tarawih, baik tata cara imam shalat tarawih maupun makmum. Simak tata cara dan langkahnya di bawah ini:

  • Membaca niat sholat tarawih
  • Membaca takbiratul ihram
  • Membaca ta’awudz dan surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat yang ada di dalam Al-Quran
  • Rukuk
  • I’tidal
  • Sujud pertama
  • Duduk diantara dua sujud
  • Bangkit dari duduk
  • Salam pada rakaat kedua
  • Mengucap istighfar
  • Sholat Witir 3 rakaat 1 salam

Semoga bacaan doa sholat tarawih yang telah dijelaskan oleh Superapp.id  di atas bisa Sedulur amalkan dan semoga informasi terkait tata cara sholat tarawih di atas bisa semakin menyempurnakan doa sholat tarawih Sedulur Super. Sedulur juga bisa menghafal doa sholat tarawih di atas agar lebih khidmat dan khusyu menjalankan ibadah sholat tarawih.

Sebelum artikel ini akhiri, untuk menyambut bulan ramadhan Sedulur bisa menyiapkan bahan-bahan kebutuhan sehari-hari dengan membelinya di Aplikasi Super. Banyak bahan kebutuhan puasa, baik itu untuk sahur dan berbuka, bisa Sedulur dapatkan dengan harga murah. Harga murah dan sekaligus kualitas baik dan terjamin, merupakan sebuah kemewahan dan kemeriahan yang bisa didapatkan oleh Sedulur Super sekalian.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan mulai menggunakan Aplikasi Super untuk belanja kebutuhan sehari-hari dan tentu saja kebutuhan selama menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba!