Wisata Silowo Tuban: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Aktivitasnya

Jawa Timur menyimpan keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti misalnya ekowisata Silowo atau juga dikenal sebagai wisata Silowo Tuban. Tempat ini menawarkan wisata dengan ekosistem flora dan fauna yang masih terjaga sehingga akan memberikan pengalaman rekreasi yang berbeda.

Apakah Sedulur juga tertarik untuk mengunjungi wisata Silowo di Tuban, Jawa Timur? Sebelum berkunjung, tak ada salahnya Sedulur menyimak berbagai informasi seputar tempat wisata tersebut, mulai dari daya tarik, harga tiket, hingga aktivitas yang bisa dilakukan di sana.

BACA JUGA: Makan Sunan Bonang Tuban, Wisata Religi yang Selalu Ramai

Menilik Wisata Silowo Tuban

wisata silowo tuban
Unsplash/Barbara Burgess

Ekowisata Silowo atau Sumber Silowo yang juga biasa dikenal sebagai wisata Silowo Tuban merupakan salah satu destinasi wisata alam sekaligus edukasi yang berlokasi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang masih terjaga dan asri di samping juga berbagai fasilitas pendukung yang akan membuat Sedulur makin nyaman saat berwisata di sana. Tak heran, obyek wisata yang diresmikan pada 2019 ini menjadi destinasi favorit, baik bagi warga lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Daya Tarik dan Aktivitas yang Ditawarkan

Pemandangan serta nuansa alam yang asri, sejuk, dan masih terjaga menjadi pesona yang tak bisa ditolak dari wisata Silowo Tuban. Pemandangan yang memanjakan mata dan berpadu dengan suasana yang sejuk tentu menarik bagi Sedulur yang ingin bersantai atau sekadar melepas penat.

Selain bersantai, Sedulur juga bisa mencoba fasilitas aktivitas air yang tersedia di sana. Apalagi tempat ini memang terkenal dengan aliran air yang disebut mirip dengan Sungai Amazon. Sungai yang dikelilingi pohon sagu itu menjadi salah satu wahana yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung di sana.

Sedulur bisa mencicipi kesegaran airnya dengan berenang ataupun menaiki kano. Sekadar informasi, air sungai di wisata Silowo ini disebut berbeda dengan air biasa pada umumnya. Warga setempat meyakini bahwa sumber air tersebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi obyek wisata tersebut.

Sementara itu setelah puas bermain air, Sedulur bisa bersantai di gazebo sambil menikmati pemandangan. Selain gazebo, masih ada sejumlah fasilitas lain yang mendukung aktivitas Sedulur selama berekreasi di sana. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di wisata Silowo Tuban.

  • Area parkir untuk roda dua dan roda empat
  • Toilet
  • Ruang ganti baju
  • Musala atau tempat ibadah
  • Warung yang menyediakan aneka menu makanan dan minuman
  • Toko oleh-oleh
  • Pusat layanan informasi

BACA JUGA: Pantai Bohay Probolinggo: Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

Lokasi dan Jam Buka

wisata silowo tuban
Unsplash/Artem Beliakin

Wisata Silowo Tuban berlokasi di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Lebih tepatnya, obyek wisata ini berjarak sekitar 7,6 kilometer dari pusat kota Tuban.

Adapun tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB. Oleh karenanya, ada baiknya Sedulur datang sejak pagi apabila ingin bisa menikmati wisata di Silowo Tuban dengan maksimal.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati wisata Silowo Tuban, Sedulur perlu membeli tiket masuk. Adapun pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp5 ribu per orang.

Selain tiket masuk, Sedulur juga perlu menyiapkan budget untuk biaya lainnya, termasuk tiket berbagai wahana dan parkir. Berikut rinciannya.

  • Parkir sepeda motor: Rp2 ribu
  • Parkir roda empat atau mobil: Rp5 ribu
  • Sewa perahu kano: Rp10 ribu per orang
  • Sewa perahu mesin: Rp6 ribu per orang
  • Wahana berenang dengan pelampung: Rp5 ribu per orang

Rekomendasi Rute ke Silowo

Disampaikan sebelumnya, wisata Silowo Tuban berjarak sekitar 7,6 kilometer dari pusat kota Tuban. Sedulur setidaknya perlu menempuh perjalanan selama sekitar 15 menit untuk sampai di lokasi.

Adapun rute yang dilalui adalah melalui Jalan Letda Sucipto dan Jalan Prof Dr KH Faturrahman Kafrawi. Sedulur kemudian bisa langsung masuk ke Kecamatan Merakurak dan melanjutkan perjalanan ke Jalan KH Masyhudi sampai menemukan papan petunjuk Ekowisata Silowo.

Silowo Tuban menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona dan beragam wahana seru sebagai pilihan destinasi wisata bersama keluarga. Tempat ini juga cocok untuk Sedulur yang ingin bersantai sambil menikmati suasana sejuk nan asri. Tertarik berkunjung?

Tapi biar suasana jalan-jalan serta menjelajah wisata Silowo Tuban makin krezi , Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.