6 Tempat Piknik di Malang untuk Liburan Bareng Temen

Unsplash/Nuril Ahsan

Tidak hanya terkenal dengan julukannya sebagai Kota Pendidikan, bisa dibilang jika ada beberapa tempat piknik di Malang yang begitu menarik untuk dikunjungi. Tentu saja sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu libur bersama dengan keluarga atau teman-teman dekat.

Tempat-tempat tersebut pastinya menawarkan panorama alam yang memukau dan suasana yang sejuk, berbagai destinasi di Malang memberikan pengalaman piknik yang seru dan tak terlupakan. Jadi jangan ragu untuk menjadikannya sebagai destinasi di liburan berikutnya.

Nah, langsung saja berikut ini rangkuman beberapa tempat terbaik yang direkomendasikan untuk piknik selama Sedulur berada di Malang!

BACA JUGA: 12 Mall di Malang Raya Terbaik dan Super Lengkap, Semua Ada!

1. Lembah Indah Malang

wagos gresik
Unsplash/Tantan Wiguna

Lembah Indah Malang tempat piknik di Malang yang menggabungkan antara edukasi dan penginapan dengan fasilitas lengkap. Sangat ideal untuk bersantai maupun melakukan berbagai aktivitas luar ruangan. Tempat ini menawarkan berbagai fasilitas menarik yang akan memanjakan setiap pengunjungnya.

Di Lembah Indah Malang, para pengunjung dapat menikmati area outbound, glamping, camping site, spot foto yang Instagramable, restoran, serta kawasan perkebunan dan peternakan. Sementara itu, aktivitas yang bisa dilakukan di sini juga cukup banyak. orang

Ketika Sedulur berkunjung ke tempat piknik di Malang ini, bisa beternak sapi dan kambing, menjajal kuliner Nusantara, berkebun, bermain flying fox, ATV, motor track, berkuda, bersepeda, berfoto, jogging, berkemah, atau hanya bersantai sambil menikmati suasana.

Kemudian untuk akomodasi, tersedia berbagai pilihan penginapan seperti Fun Camp, Glamping Dawala, Glamping Carani, hingga Villa Dipayana. Tentu saja setiap harga sewa untuk setiap akomodasi penginapan tersebut berbeda-beda, tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Harga tiket masuk Lembah Indah Malang terbilang cukup terjangkau, dan hanya dikenakan bagi orang dewasa dan anak di atas 5 tahun. Untuk parkir kendaraan, tidak ada biaya tambahan apapun.

  • Alamat: Gendogo, Balesari, Kec. Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 08.00 WIB – 18.00 WIB
  • Telepon: 0823-6036-0188
  • Harga tiket: Rp20.000

2. Araya Arcade Garden

Rekomendasi tempat piknik di Malang yang berikutnya adalah Araya Arcade Garden. Taman wisata yang satu ini bisa dibilang merupakan salah satu tempat yang tengah menjadi perbincangan hangat di Malang. Resmi dibuka pada Juli 2023, kafe ini menghadirkan pengalaman unik dengan nuansa pedesaan ala Swiss.

Tentu saja lengkap dengan tema rustic yang begitu memikat dan juga Instagramable. Tempat ini menawarkan sensasi berbeda bagi para pengunjung, yaitu menikmati piknik di padang rumput yang hijau dengan hamparan kain sebagai alas.

Hanya saja, untuk bisa merasakan sensasi piknik di sini, Sedulur perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Tidak hanya sekadar tempat makan, Araya Arcade Garden juga menyediakan kafe yang memanjakan mata dengan desain interior yang menawan dan bangunan yang estetik.

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan di café ini juga cukup beragam, dengan pilihan menu yang banyak. Pokoknya ketika Sedulur berkunjung ke sini, jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen melalui foto-foto yang aesthetic di spot-spot cantik yang tersedia.

  • Alamat: Mansion hill, Genitri, Tirtomoyo, Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 10.00 WIB – 21.00 WIB
  • Telepon: 0812-3198-1213
  • Harga tiket: Rp50.000 – Rp100.000

3. Bumi Perkemahan Bedengan

Bedengan adalah sebuah area bumi perkemahan yang terletak di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Berlokasi di perbatasan antara Kota Batu dan Malang, tempat piknik di Malang ini menawarkan kesejukan sepanjang hari yang membuatnya sangat cocok untuk aktivitas di alam terbuka.

Meskipun Bedengan dikenal sebagai lokasi perkemahan, tempat ini juga sangat ideal bagi mereka yang ingin menikmati suasana alam dengan berpiknik. Di Bedengan, terdapat sebuah sungai kecil dengan aliran air yang tenang.

Tentu saja aliran sungai tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin bermain air atau sekadar merasakan kesejukan alami. Tidak perlu khawatir, karena biaya untuk masuk ke area ini cukup terjangkau. Jadi liburan Sedulur bisa tetap hemat.

Namun, bagi yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda dan berkemah, nantinya akan dikenakan biaya tambahan. Pastinya biasa tambahan untuk berkemah ini juga tidak mahal.

Ya, dengan fasilitas yang sederhana namun memadai, Bedengan menjadi pilihan tepat bagi para pencinta alam yang ingin menikmati keindahan alam dengan cara yang lebih santai.

