Sedulur tahu tanaman kumis kucing? Jika iya, apakah Sedulur tahu manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan? Jika belum, simak ulasannya di bawah ini.

Kumis kucing merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Nama latin kumis kucing dan manfaatnya, yaitu Orthosiphon aristatus, yang termasuk famili tanaman Lamiaceae. Tanaman kumis kucing dan manfaatnya sudah dikenal sebagai tanaman obat alami atau obat herbal.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas manfaat pohon kumis kucing juga manfaat kumis kucing bagi kesehatan. Walaupun  bentuk daun kumis kucing dan gambar pohon kumis kucing terlihat unik karena identik dengan hewan kucing, namun hal tersebut tidak menutup manfaat tumbuhan kumis kucing itu sendiri.

Sedulur bisa mendapatkan manfaat daun kumis kucing dengan cara merebus daun kumis kucing, agar kandungan kalium, glikosida, orthosiphonin dapat secara efektif menurunkan kadar asam urat, fosfat dan oksalat dalam tubuh. Lantas, apa saja daftar manfaat daun kumis kucing untuk tubuh? Yuk, mari langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Tak Terduga! Ternyata Ini 10 Manfaat Puasa Untuk Kesehatanmu

Manfaat Bunga Kumis Kucing Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menyembuhkan Infeksi  Saluran Kemih

1. Menyembuhkan Infeksi  Saluran Kemih
detik.com

Manfaat kumis kucing untuk kesehatan adalah dapat menyembuhkan infeksi saluran kemih. Hal tersebut disebabkan karena tanaman kumis kucing efektif dalam melawan infeksi. Bagi seseorang yang terkena penyakit ISK (infeksi saluran kemis) sangat disarankan mengkonsumsi banyak air oleh dokter.

Salah satu air yang bisa bermanfaat untuk menyembuhkan ISK adalah air rebusan kumis kucing. Sedulur bisa mengambil 4 hingga 5 lembar daun kumis kucing lalu rebus hingga mendidih. Minum air rebusan sebanyak tiga kali dalam sehari, dari pagi, siang hingga malam sebelum tidur.

2. Mengobati Gangguan Ginjal

2. Mengobati Gangguan Ginjal
alodokter.com

Kegunaan daun kumis kucing selanjutnya sangat efektif untuk mengobati gangguan ginjal. Hal ini dapat terlihat dari kebiasaan orang di Pulau Jawa yang menyebut tanaman kumis kucing dengan nama tanaman ginjal. Karena, manfaat kumis kucing untuk ginjal sangat efektif dan sudah terbukti ampuh.

Terutama gangguan ginjal yang paling umum, yaitu penyakit batu ginjal. Kabarnya, kumis kucing dapat meleburkan dan sekaligus menghancurkan batu ginjal yang berukuran 5 cm. Cara bisa Sedulur konsumsi air rebusan kumis kucing, atau mengolahnya dengan cara menghaluskan sebanyak 50 gram daun kumis kucing, lalu tambahkan air sebanyak 150 ml dan aduk rata. Saring dan kemudian minum airnya. Sedulur juga bisa menambahkan madu agar semakin nikmat.

3. Mengatasi Rematik

3. Mengatasi Rematik
halodoc.com

Tumbuhan kumis kucing juga dikenal dapat mengatasi rematik. Rematik merupakan penyakit otot atau persendian yang mengalami peradangan atau pembengkakan. Cara mengolah daun atau bunga kumis kucing agar dapat mengatasi rematik sangat mudah. Pertama siapkan 5 lembar daun kumis kucing lalu rebus hingga mendidih menggunakan 3 gelas air.

Tiriskan air rebusan, lalu minum sebanyak 3 kali dalam satu hari. Sekali minum jangan terlalu banyak, cukup minum setengah gelas saja. Dan lakukan selama satu minggu, rasa pegal pada otot dan persendian dijamin akan hilang dan Sedulur bisa kembali beraktivitas dengan semangat.

Baca Juga: [20+] Manfaat Daun Katuk dan Kandungannya Untuk Kesehatan

4. Meredakan Batuk

4. Meredakan Batuk
tribunnews.com

Kumis kucing juga merupakan obat alami. Obat herbal kumis kucing telah terbukti ampuh untuk meredakan batuk. Bagi Sedulur yang sedang menderita batuk yang cukup akut, atau sulit sembuh. Sedulur bisa menggunakan kumis kucing untuk meredakannya. Cara mengolahnya pun sangat mudah.

Untuk mendapatkan manfaat daun kumis kucing dalam meredakan batuk, Sedulur tinggal menyiapkann 15-20 gram lalu tambahkan air sebanyak 1 gelas. Rebus air hingga mendidih, tiriskan air rebusan dalam minum sebanyak satu gelas. Cukup minum satu gelas untuk satu hari, jangan lebih dari itu, karena bisa memberikan efek samping bagi tubuh jika berlebih.

