Wisata Taman Genilangit: Lokasi, Daya Tarik, HTM, dan Fasilitas

Taman Genilangit merupakan destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Taman wisata ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona di samping suasana sejuk karena berada di daerah dataran tinggi. Selain itu tersedia pula berbagai wahana yang menarik untuk dicoba. Berbagai daya tarik tersebut pun membuat obyek wisata satu ini menjadi salah satu tempat liburan favorit bersama keluarga maupun kerabat.

Nah, apakah Sedulur juga tertarik untuk berkunjung ke Taman Wisata Genilangit? Sebelum berkunjung, tak ada salahnya menyimak rangkuman berbagai informasi berikut, mulai dari asal-usul, daya tarik, alamat lokasi, harga tiket masuk, hingga rekomendasi rute yang bisa dilalui.

BACA JUGA: Bernah de Vallei: Lokasi, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Wahana

Wisata Taman Genilangit Magetan

taman genilangit
Unsplash/Gurkan Kuluc

Taman Genilangit bisa menjadi pilihan wisata alam untuk Sedulur yang sedang atau berencana berlibur ke Magetan, Jawa Timur. Taman wisata yang resmi dibuka untuk umum sejak tahun 2017 ini menawarkan pemandangan alam yang memukau yang berpadu dengan suasana sejuk khas pegunungan. 

Taman Genilangit ini terletak di kawasan dataran tinggi tepatnya di kaki Gunung Lawu. Kondisi ini membuat tempat wisata tersebut dikelilingi perbukitan hijau serta pepohonan pinus yang memanjakan mata. Tak heran, tempat ini pun kerap menjadi jujugan bagi wisatawan yang berlibur bersama keluarga ataupun sekadar ingin melepas penat dari hiruk-pikuk kesibukan di perkotaan.

Asal-Usul Wisata Taman Genilangit

Disampaikan sebelumnya, Taman Wisata Genilangit mulai dibuka untuk umum pada 2017 silam. Semenjak itu, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Magetan. Namun tak banyak yang tahu bagaimana awal mula kehadiran taman wisata tersebut.

Kehadiran Taman Genilangit ternyata tidak lepas dari ide kreatif pemuda setempat yang tergabung dalam Karang Taruna Giri Putra Bhakti. Mulanya, kawasan tersebut merupakan tempat persemaian bibit tanaman dan pohon yang dikelola oleh Perhutani yang bernama Bedengan.

Akan tetapi, Bedengan yang semula terlihat rapi dan indah lama-kelamaan menjadi tidak terurus karena perawatannya kurang. Kondisi tersebut pun mendorong pemuda setempat untuk menata ulang kawasan persemaian bibit itu.

Tepatnya pada 2016, Karang Taruna setempat menata ulang kawasan itu hingga menjadi tempat yang menarik sebagai sebuah destinasi wisata. Ide sekaligus usaha para pemuda tersebut pun mendapat dukungan dari tokoh desa setempat serta Dinas Pariwisata Magetan.

Sebagai sebuah kawasan wisata, Taman Genilangit terus dikembangkan hingga kini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Magetan. Misalnya dengan latar belakang kebiasaan masyarakat yang menyukai selfie alias swafoto, pihak pengelola lantas mengembangkan spot foto di kawasan tersebut

 Mereka juga melakukan pengembangan dengan memperhatikan antusiasme pengunjung. Dalam perjalanannya, pengembangan taman wisata ini juga disebut menggunakan asas kekeluargaan dengan tetap melibatkan masyarakat setempat. Hal ini sekaligus memberikan angin segar bagi warga desa melalui terbukanya lahan pekerjaan bagi mereka.

Daya Tarik

Sebagai tempat wisata alam yang berlokasi di kawasan dataran tinggi, Taman Genilangit menawarkan panorama indah dan suasana sejuk sebagai daya tarik utamanya. Sedulur bisa menikmati pemandangan yang memanjakan mata sembari menyegarkan pikiran. Apalagi suasana sejuk khas pegunungan tentu akan membuat Sedulur betah berlama-lama di tempat ini.

Setelah puas mencuci mata dengan pemandangan perbukitan hijau dan hutan pinus yang asri, Sedulur bisa menikmati berbagai wahana sekaligus fasilitas yang disediakan. Salah satunya adalah spot foto yang menarik untuk mengabadikan momen. Pemandangan alam yang indah tentu bisa menjadi latar atau bahkan objek foto yang menarik untuk diabadikan.

Wahana yang Bisa Dicoba

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan beraneka wahana yang menarik untuk dicoba. Misalnya adalah wahana area bermain yang dilengkapi dengan beraneka permainan, seperti ayunan dan panjat dinding. Area ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi si kecil saat diajak berkunjung ke tempat ini.

