Wisata

15 Tempat Wisata di Magetan Paling Populer, Wajib Dikunjungi

Magetan jadi salah satu daerah Jawa Timur yang terkenal memiliki banyak tempat wisata alam mengagumkan khususnya kawasan pegunungannya. Bahkan, karena memiliki banyak spot wisata di Magetan yang bagus untuk menikmati matahari terbenam, Magetan juga dijuluki The Sunset of East Java.

Suasana sejuk memang jadi tujuan utama banyak wisatawan berkunjung ke Magetan. Belum lagi variasi wisata alam seperti danau, air terjun, telaga, taman bunga, hingga hutan yang asri. Namun tak hanya itu saja, karena keunikan kuliner dan budaya juga jadi alasan lain para pengunjung berbondong-bondong ke Magetan. 

Nah, kalau Sedulur merasa sudah penat dengan rutinitas sehari-hari dan perlu penyegaran dengan melihat pemandangan alam yang asri. Ada beberapa rekomendasi wisata di Magetan yang menarik untuk dikunjungi. Penasaran apa saja? Mari simak berikut ini! 

BACA JUGA: Air Terjun Tirtosari Sarangan: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute

1. Telaga Sarangan

wisata telaga sarangan
Unsplash/Ryan Chondro

Telaga Sarangan mungkin merupakan tempat wisata di Magetan yang paling terkenal. Popularitas tersebut diraih karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Gunung Lawu. Danau alami ini terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dan terletak sekitar 16 kilometer sebelah barat pusat kota Magetan.

Luas danau ini sekitar 30 hektar dan kedalamannya 28 meter. Telaga Sarangan memiliki suhu udara 15-20 derajat Celcius dan menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya. Telaga ini merupakan salah satu objek wisata Magetan yang menjadi favorit para wisatawan. Terdapat hotel berbintang dua, 43 hotel kelas melati, dan 18 kabin wisata di sekitar danau. 

Selain puluhan toko oleh-oleh, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Telaga Sarangan dengan berkendara mengelilingi danau. Fasilitas wisata lainnya juga tersedia seperti restoran, taman bermain, pasar wisata, tempat parkir, layanan telepon umum, tempat ibadah, dan taman. Sejuknya suasana lereng gunung membuat Sedulur merasa tenang dan nyaman menikmati liburan. 

Selain itu, Telaga Sarangan merupakan paket yang tepat untuk liburan dengan pemandangan Gunung Lawu yang indah. Sedulur juga bisa menikmati makanan khas yang dijual di sekitar danau yaitu sate kelinci. Bahkan menghabiskan sore hari sambil makan-makan di warung-warung di Jalan Telaga Sarangan bisa menjadi kesempatan menikmati matahari terbenam.

Sedulur bisa mencoba berbagai aktivitas seru seperti speed boat, menunggang kuda dan jika beruntung bisa melihat monyet ekor panjang. Harga tiket Telaga Sarangan mulai dari Rp10.000-20.000 per orang. Wisatawan bisa berkunjung ke sana di Jalan Raya Telaga Sarangan, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, wilayah Jawa Timur.

2. Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan gunung yang terletak di tiga wilayah yaitu Magetan, Karanganyar dan Ngawi. Gunung yang sering didaki ini memiliki daya tarik tersendiri. Dalam perjalanan menuju puncak gunung yang berketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut ini, pendaki disuguhi pemandangan alam mulai dari hutan pinus hingga sabana yang lumayan luas.

Saat sampai di puncak Lawu, pendaki akan melihat tugu Hargo Dumilah yang sering dijadikan spot foto. Warung Mbok Yem, menjadi warung tertinggi di Indonesia, juga terletak di sekitar puncak. Warung ini menjual berbagai macam makanan dan minuman. Menu yang wajib dicoba adalah pecel telur.

3. Taman Wisata Genilangit

Taman Genilangit atau Taman Wisata Genilangit menawarkan beragam aktivitas seru yang bisa dinikmati wisatawan segala usia. Wisatawan dapat mengendarai sepeda gantung, bermain ayunan tinggi, mengendarai ATV, dan menunggang kuda.

Dikutip dari website Desa Wisata Genilangit, tiket masuk mulai Rp5.000 per orang, kemudian biaya parkir Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Bagi yang ingin berkunjung, tempatnya di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Buka pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

4. Air Terjun Tirtosari

Destinasi wisata Magetan selanjutnya adalah Air Terjun Tirtosari. Jika Sedulur ingin menikmati liburan dalam suasana segar dengan pemandangan air terjun yang indah, Sedulur bisa mengunjungi Air Terjun Tirtosari. Salah satu tempat wisata di Magetan ini mempunyai daya tarik unik berupa air terjun yang bertingkat. Pepohonan rindang di sekitar air terjun menambah sejuknya suasana yang di sini.

Lokasi Air Terjun Tirtosari yang tidak jauh dari Telaga Sarangan ini telah menarik perhatian banyak warga lokal maupun wisatawan internasional. Keunikan air terjun setinggi 50 meter ini adalah bentuknya yang berlapis-lapis dan aliran air yang deras.

