Wana Wisata Mojosemi: Lokasi, Harga Tiket, dan Wahana

Berencana berlibur ke Magetan tapi masih bingung menentukan destinasi wisata? Sedulur bisa mengunjungi Wana Wisata Magetan atau juga dikenal sebagai Mojosemi Forest Park. Tempat wisata ini menggabungkan camping ground dengan aneka wahana sehingga dapat menjadi alternatif tujuan yang menarik saat berlibur bersama keluarga maupun teman-teman.

Disini Sedulur bisa mencoba berbagai wahana permainan sekaligus berkemah dengan latar pepohonan pinus yang hijau dan asri. Tentunya pesona ini tidak bisa ditemukan di sembarangan tempat dan akan menjadi momen yang menarik saat berlibur.

Tertarik untuk berkunjung ke Wana Wisata Mojosemi? Berikut sudah dirangkum berbagai informasi, mulai dari lokasi, jam buka, harga tiket, hingga wahananya.

BACA JUGA: 15 Tempat Wisata di Magetan Paling Populer, Wajib Dikunjungi

Wana Wisata Mojosemi

wana wisata mojosemi
Unsplash/Aiden

Wana Wisata Mojosemi atau Mojosemi Forest Park merupakan obyek wisata alam yang berada di kaki Gunung Lawu pada ketinggian 1389 Mdpl dan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Sebelum dibuka sebagai obyek wisata dengan beraneka ragam wahana, kawasan ini sebelumnya merupakan sebuah area perkemahan atau camping ground yang juga cukup populer.

Namun, sejak akhir tahun 2016 tempat ini resmi dibuka sebagai Mojosemi Forest Park dengan berbagai wahana dan fasilitas sehingga tidak hanya menjadi kawasan perkemahan, tetapi juga tempat wisata yang menarik bagi semua kalangan.

Alamat Lokasi Dan Kontak

Wana Wisata Mojosemi berlokasi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, atau tepatnya di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Lokasi tempat ini terbilang cukup strategis karena terletak di Jalan Raya Sarangan, Cemoro Sewu, Kali Jumok, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan. Sedulur bisa menghubungi nomor telepon (0351) 4488443 untuk keperluan reservasi.

Jam Buka

Mojosemi Forest Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Sebagai catatan, khusus untuk wahana pertunjukan Dino Show hanya tersedia di hari Sabtu, Minggu, serta libur nasional.

Harga Tiket Masuk

Sedulur yang ingin berkunjung ke Mojosemi Forest Park tentu perlu mengenai harga tiket masuknya. Adapun harga tiket masuk yang dikenakan adalah sebesar Rp 35 ribu, baik untuk dewasa maupun anak-anak di atas 3 tahun. Sementara itu, untuk sejumlah wahana lain juga dikenakan tiket dengan rincian sebagai berikut.

  • Tiket Dino Show = Rp 20 ribu per orang
  • Tiket wahana ATV, berkuda, air soft gun, playground, hingga Jeep Lawu Tour = Rp 10 ribu sampai dengan Rp 550 ribu

Rute yang Bisa Dilalui

Lokasi Mojosemi Forest Park terbilang cukup terjangkau karena terletak di Jalan Raya Sarangan. Sedulur bisa mencapai lokasi ini hanya dengan 30 menit sampai 40 menit perjalanan menggunakan mobil pribadi dari pusat kota Magetan.

Selain itu, bagi Sedulur yang berangkat dari arah Solo atau Karanganyar juga tidak akan kesulitan menuju obyek wisata ini karena terletak di jalan utama Karanganyar – Magetan.

BACA JUGA: Splash Waterpark Tulungagung: Daya Tarik, Tiket, dan Aktivitas

Daya Tarik dan Pesonanya

wana wisata mojosemi
Pixabay/Tee2tee

Mojosemi Forest Park berada di kawasan dataran tinggi atau tepatnya pada ketinggian 1389 Mdpl di kaki Gunung Lawu. Kondisi ini membuat suasana di sekitar lokasi tersebut sangat sejuk dan segar sehingga cocok untuk refreshing.

Tak hanya itu, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan indah berupa pepohonan pinus yang tumbuh subur di sekitarnya. Panorama hutan pinus tersebut pun siap memanjakan mata Sedulur saat berwisata di tempat ini. Di sisi lain, ada juga tumbuhan hutan lainnya, seperti puspa dan jamuju yang ikut menambah keasrian sekaligus keindahan kawasan ini.

Selain pemandangan alamnya yang mempesona, Mojosemi Forest Park juga menawarkan pengalaman berkemah yang menyenangkan sekaligus kekinian. Ya, Sedulur yang ingin mencoba berkemah bisa memanfaatkan fasilitas glamping alias glamour camping yang tersedia.

