10 Rekomendasi Waterpark di Tuban yang Seru dan Terjangkau

Unsplash/Meg Von Haartman

Berkunjung ke Tuban memang tidak hanya sekedar melihat keindahan alam pantainya saja. Sedulur juga bisa menikmati banyak sekali wahana waterpark Tuban yang cocok sekali didatangi bersama keluarga dan anak-anak.

Waterpark Tuban sendiri menjadi tempat yang cocok untuk bermain air sambil melepas penat setelah seharian bekerja. Nah, bagi Sedulur yang ingin tahu dimana saja waterpark terbaik d Tuban. Mari simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Tiara Jember Park Waterboom: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

1. Sendang Wangi

bukit tawaf sumenep
Unsplash/Wasif Mujahid

Wisata Sendang Wangi Tuban adalah sebuah wisata baru yang masih dalam proses pembangunan dan berada di desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, sekitar 500 meter dari Wisata Jatiwangi Park. Konsep wisata ini berbeda dengan Wisata Jatiwangi karena menyediakan pemandangan alam hutan sagu dan sungai yang sangat jernih yang akan memanjakan mata pengunjung.

Di sini terdapat beberapa sumber air yang mengeluarkan debit air sangat besar, yang bisa dikatakan sebagai sumber air terbesar di Tuban. Air dari sumber ini digunakan sebagai saluran irigasi dan juga air minum bagi masyarakat. Lokasi Wisata Sendang Wangi Tuban menyediakan fasilitas lengkap, mulai dari toilet, musholla, hingga lahan parkir kendaraan yang luas.

  • Lokasi: Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban,
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.30 – 16.30 WIB
  • Harga: Rp10.000
  • Fasilitas: Mulai dari toilet, musholla, hingga lahan parkir kendaraan yang luas.

2. Sumberarum Park

Sumberarum Park adalah destinasi rekreasi air yang terletak di desa Sumberarum, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sebelum diubah menjadi objek wisata seperti sekarang, area ini awalnya merupakan sebuah embung desa yang digunakan oleh anak-anak setempat untuk bermain air.

Tanpa mengubah esensi embung desa tersebut, kini telah dibangun Wisata Sumberarum Park yang menawarkan kolam renang sebagai atraksi utamanya. Kolam renang di tempat ini dirancang dengan kedalaman yang aman bagi anak-anak dan dilengkapi dengan perosotan untuk menambah keseruan.

  • Lokasi: Desa Sumberarum, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Harga: Rp5.000 untuk weekdays dan Rp 10.000 untuk weekend.
  • Jam buka: buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 00.00 WIB.

3. JJ Waterpark

JJ Waterpark adalah sebuah wisata baru di Tuban, Jawa Timur, yang dibuka resmi pada tanggal 29 Desember 2021. Lokasi wisata terletak di Dusun Layut, Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang. Wisata ini memiliki berbagai fasilitas, termasuk kolam renang, wahana perosotan, gazebo, view pemandangan Instagramable, kamar mandi, dan kantin yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman.

  • Lokasi: Dusun Layut, Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang.
  • Harga: Rp10.000.
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB

4. Tebing Pelangi

Tebing Pelangi adalah wisata baru di Tuban yang dibangun di atas bekas lahan tambang. Lokasinya berada di Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Terdapat banyak sekali spot foto instagramable seperti jembatan gantung, twin tower, dan 30 spot lainnya.

  • Lokasi: Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban
  • Harga tiket masuk: Rp 15.000.
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.30 WIB untuk weekdays dan 08.00 – 17.00 WIB untuk weekend

5. Jatiwangi Park

Jatiwangi Park Tuban adalah sebuah tempat wisata dan outbound yang terletak di Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Fasilitas park ini termasuk wahana bermain anak, kolam renang, dan spot lainnya. Kolam renang yang ada di park ini disebutkan sebagai yang representatif untuk anak-anak maupun dewasa. Jatiwangi Park Tuban juga menyediakan rumah pohon dan merupakan destinasi outbound.

