Taman Gandrung Terakota: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur Pulau Jawa, di wilayah Tapal Kuda, berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudera Hindia di selatan, dan Jember serta Bondowoso di barat.

Kota ini kaya akan budaya dan tradisi, salah satunya Tari Gandrung, yang sudah lama menjadi simbol kota tersebut. Bagaimanapun juga, tarian ini sering dijadikan sebagai tarian pembuka suatu acara di Banyuwangi. Selain itu, patung penari Gandrung juga banyak terdapat di berbagai penjuru kota Banyuwangi.

Tari Gandrung pun menjadi ikon hingga menjadi tema di Taman Gandrung Terakota. Wisata Banyuwangi ini memiliki 1.000 patung Gandung dengan berbagai pose. Yang istimewa dari wisata Jawa Timur adalah seluruh patung Gandrung terbuat dari tembikar atau terakota. Lalu seperti apa Taman Gandrung Terakota ini? Simak di sini!

BACA JUGA: Candi Bajang Ratu: Sejarah, Daya Tarik, Lokasi, dan HTM

Sekilas Tentang Taman Gandrung Terakota

Taman Gandrung Terakota
Unsplash/Faza Umay

Taman Gandrung Terakota merupakan situs cagar budaya yang melestarikan tarian Gandrung, simbol budaya Banyuwangi. Situs ini memiliki 1.000 patung penari Gandrung yang terbuat dari tembikar atau terakota. Patung-patung ini tersebar di tepian dan tengah persawahan.

Taman Gandrung Terakota diciptakan untuk memuliakan identitas banyuwangi yaitu Tari Gandrung. Tarian ini mengalami dinamika naik turun. Awalnya merupakan tarian yang dipersembahkan oleh masyarakat petani kepada Dewi Sri yang dikenal juga sebagai dewi kesuburan atau dewi padi. Kemudian menjadi salah satu simbol kesenian Banyuwangi. 

Setelah panen, merupakan kebiasaan di pedesaan untuk merayakannya dengan tarian dan nyanyian untuk mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan bertaninya. Terletak di kaki Gunung Ijen, Taman Gandrung Terakota menyuguhkan pemandangan Gunung Merapi dan Meranti yang hijau serta subur. Terbentang di lahan seluas hingga 3 hektar, Taman Gandrung Terakota memiliki juga fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung.

Pembuatan Patung Gandrung

Pembangunan patung Tari Gandrung rupanya terinspirasi dari Terracotta Warriors and Horses China pada masa pemerintahan Kaisar Qin Shi Huang (259 – 210 SM). Seorang kurator seni Galeri Nasional Indonesia dan dosen Institut Seni Rupa Indonesia (ISI) kampus Yogyakarta terlibat dalam produksinya. Dia adalah Dr. Suwarno Wisetrotomo.

Salah satu yang membuat tempat ini istimewa adalah pemilihan lokasinya yang berada di kaki Gunung Ijen. Pengunjung di sini bisa melihat hijaunya perbukitan, hamparan sawah yang luas, serta aktivitas para petani yang sedang menanam padi dan membajak sawah.

Lokasi dan Rute Taman Gandrung Terakota

Taman Gandrung Terakota terletak di Dusun Blimbingsari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Letaknya kurang lebih 17 km dari pusat kota Banyuwangi. Ada banyak cara untuk mencapai lokasi ini, tergantung jenis kendaraannya. Tersedia berbagai pilihan transportasi yang bisa Sedulur gunakan, mulai dari sepeda motor, mobil pribadi, taksi, bus, kereta api hingga pesawat. Untuk rutenya Sedulur bisa memilih beberapa di bawah ini.

  • Dari pusat kota Banyuwangi: Jalan Borobudur – Jalan Nasional III – Jalan Raya Lijen – Jalan Raya Licin – Jalan Raya Tamansari – masuk Desa Tamansari hingga sampai di Taman Gandrung Terakota.
  • Dari Bandara Banyuwangi: Jalan Bandara Blimbingsari – Jalan Pantai Blimbingsari – Jalan Ken Arok – Jalan H. Muso – Jalan Nasional III – Jalan Tambong – Jalan Raya Lijen – Jalan Raya Licin – masuk Desa Tamansari hingga sampai di Taman Gandrung Terakota.
  • Dari Stasiun Banyuwangi Kota: Jalan Stasiun Karangasem – Jalan Kuntulan – Jalan Widuri – Jalan Raya Lijen – Jalan Raya Licin – Jalan Raya Tamansari – masuk Desa Tamansari hingga sampai di Taman Gandrung Terakota.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Taman Gandrung Terakota merupakan salah satu tempat wisata kekinian di Banyuwangi. Destinasi yang dibuka oleh Pemkab Banyuwangi pada 22 September 2018 ini mulai populer di kalangan wisatawan pada Desember 2021. Tak hanya unik, namun juga menjadi lokasi wisata keluarga yang nyaman. Berikut info tiket dan jam operasionalnya.

