bisnis rumahan

Tertarik menjalankan bisnis rumahan yang bisa mengantarkan keuntungan dengan modal kecil? Simak daftarnya di bawah ini. Super mudah, lho!

Terdapat banyak peluang bisnis modal kecil yang bisa Sedulur jalankan di rumah. Banyak bisnis yang menjanjikan yang bisa Sedulur jalankan di rumah, terlebih lagi dengan kecanggihan teknologi dan media sosial saat ini membuat ide bisnis rumahan memiliki nilai keuntungan yang sangat potensial.

Jika berbicara apa bisnis yang menguntungkan saat ini, jawabannya jelas dengan menjalankan ide bisnis rumahan. Banyak aneka bisnis terbaru, bisnis kekinian, bisnis menggiurkan, dan bisnis modal kecil untung besar yang dihasilkan dengan menjalankan bisnis rumahan modal kecil.

Belum lagi, grafik angka yang menjalankan bisnis rumahan menunjukan peluang usaha sampingan yang sangat tinggi. Lalu apa saja bisnis rumahan yang bisa menjadi lowongan bisnis bagi Sedulur yang sedang mencari mencari peluang usaha jualan modal kecil? Yuk, mari kita langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Ini Dia 5 Daftar Agen Frozen Food Surabaya Terbaik & Murah

Daftar Bisnis Rumahan Tahun 2021, yang Super Mudah dengan Modal Kecil

1. Bisnis PPOB/pulsa dan paket internet

bisnis rumahan
Bandung Media

PPOB atau Payment Point Online Bank merupakan sebuah layanan yang menyelenggarakan pembayaran atau pembelian online. Pembayaran online saat ini merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh masyarakat, mulai dari membayar pulsa, internet, listrik dan lain sebagainya.

Membuka bisnis PPOB melihat kebutuhan saat ini merupakan salah satu peluang bisnis rumahan yang lagi trend saat ini sedang dilakukan. Sedulur bisa menawarkan beberapa jasa pembayaran dan transaksi kebutuhan masyarakat. Sebagaimana sistem perbankan yang lebih ramah dan lebih mudah yang bisa dinikmati pelayanannya oleh masyarakat.

Kebutuhan akan pulsa dan paket internet saat ini juga sangat tinggi, karena hampir seluruh masyarakat telah memiliki handphone yang membutuhkan internet dan pulsa. Tentu bisnis ini sangat menarik untuk dicoba 

2. Jual hijab dan jilbab

NBRS Corp
 

Usaha rumahan yang lagi trend yang bisa Sedulur coba saat ini adalah menjual jilbab. Hal tersebut didukung dengan jilbab yang saat ini telah menjadi tren. Hal tersebut tentu saja bisa sangat menguntungkan Sedulur. Sedulur bisa menggunakan sebagian ruangan di rumah Sedulur yang digunakan sebagai gudang dan juga tempat untuk menjual jilbab.

Terutama di waktu yang saat ini akan memasuki bulan puasa dan lebaran Idul Fitri. Membuat usaha jilbab yang Sedulur lakukan akan semakin laris. Karena pola menjual jilbab sangat dipengaruhi dengan momen-momen hari keagamaan seperti bulan puasa dan lebaran Idul Fitri. Sedulur bisa segera mencobanya, jangan sampai menyia-nyiakan.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Kreatif Untuk Anak Muda, Modal di Bawah 1 Juta!

3. Bisnis kecantikan dan kosmetik

3. Bisnis Kosmetik
Okezone

Bisnis kosmetik saat ini sedang menjadi bisnis rumahan yang lagi trend, hal tersebut disebabkan oleh trend masyarakat, terutama wanita, yang sangat memperhatikan kesehatan kulit wajah dan tubuh. Kosmetika dapat menunjang penampilan menjadi lebih prima dan lebih menarik. Sedulur bisa memanfaatkan momen yang sedang trend saat ini sebagai sebuah kesempatan untuk mendapatkan penghasilan.

Sedulur tinggal mencari supplier yang menawarkan berbagai kosmetik, cari kosmetik dengan produk yang bagus dan harga terjangkau. Lalu jual secara online, Sedulur bisa menjalankan usaha satu ini dari rumah tanpa membutuhkan tempat dan mengeluarkan uang untuk sewa tempat. Dijamin sangat menguntungkan.

4. Bisnis isi ulang air

4. Isi Ulang Air Minum
Enterpreneur Bisnis

Selain menguntungkan, bisnis rumahan yang lagi trend selanjutnya adalah menjalankan jasa air minum isi ulang. Usaha satu ini sangat dibutuhkan dan dapat membuat Sedulur bisa mendapatkan pemasukan dan keuntungan setiap harinya. Hampir di setiap rumah menggunakan jasa isi ulang air minum yang digunakan sebagai pasokan air bersih. Selain itu, bisnis satu ini juga sangat potensial untuk berkembang dan menjadi sebuah usaha rumahan yang sukses besar.

5. Bisnis kue kering

5. Jual Kue Kering
Kompas

Bisnis rumahan yang lagi trend selanjutnya adalah menjual kue kering. Menjual kue kering sebenarnya memiliki trend tersendiri, biasanya memasuki momen hari raya keagamaan, seperti lebaran dan natal. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan masyarakat Indonesia yang menyuguhkan kue untuk merayakan kebersamaan dan berkumpul di hari raya Idul Fitri.

6. Bisnis jasa jahit

Atursaja
 

Bisnis rumahan yang lagi trend yaitu usaha menjahit. Menjahit merupakan keterampilan khusus yang tidak semua orang memilikinya dan Sedulur cukup beruntung bila ternyata memiliki kemampuan dibidang tersebut. Sedulur bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menerima jahitan dari orang-orang di sekitar rumah Sedulur, dari keluarga hingga teman-teman Sedulur. Sedulur hanya membutuhkan modal mesin jahit.

7. Bisnis laundry

bisnis rumahan
UMKaeM

Jenis usaha rumahan yang lagi trend yang bisa Sedulur coba selanjutnya adalah membuka usaha laundry. Dengan menjalankan usaha ini, Sedulur yang merupakan seorang karyawan juga bisa menjalankannya dengan mudah. Karena usaha satu ini bisa dijalankan di rumah

Pekerjaan tetap bisa dilakukan dan usaha laundry tetap bisa berjalan. Terutama jika Sedulur sebagai karyawan yang memiliki rumah di daerah pendidikan atau perkantoran. Membuka usaha ini akan mengantarkan keuntungan, karena mahasiswa atau pekerja biasanya tidak ada waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri.

8. Bisnis katering

8. Bisnis Katering
Berkahcatering

Bisnis rumahan yang lagi trend lainnya adalah membuka usaha katering, sama dengan usaha laundry, usaha satu ini juga bisa dijalankan di rumah dengan mudah dan bisa dijalankan bagi Sedulur yang memiliki pekerjaan utama. Terutama, jika Sedulur tinggal di daerah perkantoran, usaha satu ini sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Membuka warung makan atau bisnis katering sebagai usaha rumahan yang menjanjikan sangat wajib dicoba. Bagi Sedulur yang memiliki bakat memasak, sebaiknya mencoba membuka warung makan. Untuk menentukan jenis makanan yang akan dijual, sebaiknya memperhatikan lingkungan sekitar.

Kebutuhan makan merupakan kebutuhan utama, banyak pekerja yang membutuhkan makan siang di tengah waktu kerja yang dilakukan. Terutama jika Sedulur jago masak dan memiliki beberapa anggota keluarga yang bisa diajak bekerja sama untuk mengurus usaha sampingan karyawan satu ini. Dijamin menguntungkan!

9. Bisnis di bidang fashion

9. Bisnis di Bidang Fashion
Kumparan

Inspirasi usaha di bidang fashion memang cukup menjanjikan dan menguntungkan karena produk ini akan selalu dibutuhkan dan sangat mudah diserap oleh masyarakat secara luas sehingga tidak terlalu sulit untuk menggaet target pasar. Hal tersebut yang menjadikan bisni fashion merupakan salah satu usaha rumahan yang lagi trend saat ini.

Pakaian beserta aksesoris kini menjadi sebuah kebutuhan yang penting untuk dipenuhi oleh beberapa orang. Selain menambah rasa percaya diri juga terlihat lebih rapi dan menarik untuk dipandang. Fashion sangat menarik untuk diikuti dan digunakan sebagai ajang eksplorasi dalam memadupadankan apa yang akan digunakan, bentuk, motif serta warna.

10. Membuka warung kopi

10. Membuka Warung Kopi
Kompas

Dengan modal usaha yang tidak begitu besar, warung kopi sederhana adalah salah satu inspirasi usaha rumahan yang lagi trend yang menguntungkan di tahun 2021 ini. Jika Sedulur Super amati, hampir di setiap wilayah baik di perkampungan hingga kawasan perkotaan Sedulur Super menjumpai banyak warung kopi dengan berbagai nama yang unik.

Nah, ini adalah kesempatan terbaik bagi Sedulur Super untuk dijadikan sebagai inspirasi usaha di kampung. Menarik, bukan?Namun sebelum Sedulur Super memulai usaha warung kopi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar usaha warung kopi Sedulur Super berjalan sesuai rencana dan tentunya akan membawa keuntungan.

11. Jasa service elektronik

11. Service Elektronik
Alamatelpon

Bagi Sedulur yang memiliki bakat dan skill di bidang elektronik, dan memiliki ketertarikan dalam hal memperbaiki suatu, jenis usaha rumahan modal kecil untung besar satu ini sangat cocok untuk Sedulur lakukan. Semakin hari semakin banyak gadget yang dikeluarkan, dan juga semakin banyak masyarakat yang menggunakan gadget.

Setiap gadget atau barang elektronik yang digunakan juga ada kemungkinan rusak, pada titik ini peluang usaha servis elektronik bisa berjalan. Sedulur juga bisa membuat usaha ini di rumah tanpa harus menyewa toko atau tempat usaha.

12. Jasa cuci motor

12. Jasa Cuci Motor
Suara

Jenis bisnis rumahan yang lagi trend selanjutnya adalah membuka tempat cuci motor. Saat ini, setiap keluarga pasti memiliki motor sebagai kendaraan utamanya, dan biasanya bagian mencuci motor adalah hal yang paling malas untuk dilakukan. Kebiasaan ini yang menjadi peluang bagi usaha rumahan modal kecil untung besar satu ini.

Tidak usah memikirkan modal untuk membeli peralatan cuci motor yang canggih dan lengkap. Di awal memulai usaha rumahan modal kecil untung besar ini, hanya dengan bermodalkan air keran, selang, kain lap, sikat dan detergen pembersih, usaha satu ini bisa dijalankan dengan lancar.

13. Jasa cuci sepatu

13. Cuci Sepatu
Winnetnews

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis cuci sepatu mulai populer dikalangan remaja. Namun pengusaha yang memulai usaha ini masih tergolong sedikit, sehingga ini bisa menjadi peluang bagi Sedulur untuk memulai usaha rumahan yang lagi trend satu ini dan mendapatkan keuntungan besar darinya.

Harga sepatu kini semakin mahal, meski merek lokal sekalipun. Dengan harga sepatu yang mahal, mereka tentu berhati-hati dalam merawatnya. Agar meminimalisir resiko kerusakan, pemilik sepatu biasanya lebih memilih jasa cuci sepatu yang profesional. Memulai usaha ini pun juga tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan modal 3-5 juta, Sedulur Super sudah bisa memulai usaha ini.

14. Bisnis jasa foto dan video

14. Jasa Foto dan Video
Blog Elo7

Salah satu ide bisnis rumahan yang bisa Sedulur coba adalah membuka studio foto atau video yang memberikan jasa dokumentasi untuk segala keperluan. Ditambah lagi, membuka usaha ini akan sangat menguntungkan di tengah menggeliatnya usaha online shop.

Online shop mengharuskan setiap perusahaan memiliki foto produk yang sangat bagus dan memadai, hal tersebut bisa dilihat sebagai peluang dengan membuka tempat usaha jasa foto dan video. Walaupun memang modal yang dikeluarkan cukup besar, namun pemasukannya pun tidak kalah luar biasa.

15. Menjual makanan ringan

15. Menjual Makanan Ringan
Liputan6

Bisnis rumahan dengan modal kecil namun untung besar adalah dengan menjual camilan dan makanan ringan. Ditambah lagi, telah banyak contoh sukses yang melakukan usaha ini yang telah terbukti menghasilkan keuntungan yang lumayan. Hal yang membuat usaha ini menjadi menguntungkan adalah karena banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai camilan. Masyarakat Indonesia sering kali menghabiskan waktu luang dengan ngemil makanan ringan.

16. Bisnis aneka minuman

16. Aneka Minuman
Merdeka

Jenis bisnis rumahan selanjutnya yang bisa memberikan Sedulur keuntungan adalah menjual aneka jenis minuman, baik jus buah, kopi atau thai tea, baik dingin maupun hangat. Menjalankan usaha ini juga bisa Sedulur lakukan di rumah dan bisa dijalankan dengan modal yang kecil.

17. Menjual sarapan

17. Menjual Sarapan
IDNtimes

Peluang usaha ini muncul disebabkan karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang jarang memasak di pagi hari. Untuk mengatasi rasa lapar di pagi hari, banyak masyarakat yang memilih untuk membeli sarapan ketimbang membuatnya sendiri. Hal tersebut yang menjadikan jenis usaha rumahan ini memberikan peluang besar untuk Sedulur Super dan bisa memberikan keuntungan yang super melimpah.

18. Bisnis kerajinan tangan

18. Menjual Kerajinan Tangan
BP-Guide.ID

Jenis bisnis rumahan yang bisa Sedulur lakukan adalah membuka toko yang menjual karya tangan dan cinderamata. Terutama bagi Sedulur Super yang memiliki rumah di daerah strategis seperti di samping jalan raya dan tinggal di tempat wisata. Banyak karya tangan dan cinderamata seperti tas, sepatu hingga berbagai pernak-pernik rumah bisa Sedulur buat. Keuntungan dengan membuat usaha rumahan jenis ini adalah Sedulur tidak memerlukan banyak modal.

19. Menjual tanaman hias

19. Menjual Tanaman Hias
detik.com

Usaha rumahan yang sedang trend saat ini adalah menjual tanaman hias, menjual tanaman hias bisa sangat menguntungkan. Karena selain bisa mempercantik halaman depan rumah atau interior rumah, tanaman hias juga memiliki fungsi untuk sirkulasi udara di rumah kita.

20. Reseller online

20. Reseller Online
paper.id

Menjadi reseller bisa sangat menguntungkan di era digital saat ini. Sedulur akan bekerjasama dengan sebuah perusahaan yang memiliki produk dan lalu menjual produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Keuntungan menjadi reseller adalah Sedulur akan mendapatkan komisi setiap bulannya. Selain itu, Sedulur bisa menjalankan usaha ini di rumah saja.

21. Rental Playstation (PS)

21. Rental Playstation (PS)
itworks.id

Dunia game saat ini selalu mengalami perkembangan yang semakin hari semakin canggih. Membuka rental PS merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang sangat menguntungkan yang sudah dijalankan sejak dulu oleh beberapa orang. Target pasar usaha rental PS ini biasanya adalah anak-anak hingga remaja yang memang sedang masanya menyukai bermain game konsol PS.

22. Bisnis dropship

Topremit

Terdapat juga rekomendasi bisnis rumahan online, yaitu dengan memulai bisnis dropship. Sedulur ingin memulai bisnis online tapi tidak ingin membuat produk sendiri? Menjadi dropship merupakan salah satu pilihan yang menarik. Ditambah lagi, di tengah perkembangan pesat belanja online, menjadi dropship merupakan pilihan yang menjanjikan.

Sedulur harus mencari pemosok yang memiliki produk sendiri, dan kemudian menjalin kerjasama untuk memasarkan produknya dengan atas nama Sedulur sendiri. Ini juga dikenal dengan istilah white labeling. Saat konsumen membeli pesan, Sedulur harus menghubungi pemasok yang memiliki produk dan kemudian mengantarkannya pada pembeli.

