taman flora surabaya

Sebagai ibukota Jawa Timur, Surabaya memang menjadi pusat kehidupan masyarakat. Jadi tidak heran kalau banyak sekali fasilitas publik yang dibangun untuk mendukung kehidupan sosial masyarakat. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Flora Surabaya.

Kalau dilihat dari namanya, Sedulur pasti sudah membayangkan bahwa taman ini memiliki banyak sekali keragaman tumbuhan. Namun, tak hanya itu saja lho.Taman Flora Surabaya ternyata juga memiliki banyak daya tarik lainnya yang wajib banget untuk dicoba.

Penasaran seperti apa keunikan Taman Flora Surabaya dan apa saja informasi lain terkait tempat satu ini? Langsung simak ulasannya berikut.

BACA JUGA: Jatim Park 4 Baloga: Lokasi, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana

Lokasi

taman flora surabaya
Unsplash/Paul Hanaoka

Bagi Sedulur yang penasaran dimana lokasi Taman Flora Surabaya, maka ini akan menjadi topik pertama untuk membahas ruang terbuka hijau tersebut. Lokasi taman ini sendiri berada di kawasan Jalan Bratang Binangun, Bratajaya, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya.

Berada di tengah-tengah perkotaan Surabaya, Taman Flora memang jadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu. Apalagi suasana yang asri memang jadi daya tarik utama fasilitas publik satu ini.

Rute Taman Flora

Taman Flora Bratang Surabaya berada tidak jauh dari Terminal Bratang, hanya sekitar 200 meter saja yang dapat ditempuh dengan jalan kaki. Jika pengunjung berasal dari luar kota dan berangkat dari Terminal Bungurasih, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan bis kota Jurusan Terminal Bratang.

Untuk pengunjung yang berangkat dari Terminal Joyoboyo dapat menggunakan rute Joyoboyo-Bratang-Medokan (warna biru tua) dan turun di Terminal Bratang. Sementara sebagai gambaran, jarak tempuh Taman Flora Bratang Surabaya dari Terminal Bungurasih sekitar 9,1 Km dengan waktu tempuh 21 menit.

Perjalanan dapat melalui Jalan Ahmad Yani, Jl Raya Jemursari, dan Jl Raya Nginden. Lokasi Taman Flora Bratang Surabaya berdekatan dengan Pasar Bunga Bratang dan Pasar Burung Bratang.

Jam Buka Taman

Nah, bagi Sedulur yang penasaran terkait jam operasional dari Taman Flora Surabaya maka bisa menyimak bagian ini. Ruang terbuka hijau ini buka setiap hari dan selama 24 jam. Jadi bisa dikunjungi kapan saja.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati area Taman Flora Bratang Surabaya, pengunjung tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Apalagi tempat ini memang menjadi ruang terbuka hijau yang diperuntukkan untuk masyarakat Surabaya dan pengunjung lainnya.

Meskipun gratis, Sedulur sebaiknya juga mempersiapkan membawa uang ya. Apalag kalau Sedulur datang ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi karena akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2 ribu untuk sepeda motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

BACA JUGA: Srambang Park Ngawi: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Daya Tarik

taman flora surabaya
Unsplash/Gigi

Menjadi salah satu ruang terbuka hijau terbaik di Surabaya. Ada banyak sekali daya tarik yang tentu akan memuaskan Sedulur ketika berkunjung ke Taman Flora Surabaya. Berikut ini diantaranya:

1. Koleksi flora dan fauna yang beragam

Berkunjung di taman yang rindang ini, Sedulur dapat menikmati berbagai jenis tanaman seperti umbi-umbian, pandanus, kana, tanaman teh-tehan, gandarusa, spider, matoa, beringin dan lain sebagainya.

Koleksi fauna dari taman di Surabaya yang satu ini juga cukup beragam seperti rusa yang ditempatkan di kandang yang cukup luas. Pengunjung, terutama anak-anak dapat memberi makan wortel.