Jam operasional

  • Minggu – Jumat: 06.00 – 18.00 WIB dan Sabtu 06.00 – 22.00 WIB.
  • Mini show Tari Gandrung: Setiap Jumat – Minggu pukul 10.00 – 15.00 WIB.

Harga tiket masuk 

  • Rp100 ribu (termasuk paket tur dan makanan)

Fasilitas di Taman Gandrung Terakota

Taman Gandrung Terakota juga memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Hal ini akan membuat Sedulur nyaman dan mendukung berbagai kegiatan wisatamu selama di sini. Berikut beberapa di antaranya:

  • Tempat parkir luas
  • Toilet umum
  • Musala
  • Toko oleh – oleh
  • Cafe dan restoran

BACA JUGA: Pantai Lorena: Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket, dan Rute

Daya Tarik Taman Gandrung Terakota

Taman Gandrung Terakota
Unsplash/Muhammad Adin

Ada beragam daya tarik dan aktivitas seru yang bisa Sedulur nikmati di sini. Hal ini didukung juga karena fasilitas maupun event yang dikelola. Suasananya juga menyenangkan dengan udara sejuk dan banyak pepohonan. Berikut beberapa pesona yang bisa Sedulur nikmati di sini.

1. Sanggar Tari

Sanggar tari Taman Gandrung Terakota berfungsi sebagai tempat latihan tari bagi yang ingin mempelajari tari Gandrung. Selain itu, berbagai pertunjukan seni juga kerap digelar di tempat ini. Dari segi bangunan, sanggar tari gaya Joglo Cepu ini berasal dari daerah Cepu provinsi Blora Jawa Tengah dan dibangun pada tahun 2019 dengan bahan kayu jati.

2. Galeri Seni

Selain mempelajari tari Gandrung, pengunjung juga dapat melihat karya – karya pelukis asal Banyuwangi antara lain Windu Pamor, Moses Misdy, Ilyasin, S Yadi K, N Kojin, dan kawan – kawan. Karya – karya yang dipamerkan di galeri seni ini fokus pada Gandrung dan seni tradisional Banyuwangi lainnya.

3. Amfiteater Terbuka

Terdapat juga amfiteater umum untuk pertunjukan seni yang mampu menampung hingga 750 orang. Pengunjung dapat rutin menyaksikan pertunjukan seni seperti Jazz Gunung Ijen dan Sendratari Meras Gandrung. Persawahan indah yang menjadi latar belakang amfiteater ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk berbagai kegiatan, khususnya seni.

4. Roemah Tjokelat Ijen

Ada beberapa Cafe di Taman Gandrung Terakota seperti Roemah Tjokelat Ijen. Jadi tidak perlu khawatir lapar atau lelah. Pengunjung dapat menikmati berbagai minuman coklat khas Banyuwangi. Ada juga coklat batangan bungkus yang bisa dimakan langsung atau diberikan sebagai oleh – oleh.

5. Java Banana Cafe

Pengunjung Java Banana Cafe bisa mencicipi sajian khas yakni aneka kopi. Bangunan Java Banana Cafe dengan konsep rumah adat Osing Banyuwangi, yakni dengan kayu. Fondasi utama rumah Osing berupa rangka yang terbuat dari empat tiang kayu. Tidak ada paku yang digunakan dalam konstruksinya, hanya pasak.

6. Griya Sabin

Selain jalan – jalan, pengunjung juga bisa bermalam di Taman Gandrung Terakota yang menghadap ke persawahan seperti Griya Sabin. Sabin sendiri dalam bahasa Jawa berarti sawah, dan griya dalam bahasa Sansekerta berarti rumah. Jadi, Griya Sabin adalah rumah yang berada di sawah atau rumah di dekat area persawahan. Pengunjung bisa menginap dan menikmati indahnya persawahan.

Tips Berwisata ke Taman Gandrung Terakota

Ketika berwisata ke Taman Gandrung Terakota, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Dengan begitu Sedulur bisa lancar selama berkegiatan di sini. Berikut tips berwisata ke Taman Gandrung Terakota.

  • Kenakan outfit yang nyaman, mulai dari penutup kepala, pakaian, hingga alas kaki. Terutama jika Sedulur datang siang hari.
  • Sedulur bisa menggunakan tabir surya kalau datang siang. Waktu terbaik ke sini adalah pagi dan sore.
  • Bersikaplah sopan selama berada di kawasan Taman Gandrung Terakota.
  • Perhatikan seluruh peraturan dan instruksi yang ada di Taman Gandrung Terakota demi keamanan dan kenyamanan bersama.
  • Jaga ketertiban dan kebersihan lingkungan dan fasilitas selama berada di kawasan Taman Gandrung Terakota.

Itulah tadi informasi Taman Gandrung Terakota yang perlu Sedulur tahu. Sedulur bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di sini. Ajaklah keluarga, teman atau pasangan ketika berkunjung ke sini.

Oia, biar suasana jalan-jalan serta menikmati kearifan budaya di sekitar Taman Gandrung Terakota makin krezi dan seru, Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp. Selamat liburan!