Pekerjaan ini juga merupakan bisnis rumahan tanpa modal, karena Sedulur hanya perlu mencari pelanggan. Proses produksi, gudang penyimpanan barang dan pengiriman akan dilakukan oleh pemasok pemilik produk. Namun jika Sedulur memilki modal, hal tersebut akan lebih baik untuk perkembangan bisnis dropship yang Sedulur jalankan.

23. Menjual jasa desain grafis

bisnis rumahan
Hariesok

Bisnis ini bisa dijalankan bagi Sedulur yang memiliki skill desain dan menggambar. Oleh karena itu, menjual jasa desain grafis juga merupakan bisnis rumahan untuk pemula. Untuk mengembangkan portofolio, bisnis ini sangat menjanjikan. Karena, setiap desain yang Sedulur kerjakan untuk klien, merupakan hak karya Sedulur dan bisa jadi modal untuk menarik klien selanjutnya.

Desain grafis yang bisa dipesan oleh klien (dalam hal ini adalah perusahaan atau startup) yaitu desain seperti logo, desain konten media sosial, mockup dan lain sebagainya. Beberapa juga ada yang memesan desain untuk merchandise. Agar bisnis ini semakin lancar Sedulur jalankan, tentu Sedulur harus dilengkapi dengan peralatan yang tepat.

Setidaknya Sedulur harus memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi yang canggih, memiliki drawing tab dan pena digital. Hal ini untuk mempermudah Sedulur dalam merumuskan konsep ide hingga mengeksekusinya. Sedulur juga harus menggunakan software yang mumpuni, seperti Adobe Photoshop hingga Illustrator.

24. Menjadi penerjemah

Deposit Photos

Banyak yang belum menyadari bahwa menjadi penerjemah merupakan salah satu bisnis rumahan yang menarik untuk dijalankan. Karena, Sedulur bisa mendapatkan sejumlah uang dari honor penerjemahan yang dilakukan di rumah. Jika jasa penerjemahan Sedulur banyak diminiati, Sedulur bisa mengembangkannya menjadi sebuah perusahaan atau berbentuk CV.

Tentu, Sedulur harus terus mengasah kemampuan bahasa asing. Sedulur bisa terus mengasah kemampuan tersebut dengan mengikuti les bahasa dan mengikuti berbagai workshop penerjemahan hingga kemampuan penerjemahan Sedulur menjadi semakin baik lain.

25. Toko Kelontong atau Warung

22. Toko Kelontong atau Warung
superapp.id

Menjadi agen sembako dengan membuka toko kelontong atau warung merupakan bisnis rumahan yang laku setiap hari. Hal tersebut dikarenakan permintaan barang dan kebutuhan masyarakat akan sembako selalu tinggi di setiap harinya, membuat usaha toko kelontong sangat menggiurkan untuk dijalani.

Terlebih lagi, usaha toko kelontong bisa dijalankan di rumah dan tidak memerlukan modal untuk menyewa tempat. Bagi Sedulur Super yang tertarik membuka usaha kelontong, Sedulur Super juga bisa menggabungkan usaha toko kelontong Sedulur menjadi Mitra Super Center yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Tentu saja, Sedulur Super harus menggunakan Aplikasi Super terlebih dahulu.

Bagi Sedulur Super yang tertarik membuka usaha kelontong, Sedulur Super juga bisa menggabungkan usaha toko kelontong Sedulur menjadi Mitra Super Center yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Selain Mitra Super Center, terdapat juga Super Agen yang bisa Sedulur coba. Tentu saja, Sedulur Super harus menggunakan Aplikasi Super terlebih dahulu.

Dengan bergabung menjadi Mitra Super Center, toko kelontong yang Sedulur jalani akan dapat berkembang pesat dan Sedulur mendapatkan untung super melimpah. Banyak kemudahan yang diberikan Aplikasi Super jika Sedulur bergabung ke dalam Mitra Super Center.

Tertarik untuk menambah penghasilan dengan jam kerja yang fleksibel? Gabung menjadi Super Agen yuk, Sedulur! Cari tahu caranya di sini!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.