Taman Langit Gunung Banyak: Lokasi, Daya Tarik, & Harga Tiket

Selain Kota Malang, Kota Batu juga dikenal sebagai kota wisata dengan banyak tempat wisata yang menawarkan wisata alam yang begitu indah. Salah satunya adalah destinasi wisata alam modern bernama Taman Langit Gunung Banyak, yang merupakan objek wisata yang dibuka pada tahun 2017. 

Tempat wisata ini memiliki banyak spot foto cantik yang instagramable dengan latar belakang Gunung Banyak. Mulai dari spot foto unik, padang rumput, angsa raksasa, putri punya sayap hingga sarang burung unik. Taman Langit Gunung Banyak juga merupakan destinasi wisata alam menarik yang terletak di Kota Batu, Malang. 

Tempat wisata tersebut terkenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona. Karena letaknya yang tinggi dan jauh dari hiruk pikuk kota, udara segar bisa Sedulur rasakan di sini. Untuk itu kalau Sedulur ingin berkunjung, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Taman Rekreasi Sengkaling: Daya Tarik, HTM, dan Fasilitas

Sekilas Tentang Taman Langit Gunung Banyak

pintu langit pasuruan
Unsplash/Kurniawan Kami Saputra

Taman Langit lokasinya berada di kawasan Gunung Banyak pada ketinggian kurang lebih 1.315 meter di atas permukaan laut. Lokasinya tidak jauh dari tempat wisata Batu Paralayang. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Sedulur yang menyukai keindahan alam dan suka berfoto. 

Taman Langit Gunung Banyak menarik perhatian banyak wisatawan karena banyak spot foto menarik untuk diposting di media sosial. Pemandangan taman di sini sangat indah, dan inilah latar belakang utama foto yang akan Sedulur dapatkan. Udara pegunungan yang segar dan sejuk akan membuat Sedulur ingin terus-terusan nongkrong di Taman Langit Gunung Banyak. 

Keindahan Taman Langit dengan berbagai spot berfoto menjadikan tempat ini populer untuk fotografi. Jangan lewatkan kesempatan berfoto sempurna saat Sedulur mengunjungi Taman Langit. 

Jika cuaca memungkinkan dan cerah, Sedulur bahkan bisa menikmati pemandangan Gunung Welirang di utara, Gunung Panderman di selatan, dan Mahameru Gunung Semeru. Dari pagi hingga sore hari, Sedulur bisa melihat dengan jelas pemandangan alam sekitar yang indah. Saat malam hari, lampu-lampu kota terlihat indah dan menciptakan suasana romantis.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Langit Gunung Banyak

Taman Langit Gunung Banyak terletak di Jl. Gunung Banyak, Gunung Sari, Bumiaji, Batu Malang, Jawa Timur. Tempat wisata ini dekat dengan wisata Batu Paralayang dan Omah Kayu. Menuju Taman Langit kurang lebih membutuhkan waktu 25-30 menit jika ditempuh dari Batu Love Gardens.

Sedulur bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil di sini. Dibutuhkan waktu kurang lebih 19-25 menit jika dari Alun-Alun Kota Batu. Area di sekitar Taman Langit sebagian besar merupakan wilayah pedesaan dan tidak dapat diakses dengan bus besar. Berikut adalah beberapa rute yang mungkin cocok untuk kamu.

Dari Alun-alun Kota Batu:

  • Alun-alun Kota Batu > Jl Panglima Sudirman > Jl. Raya Songgoriti di Songgokerto > Taman Langit Gunung Banyak. 

Rute dari Kota Malang:

Pusat Kota Malang > Jl. Sarangan > Jl. Melati > Jl. Kalpataru di Jatimulyo > Jl. Mayjen Haryono/Jl. MT Haryono, Jl. Raya Tlogomas/Jl. Tlogomas, Jl. Raya Mulyo Agung > Jl. Trunojoyo > Jl. Raya Songgoriti di Batu > Taman Langit Gunung Banyak.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Sedulur tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk menikmati keindahan Taman Langit Gunung Banyak. Sedulur hanya perlu membayar satu kali saja dan bisa leluasa mengambil foto di berbagai lokasi. Berikut jam opersional dan daftar harganya:

  • Jam operasional: 07.00-00.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp10.000.00
  • Parkir motor: Rp2.000
  • Parkir mobil: Rp3.000
  • Parkir bus kecil: Rp5.000

Perlu diingat bahwa harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu karena kebijakan manajemen. Namun daftar ini bisa dijadikan perkiraan dan persiapan sebelum mengunjungi Taman Langit.

Fasilitas di Taman Langit Gunung Banyak

Ketika ke sini Sedulur bisa menikmati berbagai objek wisata yang tersedia. Jangan khawatir karena Sedulur tidak akan pernah kehabisan spot foto di sini. Selain itu fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Berikut di antaranya:

  • Toilet
  • Area parkir
  • Warung makan dan cafe
  • Penginapan dengan biaya sewa sekitar Rp750.000-Rp850.000
  • Camping area
  • Musala
  • Area paralayang
  • Gardu pandang

BACA JUGA: Bukit Jengkoang: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Daya Tarik Taman Langit Gunung Banyak

taman langit gunung banyak
Unsplash/Bayu Anggoro

Taman Langit memiliki akses mudah menuju taman, dengan jalan beraspal yang mulus. Banyak juga spot foto unik dan menarik yang menjadi ciri khas tempat wisata ini. Gunung Banyak memiliki banyak objek wisata yang bisa Sedulur kunjungi siang dan malam, yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Berikut beberapa daya tarik menarik yang bisa Sedulur nikmati di Taman Langit Gunung Banyak.

