Tanaria Park: Lokasi, Daya Tarik, Jam Buka, dan Harga Tiket

Belakangan ini, wisata hutan pinus semakin banyak disukai bahkan sering menjadi favorit bagi para wisatawan selama liburan. Dari sekian banyak wisata hutan pinus yang ada di wilayah Jawa Timur, salah satu yang wajib untuk dikunjungi adalah Tanaria Park.

Hutan pinus yang satu ini terletak di Pasuruan, Prigen dengan berbagai wahana yang sangat menarik untuk dicoba. Jadi memang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi ketika liburan tiba, baik itu bersama keluarga maupun teman-teman.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk berkunjung ke hutan pinus ini, langsung saja simak beberapa informasi penting mengenai Tanaria Park!

BACA JUGA: Pacet Hill Outdoor Park: Lokasi, Pesona, dan Harga Tiket Masuk

Pesona Tanaria Park

tanaria park
Unsplash/Kiriakos Verros

Tanaria Park adalah taman rekreasi yang terletak di tengah hutan pinus, dengan udara yang sejuk dan suasana yang asri. Di dalamnya terdapat berbagai spot instagramable seperti jembatan gantung (sky bridge), rumah pohon, dan gardu pandang yang menawarkan pemandangan pegunungan yang memukau.

Wisatawan dapat menikmati wahana ATV untuk berkeliling, mencoba flying fox yang menantang, wall climbing, serta seluncuran pelangi yang seru. Tanaria Park juga menyediakan area bermain anak-anak dan taman kelinci, di mana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan memberi makan guinea pig.

Pengalaman berkemah di hutan pinus juga tersedia di Tanaria Park, dengan fasilitas camping ground yang memadai untuk kenyamanan para wisatawan.

Selain itu, Tanaria Park menawarkan berbagai kegiatan menarik lainnya seperti berkemah di camping ground yang disediakan di hutan pinus, yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pengalaman bermalam di alam terbuka.

Para wisatawan juga bisa mencoba wahana seru seperti ATV, flying fox, wall climbing, dan seluncuran pelangi. Tanaria Park juga memiliki spot foto yang menarik, termasuk sky bridge, rumah pohon, dan gardu pandang dengan latar belakang pegunungan yang indah.

Lokasi Tanaria Park

Tanaria Park terletak di Jl. Raya Trawas, Sumber Wekas, Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah diakses dari berbagai arah. Akses jalan yang baik juga menjadikan objek wisata ini sebagai destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Rute Menuju Lokasi

Untuk mencapai lokasi ini, Sedulur dapat memulai perjalanan dari pusat kota Surabaya dengan mengambil arah ke selatan menuju Sidoarjo. Dari Sidoarjo, lanjutkan perjalanan menuju Pandaan melalui Jalan Tol Surabaya-Gempol dan keluar di Gerbang Tol Pandaan.

Setelah keluar dari tol, ikuti rute menuju Prigen dan ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Trawas. Sedulur akan melewati beberapa jalan utama seperti Jalan Raya Prigen dan Jalan Raya Trawas. Lokasi Tanaria Park berada di sebelah kiri jalan setelah melewati Sumber Wekas.

Tidak perlu khawatir, objek wisata ini cukup mudah ditemukan karena ada tanda-tanda penunjuk arah yang tersedia di sepanjang jalan. Perjalanan tersebut biasanya akan memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang jika harga tiket masuk ke Tanaria Park cukup terjangkau. Sedulur tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk bisa menikmati keindahan dan berbagai keseruan di wisata alam ini. Berikut rincian mengenai harga tiket masuk yang perlu untuk dipersiapkan.

  • Rp10.000 per orang (weekday)
  • Rp15.000 per orang (weekend)

Akan tetapi, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola dari objek wisata tersebut.

Jam Buka dan Jam Tutup

Tanaria Park buka setiap hari dengan jadwal operasional yang berbeda antara weekday dan weekend. Langsung saja, berikut ini jam buka dan jam tutup dari objek wisata yang satu ini.

  • Senin – Jumat: 09.00 – 17.00 WIB
  • Sabtu – Minggu: 08.00 – 20.00 WIB

Dengan jam operasional seperti yang sudah dijelaskan di atas, para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas menarik dan fasilitas yang ditawarkan, baik itu di hari kerja maupun akhir pekan.

