Mengajari anak untuk menghormati orang tua sejak dini merupakan hal yang penting, simak tips dan cara jitu di bawah ini!

Sebagai orang Indonesia yang hidup dengan adat istiadat ketimuran, sudah menjadi hal yang penting untuk hormat kepada orang tua. Banyak cara menghormati orang tua yang bisa dilakukan, bagi kita yang sudah dewasa, untuk menghormati orang yang lebih tua atau menghormati orang tua dan guru merupakan hal yang tidak begitu sulit.

Namun, hal tersebut akan berbeda dengan anak-anak, terutama anak usia dini. Maka dari itu, menjadi penting mengajari sikap hormat kepada orang tua sejak dini, karena dengan menguasai dan mengerti pentingnya sikap menghormati orang tua, akan membantu pertumbuhan psikologi anak itu sendiri.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan bagaimana kamu menunjukkan rasa hormat terhadap orang tua yang ditanamkan kepada anak sejak dini. Salah satu cara ampuh adalah dengan berikan contoh cara menghormati guru di sekolah, mengasihi orang tua, menjelaskan  apa saja contoh hormat kepada orang tua dan lain sebagainya.

-->

Lalu apa saja cara menghargai orang tua dan bagaimana kamu menunjukkan rasa hormat kamu terhadap orang tua yang wajib dipahami oleh anak-anak? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Belajar Membaca Anak TK [Cepat, Mudah & Efektif]

Cara Jitu Mengajarkan Anak Menghormati Orang Tua

1. Jadi Teladan yang Baik Bagi Anak

1. Jadi Teladan yang Baik Bagi Anak
jalandamai.org

Mengajari sesuatu kepada anak akan lebih mudah dengan memberikan contoh, anak juga merupakan seorang peniru ulung. Segala hal yang dilakukan orang tua, akan ditiru dengan baik oleh anak. Mengajari patuh kepada orang tua, bisa dimulai dengan memberikan contoh agar Sedulur sebagai orang tua bisa menjadi teladan yang baik bagi anak.

Karena menghormati orang tua di rumah adalah bentuk pelaksanaan rasa kasih sayang kepada orang tua itu sendiri. Dengan menjadi teladan dan memberi contoh, mengajarkan kepada anak akan lebih mudah.

2. Jangan Memperlakukan Anak Seperti Anak Kecil

2. Jangan Memperlakukan Anak Seperti Anak Kecil
tirto.id

Jika Sedulur ingin dihormati oleh anak, Sedulur juga wajib menghormati anak Sedulur. Jangan memperlakukan anak seperti anak kecil, perlakukan anak seolah sebagai orang dewasa. Agar cara menghormati orang tua bisa cepat diserap oleh anak. Dengan saling menghormati satu sama lain, segala sesuatu akan berjalan dengan lancar. Komunikasi akan berlangsung dua arah dan tidak akan terjadi pemaksaan yang merugikan anak.

3. Jangan Berbohong Pada Anak

3. Jangan Berbohong Pada Anak
bukalapak.com

Jangan sekali-kali berbohong kepada anak, karena ketika Sedulur ketahuan berbohong oleh anak, Sedulur akan kehilangan kehormatan di mata sang anak. Segala sesuatu yang Sedulur ajarkan akan dipentalkan oleh anak, dan anak akan cenderung melawan dan tidak mendengarkan Sedulur sebagai orang tua, jika kehormatan Sedulur sebagai orang tua telah luntur di mata anak. Berbohong pada anak juga menunjukan sifat tidak dewasa kepada kita sebagai orang tua.

4. Berbicara dengan Tegas

4. Berbicara dengan Tegas
detik.com

Menjadi tegas dan galak sebagai orang tua adalah dua hal yang berbeda. Ketika Sedulur menjadi orang tua yang tegas dan didengarkan oleh anak, hal tersebut menunjukan bahwa Sedulur merupakan orang tua yang dihormati oleh anak. Berbeda ketika Sedulur menjadi orang tua yang galak, pertanda Sedulur sudah kewalahan dan anak tidak begitu menghormati Sedulur.

