10 Rekomendasi Tempat Camping di Trawas Mojokerto

Berlibur dengan cara berkemah di akhir pekan ini mungkin bisa jadi pilihan menarik untuk Sedulur yang sudah bosan dengan aktivitas liburan yang itu-itu saja. Apalagi kalau Sedulur berada dekat dengan Trawas yang terkenal sejuk dan asik untuk melakukan aktivitas outdoor. Beruntung tempat camping Trawas juga sangat beragam dan dikenal memiliki pemandangan yang indah lho.

Camping atau berkemah memang jadi salah satu sarana untuk melepas penat bagi sebagian orang yang sudah capek dengan suasana perkotaan dan pekerjaan. Nah, kali ini kami sudah menyiapkan rekomendasi tempat camping Trawas yang tentunya bisa Sedulur datangi.

BACA JUGA: 6 Tempat Piknik di Malang untuk Liburan Bareng Temen

1. Bumi Perkemahan Air Terjun Dlundung

tempat camping trawas
Unsplash/Fajar Magsyar

Sesuai dengan namanya, camping ground Trawas ini letaknya tak jauh dari Air Terjun Dlundung yang berjarak sekitar 28 km dari pusat Kota Mojokerto. Eigerian akan merasakan experience berkemah di atas hamparan rumput yang luas sekaligus menikmati air terjun secara langsung. 

Salah satu destinasi bumi perkemahan yang buka selama 24 jam ini berada di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, camping ground ini lokasinya tidak jauh dari air terjun Dlundung. 

Jika Sedulur berniat untuk menikmati alam sekaligus berkemah bersama teman atau keluarga, pengelola menyediakan berbagai fasilitas antara lain penyewaan tenda, area api unggun, mushola, toilet, hingga warung yang siap mengamankan logistik makanan selama camping. 

Nah, untuk kesediaan fasilitas penyewaan tenda dan perlengkapan lain, alangkah baiknya Sedulur konfirmasikan kepada pengelola sebelum berangkat ke lokasi, ya. Atau untuk berjaga-jaga sebaiknya persiapkan dan bawa sendiri perlengkapan camping dari rumah, ya. 

2. Alas Pelangi

Destinasi tempat camping Trawas yang tak kalah populer adalah Alas pelangi. Lokasinya berada tidak jauh dari Alas Venuz, yaitu tepat berada di Jalan Trawas Mojosari No 32-19, Trawas, Mojokerto. 

Pertama kali mendatangi lokasi outdoor ini, Sedulur akan disuguhkan pemandangan hutan pinus yang asri dan dingin. Spot perkemahan ini cocok jadi destinasi para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu untuk relaksasi dan bersantai di alam. 

Alas Pelangi memiliki tanah lapang yang cukup menampung kapasitas hingga 80 tenda. Sedulur bisa menggunakan tenda sendiri maupun menyewa tenda yang disediakan pengelola.

Selain pemandangan dan vibes yang menyenangkan di sini, Alas Pelangi juga menawarkan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung dan pastinya bikin betah. Mulai dari colokan listrik hingga ke tenda, akses internet, warung, warung kopi, toilet, dan musholla.

Tak hanya itu, Alas Pelangi juga memiliki playground untuk anak-anak, banyak spot foto menarik dan instagramable, serta city light view di malam hari. 

3. Bumi Perkemahan Lumbung Wit-Witan

Buat Sedulur yang ingin healing mencari ketenangan sekaligus menyatu dengan alam, cocok singgah di bumi perkemahan Trawas satu ini. Letak camping ground Lumbung Wit-Witan cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Di sini, Sedulur bisa camping sendirian, bersama teman, maupun bersama keluarga tercinta.

Fasilitas umum yang disediakan juga sangat mempermudah pengunjung, mulai dari warung, mushola, toilet, dan area parkir yang luas dan aman.  Selain itu, ada juga fasilitas aliran listrik ke tenda dan persewaan alat camping mulai dari tenda, matras, hingga hammock untuk bersantai. 

Selain mendirikan tenda di sini, Eigerian juga bisa coba pengalaman trekking untuk mengunjungi situs kuno dan air terjun. Tidak hanya wisata alam yang sejuk dan alami, ada juga kolam ikan dan kolam renang yang bikin liburanmu semakin berwarna. Seru sekali bukan?

