12 Taman di Surabaya Paling Hits, Instagramable dan Nyaman

Bisa dibilang jika mencari Taman di Surabaya bukan hal yang sulit. Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia yang menawarkan lebih dari sekadar kekayaan sejarah dan budaya. Kota Pahlawan ini juga memiliki berbagai destinasi wisata alam yang patut dieksplorasi.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan Surabaya adalah dengan mengunjungi taman-taman yang tak hanya asri, tetapi juga sangat instagramable. Sangat cocok untuk mengabadikan momen-momen berharga bersama dengan keluarga maupun teman-teman.

Nah, berikut ini ada rekomendasi 20 taman di Surabaya yang bukan hanya menawarkan kenyamanan untuk bersantai, tetapi juga spot-spot menarik yang siap mempercantik feed Instagram dengan foto-foto yang luar biasa!

BACA JUGA: Taman Abhirama Sidoarjo: Daya Tarik, Jam Buka, dan Lokasi

1. Taman Cahaya

taman kunang-kunang
Unsplash/Mick Haupt

Taman di Surabaya yang pertama ini menawarkan berbagai hiburan untuk anak-anak, seperti skuter dan mobil-mobilan. Taman Cahaya dikenal karena kebersihannya dan pepohonan yang rindang, serta kemudahan menemukan penjual jajanan di sekitar area taman.

Selain area bermain, taman ini juga memiliki lapangan basket untuk anak-anak. Ada juga rusa yang bisa diberi makan langsung oleh pengunjung, menambah keseruan bagi anak-anak. Di pagi hari, taman ini ideal untuk jogging. Sementara malam hari, pengunjung dapat menikmati kilauan cahaya yang mempesona.

  • Alamat: Jalan, Pakal, Kecamatan Pakal, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 06.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga tiket: Gratis

2. Taman Surya

Taman di Surabaya berikutnya ini juga dikenal sebagai Taman Balai Kota karena lokasinya yang tepat di depan Balai Kota Surabaya. Taman Surya memiliki area yang cukup luas, dengan air mancur menari di bagian tengahnya.

Untuk menikmati akhir pekan di taman kota ini, kamu tidak perlu khawatir karena fasilitas parkir dan tempat duduk sudah tersedia dengan baik. Meskipun fasilitasnya tidak selengkap yang ada di Taman Cahaya, Taman Surya tetap layak untuk dimasukkan dalam daftar destinasi akhir pekanmu di Surabaya.

  • Alamat: Jalan Taman Surya, Ketabang, Kecamantan Genteng, Kota Surabay, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Sabtu, 06.00 WIB – 22.00 WIB; Minggu, 06.00 WIB – 23.00 WIB
  • Harga tiket: Gratis

3. Taman Bungkul

Taman Bungkul merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang sangat populer di kalangan warga dan wisatawan Surabaya. Kehadiran pepohonan yang rindang membuat suasana di taman ini begitu sejuk dan nyaman untuk bersantai.

Tidak heran jika banyak orang yang datang ke sini untuk menikmati udara segar, terutama pada pagi dan sore hari. Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk area bermain anak-anak, lahan parkir yang luas, serta taman skate yang sering dijadikan tempat berlatih oleh para skateboarder muda.

  • Alamat: Jalan Taman Bungkul, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

4. Taman Flora Bratang

Taman ini memiliki jalan setapak yang berkelok-kelok, mengajak pengunjung untuk menikmati keindahan tanaman yang tumbuh subur di sekitarnya. Di sepanjang jalan, pengunjung bisa menemukan berbagai kandang hewan seperti burung dan rusa, menambah daya tarik tersendiri bagi taman di Surabaya ini.

Tidak ketinggalan, ada juga area bermain yang menjadi favorit anak-anak. Sebagai ruang terbuka hijau yang berfungsi sebagai paru-paru kota Surabaya, taman ini menawarkan suasana yang sejuk dan menenangkan, ideal untuk rekreasi keluarga maupun sebagai tempat melepas penat dari hiruk-pikuk kota.

  • Alamat: Jalan Bratang Binangun, Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

5. Taman Harmoni

Taman Harmoni merupakan tempat yang ideal untuk berjalan pagi atau sore. Pepohonan yang rimbun membuat suasana di sini sejuk dan nyaman. Selain itu, terdapat beberapa spot foto menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Salah satu taman di Surabaya ini juga sangat cocok dijadikan sebagai area bermain anak. Hal ini berkata adanya playground yang dengan berbagai wahana permainan yang seru. Fasilitas jogging track di Taman Harmoni juga memungkinkan pengunjung untuk berolahraga dengan nyaman.

  • Alamat: Jalan Keputih Tegal Tim. II No.249, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 06.00 WIB – 18.00 WIB
  • Harga tiket: Gratis

BACA JUGA: 11 Kuliner Taman Bungkul yang Lezat dan Murah Meriah

6. Taman Pelangi

taman aman galaxy hember
Unsplash/Mason Dahl

Taman kota ini menawarkan pemandangan memukau dengan deretan bunga yang indah serta air mancur berbentuk daun yang memancarkan cahaya warna-warni. Keindahan ini membuat taman ini menjadi destinasi yang ideal untuk dikunjungi pada malam hari.

Fasilitas yang tersedia mencakup area parkir, toilet, tempat bermain anak, dan beberapa tempat duduk yang nyaman. Pengunjung dapat menikmati suasana tenang di pinggiran kota sambil memandangi keindahan lampu-lampu yang berkilauan

  • Alamat: Jalan Ahmad Yani Nomor 138, Gayungan, Kecamatan Gayungan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

7. Taman Apsari

Taman Apsari adalah salah satu ruang terbuka hijau yang populer di kota, menawarkan berbagai fasilitas menarik. Di taman ini, tersedia lapangan futsal dan kedai jajanan kaki lima yang menggugah selera. Terletak di Surabaya Barat, taman ini juga memiliki tugu peringatan untuk mengenang mantan gubernur.

Sebagai salah satu destinasi ikonik di Surabaya, Taman Apsari menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai, nongkrong, dan berolahraga. Pengunjung dapat menghabiskan waktu luang dengan menikmati ketenangan yang ditawarkan taman ini.

  • Alamat: Jalan Taman Apsari Nomor 63, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

8. Taman Mundu

Destinasi wisata keluarga yang ideal di Surabaya Barat untuk liburan berikutnya adalah Taman Mundu. Di sini, tersedia persewaan mobil-mobilan dan kereta kelinci yang siap menghibur. Keindahan taman ini semakin terpancar dengan adanya seni air mancur yang menawan.

Berlokasi tepat di depan Stasiun Tambaksari, Taman Mundu memiliki area bermain yang dirancang khusus untuk anak-anak. Selain itu, kolam yang terletak di tengah taman menjadi daya tarik unik yang membuat tempat ini semakin menarik sebagai tujuan rekreasi.

  • Alamat: Jalan Juwet, Tambaksari, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

9. Taman Jayengrono Surabaya

Taman Jayengrono juga dikenal sebagai taman sejarah, karena terletak di area yang kaya akan warisan sejarah. Tempat ini menawarkan suasana yang memikat, dikelilingi oleh bangunan-bangunan bergaya Belanda yang masih berdiri kokoh sejak masa penjajahan.

Dengan pemandangan yang mempesona dan arsitektur yang klasik, taman ini merupakan lokasi ideal untuk mengabadikan momen-momen berharga. Tak hanya sebagai latar belakang yang estetik untuk foto-foto Instagram, Taman Jayengrono juga memberikan kesempatan untuk menjelajahi jejak sejarah sambil menikmati keindahan sekitarnya.

  • Alamat: Jalan Rajawali, Krembangan Sel., Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

10. Taman Prestasi

Di taman di Surabaya yang berikutnya ini, Sedulur akan menemukan sebuah taman yang terletak di tepi sungai dengan berbagai fasilitas bermain yang cocok untuk anak-anak. Taman Prestasi Surabaya menawarkan suasana tropis yang ideal untuk piknik dan bersantai di kebun.

