makanan untuk orang berjerawat

Jerawat yang ada di wajah tentu saja merupakan masalah besar. Pasalnya munculnya jerawat seringkali mempengaruhi kepercayaan diri saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Timbulnya jerawat biasanya disebabkan oleh hormon dan pola makan yang kurang baik. Sehingga, untuk Sedulur yang memiliki masalah jerawat sebaiknya memperhatikan rekomendasi makanan untuk orang berjerawat.

Selain bisa meredakan atau mencegah kemunculan jerawat, makanan tersebut juga bisa membantu untuk menyembuhkan jerawat dari dalam. Untuk itu, kita akan membahas beberapa rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi oleh Sedulur sehingga jerawat tidak semakin memburuk. Kira-kira apa saja rekomendasi makanan untuk orang berjerawat yang bisa dikonsumsi? Yuk, mari langsung simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 18 Ide Resep Makanan untuk Anak 1 Tahun yang Susah Makan

1. Gandum utuh

rekomendasi makanan untuk orang berjerawat
iStock

Rekomendasi makanan untuk orang berjerawat yaitu gandum utuh. Gandum juga merupakan makanan rendah gula dan sumber karbohidrat komplek yang dapat membantu mengurangi risiko munculnya jerawat. Maka bisa membantu Sedulur untuk memiliki wajah yang sehat.

Sedulur bisa mencoba untuk mengurangi konsumsi nasi dan menggantinya dengan gandum utuh. Konsumsi gandum dengan variasi sayur dan buah-buahan. Selain tubuh lebih sehat, wajah juga bisa bersih dan terhindar dari jerawat.

2. Quinoa

rekomendasi makanan untuk orang berjerawat
iStock

Quinoa adalah jenis biji-bijian yang kaya nutrisi. Quinoa dikenal sebagai makanan pokok masyarakat Indian di Pegunungan Andes. Quinoa mengandung banyak serat, antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.  Bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur konsumsi menghilangkan jerawat.

Satu cangkir quinoa mengandung 17-27 gram serat yang baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit. Dengan begitu, tubuh rutin membuang sampah yang tidak diperlukan sehingga kulit pun ikut tampak sehat dan lebih cerah.

Kandungan zink di dalam quinoa juga berguna untuk mencegah dan menangani kulit yang berjerawat. Zink dikenal bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Dijamin wajah Sedulur bisa mengkilat dan glowing dan terhindar dari jerawat.

3. Pepaya

iStock

Makanan untuk kulit berjerawat berikutnya adalah pepaya. Buah pepaya mengandung enzim aktif bernama papain.  Ketika Sedulur memanfaatkan pepaya sebagai masker wajah, enzim papain di dalamnya bekerja sebagai zat eksfoliasi yang mengangkat sel-sel kulit mati.

Bukan hanya itu, buah pepaya juga dapat membersihkan pori-pori wajah, menghidrasi kulit, serta mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari. Selain itu, kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan di dalam pepaya membantu meningkatkan elastisitas kulit serta menyamarkan bekas jerawat di wajah Sedulur.

Bukan hanya untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi jerawat di wajah, pepaya juga tinggi akan serat yang mampu membuat Sedulur untuk melanjarkan pencernaan.

4. Ikan salmon

iStock

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan omega-3 dalam salmon membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi risiko terjadinya kanker, serta membantu menyamarkan noda hitam.

Salmon juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk menunjang kesehatan kulit. Antioksidan bisa membantu menangkal radikal bebas dan menetralkan zat racun yang merusak tubuh.  Secara bersamaan, omega-3 dan antioksidan dalam salmon dapat mengurangi peradangan kulit pemicu jerawat. Karenanya, ikan salmon adalah makanan penyembuh jerawat yang direkomendasikan.

5. Stroberi, Blueberi, dan Rasberi

iStock

Buah golongan berry, seperti stroberi, blueberi, dan rasberi bisa Sedulur konsumsi sebagai makanan penghilang jerawat. Buah-buahan ini mengandung vitamin C.  Vitamin C baik untuk kulit Sedulur, karena dapat membantu menyamarkan bekas jerawat serta mendukung pembentukan kolagen yang bisa membantu mempercepat penyembuhan jerawat.

6. Buah labu

iStock

Selanjutnya, makanan untuk mencegah jerawat adalah labu. Labu dipenuhi oleh zink dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghaluskan kulit. Keduanya juga bisa menjaga keseimbangan kadar pH kulit Sedulur.

Kandungan zink dalam labu membantu mengontrol produksi minyak di kulit sehingga mencegah terjadinya jerawat berlebih di kemudian hari. Sedulur bisa menggunakan labu dengan berbagai cara. Labu bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jadi masker wajah.

7. Lemon

iStock

Kandungan pH yang tinggi dalam buah lemon dapat membantu mengurangi reaksi peradangan dan mengontrol kadar minyak berlebih. Pada gilirannya, lemon bisa mencegah pembentukan jerawat. Makanan untuk mencegah jerawat ini juga mengandung asam sitrat yang bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Seperti diketahui, sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk bisa picu jerawat non-inflamasi seperti blackhead.