  • Alamat: Jalan Raya Selokerto, Selorejo, Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Selasa – Jumat, 24 jam
  • Telepon: (0274) 543761
  • Harga tiket: Rp10.000

BACA JUGA: Pantai Bentar Probolinggo: Lokasi Daya Tarik, dan Harga Tiket

4. Kebun Raya Purwodadi

wagos gresik
Unsplash/Tantan Wiguna

Meskipun Kebun Raya Purwodadi berada di Kabupaten Pasuruan, lokasinya sangat mudah diakses dari Kota Malang, membuatnya menjadi salah satu destinasi populer untuk warga Malang dan sekitarnya.

Kebun raya ini sebenarnya merupakan cabang dari jaringan kebun raya di Indonesia, dengan fungsi utama sebagai tempat koleksi berbagai jenis tumbuhan hidup. Namun, daya tariknya tidak hanya terbatas pada koleksi tumbuhan saja.

Area yang luas dengan pepohonan rindang dan hamparan rumput hijau, menjadikan Kebun Raya Purwodadi tempat yang ideal untuk piknik bersama keluarga dan teman-teman. Pengunjung bisa menikmati keindahan kebun raya dengan bersepeda, atau menyewa shuttle bus untuk berkeliling.

Selain itu, fasilitas seperti persewaan tikar dan kursi lipat juga tersedia, sehingga pengunjung bisa lebih nyaman menikmati waktu mereka di sana.

Jadi, selain sebagai tempat wisata, Kebun Raya Purwodadi juga merupakan pilihan yang sempurna untuk menghabiskan akhir pekan dengan suasana yang tenang dan menyegarkan. Sedulur bisa menjadikannya sebagai salah satu opsi tempat piknik di Malang bersama keluarga atau teman-teman.

  • Alamat: Jalan Raya Surabaya – Malang No.Km. 65, Sembung Lor, Parerejo, Kec. Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 07.00 WIB – 16.00 WIB
  • Telepon: 0811-9711-5900
  • Harga tiket: Rp15.500 – Rp25.500

5. Hill House

Hill House menawarkan pengalaman tak tertandingi dengan pemandangan alam yang memukau dari puncak bukit di Kota Batu. Dengan latar belakang pegunungan yang megah, tempat ini menjadi destinasi ideal untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

Dikenal dengan tagline “Batu’s Living Room”, tempat piknik di Malang ini menghadirkan suasana hangat dan intim, di mana kenangan indah tercipta dalam balutan desain modern yang elegan. Mengadopsi konsep ruang keluarga yang nyaman, Hill House menyediakan beragam fasilitas unggulan.

Di antaranya, restoran dengan sajian kuliner berkualitas, bar yang menyajikan minuman eksklusif, kolam renang alami yang menyatu dengan keindahan alam sekitar, serta day club dan pool outdoor yang dilengkapi dengan area duduk nyaman.

Sedulur dapat bersantai di daybed yang dilengkapi dengan meja dan bantal, menciptakan suasana piknik yang sempurna untuk menikmati pemandangan yang luar biasa.

Tak hanya sekadar tempat bersantai, Hill House juga menawarkan petualangan kuliner dengan menyajikan hidangan khas Jepang dan Korea yang dipadukan dengan cita rasa khas Indonesia.

Pengalaman gastronomi ini melengkapi atmosfer modern dan suasana hangat yang ditawarkan, menjadikan Hill House sebagai destinasi tak terlupakan di Kota Batu.

  • Alamat: Jalan Mawar No.13, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 12.00 WIB – 21.00 WIB
  • Telepon: 0811-1318-181

6. Boon Pring Sanankerto

Terakhir ada Boon Pring Sanankerto, tempat piknik di Malang dimana para wisatawan akan disambut oleh keindahan alam yang menakjubkan, lengkap dengan lebih dari 115 jenis pohon bambu yang ditata rapi dan dilengkapi papan informasi.

Hal ini menjadikannya sebagai tempat yang ideal untuk menambah wawasan tentang berbagai jenis bambu yang ada. Selain itu, pengunjung bisa menikmati beragam aktivitas seru seperti mengayuh sepeda air di danau, berlayar dengan perahu, atau berenang di kolam yang tersedia.

Bagi yang tertarik dengan ilmu botani, Arboretrum Bambu atau museum pohon bambu di sana menawarkan pengalaman belajar yang menarik.

Keseruan tidak berhenti di situ. Lokasi ini juga cocok untuk piknik bersama keluarga di tengah suasana alam yang asri dan teduh.

Sementara bagi para penggemar fotografi, Boon Pring adalah surga tersembunyi untuk menangkap momen magis Ray of Light (RoL) saat sinar matahari menembus celah-celah dedaunan bambu. Momen tersebut tentu mampu menciptakan pemandangan yang memukau dan penuh keindahan.

  • Alamat: Dusun Kp. Anyar, Sanankerto, Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Telepon: 0856-0601-5450
  • Harga tiket: Rp5.000

Malang menawarkan berbagai pilihan tempat piknik yang tak hanya menyajikan keindahan alam, tetapi juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Semoga rekomendasi tempat piknik di Malang ini dapat membantu Sedulur untuk menemukan destinasi terbaik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman!

Oia, biar suasana jalan-jalan serta bermain di tempat piknik di atas makin krezi dan seru,Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.