Wisata Sumber Ubalan: Lokasi, Harga Tiket, hingga Daya Tarik

Unsplash/Renny Gamarra

Wisata Sumber Ubalan menjadi destinasi liburan yang cukup populer di Kediri, Jawa Timur. Memiliki mata air alami dari area pegunungan Kawi, membuat area ini memiliki ciri khas kolam alam yang jernih dan bersih.

Kalau Sedulur ingin mencari lokasi dengan hawa sejuk dan suasana menenangkan, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Wisata Sumber Ubalan. Area ini juga sangat ramah anak karena kolamnya terdiri dari beberapa jenis. Sehingga Sedulur dan keluarga bisa bermain sepuasnya.

Nah, sebelum melanjutkan liburan ke Wisata Sumber Ubalan. Sebaiknya Sedulur menyimak informasi lengkap terkait tempat wisata ini di bawah ya!

BACA JUGA: Pantai Tamban: Lokasi, Daya Tarik, Jam Buka, dan Harga Tiket

Wisata Sumber Ubalan

wisata sumber ubalan
Pexels/Eslames

Dahulu objek Wisata Sumber Ubalan hanyalah sebuah hutan lindung alami di sekitar kaki Gunung Kawi. Namun, di hutan yang memiliki luas 10 hektar itu terdapat mata air alami yang lama-kelamaan berubah menjadi sebuah telaga besar bernama Ubalan. Konon masyarakat sekitar percaya bahwa air dari telaga ini mampu membuat seseorang menjadi awet muda. Jadi tidak heran kalau banyak masyarakat di sekitar hutan ini menjadikan Telaga Ubalan untuk mandi.

Namun, pada beberapa tahun yang lalu, Pemerintah Kediri melihat potensi besar dari Telaga Ubalan. Mereka lantas membuka hutan lindung untuk bisa dijadikan destinasi wisata alam dan menyulap area sekitar telaga menjadi tempat rekreasi. Tak lama setelah dikembangkan, Telaga Ubalan lantas berganti nama menjadi Sumber Ubalan.

Lokasi dan Rute

Lokasi tepat dari Wisata Sumber Ubalan berada di Dusun Kalasan, Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Pengunjung dapat datang setiap hari dengan jam buka pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Untuk rute menuju ke wisata ini sebenarnya ada beberapa jalur yang bisa dilalui. Jika Sedulur dari kota Kediri, ikuti jalur yang menuju Simpang Lima Gumul, lalu pilih jalan yang mengarah ke Ubalan, ikuti jalan itu terus sekitar 15 km sampai Sedulur menemukan papan petunjuk jalan yang mengarahkan menuju lokasi tempat wisata.

Tetapi apabila Sedulur dari arah kota Pare, Pertigaan yang ada tugu depan Telkom Pare itu Sedulur lurus saja ambil jalan ke selatan sekitar kurang lebih 15 km dari sana Sedulur akan bertemu pertigaan dan ambil kiri ikuti papan petunjuk jalan karena lokasinya tidak jauh dari pertigaan tersebut.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke area Wisata Sumber Ubalan juga sangat murah meriah dan terjangkau. Sedulur cukup membayar tak lebih dari Rp20.000 untuk sekali masuk. Berikut rincian harga tiket masuk di Wisata Sumber Ubalan:

  • Harga Tiket Masuk Dewasa Weekday: Rp17.500/orang
  • Harga Tiket Masuk Anak-anak Weekday: Rp 15.000/orang
  • Harga Tiket Masuk Dewasa Weekend: Rp20.000/orang
  • Harga Tiket Masuk Anak-anak Weekend: Rp17.500/orang

Daya Tarik Sumber Ubalan

mumbul garden
Unsplash/Mutzii

Area Wisata Sumber Ubalan memang menjadi wisata kombinasi antara tempat rekreasi edukasi, rekreasi alam, dan rekreasi modern. Sedulur sendiri bisa menikmati banyak sekali daya tarik wisatanya mulai dari:

  • Kolam renang
  • Kolam perahu dan sepeda air
  • Taman bermain anak-anak
  • Kolam pancing
  • Taman asri yang indah
  • Panggung hiburan
  • Bumi perkemahan
  • Tracking hutan lindung

Jika Sedulur memiliki jiwa petualangan, cobalah tracking dengan menjelajah hutan lindung yang ada di Ubalan, karena menurut saya ini adalah aktivitas yang wajib Sedulur lakukan jika mengunjungi tempat wisata ini.

Jalur tracking yang bisa Sedulur mulai yaitu dari sumber mata air ubalan, disitu Sedulur akan melihat jalur yang harus didaki di antara akar pohon. ada beberapa jalur yang bisa dipilih tapi awas kalo Sedulur nyasar, ikuti saja jalur yang sudah diberi petunjuk oleh pihak pengelola Ubalan. Tempat ini sangat cocok buat acara jelajah alam kegiatan pramuka.

Sebuah sangkar burung merak yang besar berada di tengah-tengah. sangkar tersebut juga dikelilingi kolam ikan hias berbagai jenis. Sangkar ini menjadi icon tempat wisata ini. Sedulur juga bisa menemui beberapa monyet yang hidup liar di sana.

Mereka begitu akrab dengan pengunjung dan sering memungut sisa makanan pengunjung di tempat sampah. Beberapa pengunjung juga dengan sengaja memberi mereka makan dan melihat aksi lucu para monyet tersebut.

Fasilitas yang Tersedia

Objek wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik jika dibandingkan dengan tempat rekreasi lainnya, semua fasilitas tersebut dibuat agar para pengunjung merasa nyaman dan senang ketika berada di objek wisata tersebut.

Objek wisata Ubalan sudah menyediakan area parkir baik untuk kendaraan roda dua maupun empat, jadi kamu tidak akan repot lagi mencari tempat parkir untuk kendaraanmu. Tempat peristirahatan juga terdapat di sekitar area objek wisata untuk para pengunjung yang ingin melepas penat dan lelah selama melakukan berbagai aktivitas ketika berada di sini.

Tak lupa juga dengan kamar mandi untuk para pengunjung yang ingin berganti pakaian serta berbagai wahana bermain yang pastinya akan membuat para pengunjung merasa betah dan senang ketika berada di objek wisata Ubalan. Hotel dan tempat penginapan pun juga berada tak jauh dari lokasi Ubalan.

Karena terkenal memiliki nuansa alam yang masih kental, objek wisata Ubalan ini juga sangat cocok lho untuk kamu yang ingin berfoto ria bersama dengan sahabat serta keluarga kamu, kan sia-sia apabila kamu tidak mengabadikan momen-momen bersama mereka.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Wisata Sumber Ubalan di Kediri. Tertarik untuk berlibur dan menikmati suasana di sana? Tapi sebelum berangkat, Sedulur persiapkan perbekalan dengan baiknya.

Apalagi berenang, bermain air dan menjejalah area sekitar Wisata Sumber Ubalan akan menguras tenaga maka Sedulur. Sedulur bisa membawa snack dan Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menyegarkan tubuh setelah bermain dan menikmati wisata alam penuh tantangan ini.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.