Tebing Pelangi di Tuban: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Tebing Pelangi merupakan salah satu destinasi wisata populer yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur di Kota Tuban, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menyuguhkan keindahan bebatuan tebing sebagai daya tarik utamanya.

Selain itu, tempat ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta wahana rekreasi yang cocok untuk keluarga. Apabila Sedulur ingin pergi ke sana, berikut informasi lengkap tentang Tebing Pelangi Tuban, mulai dari daya tarik, alamat lokasi, hingga harga tiketnya.

BACA JUGA: Taman Ghanjaran: Aktivitas Seru, Fasilitas, dan Harga Tiket

Menilik Wisata Tebing Pelangi di Tuban

tebing pelangi tuban
Unsplash/Andrei Popescu

Tebing Pelangi merupakan tempat wisata populer yang berlokasi di Kota Tuban, Jawa Timur. Tempat ini terkenal akan pemandangan bebatuan tebing yang memukau.

Selain menikmati pemandangan yang memanjakan mata, Sedulur juga bisa melakukan berbagai aktivitas karena tempat tersebut dilengkapi dengan aneka wahana yang menarik. Hal ini juga turut mendorong wisatawan terus berdatangan terutama pada akhir pekan dan masa liburan.

Sejarah Singkat Wisata Tebing Pelangi

Tebing Pelangi bisa dikatakan sebagai salah satu obyek wisata menarik di kawasan perbukitan di Kota Tuban. Menariknya, semula tempat ini ternyata merupakan area pertambangan batu kapur yang dikelola daerah. Kawasan yang dioperasikan untuk pertambangan selama beberapa tahun itu kemudian ditutup karena batu yang ditambang telah habis.

Bekas galian tambang tersebut pun diubah menjadi tempat wisata yang kini dikenal sebagai Tebing Pelangi. Kini, tempat tersebut pun menjadi salah satu wisata populer di Tuban yang banyak dikunjungi oleh warga setempat maupun wisatawan dari luar daerah.

Lokasi dan Jam Buka

Wisata Tebing Pelangi berlokasi di Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kota Tuban, Jawa Timur. Tepatnya, obyek wisata ini berada di sisi barat Tuban dan berjarak sekitar 10 km dari pusat kota.

Sementara itu, tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Sedulur bisa menyesuaikan waktu kunjungan dengan jadwal operasional tersebut.

Keunikan dan Aktivitas Menarik

tebing pelangi tuban
Unsplash/Anas Villan

Sebagai tempat wisata yang berlokasi di kawasan bekas pertambangan, Tebing Pelangi menawarkan keindahan tebing dengan bekas galian sebagai daya tarik utamanya. Kendati begitu, Sedulur tidak perlu khawatir akan merasa bosan atau hanya bisa menikmati pemandangan saja.

Di sini, pihak pengelola juga menyediakan beraneka wahana yang menarik. Misalnya adalah puluhan spot foto menarik termasuk spot foto yang dilengkapi dengan latar obyek populer di luar negeri, seperti piramida di Mesir, Tembok Besar di China, dan Twin Tower di Malaysia.

Puas berfoto, Sedulur bisa melanjutkan rekreasi dengan mencoba wahana outbound dengan berbagai permainan yang menantang, seperti flying fox dan sepeda layang. Sedulur juga bisa berbelanja oleh-oleh khas Tuban yang banyak dijual di sekitar tempat wisata.

Fasilitas yang Disediakan

Wisata Tebing Pelangi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan mendukung kegiatan rekreasi Sedulur. Berikut beberapa fasilitas yang bisa Sedulur temukan di sana.

  • Toilet
  • Ruang ganti baju
  • Tempat ibadah
  • Tempat istirahat
  • Rumah makan dengan beraneka menu

Harga Tiket Masuk

Sedulur yang ingin berkunjung ke Tebing Pelangi perlu mengetahui harga tiket masuknya. Adapun harga tiket masuk ke tempat wisata ini juga terbilang cukup terjangkau, lo, Sedulur. Sedulur cukup membayar Rp 15 ribu untuk mendapatkan tiket per orang. Menariknya, Sedulur bisa mendapatkan harga lebih murah, yaitu hanya Rp 10 ribu apabila menjadi member.

Di sisi lain, jangan lupa siapkan dana tambahan untuk membayar tiket wahana, misalnya tiket flying fox sebesar Rp 20 ribu dan sepeda layang sebesar Rp 15 ribu.

Rekomendasi Rute yang Bisa Dilalui

Sebagai tambahan, berikut ada rekomendasi rute yang bisa Sedulur lalui untuk menuju ke Tebing Pelangi Tuban.

Sedulur bisa berangkat dari pusat kota Tuban dan mengarahkan kendaraan ke barat sejauh 1,5 km. Setibanya di Pasar Merakurak, arahkan kendaraan ke selatan dan tempuh jarak sejauh 1 km. Nantinya Sedulur akan menjumpai petunjuk ke Tebing Pelangi.

Tips Sebelum ke Sana

Sementara itu, berikut beberapa tip yang bisa diikuti agar kegiatan rekreasi Sedulur makin menyenangkan.

  • Cek prakiraan cuaca. Sebaiknya Sedulur berkunjung saat cuaca cerah karena tempat wisata ini memiliki konsep outdoor.
  • Siapkan budget termasuk untuk mencoba berbagai wahana agar rekreasimu bisa maksimal.
  • Cek update informasi melalui laman atau media sosial resmi agar tidak kecele, termasuk untuk mengetahui update harga tiket maupun jam buka.

Itu dia rangkuman informasi mengenai Tebing Pelangi di Tuban, Jawa Timur. Tempat ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat berkunjung ke Tuban.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan stamina karena perjalanannya cukup menantang dan melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum. Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan menaklukkan tantangan saat menjelajah keindahan alam nusantara.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.