4. Alas Veenuz Trawas

Di Alas Veenuz Sedulur bisa memilih untuk piknik atau camping. Dua opsi itu sama-sama menyenangkan. Sebab, Sedulur bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang hijau. Wisata yang satu ini cocok untuk pengunjung yang mungkin sedang jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan.

Berlokasi di Jalan Trawas-Mojosari, Desa Sukosari, kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, destinasi wisata ini beroperasi setiap hari selama 24 jam. Untuk berkunjung di tempat ini, Sedulur tidak perlu melakukan reservasi.

5. Kalisengon Riverside Camping Ground 

Camping pinggir sungai kini menjadi pilihan favorit bagi kebanyakan orang yang ingin merasakan berkemah dengan suasana yang berbeda. Walaupun masih baru, namun Kalisengon Riverside Camping Ground and Eatery, telah berhasil mencuri perhatian para pengunjung dengan fasilitas yang ditawarkan dan konsep yang menarik.

Dengan area camping yang terletak di pinggir sungai, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil merasakan suara gemericik air yang mengalir, dan udara yang sejuk.

Selain itu, tersedia berbagai fasilitas yang ditawarkan. Seperti river tubing, private camp, paket tenda deck kayu dan tanpa deck kayu, serta sewa peralatan tenda.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Wisata Kolam Renang Mojokerto Terbaru

6. Locca Lodge Trawas

klurak eco park
Unsplash/Tandya Rachmat

Ingin merasakan bermalam dengan suasana hutan yang asri dan sejuknya pegunungan? Sedulur bisa menginap di Locca Lodge di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Penginapan dengan tema glamping. Terdapat bangunan berbentuk piramid pada setiap titik di tengah hutan pinus, suasananya nyaman dan sejuk cukup terasa.

Dengan pemandangan perbukitan dan hutan pinus akan menyapa para pengunjung Locca Lodge Trawas, Locca Lodge adalah penginapan bertema glamping dengan kamar keluarga, kamar doubel bed dengan pemandangan taman, dan tenda.

Locca Lodge di setiap kamar terdapat fasilitas kasur, meja, kursi, televisi, dan toilet. Terdapat jacuzzi pada kamar tipe Family. Para wisatawan dapat mendirikan tenda sendiri pada area camping yang telah disediakan. Menikmati suasana hutan dan dekat dengan alam.

7. Gartenhutte Camp Ground

Gartenhutte Camp Ground, berlokasi di Dusun Jaten, Selotapak, adalah tempat yang menawarkan pengalaman camping dan glamping. Dengan biaya mulai dari Rp 80.000,- per orang, pengunjung bisa menikmati tenda berkapasitas 4 orang lengkap dengan matras dan sleeping bag.

Fasilitas yang lengkap termasuk akses listrik dan toilet, serta area cafe yang indah dan instagramable. Menikmati waktu di sini dengan memasak atau barbeque bersama keluarga atau teman pasti menjadi pengalaman yang seru. Pemandangan matahari terbit dan terbenam dari lokasi ini menambah kesan romantis dan menyenangkan.

8. Lentera Camp Trawas

Camping ground yang keempat adalah Lentera Camp Trawas. Lokasinya ada di di Dusun Penanggungan, Desa Penanggungan, Trawas, Sendang, Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. 

Camping ground ini buka selama 24 jam. Lentera Camp Trawas memiliki berbagai fasilitas, seperti pendopo, aula, area outbound, toilet, tempat makan, musala, parkiran hingga ruang VIP.

9. Obis Camp

Camping ground yang keenam adalah Obis Camp. Obis Camp berlokasi di Jalan Raya Trawas KM.11, Jatijejer, Trawas, Jatinom, Jatijejer, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Obis Camp buka hingga 24 jam dengan pemandangan hutan pinus yang khas. 

10. Sambike Camp

Camping ground yang kelima adalah Perkemahan Sambike. Lokasi tepatnya berada di Sendang, Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Camping ground ini buka selama 24 jam.

Nah, itu tadi deretan rekomendasi tempat camping Trawas yang bisa Sedulur kunjungi. Selain memiliki suasana dan pemandangan alam yang cantik, ada banyak fasilitas yang sudah tersedia di area camping tersebut. Tentunya Sedulur jadi lebih mudah untuk menikmati suasana alam yang ada.

Namun, karena aktivitas camping membutuhkan persiapan matang karena aktivitasnya akan menantang dan melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum. Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan menaklukkan tantangan di luar ruangan.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.