8. Ubi

iStock

Vitamin A dikenal dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Vitamin A dapat memperbaiki skin barrier (lapisan terluar kulit), meredakan peradangan, meratakan warna kulit, serta membersihkan pori-pori kulit agar jerawat tak muncul.

Salah satu sumber vitamin A adalah ubi. Ubi yang direbus maupun dipanggang baik untuk dikonsumsi sebagai makanan penghilang jerawat. Ubi juga bisa membantu Sedulur untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan Sedulur. Sehingga Sedulur akan memiliki pencernaan yang lancar

9. Kale

iStock

Sama seperti sayuran lainnya, kale juga mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C dan antioksidan yang ada di kale membantu meningkatkan produksi kolagen. Dengan begitu penyembuhan jerawat pun semakin cepat.

10. Kacang-kacangan

iStock

Banyak yang mengira makan kacang bisa menyebabkan jerawat. Faktanya, kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang merah, dan lentil merupakan sumber makanan rendah gula. Rekomendasi makanan untuk orang berjerawat yang wajib untuk Sedulur konsumsi.

Karenanya, mengonsumsi kacang-kacangan bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah munculnya jerawat. Jika Sedulur tidak punya riwayat alergi dengan golongan kacang-kacangan, cobalah konsumsi kacang-kacangan dengan mencampurnya ke dalam sup atau salad.

BACA JUGA: 17 Makanan yang Cocok di Saat Hujan, Wajib Kalian Coba!

11. Wortel

rekomendasi makanan untuk orang berjerawat
iStock

Rekomendasi makanan selanjutnya adalah wortel. Wortel merupakan sayuran berwarna oranye yang sering dijadikan bahan dalam pembuatan sup sayuran. Wortel juga sangat terkenal kaya akan vitamin A, sehingga sangat baik untuk menutrisi mata dan kulit. Termasuk kulit wajah yang berjerawat.

Karena memiliki nutrisi untuk kulit wajah, wortel menjadi salah satu jenis bahan makanan yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit, mencegah timbulnya jerawat, serta membantu menghilangkan jerawat.

12. Alpukat

rekomendasi makanan untuk orang berjerawat
iStock

Buah alpukat memang sering menjadi bahan dalam pembuatan produk perawatan kulit, buah ini dipilih karena mengandung zat dan nutrisi yang bermanfaat bagi kulit seperti vitamin E dan vitamin C. Kedua vitamin ini berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit.

Terutama untuk menjaga kelembaban kulit wajah, tujuannya agar terhindar dari jerawat dan bisa menyembuhkan jerawat yang sedang dialami. Bukan hanya itu, alpukat juga dapat mengurangi peradangan kulit. Dengan berkurang peradangan kulit, maka jerawat pun akan hilang lebih cepat.

13. Brokoli

rekomendasi makanan untuk orang berjerawat
iStock

Brokoli memilik kandungan vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam sayur brokoli sangat mampu memberikan nutrisi bagi kulit, serta mampu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas. Karena kandungannya tersebut, makanan ini bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk menghilangkan jerawat.

Selain sebagai makanan untuk meredakan jerawat, brokoli juga bisa jadi makanan untuk Sedulur saat sedang diet. Sayuran dan bahan makanan yang sangat komplit untuk kesehatan.

14. Bawang Putih

rekomendasi makanan untuk orang berjerawat
iStock

Terlepas dari aromanya yang cukup menyengat, tidak bisa dipungkiri bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari bawang putih adalah mampu mencegah dan menghilangkan jerawat.

Kandungan zat kimia alami pada bawang putih terbukti mampu membunuh bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat. Bisa jadi rekomendasi makanan untuk orang jerawat yang ampuh untuk dikonsumsi. Selain itu, dalam setiap masakan, bawang putih merupakan bumbu yang wajib.

Karena Sedulur berniat untuk menyembuhkan jerawat, dalam setiap masakan Sedulur bisa menambahkan bawang putih agak banyak.

15. Buah Pisang

rekomendasi makanan untuk orang berjerawat
iStock

Buah pisang terkenal kaya akan vitamin, mineral dan serat. Namun, tidak semua orang tahu bahwa buah pisang juga kaya akan antioksidan. Beberapa jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah pisang, antara lain vitamin C, vitamin B6, karbohidrat, mangan, tembaga, magnesium, dan potasium.

Dengan kandungan gizi yang sangat banyak, tidak mengherankan jika pisang dalam daftar ini. Buah pisang juga sangat nikmat dan lezat untuk disantap, seringkali dijadikan sebagai makanan penutup sebuah menu makan.

Nah itulah rekomendasi makanan untuk orang berjerawat yang dapat dikonsumsi agar kembali memiliki wajah yang cerah dan sehat tanpa jerawat sama sekali. Sehingga Sedulur bisa lebih percaya diri lagi.

Namun Sedulur harus sabar, karena tidak ada permasalahan kulit yang dapat sembuh dan hilang secara instan dan cepat.