1. Spots foto tnstagramable

Taman Langit Gunung Banyak punya banyak spot foto alam dan buatan yang menarik. Pemandangan alam yang indah dan pemandangan kota saat malam yang membuat Sedulur serasa berada di atas awan. Di sisi lain, ada beberapa tempat khusus. 

Salah satunya patung berwujud seorang wanita yang sedang memegang burung di telapak tangannya, mirip Cinderella. Terdapat juga gerbang masuk yang tampak eksotis dengan tulisan Taman Langit dan pepohonan indah di kedua sisinya. Tampilannya membuat Sedulur serasa memasuki taman yang sungguh indah di angkasa.

2. Suasana asri

Sesampainya di tempat wisata ini Sedulur akan merasakan suasana asri dan sejuk. Di sini Sedulur bisa menikmati pepohonan tinggi dengan pemandangan pegunungan. Suasana asri dan pemandangan hijau akan membuat Sedulur bisa bersantai dan memulihkan diri dari stres maupun aktivitas harian di perkotaan.

3. Taman rapi dan indah

Di kawasan Taman Langit Gunung Banyak, taman ditata dengan rapi dan estetis. Salah satu yang menarik adalah kehadiran kasur rumput hias dengan bantal rumput. Untuk mengelilingi taman, Sedulur bisa berjalan menyusuri jalan beraspal.

Rambu ditempatkan di persimpangan di dalam taman. Hal ini memungkinkan Sedulur memilih tujuan dan tempat yang ingin Sedulur kunjungi agar tidak tersesat ketika Sedulur berkeliling.

4. Patung unik dan menarik

Untuk melengkapi objek wisata Taman Langit Gunung Banyak, terdapat beberapa patung di sini. Mulai dari patung angsa di pintu gerbang, Angsa Wahana Brahma, Singa Wahana Siwa, dan Garuda Wahana Wisnu hingga sang putri dengan seekor burung. Menariknya, tempat wisata di Malang ini juga memiliki replika angsa yang sedang bersarang. Ada juga patung angsa kecil di sudut taman.

Banyaknya patung angsa ini disebabkan oleh cerita rakyat yang tersebar di Gunung Banyak dan konsep yang digagas oleh pengurus, yakni Tujuh Cahaya Cakra Manusia (bidadari). Tak heran jika Taman Langit Gunung Banyak memiliki dua patung wanita bersayap bidadari dan banyak patung angsa.

5. Pemandangan Kota Batu dan Sunset Eksotis

Taman Langit Gunung Banyak menyuguhkan pemandangan Kota Batu yang indah. Saat malam hari, gedung-gedung Kota Batu menyala-nyala sehingga membuat Sedulur serasa berada di atas awan. Sore harinya Sedulur bisa duduk-duduk bersantai dan menikmati indahnya matahari terbenam.

6. Paralayang

Jika Sedulur menyukai aktivitas yang memacu adrenalin, cobalah paralayang. Hal ini memungkinkan Sedulur untuk melintasi sekitar Gunung Banyak dan menikmati pemandangan dari ketinggian. Pemandu wisata berlisensi akan menemani Sedulur dalam penerbangan selama kurang lebih 15-20 menit.

Jika berminat, Sedulur bisa merasakan paralayang setiap pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan biaya kurang lebih Rp400.000.

Tips Berwisata ke Taman Langit Gunung Banyak

Ketika Sedulur ingin berwisata ke Taman Langit Gunung Banyak, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Dengan begitu Sedulur bisa berwisata dengan lancar. Simak beberapa tipsnya di bawah ini.

  • Dilarang menaiki objek foto

Saat berkunjung ke objek wisata Taman Langit, pengunjung dapat berfoto sepuasnya dengan beberapa objek yang tersedia. Namun dilarang memanjat akar pohon atau beberapa objek fotografi yang terbuat dari kayu karena dapat menyebabkan kerusakan atau cedera.

  • Disarankan datang pagi hari

Sebaiknya datang lebih awal untuk melihat foto lebih jelas dan indah. Warna warni keindahan taman terekam jelas kamera pada foto pagi hari. Selain itu, Sedulur juga bisa menikmati sejuknya udara pagi di Gunung Banyak. Jika ingin menikmati pemandangan malam Kota Batu, kami sarankan berangkat pada sore hari.

  • Dilarang naik bus besar

Jalan menuju objek wisata Taman Langit Gunung Banyak cukup sulit dijangkau karena melewati kawasan desa. Kendaraan yang bisa Sedulur gunakan untuk mengakses wisata ini adalah mobil pribadi, motor, minibus Elf atau Hiace. Namun jika rombongan datang dengan bus wisata, bisa parkir di rest area terdekat lalu naik ojek.

  • Siapkan outfit berbeda

Jika Sedulur ingin mengambil foto di lokasi berbeda dan dengan pakaian berbeda, Sedulur perlu menyiapkan beberapa pakaian pengganti untuk menunjang gaya foto kamu. Agar fotomu terlihat lebih serasi, cobalah kreasikan beberapa outfit dengan warna senada. Hal ini akan membuat postingan foto media sosial terlihat lebih beragam dan indah.

Itulah tadi informasi lengkap Taman Langit Gunung Banyak. Apakah Sedulur ingin berwisata ke sini? Namun, karena wisata satu ini membutuhkan stamina karena perjalanannya cukup menantang dan melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum.

Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan menaklukkan tantangan saat menjelajah keindahan alam nusantara.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.