Taman Flora juga memiliki koleksi unggas yang bervariasi karena memiliki penangkaran burung yang cukup luas. Beraneka jenis unggas seperti burung kasuari, kalkun, kakatua maupun si cantik burung merak memadati taman Flora ini

2. Area outbound yang seru

Ketika Sedulur memilih wisata Surabaya dengan paket wisata Surabaya dan mengunjungi taman ini, anak-anak akan dimanjakan dengan beragam permainan outbound yang akan membuat mereka bersemangat dan senang.

Anak-anak dan orang dewasa yang bermain bisa memilih beberapa wahana seperti cargo net, two-line bridge, three-line bridge serta elfice bridge. Permainan ini tak hanya melatih kemampuan tapi juga sangat seru.

3. Taman bermain anak yang aman

Selain sarana outbound, taman ini juga menyediakan sarana bermain anak yang berupa ayunan, jungkat jungkit, seluncuran, rintangan besi dan lain-lain. Tentunya si kecil akan merasa betah berlama-lama bermain di sini.

4. Taman berbasis IT

Taman flora memiliki Broadband Learning Centre yang biasa disingkat dengan BLC sebagai sarana untuk belajar teknologi informasi secara gratis. Tersedia sekitar 20 komputer yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Anak-anak putus sekolah yang berminat untuk belajar di sini akan didampingi oleh tutor dari Dinas Komunikasi dan Informasi Surabaya.

BACA JUGA: Pantai Semilir Tuban: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Rekomendasi Aktivitas Lainnya

taman flora surabaya
Unsplash/Geraldine Lewa

Selain daya tarik yang begitu banyak, Taman Flora juga sangat cocok untuk menjalankan berbagai macam aktivitas lain. Berikut ini diantaranya:

1. Belajar di perpustakaan mini

Buat Sedulur yang gemar membaca, taman ini menyediakan sebuah sarana untuk pecinta buku yaitu berupa perpustakaan mini. Sembari bersantai menikmati sejuknya taman, Sedulur dapat memilih buku koleksi taman Flora untuk dibaca.

2. Berburu kuliner khas Surabaya

Sentra kuliner bertajuk RMI yang ada di taman ini menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman khas surabaya untuk mengisi perut para pengunjung taman. Harga yang ditawarkan di sentra kuliner ini sangat ramah di kantong. Sedulur dapat menikmati secangkir kopi panas hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp2.500 saja.

3. Berolahraga jogging

Bagi para penggiat dan penggemar olahraga dapat memaksimalkan sarana jogging track yang tersedia di taman ini untuk menunjang kegiatan olahraga Sedulur.

BACA JUGA: Pantai Kalanganyar di Sidoarjo: Lokasi, Harga Tiket, dan Pesona

Tips ke Taman Flora

taman flora surabaya
Unsplash/Gabby Orcutt

Ketika Sedulur berjalan-jalan ke ruang terbuka hijau seperti Taman Flora seperti ini, maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ya. Agar bisa nyaman menikmati hari bersama keluarga di sini, Sedulur bisa mencoba tips ini.

  • Selalu siapkan pakaian yang nyaman dan bebas gerah. Apalagi Taman Flora merupakan ruang terbuka yang tentu bisa membuat tubuh terkena sinar matahari secara langsung.
  • Jangan lupa untuk persiapkan lotion anti serangga. Apalagi ketika Sedulur mengajak anak-anak untuk bermain ke sini. Hal ini perlu diperhatikan karena tidak menutup kemungkinan area Taman Flora menjadi sarang nyamuk atau serangga lainnya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan. Hal ini perlu Sedulur perhatikan karena Taman Flora merupakan ruang publik yang harus dijaga bersama. Jadi jangan sampai kamu buang sampah tidak pada tempatnya ya.

Selain beberapa tips di atas, tempat ini juga bisa menjadi area menghabiskan waktu yang sangat nyaman. Sedulur bisa mencoba membawa perbekalan baik itu snack dan minuman ringan ke sini. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati sejuknya Taman Flora.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Taman Flora di Surabaya. Tentunya ruang terbuka hijau satu ini bisa menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan.