Tiara Jember Park Waterboom: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Bingung memilih destinasi wisata untuk liburan bersama keluarga? Sedulur bisa mencoba Tiara Jember Park Waterboom yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tempat ini mengusung konsep wisata edukatif yang terutama menawarkan beraneka wahana air sebagai daya tarik utamanya. Meski begitu, Sedulur juga bisa melakukan beragam aktivitas lainnya di sana.

Penasaran ada apa saja di Tiara Jember Park Waterboom? Berikut ini sudah dirangkum informasi selengkapnya, mulai dari alamat lokasi, daya tarik, harga tiket, hingga rekomendasi rute yang bisa dilalui untuk menuju lokasi.

BACA JUGA: Ubalan Waterpark: Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket, dan Wahana

Wisata Tiara Jember Park Waterboom

ubalan waterpark tiara jember park waterboom
Unsplash/Jacksonville Beach

Mengutip dari laman Sistem Informasi Data Pariwisata Jawa Timur atau SIDITA JATIM, Tiara Jember Park Waterboom dibuka pada 1 Januari 2011 silam. Saat ini, tempat tersebut dikenal sebagai obyek wisata favorit untuk keluarga maupun anak-anak muda.

Taman wisata air ini sendiri terkenal dengan fasilitas kolam renang dan permainan air, misalnya permainan berseluncur dengan ketinggian 15 meter dan papan seluncur sepanjang 75 meter yang memacu adrenalin. Tak hanya itu, tersedia pula berbagai wahana permainan seperti bianglala, tora-tora, hingga fasilitas untuk mengendarai ATV.

Tempat wisata dengan luas lahan mencapai 6 hektar ini juga menjadi langganan untuk acara gathering maupun kegiatan sekolah. Tak heran jumlah pengunjung yang datang pun terus meningkat. Masih mengutip dari laman yang sama, setidaknya Tiara Jember Park Waterboom memiliki dua ribu pengunjung setiap bulannya.

Lokasi

Sedulur yang tertarik untuk berkunjung ke Tiara Jember Park Waterboom tentu perlu mengetahui lokasinya. Adapun taman wisata air ini beralamat di Jalan Kaliurang, Sumbersari, Krajan Barat, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Lantaran masih berada di kawasan pusat kota, tempat ini terbilang memiliki akses jalan yang mudah dan tidak sulit ditemukan. Sedulur pun bisa datang ke sini dengan mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jam Buka

Tiara Jember Park Waterboom bisa menjadi pilihan untuk mengisi masa liburan bersama keluarga maupun saat akhir pekan. Kabar baiknya, tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Untuk itu, Sedulur yang ingin mencoba berbagai wahana di sini bisa datang pagi-pagi agar memiliki banyak waktu untuk menjelajah tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk

Sedulur tak perlu khawatir harus merogoh kocek dalam-dalam untuk berwisata di Tiara Jember Park Waterboom. Sebab, harga tiket masuk yang dikenakan terbilang cukup terjangkau, yaitu Rp 22 ribu per orang pada hari biasa dan Rp 25 ribu per orang pada akhir pekan.

Selain tiket masuk yang terjangkau, biaya parkir di sana pun juga ramah di kantong. Sedulur cukup membayar parkir Rp 5 ribu untuk roda empat dan Rp 2 ribu untuk roda dua.

BACA JUGA: Water Park Sumber Udel: Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

Daya Tarik dan Pesonanya

tiara jember park waterboom
Unsplash/April Walker

Sesuai dengan namanya, Tiara Jember Park Waterboom menawarkan pengalaman bermain air di kolam renang maupun wahana permainan air sebagai daya tarik utamanya. Meski demikian, tempat ini juga dilengkapi dengan wahana-wahana lain yang tak kalah seru.

Nah, agar Sedulur tak makin penasaran, berikut sudah dirangkum berbagai daya tarik hingga aktivitas yang bisa dilakukan di Tiara Jember Park Waterboom.

1. Kolam renang dengan beberapa ukuran

Sebagai tempat yang mengunggulkan wisata air, Tiara Jember Park Waterboom memiliki beberapa kolam renang dengan ukuran kedalaman yang berbeda.