BACA JUGA: Sendi Adventure Park: Lokasi, Harga Tiket, dan Fasilitas

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

tanaria park
Unsplash/Changhyun

Tanaria Park menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa dinikmati oleh pengunjung dari berbagai kalangan. Beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di objek wisata ini antara lain adalah sebagai berikut.

  • Menikmati Alam yang Sejuk

Tanaria Park menawarkan suasana yang sejuk dan asri, berkat lokasinya yang berada di kawasan pegunungan. Udara segar dan pemandangan hijau yang memanjakan mata menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai dan melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

  • Berburu Foto di Spot yang Instagramable

Pengunjung dapat menikmati berbagai spot foto yang menarik di objek wisata ini. Instalasi bambu yang unik dan artistik, termasuk aula, sky bridge, dan rumah pohon, menawarkan latar belakang yang sempurna untuk mengabadikan momen dan mempercantik feed Instagram.

  • Bermain Fun Games

Tanaria Park menyediakan berbagai aktivitas seru untuk pengunjung segala usia. Mulai dari playground untuk anak-anak, ATV untuk petualangan off-road, hingga panahan bagi yang ingin mencoba keahlian memanah. Semua ini menjadikannya tempat yang tepat untuk bermain dan bersenang-senang bersama keluarga dan teman.

  • Bersantai di Cafe

Setelah beraktivitas, pengunjung dapat bersantai dan nongkrong di cafe yang tersedia di objek wisata ini. Dengan beragam menu makanan dan minuman yang lezat, cafe ini menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat, bercengkrama, dan menikmati suasana sekitar yang tenang dan menyenangkan.

Fasilitas yang Tersedia

Dapat dikatakan jika fasilitas yang tersedia di Tanaria Park cukup lengkap. Ya, lengkapnya fasilitas yang ada di objek wisata ini, tentu saja demi menunjang berbagai kegiatan dari para pengunjung. Fasilitas yang bisa dinikmati di sini adalah sebagai berikut.

  • Area parkir kendaraan yang cukup luas
  • Cafe yang menyediakan beragam makanan dan minuman
  • Area camping yang nyaman dan luas
  • Live music di hari-hari tertentu
  • Outbond bagi para pengunjung rombongan
  • Gathering bagi yang butuh
  • Berbagai macam spot foto yang menarik
  • Wahana flying fox yang menarik
  • Toilet yang bersih dan terjaga
  • Mushola untuk ibadah Umat Muslim

Peraturan Umum yang Berlaku

Demi menjaga kenyamanan dan keamanan semua pengunjung yang datang, Tanaria Park menetapkan beberapa peraturan umum yang wajib diikuti. Pertama, pengunjung diminta untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, demi menjaga ketertiban pengunjung juga harus mengikuti petunjuk dan arahan dari petugas park. Pengunjung juga diharapkan untuk berhati-hati dan tidak berlari-larian di area yang memiliki instalasi bambu dan spot foto demi keselamatan bersama.

Lalu untuk kenyamanan semua, suara musik atau aktivitas yang mengganggu ketenangan pengunjung lain tidak diperbolehkan. Terakhir, penggunaan fasilitas yang tersedia harus sesuai dengan aturan yang berlaku dan diawasi oleh petugas.

Tips Berkunjung

Bagi yang tertarik berkunjung ke Tanaria Park, di bawah ini ada beberapa tips yang harus diketahui. Tips berikut akan membantu Sedulur untuk menikmati kunjungan dengan lebih maksimal.

  • Untuk menikmati suasana yang lebih tenang dan menghindari keramaian, datanglah di pagi hari.
  • Udara di pagi hari juga lebih segar dan cocok untuk menjelajahi seluruh area wisata.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca.
  • Pastikan kamera atau ponsel Sedulur memiliki baterai penuh.
  • Siapkan uang tunai untuk keperluan tiket masuk, jajan di cafe, atau membeli oleh-oleh.
  • Perhatikan dan patuhi semua peraturan yang ada untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.
  • Sebelum berkunjung, cek prakiraan cuaca untuk memastikan Sedulur siap dengan kondisi cuaca yang mungkin terjadi.
  • Bawa payung atau jas hujan jika diperlukan.

Tanaria Park merupakan destinasi wisata yang menawarkan pengalaman berlibur yang menyenangkan dan berkesan. Dengan berbagai aktivitas yang menarik untuk dilakukan, objek wisata ini menjadi tempat yang cocok untuk liburan.

Oia, biar suasana jalan-jalan serta bermain di Tanaria Park makin krezi , Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.