Di pinggir air terjun terdapat beton yang dapat dijadikan jalan bagi pengunjung. Di sekitar air terjun terdapat banyak pepohonan dan tanaman hijau. Alamat Air Terjun Tirtosari adalah Kecamatan Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

5. Magetan Park 

Taman Magetan atau Magetan Park merupakan wahana perahu dan wisata pertama di Kabupaten Magetan. Berlokasi strategis di pusat kota, tepat di depan gedung DPRD TK II Magetan, merupakan pilihan tepat bagi keluarga dan teman untuk bersantai dan berpetualang.

Wahana air Taman Magetan ini menggunakan konsep Inflatable Bouncy yang terbuat dari bahan unisol import yang sangat kuat dan lentur sehingga menjamin keamanan dan kenyamanan anak-anak saat bermain. Bagi pecinta olahraga air, tersedia kolam renang standar olimpiade berukuran 25×50 meter dan kedalaman 1,5 meter.

Selain itu bagi yang menyukai suasana alam, kawasan pintu keluar Taman Magetan menawarkan keindahan hutan kota dan berbagai wisata menarik. Pengunjung dapat bermain dengan high ropes, flying fox, playground, ATV, dan banyak lagi lainnya.

Taman Magetan menawarkan tiket masuk seharga Rp20.000 pada hari Selasa hingga Jumat dan Rp25.000 pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Loket buka pukul 09.00 sampai 16.00 WIB di hari kerja dan pukul 08.30-16.00 di akhir pekan.

6. Mojosemi Forest Park

mojosemi forest park wisata di magetan
Unsplash/Deb Dowd

Taman Hutan Raya Mojosemi merupakan tempat wisata di Magetan yang terletak di sebelah barat Telaga Sarangan. Keindahan pemandangan alam Mojosemi Forest Park yang masih terjaga membuat rasa betah berlama-lama berada di tempat ini.

Beberapa jenis vegetasi tumbuh, selain pinus (Pinus sp) juga puspa (Schima Wallichii), Jamuju (Podocarpus Imbricatus), kayu putih (Eucalypthus sp) dan lain-lain akan memberi keindahan tersendiri. Tempat wisata Magetan ini menawarkan berbagai layanan seperti Camping Ground, OutBound, ATV, Glamour Camping, Air Terjun Tirto Mojo, Flying Fox, Skywalk, Ekaliptus Resto, Airsoft Gun Zone, High Rope Adventure, Archery Zone, dan lainnya.

Selain itu, ruang publik di Taman Hutan Raya Mojosemi juga sangat memadai. Taman Hutan Raya Mojosemi juga sangat mudah dijangkau dengan berbagai sarana transportasi umum dan pribadi. Tinggal ikuti jalan tembus Sarangan yang berada di antara Cemoro Sewu dan Telaga Sarangan Magetan.

Harga tiket anak-anak mulai dari Rp10.000, sedangkan tiket dewasa mulai dari Rp20.000. Lokasi Jalan Raya Sarangan, Cemoro Sewu Nomor Km. 5, Kali Jumok, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Buka pada pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

7. Telaga Wahyu

Di dekat Telaga Sarangan ada satu lagi telaga yang gak kalah indah, yaitu Telaga Wahyu. Telaga Wahyu terletak 2 km sebelah timur Telaga Sarangan di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga Wahyu sengaja diberi aneka ikan untuk para pecinta mancing, sehingga tempat ini menjadi tempat mancing dan sering digunakan untuk camping. 

Telaga Wahyu mempunyai luas sekitar 10 hektar dan memiliki kedalaman 16 meter. Selain sebagai tempat memancing, telaga ini juga memiliki udara sejuk yang sangat menyenangkan, pemandangan alam yang indah, dan dapat dijadikan tempat wisata keluarga.

Tiket masuk Telaga Wahyu relatif murah. Harga dewasa mulai Rp5.000, sedangkan anak mulai Rp3.000. Bagi yang berminat ke danau untuk menikmati keindahan alamnya lebih dekat bisa menaiki becak air yang harganya mulai dari Rp40.000 sekali putaran.

8. Gunung Blego 

Tempat wisata Magetan ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Gunung ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 996 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari ketinggian tersebut wisatawan dapat melihat pemandangan lubang raksasa yang ada di puncak Gunung Blego. 

Lubang yang kedalamannya kurang lebih 800 meter itu bisa diukur dengan Google Maps yang disebut Telaga Wurung. Telaga Wurung bermakna “telaga yang batal”, maka terlihat tidak ada air sama sekali di dalam lubang tersebut. 

Meski tidak berisi air, namun lubang tersebut terisi tanaman dan persawahan. Gunung Blego terletak di Kecamatan Parang, Magetan, Jawa Timur, dan Puhpelem, Wonogiri, Jawa Tengah.

9. Ujung Kulon

Mendengar nama Ujung Kulon pasti kebanyakan orang teringat dengan taman nasional di Banten. Namun Ujung Kulon ini berbeda karena destinasi wisatanya terletak di lereng Gunung Lawu di Kabupaten Magetan.