5. Bersikap Konsisten Sebagai Orang Tua

5. Bersikap Konsisten Sebagai Orang Tua
fayzarulife.com

Jangan sekali-kali Sedulur bersikap plin-plan dan tidak konsisten, karena akan muncul pertanyaan pada anak dan anak pun akan meragukan Sedulur sebagai orang tua. Jangankan bisa mengajari rasa hormat kepada orang tua. Setiap perkataan Sedulur jika tidak konsisten, tidak pernah akan didengarkan lagi oleh sang buah hati. Menjadi konsisten merupakan salah satu kunci untuk memberikan pelajaran agar anak menghormati orang tua.

Baca Juga: 20 Cerita Fabel Terbaik Untuk Si Kecil, Penuh Pesan Moral

6. Hargai Hak Anak

6. Hargai Hak Anak
winnetnews.com

Sama dengan menghormati anak Sedulur itu sendiri, menghargai hak anak juga dapat menumbuhkan rasa hormat anak kepada orang tua. Bukan hanya hak mendapatkan kasih sayang dan asupan nutrisi yang cukup. Hak seperti bermain, bertamasya dan bersenang-senang juga merupakan hal penting yang perlu Sedulur perhatikan. Menghargai hak anak, sama dengan menghargai hak Sedulur sebagai orang tua itu sendiri.

7. Bersikap Jujur dan Memberikan Penjelasan

7. Bersikap Jujur dan Memberikan Penjelasan
klikdokter.com

Anak-anak akan selalu bertanya tentang apapun dan juga akan selalu penasaran terhadap segala sesuatu yang tidak mereka pahami. Untuk menghadapi hal tersebut, Sedulur sebagai orang tua harus bersikap jujur dan memberikan penjelasan sebaik mungkin. Dengan begitu, perasaan hormat akan muncul dari anak kepada orang tua. Sedulur juga akan mendapatkan perasaan bahagia ketika anak tidak lagi penasaran dengan pertanyaan tertentu.

Rasa penasaran pada anak, menunjukan bahwa anak memiliki keingintahuan yang tinggi, yang merupakan sebuah pertanda bahwa anak tersebut memilki kemampuan kognitif yang baik.

8. Jangan Gengsi Meminta Maaf Pada Anak

8. Jangan Gengsi Meminta Maaf Pada Anak
kumparan.com

Jika Sedulur memiliki kesalahan pada anak, segeralah meminta maaf dan jangan sekali-kali gengsi meminta maaf. Karena perilaku Sedulur sebagai orang tua akan ditiru oleh sang anak. Anak juga akan meminta maaf segera ketika anak memiliki kesalahan atau ketika anak mengetahui kesalahannya. Meminta maaf dan mengakui kesalahan merupakan sikap yang terpuji yang akan membesarkan hati sang anak itu sendiri.

9. Berkomunikasi dengan Anak

9. Berkomunikasi dengan Anak
liputan6.com

Biasakan untuk berkomunikasi dengan anak, berikan cerita kepada anak, baik itu dongeng atau pengalaman Sedulur sebagai anak-anak di masa lalu. Dengan menjalin komunikasi dengan anak secara rutin, hal tersebut akan menumbuhkan rasa hormat dari anak kepada Sedulur sebagai orang tua.

10. Ungkapkan Kasih Sayang Pada Anak

10. Ungkapkan Kasih Sayang Pada Anak
fimela.com

Untuk dapat mengajari anak agar menghormati orang tua, Sedulur harus dengan rutin mengungkapkan rasa kasih sayang Sedulur pada anak. Agar anak Sedulur mengetahui betapa berharganya perasaan sayang dari Sedulur sebagai orang tua. Hal tersebut akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak Sedulur.

Memperhatikan tumbuh kembang anak merupakan hal yang sangat penting, termasuk mengajari anak agar menghormati orang tua. Semoga pembahasan di atas bisa menjadi refensi dan rujukan bagi Sedulur untuk menemani tumbuh kembang anak, baik dalam hal pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikologi anak. Jangan lupa juga seimbangi dengan asupan makanan anak, agar fisik dan psikis anak tumbuh seimbang.

Sedulur bisa mendapatkan berbagai asupan bergizi untuk anak dengan membelinya di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini dan langsung melakukan transaksi untuk setiap kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan gizi anak. Selamat mencoba dan pastikan sang anak tumbuh sebagaimana mestinya.