5. Mengatasi Masalah Pernafasan

5. Mengatasi Masalah Pernafasan
klikdokter.com

Manfaat daun kumis kucing selanjutnya adalah dapat secara efektif mengatasi masalah pernafasan. Hal tersebut disebabkan daun kumis kucing yang mengandung senyawa yang bisa meredakan sakit asma dan batuk-batuk yang mengganggu pernafasan. Hal itu juga yang membuat daun kumis kucing sering digunakan sebagai bahan utama obat herbal untuk mengatasi sakit pernafasan.

Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat daun kumis kucing untuk pernafasan, Sedulur harus menggunakannya sesuai dosis, jangan terlalu berlebihan menggunakannya, karena dapat memberikan efek samping. Oleh karena itu, penggunaan kumis kucing sebagai obat herbal harus sesuai pengawasan ahli obat herbal dan konsultan kesehatan.

6. Mengobati Gusi Bengkak

6. Mengobati Gusi Bengkak
ayosemarang.com

Sebenarnya, ketika mengalami gusi bengkak atau gusi berdarah, Sedulur bisa meredakannya hanya dengan berkumur menggunakan air garam. Namun, terdapat cara yang lebih ampuh untuk menyembuhkan gusi bengkak atau gusi berdarah, yaitu dengan berkumur menggunakan air rebusan kumis kucing.

Karena salah satu manfaat daun kumis kucing adalah dapat mengobati peradangan pada gusi dan sekitar mulut. Sedulur hanya tinggal berkumur menggunakan air rebusan kumis kucing, lakukan setiap selesai makan. Berarti, Sedulur bisa melakukannya sebanyak tiga kali dalam sehari. Hal ini juga bisa sekaligus menjadi terapi bagi gusi dan mulut.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

7. Mengontrol Kadar Gula Darah
kompas.com

Kadar gula darah dalam tubuh harus selalu dikontrol, agar Sedulur terhindar dari berbagai penyakit kronis, anggap saja salah satunya obesitas dan juga diabetes. Untuk melakukannya, Sedulur bisa menggunakan air rebusan daun kumis kucing. Karena manfaat daun kumis kucing lainnya yaitu dapat mengontrol kadar gula darah. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kumis kucing yang dapat secara efektif mengontrol gula darah dalam tubuh.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
alodokter.com

Bukan hanya mengontorl kadar gula darah, manfaat daun kumis kucing selanjutnya juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan dan zat anti peradangan dalam daun kumis kucing yang dapat secara efektif menurunkan kadar tekanan darah tinggi.

Kandungan atau zat kimia lainnya yang terdapat dalam kumis kucing adalah methylripariochromene yang dapat secara efektif mengurangi tekanan darah. Rutin minum air rebusan daun kumis kucing sebanyak dua kali selama satu hari. Akan cukup untuk meredakan tekanan darah tinggi.

9. Mengurangi Gatal Karena Alergi

9. Mengurangi Gatal Karena Alergi
liputan6.com

Bagi Sedulur yang memiliki alergi dan selalu membuat Sedulur gatal-gatal, Sedulur dapat menggunakan manfaat daun kumis kucing untuk mengatasi hal tersebut. Karena salah satu manfaat daun kumis kucing adalah dapat mengurangi gatal-gatal pada kulit tubuh. Sedulur cukup mengkonsumsi air rebusan daun kumis kucing sebanyak 4 hingga 2 gelas dalam satu hari.

10. Membantu Proses Detoksifikasi

10. Membantu Proses Detoksifikasi
sehatq.com

Tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi secara otomatis, namun jika terlalu banyak kandungan racun dalam tubuh, tubuh pun akan kesulitan melakukannya. Sedulur bisa menggunakan manfaat daun kumis kucing untuk membantu proses detoksifikasi dalam tubuh berjalan lancar.

Air rebusan kumis kucing juga merupakan salah satu minuman herbal dan juga jamu yang sering diminum untuk melancarkan proses detoksifikasi. Terutama bagi masyarakat di Pulau Jawa, yang telah melakukan hal tersebut sejak lama.

11. Anti Jamur

11. Anti Jamur
alodokter.com

Manfaat daun kumis kucing terakhir adalah dapat menjadi anti jamur untuk tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan dari kumis kucing yang dapat mencegah parasit dan zat asin masuk ke dalam tubuh. Bagi para pendiri infeksi jamur yang sudah mengalami peradangan, Sedulur bisa mulai mengkonsumsi daun kumis kucing.

Namun, jangan mengkonsumsinya dalam jangka panjang, karena dapat mengurangi kadar natrium dalam tubuh, terutama bagi ibu hamil, jika bisa dan sangat disarankan harus mengurangi konsumsi kumis kucing demi kesehatan janin dan ibu hamil itu sendiri.

Semoga penjelasan mengenai manfaat daun kumis kucing yang telah dihimpun oleh Superapp.id di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur terkait fungsi dan manfaat tumbuhan yang mungkin sering ditemui. Tentu saja, Sedulur harus senantiasa menjaga kesehatan agar tetap bugar dalam beraktivitas.

Sedulur bisa menjaga asupan gizi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Agar semakin menguntungkan, Sedulur bisa membeli bahan makanan sehat dan bergizi di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super. Selamat mencoba!