Ujung Kulon merupakan salah satu destinasi wisata khususnya bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dan mengunjungi banyak spot foto. Di sini ada rumah kayu mirip rumah Hobbit, ayunan di perbukitan, dan terdapat gardu pandang dari kayu. 

Ujung Kulon terletak di Kecamatan Janggan, Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sedulur bisa datang ke sini mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Tiket masuk mulai Rp5.000 per orang, parkir sepeda motor Rp2.000, dan parkir mobil Rp5.000.

10. Wisata Wonomulyo 

Bagi yang menyukai aktivitas menantang dan produktif bisa mencoba river tubing di Desa Wonomulyo. Aktivitas menyenangkan river tubing di sungai Wonomulyo cukup seru, selanjutnya pengunjung bisa berkeliling dan mengamati aliran sungai dengan rintangan batu.

Fasilitas yang tersedia meliputi parkir, warung makan, dan toilet. Kegiatan river tubing dapat dinikmati mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Lokasinya di Wonomulyo, Genilangit, Poncol, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

BACA JUGA: Berwisata ke Kediri Eco Park, Liburan Seru Sambil Belajar

11. Magetan Green Garden 

Unsplash/Andrew Keymaster

Destinasi wisata Magetan selanjutnya adalah Magetan Green Garden. Tempat ini menawarkan keindahan taman bunga dan buah yang sangat menawan. Magetan Green Garden cocok dikunjungi bersama keluarga terutama anak-anak.

Sebab, destinasi wisata ini merupakan destinasi wisata edukasi. Selain aneka buah-buahan dan tanaman berbunga, tempat ini juga memiliki bibit bunga matahari yang bisa ditanam di rumah. Memasuki kawasan wisata ini, pengunjung akan disambut dengan taman bunga yang luas.

Selain bunga matahari dan bunga kertas, Sedulur juga bisa melihat tanaman buah-buahan seperti pisang, kelengkeng, markisa, dan jambu kristal. Alamatnya di Truneng, Sukomoro, Menggolo, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dapat dikunjungi mulai pukul 07.30 WIB hingga 17.00 WIB.

12. Puntok Geneng

Objek wisata lain di kaki Gunung Lawu adalah Puntok Geneng yang menyuguhkan panorama pegunungan. Pengunjung Puntok Geneng bisa menikmati selfie di pemandangan alam di beberapa gardu pandang.

Jendela tempat ini bentuknya unik, ada hati, lingkaran bahkan rumah pohon. Puntok Geneng berada di Kopen, Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Buka dari pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB.

13. Candi Simbatan

Banyak yang menyebut Candi Simbatan dengan Pertirtaan Dewi Sri. Sebagai peninggalan sejarah, wisata alam ini berada di Watan, RT.01/RW.03, Simbatan Watan, Simbatan, Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Pura ini berupa kolam dengan patung Dewi Sri yang dapat dilihat saat kolam dikosongkan. 

Patung Dewi Sri ini bersentuhan dengan mata air bawah tanah yang keluar dari dada patung. Situs ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram Hindu atau Mataram kuno. Pura Simbatan mempunyai jadwal Festival Dewi Sri yang diadakan setiap hari Jumat Pahing Bulan Suro. Atraksi festival ini antara lain karnaval serta pertunjukan seni budaya berupa Tari Bedaya Dewi Sri.

14. Tirto Gumarang 

Taman Wisata Tirto Gumarang merupakan tempat liburan ideal bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Gunung Lawu dan Buki Mongkrang. Taman ini menawarkan berbagai aktivitas dan ruang bagi pengunjung yang mencari petualangan dan relaksasi. 

Salah satu daya tarik utama Taman Wisata Tirto Gumarang adalah melakukan off-road dengan menyewa mobil jeep untuk menjelajahi kawasan tersebut. Wisatawan dapat menikmati pemandangan menakjubkan sambil merasakan pengalaman off-road. 

Lokasinya di depan Gerbang Jalan Pendakian Lawu lewat Cemoro Sewu, Dusun Cemoro Sewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan. Untuk masuknya Rp15.000 pada hari kerja, Rp20.000 pada akhir pekan dan tarif parkir roda empat Rp10.000 dan kendaraan roda dua Rp5.000.

15. Cemoro Sewu

Jika tidak ingin melakukan pendakian namun tetap ingin menikmati udara pegunungan di kawasan Gunung Lawu, Sedulur bisa singgah di Cemoro Sewu. Tempatnya terletak di lereng Gunung Lawu pada ketinggian sekitar 1900 meter di atas permukaan laut.

Menurut Direktori Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kawasan ini merupakan salah satu basecamp para pendaki dan merupakan tempat biasa para pendaki naik Gunung Lawu. Di sekitar Cemoro Sewu banyak sekali tempat makan dan minum yang cocok untuk nongkrong. Makanan yang bisa dicicipi adalah sate kelinci, bakso, mie rebus, cilok, dan lainnya.

Itulah tadi rekomendasi wisata di Magetan yang bisa Sedulur sambangi. Biar suasana jalan-jalan makin seru dan asik saat bersama teman dan keluarga, Sedulur jangan lupa untuk membawa Liven Up ya. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan ini, bisa menjadi teman bertualang dan jalan-jalan yang seru abis.

Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.