Taman Kunang-Kunang: Lokasi, Rute, Fasilitas, dan Kulinernya

Ruang terbuka hijau menjadikan wisata yang menarik di Surabaya dan salah satu yang cocok untuk menghabiskan hari dan mengajak keluarga berlibur adalah Taman Kunang-Kunang Surabaya. Taman ini dinamakan Taman Kunang-Kunang karena terdapat miniatur kunang-kunang kecil dengan kerlap-kerlip cahaya yang cantik ketika malam tiba.

Taman Kunang-kunang juga menawarkan berbagai fasilitas lengkap yang menjadikannya tempat rekreasi yang ideal bagi keluarga dan anak muda. Taman ini juga dikenal sebagai Taman Wisata Malam (TWM) karena menawarkan pengalaman unik dan mempesona bagi pengunjungnya dengan pemandangan indah dari ribuan kunang-kunang.

Kalau Sedulur tertarik untuk bersantai dan menikmati liburan yang asik bersama keluarga di ruang terbuka, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan Taman Kunang-Kunang sebagai pilihan. Namun, sebelum ke sana, simak informasi lengkapnya berikut ini ya!

BACA JUGA: Kampung Indian Kediri, Tempat Wisata yang Unik dan Seru

Sekilas Tentang Taman Kunang-Kunang

taman kunang-kunang
Unsplash/Mick Haupt

Taman Kunang-kunang ini memiliki miniatur kunang-kunang yang tersebar di seluruh taman sehingga menciptakan suasana yang unik dan mempesona. Taman unik ini sangat populer di kalangan pengunjung yang suka berfoto dan berbagi momen di media sosial.

Di malam hari, kunang-kunang mini akan menyala sehingga menciptakan pemandangan indah dan suasana magis sehingga semakin Instagrammable dan digemari para pecinta fotografi. Taman Kunang-kunang tidak hanya menjadi destinasi wisata gratis, namun juga menjadi tempat bersantai dan piknik keluarga yang nyaman di kawasan Surabaya. 

Taman seluas 400 meter ini ditumbuhi berbagai tanaman, bunga, dan pepohonan sehingga menciptakan suasana rindang dan sejuk meski di siang hari. Di tengah taman terdapat tugu berupa batu putih. Area taman ini banyak terdapat tiang lampu yang tegak atau hampir roboh. 

Di bagian atas tiang terdapat lampu berbentuk kupu-kupu berwarna putih mengkilap yang terlihat seperti miniatur kunang-kunang yang menggemaskan di malam hari. Saat senja, taman berubah menjadi tempat yang menawan. Kelap-kelip lampu memberikan kesan aduhai yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Wisata Surabaya juga cocok bagi pecinta olahraga. Terdapat lapangan jogging yang luas, sehingga Sedulur bisa berlari dengan nyaman sambil merasakan udara segar. Kalau Sedulur suka duduk-duduk sambil membaca buku, lokasi ini juga menyediakan bangku-bangku yang nyaman di bawah rindangnya pohon-pohon. 

Gak hanya itu, taman ini juga ramah untuk keluarga. Untuk anak-anak, tersedia arena bermain khusus dengan perosotan, ayunan, dan area bermain lainnya yang aman dan seru. Jadi Sedulur tidak perlu khawatir lagi mencari tempat bermain untuk si kecil. 

Jika ingin jalan-jalan sambil jajanan atau minuman, taman ini juga banyak terdapat warung makan kecil yang menjual makanan dan minuman. Jadi Sedulur tidak perlu khawatir akan lapar atau haus selama di sini.

Lokasi dan Rute Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-kunang berada di Jalan Penjaringan Tim. No.22A, Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Untuk mencapai ke sini, ada beberapa rute yang bisa Sedulur pilih. Berikut ini di antaranya:

  • Dari Bandara Juanda Surabaya

Sedulur bisa naik taksi atau ojek online dari Bandara Juanda menuju Taman Kunang-Kunang. Waktu tempuh kurang lebih 30-45 mnt tergantung kondisi lintas.

  • Dari Stasiun Surabaya

Sedulur bisa naik taksi atau ojek online dari Stasiun Surabaya menuju Taman Kunang-Kunang. Waktu tempuh kurang lebih 20-30 mnt tergantung lintas.

  • Dari Terminal Bungurasih Surabaya

Sedulur bisa naik taksi atau ojek online dari Terminal Bungurasih menuju Taman Kunang-Kunang. Waktu tempuh sekitar 40-50 mnt tergantung lalu lintas.

  • Dari pusat Kota Surabaya

Apabila Sedulur dari pusat kota Surabaya, Sedulur bisa naik taksi atau ojek online menuju Taman Kunang-Kunang dengan waktu tempuh berkisar antara 20-40 mnt. Selain itu, Sedulur  bisa memakai Google Maps untuk memandu Sedulur menuju Taman Kunang-Kunang. Pastikan menghindari bepergian waktu jam sibuk untuk menghindari kemacetan.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Untuk jam operasional, Taman Kunang-Kunang buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, Sedulur bisa datang kapan saja. Sementara untuk tiket masuknya tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Jadi, Sedulur bisa bermain di sini sepuasnya.