  • Lokasi: Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.
  • Harga: Rp 15.000.
  • Fasilitas: wahana bermain anak, kolam renang, dan spot lainnya.
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB

BACA JUGA: Candi Rambut Monte: Daya Tarik, Sejarah, dan Harga Tiket

6. D’Fresh Waterpark

atlantis land surabaya kolam renang di ponorogo
Unsplash/Brandon Hoogenboom

D’Fresh Waterpark adalah kolam renang yang berlokasi di Rengel, Tuban. Sebelumnya, tempat ini hanya adalah sebidang tanah milik pribadi, tetapi kemudiannya dibuat menjadi sebuah wahana wisata baru. Kolam renang ini memiliki ukuran panjang 25 meter, lebar 10 meter, dan tinggi 1,8 meter, serta ketinggian air yang mencapai 156 cm. Kolam renang ini telah menjadi lokasi wisata air yang menambah kesan eksotis alam Rengel di Tuban.

  • Lokasi: Rengel, Tuban
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga: Rp 40.000

7. Kolam Bektiharjo

Kolam Renang Bektiharjo terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, berjarak sekitar 5 km dari pusat Kota Tuban. Tempat ini menjadi bagian dari sejarah wisata legendaris di Tuban.

Dikenal dengan sumber airnya yang tak pernah kering, Kolam Renang Bektiharjo menawarkan pengalaman berenang yang berbeda dari tempat lain. Kolam renang ini dikelilingi pohon-pohon besar yang menjulang tinggi dan menciptakan suasana yang asri dan menyejukkan.

Air yang jernih dan segar membuat pengunjung betah berlama-lama bermain air. Selain kolam renang, tempat ini juga memiliki fasilitas pendukung seperti area parkir yang luas, toilet, dan tempat duduk untuk bersantai.

  • Lokasi: Krajan, Bektiharjo, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB
  • Harga: Rp10.000

8. Soko Water Sport

Selanjutnya ada kolam renang Soko Water Sport (SWS). Kolam renang yang berada di Kecamatan Soko, Tuban ini, terdapat tiga kolam renang bagi anak-anak, remaja dan dewasa. Pengunjung yang datang bisa menyesuaikan kolam yang diinginkan sesuai tingkatan usia.Di kolam ini, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas yang disediakan pihak pengelola, seperti kantin, tempat parkir, kamar ganti dan menyewakan alat bantu renang. Pengunjung yang datang hanya cukup membayar tak lebih dari Rp10 ribu lho dan kolam renang ini buka setiap hari mulai pagi sampai sore.

  • Lokasi: Jalan Raya Soko, Soko, Sokosari, Kec. Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB
  • Harga: Rp6.000

9. Kolam Renang Pahlawan

Mau berenang di kolam, namun masih bisa menikmati suasana keindahan alam?. Di kolam renang Pahlawan ini jawabannya. Kolam renang yang berada di dekat jantung kota Tuban ini menyuguhkan suasana yang asri dan nyaman karena di sekitar kolam masih terdapat pepohonan yang rindang dan asri.

Setiap tiga hari sekali, air yang berada di kolam renang tersebut telah diganti, jadi kolam renang ini dijamin kebersihannya. Sesuai namanya, kolam renang ini terletak di Jalan Pahlawan No 54 Tuban.

  • Lokasi: Jalan Pahlawan No.54, Dondong, Gedongombo, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB
  • Harga: Rp15.000

10. Kolam Tegalbang

Terakhir ada Kolam Renang Tegalbang. Kolam renang yang satu ini terletak di Kecamatan Palang, Tuban. Kolam renang ini juga menyuguhkan fasilitas bagi para pengunjung yang datang, seperti live musik, gazebo, musholla, tempat parkir dan toilet serta kamar ganti.

Untuk harga tiket yang ditawarkan pihak pengelola sendiri sangat terjangkau kok. Kolam renang ini buka mulai pagi sampai sore. Kolam renang ini sangat cocok bagi Sedulur anak-anak untuk belajar berenang.

  • Lokasi: Jalan Raya Pertigaan Tegal Bang B No.1, Krajan, Tegalbang, Kec. Palang, Kabupaten Tuban
  • Jam buka: Setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB
  • Harga: Rp20.000

Demikian tadi deretan rekomendasi waterpark Tuban yang bisa Sedulur kunjungi. Semoga ulasan di atas bisa membantu membuat jadwal liburan yang seru bersama keluarga ya.

Oia, biar suasana bermain air dan berenang di Waterpark Tuban makin krezi dan seru, Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.