Keindahan Lembah Watu Pawon, Hidden Gem di Trenggalek

Unsplash/Mr Pierre

Pantai Lembah Watu Pawon terletak di pesisir selatan Kabupaten Trenggalek dan menawarkan panorama yang indah. Pantai kecil di Desa Nglebeng ini memiliki daya tarik tersendiri dengan bebatuan halus yang berjajar di tepi pantai.

Angin sejuk dan deburan ombak yang menghantam bebatuan sangat cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan selama berlibur. Lembah Watu Pawon letaknya satu lokasi dengan Pantai Kuyon. Tak kalah menariknya, Pantai Kuyon juga memiliki daya tarik tersendiri ketika senja.

Jika Sedulur ingin menikmati keindahan tempat wisata Trenggalek, sebaiknya perhatikan informasi seputar Pantai Lembah Watu Pawon berikut ini. Simak ulasannya sampai selesai ya!

BACA JUGA: Pantai Asmara, Destinasi Indah dan Tersembunyi di Jember

Sekilas Tentang Lembah Watu Pawon

pantai asmara jember
Unsplash/E Vos

Pantai umumnya, pantai punya hamparan pasir putih maupun hitam. Namun berbeda dengan Lembah Watu Pawon yang banyak bebatuan unik di sepanjang bibir pantai. Pemandangan dari bebatuan karang yang menghadap ke laut lepas tampak semakin indah.

Bahkan di pinggir pantai juga terdapat batu karang besar yang dihubungkan dengan daratan melalui jembatan kecil sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan laut lepas dari batu karang tersebut. Objek wisata alam yang tersembunyi ini kini menjadi daya tarik wisatawan di Kabupaten Trenggalek, karena sangat cocok untuk berfoto dan menyendiri untuk menjernihkan pikiran. 

Ada juga persawahan tepat di sebelah pantai. Pemandangan di sore hari semakin mempesona saat Sedulur mengamati aktivitas nelayan setempat yang bersiap melaut.

Lokasi dan Rute Lembah Watu Pawon

Lembah Watu Pawon berada di di Desa Nglebeng, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Sedangkan jarak Lembah Watu Pawon dengan pusat kota Trenggalek kurang lebih 54,6 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam 35 menit dengan kendaraan pribadi. Sedulur bisa melintasi Jalan Raya Nasional Trenggalek-Pacitan. 

Lalu sampai di pertigaan jembatan Kecamatan Panggul, Sedulur bisa mengambil jalur ke arah selatan atau searah menuju Pantai Konang. Dari perempatan Pantai Konang, ambil jalan lurus menuju Pantai Kuyon dan Pantai Joketro. Akses jalannya relatif sempit dan melewati medan perbukitan, sehingga wisatawan harus berhati-hati saat melewati jalur ini.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk Lembah Watu Pawon harganya sangat terjangkau. Sedulur hanya perlu membayar Rp5.000 saja per orang. Lalu pantai ini buka selama 24 jam. Jadi Sedulur bisa datang kapan saja. Tapi perlu diingat bahwa harga tiket ini bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola setempat.

Daya Tarik Lembah Watu Pawon

Lembah Watu Pawon merupakan wisata yang dikelola oleh Desa Wisata Bahari Nglebeng, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini memiliki ciri khas batuan yang menghiasi pantainya. Bebatuan karang putih tampak berjejer rapi di kedua ujung pantai. Lembah Watu Pawon menyuguhkan panorama air laut yang biru jernih dan tebing karang. 

Wisatawan bisa dengan mudah mencapai Lembah Watu Pawon melalui jalan setapak yang berada di perbukitan. Selanjutnya Sedulur akan melihat pantai yang dilapisi bebatuan karang di tepi pantai biru. Abadikan momen ini dengan latar belakang panorama yang indah ini. Pengunjung Lembah Watu Pawon juga bisa duduk dan bersantai di gazebo yang ada atau menikmati makanan di warung makan terdekat.

Fasilitas di Lembah Watu Pawon

Fasilitas yang ada di Pantai Lembah Watu Pawon bisa dibilang cukup komplit. Jadi, bisa menunjang kegiatan Sedulur selama di sini. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung wisata
  • Gazebo

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Lembah Watu Pawon. Kalau Sedulur sedang di Trenggalek, jangan lupa untuk mampir ke sini ya.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan stamina karena perjalanannya cukup menantang dan melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum. Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan menaklukkan tantangan saat menjelajah keindahan alam nusantara.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.