Di antaranya adalah kolam dangkal untuk anak-anak, kolam dengan kedalaman 1 meter, kolam dengan kedalaman 2 meter, serta kolam renang yang dilengkapi dengan papan seluncuran panjang yang menarik untuk dicoba.

2. Wahana permainan air

Tak hanya berenang, Sedulur juga bisa bermain air sembari mencoba beraneka wahana yang seru sekaligus menantang adrenalin. Wahana permainan itu di sana pun tersebar di berbagai kolam renang sehingga anak-anak hingga orang dewasa bisa sama-sama bermain air.

Beberapa wahana permainan air yang disediakan, yaitu pancuran dan perosotan yang berada di kolam dangkal untuk anak dan kolam salju. Selain itu, Sedulur juga bisa mencoba perosotan dengan ketinggian 15 meter dan panjang mencapai 75 meter.

3. Spot foto

Puas bermain air, jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama keluarga maupun sahabat. Menariknya, ada banyak spot foto maupun selfie yang menarik dan tentunya kekinian yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola.

4. Beragam aktivitas lain

Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung saat berwisata ke Tiara Jember Park Waterboom tidak terbatas pada bermain air maupun berfoto ria. Pasalnya, tempat ini juga memiliki sejumlah wahana permainan yang cukup lengkap serta area hijau yang luas.

Sedulur bisa mencoba mengendarai motor ATV, menaiki bianglala dan kora-kora, hingga menonton bioskop 3 dimensi. Tak berhenti sampai di situ, tempat ini pun juga menyediakan wahana untuk outbound dengan beragam fasilitas termasuk flying fox.

Fasilitas

Untuk mendukung kegiatan rekreasi pengunjung, Tiara Jember Park Waterboom juga dilengkapi dengan beraneka fasilitas. Berikut beberapa fasilitas yang bisa Sedulur temukan dan nikmati selama berwisata di sana.

  • Area parkir yang luas
  • Toilet dan kamar mandi umum
  • Area makan dengan beraneka kuliner
  • Gazebo untuk bersantai

Rute dan Tips Yang Bisa Diikuti

Disampaikan sebelumnya, Tiara Jember Park Waterboom memiliki lokasi strategis karena masih berada di kawasan pusat kota. Hal ini juga membuat akses jalan menuju lokasi cukup mudah dijangkau karena masih berupa jalur perkotaan.

Tak hanya memiliki akses jalan yang baik, rute yang harus dilalui untuk sampai di sana pun tak sulit. Diketahui, tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 4,8 km dari pusat kota Jember atau tepatnya Alun-Alun Kabupaten Jember. Oleh karenanya, Sedulur hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk sampai di sana.

Sementara itu, rute yang bisa dilalui dari Alun-Alun Jember adalah dari Jalan RA Kartini menuju ke Jalan Nasional III. Selanjutnya, arahkan kendaraan ke Jalan PB Sudirman, lalu ke Jalan Bedadung di Pagah. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Jalan Jawa, lalu Jalan Riau, dan terakhir ke Jalan Kaliurang.

Di samping informasi seputar rute menuju Tiara Jember Park Waterboom, berikut juga ada beberapa tip yang bisa Sedulur ikuti sebelum maupun saat berwisata di sana.

  • Cek informasi terkini terkait jadwal buka hingga harga tiket sebelum berkunjung agar Sedulur tidak kecele.
  • Kenakan pakaian yang nyaman untuk beraktivitas dan siapkan baju renang jika ingin menikmati wahana permainan air maupun sekadar berenang di kolam.
  • Patuhi peraturan yang ada agar kegiatan wisata Sedulur berjalan menyenangkan.

Demikian rangkuman informasi seputar Tiara Jember Park Waterboom. Apakah Sedulur sudah siap untuk berwisata ke sana?

Oia, karena berenang dan bermain air tetap bisa menguras tenaga maka Sedulur harus mempersiapkan bekal yang cukup ya. Sedulur bisa membawa snack dan Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menyegarkan tubuh setelah bermain air di kolam renang.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.