Sedulur sering tergiur dengan hidangan Korea? Jika iya, jangan lewatkan resep tteokbokki berikut ini.

Tteokbokki adalah jajanan khas Korea yang berbahan dasar tepung beras dan dibentuk menjadi adonan padat, kemudian dimasak dan dilumuri dengan saus kental khas tteokbokki. Makanan tteokbokki digemari masyarakat Korea. Bahkan, dalam survei online yang diadakan pemerintah Seoul, masyarakat Korea memilih Tteokbokki sebagai makanan favorit selama pandemi.

Untuk sebuah jajanan, bumbu tteokbokki memiliki cita rasa yang cukup kaya. Tteokbokki memiliki rasa gurih, manis, sekaligus sensasi pedas yang bikin nagih. Belum lagi penampilannya juga menggugah selera. Warna merah dalam kuah kental, apalagi jika ditaburi daun bawang yang segar semakin menggugah selera. Meski berukuran kecil, tteokbokki juga mengenyangkan loh.

Apakah Sedulur tahu bahwa pada awal kemunculannya, tteokbokki tidak memiliki rasa pedas? Pada mulanya, tteokbokki merupakan hidangan para raja yang tidak pedas sama sekali. Namun, pada tahun 1953, resep tteokbokki mulai berubah dengan dimasukkannya bumbu pedas. Rasa pedas tersebut berasal dari saus gochujang yang kini dikenal masyarakat sebagai saus tteokbokki.

-->

Di drama Korea, resep tteokbokki lebih lengkap jika dinikmati dengan potongan fish cake (eomuk) atau gimari, yakni sejenis gorengan yang terbuat dari glass noodle yang diisi wortel cincang, kemudian digulung dengan lembaran rumput laut. Nah, Sedulur juga bisa membuat tteokbokki sendiri dengan resep tteokbokki berikut ini.

Baca Juga: 3 Kreasi Seblak untuk Keluarga di Rumah!

Resep Tteokbokki Pedas dan Cara Membuatnya yang Mudah

1. Bahan yang Harus Disiapkan

1. Bahan yang Harus Disiapkan
alodokter.com

Bahan utama tteokbokki resep adalah tepung beras. Namun, tteokbokki tidak lengkap jika dinikmati hanya dengan adonan tepung beras saja. Sedulur juga perlu mempersiapkan bahan untuk membuat saus merah kental yang disebut dengan gochujang.

Bahan adonan tteokbokki:

  • 100 gram tepung beras
  • 75 ml air panas
  • 150 ml air
  • 2 batang daun bawang
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Minyak wijen secukupnya
  • ½ sendok teh wijen sangrai

Bahan membuat saus gochujang:

  • ½ sendok makan tepung jagung
  • 2 sendok makan bubuk paprika
  • 2 sendok makan bubuk cabai merah
  • 1 sendok makan gula palem
  • 1 sendok makan bubuk kari
  • 1 sendok makan kecap manis
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 75 ml air

2. Membuat Adonan Tteokbokki

2. Membuat Adonan Tteokbokki
fimela.com

Cara membuat tteokbokki diawali dengan memasukan tepung beras ke dalam wadah. Masukan garam dan air panas, kemudian uleni hingga kalis. Adonan yang  telah kalis memiliki ciri bertekstur elastis, mudah dibentuk, dan tidak lengket di tangan. Tahap ini perlu diperhatikan agar tteokbokki yang dihasilkan mempunyai tekstur yang kenyal.

Resep tteokbokki yang sempurna terletak pada tektur adonan yang pas. Setelah adonan pas, mulailah membentuk adonan tteokbokki. Oleskan terlebih dahulu tangan dengan minyak wijen. Lalu, mulai bentuk adonan tteokbokki menjadi silinder panjang kurang lebih 15 cm. Panjang adonan ini bisa disesuaikan lagi karena adonan akan dipotong lagi.

Baca Juga: Resep Ceker Pedas Super Nikmat, Kamu Sudah Coba?

3. Pilih Saja, Rebus atau Kukus Adonan Tteokbokki

3. Pilih Saja, Rebus atau Kukus Adonan Tteokbokki
cookpad.com

Cara memasak tteokbokki agar aromanya harum adalah memasukan 1 sendok makan minyak wijen pada air yang sudah mendidih. Rebus adonan tteokbokki hingga mengapung atau matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Potong tteokbokki sepanjang 5 cm, kemudian sisihkan.

Sebagai alternatif lain, resep tteokbokki juga bisa dilakukan dengan cara dikukus. Alih-alih direbus, tteokbokkki juga bisa dikukus selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang sempurna. Selanjutnya, lakukan hal yang sama, yaitu memotong tteokbokki menjadi bagian kecil.

4. Resep Tteokbokki dengan Gochujang

4. Resep Tteokbokki dengan Gochujang
wikimedia.org

Resep tteokbokki tidak lengkap tanpa gochujang. Gochujang adalah salah satu bahan yang dapat membuat makanan menjadi terlihat merah dan terasa pedas. Uniknya, selain rasa pedas gochujang juga mengeluarkan rasa sedikit manis yang membuat masakan terasa lebih lezat.

Cara membuat saus tteokbokki ini cukup mudah. Sedulur hanya perlu memasukan semua bahan saus gochujang, lalu aduk hingga rata. Pastikan saus mengental dan tidak terlalu cair maupun terlalu kental. Setelah matang, sisihkan saus gochujang.

5. Menyatukan Tteokbokki dengan Gochujang

5. Menyatukan Tteokbokki dengan Gochujang
kompas.com

Resep tteokbokki diakhiri dengan penyatuan tteokbokki dengan gochujang. Tumis bawang putih dan daun bawang hingga aromanya harum. Masukan sedikit air, aduk, kemudian tambahkan gochujang. Aduk kembali hingga rata.

Masukan tteokbokki ke dalam tumisan gochujang. Masak hingga bumbu menyatu. Jangan lupa untuk tes rasa dan pastikan rasa tteokbokki sudah sesuai selera Sedulur ya. Setelah pas, sajikan tteokbokki dengan taburan wijen dan daun bawang. Resep tteokbokki selesai dan siap dinikmati!

Sekian resep tteokbokki mudah dan resep tteokbokki sederhana yang bisa Sedulur praktikan di rumah. Resep tteokbokki tidak hanya nikmat dijadikan camilan, namun juga cocok sebagai hidangan pengganjal perut jika Sedulur merasa lapar. Selamat menikmati hidangan ala drama Korea!

Beli Bahan Tteokbokki di Aplikasi Super

Beli Bahan Tteokbokki di Aplikasi Super
superapp.id

Semoga langkah membuat tteokbokki di atas bisa menjadi panduan bagi Sedulur yang ingin menyantap hidangan yang berbeda dan ingin mencoba makanan khas Korea yang sedang hits saat ini. Sedulur bisa menyiapkan bahan untuk membuat nasi briyani dengan membelinya di Aplikasi Super.

Tersedia berbagai bahan makanan lengkap di Aplikasi Super, dengan harga yang murah dan kualitas terjamin. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super untuk mempermudah setiap kegiatan Sedulur. Selamat mencoba!