Fasilitas di Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang menyediakan banyak sekali fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Jadi, akan membuat Sedulur nyaman selama di sini. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Area bermain anak yang aman dan menyenangkan mencakup perosotan, ayunan, dan permainan lainnya
  • Ada jalur jogging yang luas dan nyaman
  • Bangku dan area duduk yang tersebar di banyak lokasi
  • Lapangan terbuka yang bisa dipakai untuk banyak sekali aktivitas, misalnya bermain sepak bola, piknik, atau bermain bersama
  • Toilet umum yang bersih dan terawat
  • Area parkir
  • Berbagai warung penjual makanan dan minuman
  • Area camping ground

Dengan banyak sekali fasilitas yang tersedia, Taman Kunang-Kunang sebagai tempat ideal buat berkumpul beserta keluarga, berolahraga, atau sekadar bersantai menikmati estetika alam pada tengah kota.

BACA JUGA: Fakta dan Sejarah Dibalik Museum Dr. Soetomo Surabaya

Daya Tarik Taman Kunang-Kunang

taman kunang-kunang
Unsplash/Tonny Huang

Taman Kunang-Kunang Surabaya merupakan salah satu tempat wisata yang menarik dan unik. Dikenal juga sebagai Taman Seribu Lampu, tempat ini mempesona pengunjung dengan pesona magisnya di malam hari. Berikut beberapa daya tarik Taman Kunang-Kunang.

1. Keindahan lampu kedip seperti kunang-kunang

Di malam hari, Taman Kunang-Kunang berubah menjadi dunia magis dengan ribuan kerlap-kerlip lampu menerangi jalanan dan taman. Lampu-lampu berwarna yang berkelap-kelip memberikan suasana yang memukau dan romantis. Sedulur dapat menikmati pemandangan yang indah sambil berjalan-jalan atau duduk santai di bangku-bangku taman.

2. Suasana romantis di malam hari

Taman Kunang-Kunang merupakan lokasi sempurna untuk menghabiskan waktu bersama orang terkasih. Keindahan cahaya yang menciptakan atmosfer romantis membuat tempat ini menjadi pilihan yang populer untuk kencan atau acara spesial. Sedulur dapat menikmati suasana tenang dan mengagumi pemandangan yang mempesona sambil berbincang-bincang dengan pasangan.

3. Spot fotografi yang menakjubkan

Dengan suasana yang memikat dan lampu-lampu yang indah, Taman Kunang-Kunang juga menjadi surga bagi para penggemar fotografi. Sedulur dapat mengabadikan momen indah dengan latar belakang lampu-lampu berwarna yang berkelap-kelip. Jangan lupa membawa kamera untuk mengambil foto-foto yang menawan di tempat ini.

4. Area bermain anak-anak

Taman Kunang-Kunang juga menyediakan area bermain anak yang menarik. Di sini, anak-anak dapat bersenang-senang dengan berbagai permainan dan wahana yang aman. Mereka dapat menikmati bermain ayunan, perosotan, dan permainan lainnya di bawah cahaya lampu yang berwarna-warni.

Tips Berwisata ke Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-kunang adalah tempat piknik dan tempat bersantai yang nyaman di jantung kota Surabaya. Agar kunjungan Sedulur ke sini semakin menyenangkan, silahkan ikuti tips berikut ini:

  • Datanglah ke Taman Kunang-Kunang saat pagi, sore, atau malam agar Sedulur tidak kepanasan.
  • Sedulur bisa datang saat weekdays, karena biasanya weekend Taman Kunang-Kunang selalu ramai.
  • Kalau Sedulur ingin menikmati keindahan miniatur kunang-kunang, datanglah pada malam hari agar sensasinya lebih terasa.
  • Sedulur bisa mengajak teman, pasangan, keluarga untuk bersantai dan ngobrol dengan nyaman di sini.
  • Lebih baik Sedulur ke sini menggunakan kendaraan roda dua karena lokasi parkir yang cukup terbatas.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen Sedulur selama di Taman Kunang-Kunang.

Anjuran dan Larangan Berwisata di Taman Kunang-Kunang

taman kunang-kunang
Unsplash/Filip Mroz

Ketika Sedulur berkunjung ke Taman Kunang-Kunang, ada beberapa hal yang patut Sedulur perhatikan. Demi kenyamanan bersama, berikut ini anjuran dan larangan di Taman Kunang-Kunang.

Anjuran:

  • Jaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Kenakan pakai yang sesuai, terutama ketika Sedulur ingin berolahraga di taman.
  • Jaga barang-barang berharga Sedulur dan lebih baik bawa uang secukupnya, atau jangan menggunakan perhiasan yang mencolok.
  • Hormati pengunjung lain dengan tidak mengganggu kegiatan mereka.

Larangan:

  • Dilarang merusak tanaman maupun fasilitas taman.
  • Tidak boleh merokok untuk menjaga kebersihan udara, kesehatan, dan tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya.
  • Tidak boleh membawa hewan peliharaan untuk menjaga kebersihan dan keamanan.
  • Tidak boleh ada minuman beralkohol di taman untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan pengunjung lainnya.    
  • Jangan mengganggu binatang liar atau yang hidup di taman untuk menjaga keseimbangan ekosistem.
  • Dilarang memetik atau merusak tanaman di taman. Nikmati keindahannya tanpa merusak.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai wisata Taman Kunang-Kunang Surabaya. Oia, karena wisata satu ini memiliki area yang luas dan butuh stamina untuk mengelilinginya. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum.

Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan berjalan-jalan menikmati taman tanpa takut kelelahan.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.