Pantai Bentar Probolinggo: Lokasi Daya Tarik, dan Harga Tiket

Unsplash/Gabriel Barranco

Banyak wisata bahari populer di Probolinggo yang wilayahnya membentang hingga pesisir utara Jawa Timur. Dari arah barat hingga timur, terdapat beragam pilihan wisata pantai. Salah satu yang menarik adalah wisata Pantai Bentar. Pantai Probolinggo ini bercirikan dermaga kayu sepanjang kurang lebih 50 meter yang menjorok ke arah laut. Selain keindahan pantainya, terdapat juga berbagai jenis permainan untuk anak-anak.

Lokasi pantai ini berada di jalur Pantura. Tak heran jika pantai ini kerap menjadi tempat persinggahan atau beristirahat. Artinya kawasan sekitar pantai selalu ramai. Karakteristik laut saat ini mirip dengan wilayah pantai utara Jawa lainnya, di mana ombaknya tenang. Keindahan pantai ini menjadikannya salah satu objek wisata di Probolinggo yang wajib dikunjungi. Kalau Sedulur ingin ke sini, simak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Remen Tuban: Daya Tarik, Fasilitas, Tiket, dan Rute

Sekilas Tentang Pantai Bentar

lembah watu tawon
Unsplash/Mr Pierre

Wisata Pantai Bentar kini telah menjelma menjadi The Bentar Beach. Lawu Group, perusahaan yang berbasis di Kabupaten Kalanganyar, Jawa Tengah, ditugaskan untuk mempercantik pantai ini setelah Pemerintah Kabupaten Probolinggo menggandeng pihak ketiga untuk membenahi destinasi alam tersebut.

General Manager Lawu Group, Ahmad Ridho menjelaskan akan pengembangan Pantai Bentar dalam tiga tahap. Pertama, dilakukan upaya perbaikan estetika kawasan agar terlihat lebih menarik. Langkah kedua adalah memperkenalkan atraksi baru seperti olahraga air ke destinasi wisata. 

Kolam yang ada telah diubah menjadi taman air modern. Ada juga area bermain tambahan. Pada tahap ketiga, fasilitas akomodasi seperti restoran akan dikembangkan untuk menarik minat generasi muda. Memungkinkan bus wisata dan travel yang bekerja sama dialihkan ke Pantai Bentar.

Sementara itu, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto menjelaskan, keterlibatan pihak ketiga dalam pengembangan Pantai Bentar memang disengaja. Ia menegaskan, pihaknya ingin menarik tidak hanya wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara.

Lokasi dan Rute Pantai Bentar

Pantai Bentar terletak di jalur Pantura sehingga letaknya sangat strategis. Selain itu letaknya juga tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 10 km. Tepatnya di Karang Anyar, Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, jalur Pantura. Jarak dari pusat kota Probolinggo ke Pantai Bentar kurang lebih 35 km dan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Perjalanan ini akan melewati Jalan Mayjen Widodo, Jalan Raya Wangkal, dan Jalan Raya Pantura.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Pantai Bentar terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Ombak yang bersahabat dan angin sepoi-sepoi memberikan suasana yang sangat damai di pantai ini. Ciri khasnya adalah jembatan kayu panjang yang membentang ke arah laut. Apalagi wahana yang beragam membuat kawasan wisata ini semakin seru, terutama bagi anak-anak.

Nama Bentar diambil dari Gunung Bentar yang tidak jauh dari pantai. Pesona Pantai Bentar menyuguhkan panorama pegunungan yang indah. Selain itu, Sedulur juga bisa bermain, bersantai, dan menikmati berbagai aktivitas menarik, mulai dari berperahu hingga menikmati matahari terbenam. Berikut jam operasional dan harga tiketnya:

Jam operasional: 08.00-17.30 WIB

Harga tiket

  • Anak-anak: Rp10.000 per orang
  • Dewasa: Rp15.000 per orang

BACA JUGA: Candi Rambut Monte: Daya Tarik, Sejarah, dan Harga Tiket

Daya Tarik Pantai Bentar

pantai bentar probolinggo
Unsplash/Gabriel Barranco

Pantai Bentar memiliki ombak yang relatif cukup tenang dan hamparan pasir halus yang cukup luas. Berbagai pepohonan tumbuh di sekitar pantai sehingga menciptakan suasana sejuk dan teduh. Pantai ini juga memiliki jembatan kayu panjang sehingga terlihat unik. 

Tempat ini merupakan tempat rekreasi sekaligus tempat selfie terbaik, karena banyak spot menarik yang bisa menjadi latar belakang fotomu. Pantai Bentar menawarkan beragam aktivitas, antara lain berfoto selfie, bermain air, menikmati wahana air (speedboat), camping, makan siang di pinggir pantai, atau sekadar bersantai. 

Sedulur juga bisa menyewa perahu dan menikmati keindahan pantai. Pantai Bentar menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang dicari oleh para fotografer. Sayang jika melewatkan momen ini saat berada di kawasan Pantai Bentar. 

Pengunjung juga bisa memilih ingin menyaksikan matahari terbit, terbenam, atau keduanya. Jangan lupa siapkan kameramu. Jangan khawatir jika Sedulur ke sini bersama anak-anak, pasalnya kawasan pantai menawarkan berbagai aktivitas untuk anak yang membuat mereka betah.

Selain itu, tak jauh dari Pantai Bentar terdapat hutan bakau di dekat area pantai yang dapat diakses melalui jembatan kayu. Wisatawan bisa mendekat ke kawasan hutan mangrove ini dan melihat berbagai macam keindahan. Jika beruntung, Sedulur bisa melihat satwa mulai dari bangau, burung kuntul, hingga burung remetuk.

Fasilitas di Pantai Bentar

Mengenai fasilitas, bisa dibilang cukup lengkap. Jadi, akan mendukung kegiatan wisatamu selama di sini. Sedulur pun bisa dengan nyaman berwisata di Pantai Bentar. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Musala
  • Panggung teater
  • Anjungan
  • Kereta mini
  • Sepeda air
  • Kolam renang anak-anak
  • Perahu wisata
  • Tempat makan
  • Toko aksesoris

Itulah tadi informasi seputar wisata Pantai Bentar Probolinggo. Kalau Sedulur melewati jalur Pantura, jangan lupa mampir untuk menghilangkan penat maupun stres.

Oia, biar suasana jalan-jalan serta bermain di Wisata Pantai Bentar makin krezi dan seru,Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.