Sesuai namanya, area tersebut menawarkan pengalaman berkemah tetapi dengan fasilitas glamour layaknya menginap di hotel. Hal ini tentu menarik bagi Sedulur yang belum pernah berkemah ataupun ingin mencoba berkemah dengan pengalaman baru. Adapun berikut ⁷beberapa tipe pilihan “tenda” atau penginapan yang bisa Sedulur coba di tempat ini.

  • Tenda Deck Camp dengan fasilitas 2 single bed serta kamar mandi dengan air hangat
  • Container Forest Camp dengan tempat tidur yang besar, ranjang susun, televisi, serta kamar mandi dengan air hangat
  • Lawu Forest Camp dengan fasilitas berupa 1 king size bed, 1 medium size bed, extra bed, televisi, kamar mandi, hingga sarapan

Menariknya lagi, setiap penyewaan tenda tersebut sudah termasuk dengan tiket masuk ke taman bermain di Mojosemi Forest Park. Jadi pilihan wisata ini akan sangat menarik untuk Sedulur.

Wahana yang Bisa Dicoba

Tak sekadar bermalam di tenda, Sedulur juga bisa mencicipi beraneka wahana yang memacu adrenalin di Wana Wisata Mojosemi ini. Salah satunya adalah wahana berkeliling hutan dengan mengendarai mobil jeep atau disebut sebagai Jeep Lawu Tour.

Dengan menyewa fasilitas ini, Sedulur akan diajak berkeliling hutan dan melihat spot-spot menarik di tengah hutan dengan pengalaman yang tak terlupakan karena hutan di sana tetap dipertahankan keasliannya.

Puas berkeliling hutan menggunakan jeep, Sedulur bisa mencoba aneka wahana permainan yang tak kalah menarik dan mengundang adrenalin. Beberapa wahana yang bisa dicoba adalah flying fox, skywalk, ATV, outbound, high rope adventure, air soft gun, hingga panahan.

Tak berhenti sampai di situ, ada juga Dinosaurus Park, area taman yang menawarkan wisata edukasi mengenai dinosaurus. Sedulur bisa melihat tiruan berbagai dinosaurus hingga menonton teater dinosaurus. Tempat ini tentu menarik apalagi jika Sedulur datang bersama si kecil.

Fasilitas Wana Wisata Mojosemi

Dengan berbagai wahana permainan yang ada, tentu tidak puas jika Sedulur hanya berkunjung selama 1 sampai 2 jam saja. Untuk itu ada baiknya Sedulur meluangkan waktu satu hari atau malah menginap di tempat ini agar dapat mencicipi semua arena yang tersedia.

Adapun Sedulur tidak perlu khawatir dengan fasilitas di sini. Pasalnya pihak pengelola menyediakan beragam fasilitas yang tentunya akan mendukung kegiatan rekreasi Sedulur. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Mojosemi Forest Park Magetan.

  • Area parkir yang luas
  • Musala atau tempat ibadah
  • Toilet umum
  • Restoran
  • Gazebo untuk beristirahat
  • Penginapan dengan berbagai tipe

Peraturan yang Perlu Diketahui

Sebelum berkunjung ke Wana Wisata Mojosemi atau Mojosemi Forest Park, ada baiknya Sedulur memahami peraturan di tempat ini.

  • Setiap pengunjung wajib membeli tiket masuk untuk memasuki kawasan wisata
  • Anak usia 3 tahun ke atas wajib memiliki tiket masuk sendiri
  • Tiket masuk sudah termasuk akses ke area taman dinosaurus dan wahana salju serta voucher makan sebesar Rp 5 ribu

Tips Berkunjung

Sebagai tambahan informasi, berikut beberapa tip yang bisa Sedulur ikuti saat berkunjung ke tempat wisata ini.

  • Perhatikan prakiraan cuaca sebelum berkunjung. Ada baiknya Sedulur berkunjung saat cuaca cerah agar dapat menikmati semua wahana
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman karena sebagian wahana di sana menuntut aktivitas fisik
  • Cek update informasi seputar wahana dan jadwal jam bukanya agar Sedulur tidak kecele

 Biar suasana jalan-jalan makin seru dan asik saat bersama teman dan keluarga, Sedulur jangan lupa untuk membawa Liven Up ya. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan ini, bisa menjadi teman bertualang dan jalan-jalan yang seru abis.

Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Itu dia rangkuman informasi seputar Mojosemi Forest Park yang bisa menjadi alternatif pilihan destinasi wisata saat libur panjang ataupun akhir pekan.