Selanjutnya, Sedulur juga bisa menjumpai wahana yang menantang adrenalin seperti permainan ATV dan flying fox. Selain itu, wahana sepeda gantung dengan latar pemandangan perbukitan hijau dari hutan pinus juga bisa menjadi pilihan, tak hanya untuk menantang adrenalin, tapi juga sebagai spot foto yang menarik.

Di samping berbagai wahana permainan yang seru sekaligus mengasyikkan tersebut, Sedulur juga bisa menilik salah satu spot tersembunyi, yaitu Air Terjun Tirtosari. Air terjun yang terletak sekitar dua kilometer dari pintu masuk Taman Genilangit ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke sana.

Apalagi Sedulur tidak hanya dapat melihat air terjun dengan gemericik air yang segar, tapi melihat pemandangan lahan pertanian yang hijau saat menuju ke lokasi air terjun. Hal ini tentu bisa menjadi pengalaman tersendiri yang tidak terlupakan.

BACA JUGA: Berwisata ke Kediri Eco Park, Liburan Seru Sambil Belajar

Fasilitas yang Tersedia

taman genilangit
Unsplash/Josh Hild

Guna menunjang kegiatan rekreasi pengunjung, pihak pengelola menyediakan sejumlah fasilitas yang cukup memadai. Kehadiran berbagai fasilitas ini tentu akan membuat Sedulur makin betah berlama-lama berwisata di Taman Genilangit sembari beraktivitas ataupun sekadar bersantai menikmati pemandangan. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan di Taman Genilangit Magetan.

  • Toilet umum
  • Mushola atau tempat ibadah
  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Gazebo di berbagai sudut sebagai tempat berterduh atau sekadar bersantai
  • Warung makan dengan berbagai pilihan menu makanan
  • Spot foto di berbagai sudut

Alamat Lokasi

Apakah Sedulur tertarik untuk berwisata ke Taman Genilangit? Sedulur bisa langsung merencanakan agenda liburan ke sana bersama keluarga maupun kerabat. Adapun taman wisata ini berlokasi di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Tepatnya taman ini berada di lereng atau kaki Gunung Lawu dan berjarak sekitar 18 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Magetan serta tidak jauh dari Telaga Sarangan yang juga merupakan salah satu destinasi wisata populer di Magetan.

Jam Buka Taman Genilangit

Agar tidak kecele saat berkunjung ke sana, Sedulur juga perlu mengetahui informasi mengenai jam buka atau jam operasional taman wisata ini. Menurut informasi terakhir, taman wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Akan tetapi, Sedulur bisa meng-update informasi terkini dengan mengunjungi website ataupun media sosial resmi Taman Genilangit.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki area wisata, Sedulur perlu membeli tiket masuk. Adapun tiket masuk yang dikenakan kepada setiap pengunjung adalah sebesar Rp 5 ribu per orang. Selain itu, ada juga sejumlah biaya lain yang perlu disiapkan, seperti biaya parkir dan biaya untuk menikmati sejumlah fasilitas. Berikut rinciannya.

  • Tiket masuk: Rp 5 ribu per orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 5 ribu
  • Biaya parkir mobil: Rp 10 ribu
  • Tiket wahana: mulai dari Rp 2 ribu sampai dengan Rp 50 ribu
  • Paket outbound: Rp 165 ribu

Rute yang Bisa Dilalui

Taman Wisata Genilangit berjarak 18 km dari pusat kota Magetan atau sekitar satu jam perjalanan. Bagi Sedulur yang ingin berkunjung ke sana bisa melewati alternatif rute sebagai berikut.

Dari pusat kota Magetan, Sedulur bisa mengarahkan kendaraan ke Kecamatan Poncol melewati Parang – Ngaglik atau jalur Plaosan.

Tips Berkunjung ke Taman Genilangit

Sebagai tambahan informasi, berikut ada beberapa tip yang bisa Sedulur ikuti saat berkunjung ke Taman Genilangit agar agenda liburan Sedulur makin menyenangkan.

  • Datang pada pagi hari agar dapat menikmati berbagai wahana secara maksimal
  • Perhatikan prakiraan cuaca sebelum berkunjung agar tidak kecele
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk beraktivitas
  • Bagi Sedulur yang tidak terlalu menyukai keramaian, hindari berkunjung saat masa liburan sekolah

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum agar lebih hemat juga. Air Minum Pirlo bisa jadi pilihan terbaik untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Itu dia rangkuman informasi seputar Taman Genilangit sebagai referensi destinasi wisata di Magetan. Jangan lupa juga perhatikan beberapa tip di atas agar liburanmu makin menyenangkan.