Wisata Dlanggu Mojokerto: Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitasnya

Wisata Desa Bumi Mulyo Jati (BMJ) Majapahit atau juga dikenal sebagai Wisata Dlanggu Mojokerto bisa menjadi alternatif destinasi wisata bagi Sedulur yang ingin berlibur di Mojokerto, Jawa Timur.

Tempat rekreasi dengan konsep pedesaan itu menawarkan pengalaman menyenangkan dengan aneka pilihan wahana yang seru. Tak heran, tempat ini pun menjadi salah satu tujuan wisata favorit keluarga, baik untuk warga lokal maupun wisatawan dari luar Mojokerto.

Nah, spesial untuk Sedulur yang berminat mengunjungi Wisata Dlanggu Mojokerto, berikut sudah dirangkum berbagai informasi, mulai dari pesona atau daya tarik, lokasi, jam buka, harga tiket, hingga rute yang bisa dilalui saat berkunjung ke sana. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: Gumul Paradise Island: Lokasi, Harga Tiket, dan Wahana

Mengenal Wisata Dlanggu Mojokerto

wisata dlanggu mojokerto
Unsplash/Arya Krisdyantara

Wisata Desa Bumi Mulyo Jati (BMJ) Majapahit yang juga populer dikenal sebagai Wisata Dlanggu Mojokerto merupakan salah satu obyek wisata favorit di Jawa Timur. Tepatnya tempat wisata ini berlokasi di Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto dan berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Mojokerto.

Wisata Desa BMJ Majapahit atau Wisata Dlanggu Mojokerto sendiri resmi dibuka pada 2002 silam. Semenjak itu, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan di samping juga terus mengalami pengembangan.

Tempat wisata ini mengusung konsep pedesaan yang dikemas dengan budaya khas di masa Majapahot. Tempat ini juga dilengkapi dengan beragam pilihan wahana sehingga ada banyak kegiatan atau aktivitas yang dapat dilakukan di sana.

Selain berekreasi, pengunjung juga dapat mengenal seluk-beluk mengenai kakako, mulai dari bibit, penanaman, hingga panen. Oleh karena itu, tempat ini sekaligus bisa menjadi jujugan bagi Sedulur yang sedang mencari rekomendasi wisata edukasi di Mojokerto.

Lokasi

Sedulur yang tertarik berkunjung ke Wisata Dlanggu Mojokerto bisa langsung datang ke Jalan Sudirman Nomor 2, Jlaget, Randugenengan, Dlanggu, Mojokerto, Jawa Timur. Tepatnya tempat wisata ini berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Mojokerto.

Jam Buka dan Jam Tutup

Sebelum berkunjung, Sedulur juga perlu mengetahui jam buka dan jam tutup tempat wisata satu ini agar tidak kecele. Adapun Wisata Dlanggu Mojokerto buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.30 WIB.

Harga Tiket Masuk

Berikut daftar harga tiket masuk yang dikenakan untuk setiap pengunjung saat memasuki area wisata.

  • Dewasa: Rp14.500
  • Anak-anak: Rp12.500

Selain tiket masuk, pihak pengelola juga mengenakan biaya untuk sejumlah wahana, di antaranya sebagai berikut.

  • Sepeda air: Rp15.000
  • Hand boot: Rp5.000
  • Pakan ikan: Rp3.000

Rute dan Transportasinya

Lokasi Wisata Dlanggu Mojokerto terbilang mudah dijangkau terutama jika menggunakan kendaraan pribadi. Sedulur juga tidak perlu khawatir terkait jalur yang dilalui karena jalanannya cukup baik. Sementara itu, Sedulur bisa mengikuti rute berikut untuk menuju ke lokasi wisata.

Sedulur dapat memulai perjalanan dari Kota Mojokerto, lalu mengambil jalur ke arah Bangsal. Selanjutnya setelah melewati by pass Mojokerto, Sedulur cukup mengikuti jalan hingga sampai di perempatan Pasinan.

Setelah sampai di perempatan, arahkan kendaraan belok kanan dan lanjutkan ikuti jalan lurus saja hingga kurang lebih 6,8 kilometer. Nantinya Sedulur akan menjumpai papan petunjuk Wisata Dlanggu Mojokerto atau Wisata Desa BMJ Majapahit.

BACA JUGA: Go Fun Night Carnival Bojonegoro: Wahana, dan Harga Tiket

Daya Tarik dan Wahana Wisata

wisata dlanggu mojokerto
Unsplash/Ev Darron

Nuansa pedesaan dengan pemandangan sawah hijau yang berpadu dengan budaya khas Majapahit tentu memberikan pesona tersendiri bagi tempat ini. Sedulur bisa menemukan berbagai ornamen yang identik dengan kerjaan tersebut.

Salah satunya adalah kehadiran Arca Agung Mahapatih Gajah Mada yang bisa ditemukan di gerbang masuk. Patung dengan ketinggian mencapai 20 meter itu bahkan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia – Indonesia (MURI) sebagai patung Gajah Mada tertinggi di Indonesia pada 2021 silam.

Selain pemandangan alam dan berbagai ornamen khas Majapahit yang memukau sekaligus memberikan kesan tersendiri, tempat ini juga memiliki beragam pilihan wahana yang menarik untuk dicoba. Berikut beberapa wahana yang bisa Sedulur temukan sekaligus coba saat berkunjung ke Wisata Dlanggu Mojokerto.

  • Area dolanan atau area bermain yang dilengkapi dengan fasilitas seperti perosotan dan jembatan tali.
  • Kolam renang untuk anak dan dewasa.
  • Area camping atau berkemah.
  • Area untuk kegiatan outbound dan training yang menantang sekaligus edukatif.
  • Kolam ikan yang memungkinkan Sedulur untuk berinteraksi langsung dengan memberi makan.
  • Sarana untuk edukasi mengenai kakao, mulai dari bibit hingga proses pengolahan dan pengemasannya.
  • Spot foto yang menarik di berbagai sudut.

Fasilitas Penunjang

Di samping beraneka wahana permainan dan area rekreasi yang menarik, Wisata Dlanggu Mojokerto juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang akan membuat kegiatan rekreasi Sedulur makin menyenangkan. Fasilitas-fasilitas ini juga sekaligus membuat Sedulur dapat betah berlama-lama berlibur di sana. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Wisata Dlanggu Mojokerto.

  • Toilet
  • Musala
  • Gazebo untuk bersantai
  • Lahan parkir luas
  • Toko souvenir
  • Kafe atau kantin
  • Penginapan

Itu dia rangkuman informasi seputar Wisata Desa Bumi Mulyo Jati (BMJ) Majapahit atau Wisata Dlanggu Mojokerto. Obyek wisata ini bisa menjadi alternatif pilihan destinasi rekreasi Sedulur bersama keluarga.

Biar suasana jalan-jalan makin seru dan asik saat bersama teman dan keluarga, Sedulur jangan lupa untuk membawa Liven Up ya. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan ini, bisa menjadi teman bertualang dan jalan-jalan yang seru abis.

Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.