Taman yang satu ini terletak di pinggir jalan dan dekat dengan pusat kuliner yang menawarkan berbagai pilihan menu. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati wisata perahu untuk menjelajahi kota Surabaya. Tentu saja ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

  • Alamat: Jalan Ketabang Kali Nomor 6, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

BACA JUGA: Taman Rekreasi Sengkaling: Daya Tarik, HTM, dan Fasilitas

11. Taman Ekspresi

taman di Surabaya
Unsplash/Oksana Savinova

Diresmikan oleh Walikota Surabaya pada tahun 2011, Taman Ekspresi merupakan salah satu destinasi unik di Kota Surabaya. Taman ini menawarkan pengalaman yang berbeda dengan menampilkan berbagai karya seni yang beragam, berdiri kontras dengan keasrian lingkungan pohon-pohon di sekitarnya.

Dengan suasana yang menggabungkan elemen seni dan alam, Taman Ekspresi menjadi pilihan ideal bagi mereka yang mencari tempat yang Instagramable di Surabaya. Taman ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga galeri seni terbuka yang begitu memikat.

  • Alamat: Jalan Genteng Kali No.67, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 07.30 WIB – 16.00 WIB
  • Harga tiket: Gratis

12. Taman Suroboyo

Taman di Surabaya yang satu ini menawarkan pengalaman yang unik dan berbeda dari taman-taman sebelumnya, berkat lokasinya yang strategis tepat di tepi Pantai Kenjeran. Keberadaan taman ini tidak hanya memberikan pemandangan pantai yang indah, tetapi juga angin laut yang kencang.

Suasana angin pantai yang segar ini menciptakan suasana yang menyenangkan dan memberi kesempatan bagi pengunjung untuk terlibat dalam berbagai aktivitas outdoor yang menyenangkan. Taman Suroboyo ini juga memiliki akses yang mudah menuju berbagai tempat menarik di Surabaya, loh!

  • Alamat: Jalan Pantai Kenjeran, Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota SBY, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

13. Taman Hutan Raya Pakal

Di Surabaya, taman-taman dapat ditemukan di berbagai penjuru kota, menawarkan ruang hijau yang menyegarkan. Salah satu destinasi yang menarik adalah Taman Hutan Raya Pakal, yang ideal untuk kunjungan keluarga. Taman di Surabaya ini bukan hanya sekadar area hijau.

Akan tetapi, juga menyediakan fasilitas untuk piknik yang menyenangkan. Taman Hutan Raya Pakal dikenal dengan suasananya yang sejuk dan asri, memberikan ketenangan di tengah hiruk-pikuk kota. Selain itu, taman ini dilengkapi dengan berbagai area bermain yang dirancang khusus untuk anak-anak.

  • Alamat: Pakal, Kecamatan Pakal, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 06.00 WIB – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Gratis

14. Taman Barunawati

Taman Barunawati menawarkan kombinasi sempurna antara olahraga dan rekreasi. Dikenal dengan fasilitas lengkapnya, taman di Surabaya ini memiliki area bermain yang dirancang khusus untuk anak-anak, serta air mancur yang menambah suasana segar.

Bagi yang ingin bersantai, tersedia berbagai tempat nongkrong yang nyaman di seluruh area taman. Selain itu, pengunjung dapat memanfaatkan jogging track yang telah dibangun dengan baik, memungkinkan mereka untuk berolahraga sambil menikmati keindahan taman.

  • Alamat: Perak Bar., Kecamatan Krembangan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 03.00 WIB – 23.00 WIB
  • Harga tiket: Gratis

15. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang adalah destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi berkat suasananya yang sejuk dan rindang. Di sini, para pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang dirancang untuk menyenangkan seluruh anggota keluarga. Taman ini dilengkapi dengan area bermain.

Mulai dari termasuk jungkat-jungkit dan ayunan untuk anak-anak, hingga lapangan basket dan futsal bagi yang gemar berolahraga. Untuk bersantai, tersedia gazebo yang nyaman di berbagai sudut taman, ideal untuk bersantai sambil menikmati udara segar.

  • Alamat: Jalan Penjaringan Tim. Nomor 22A, Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

16. Danau Angsa Pakuwon City

taman di Surabaya
Unsplash/Huan Yu

Taman di Surabaya ini adalah lokasi ideal untuk aktivitas jogging, karena menawarkan ruang terbuka hijau yang luas dan menyegarkan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menenangkan berkat keberadaan pepohonan yang rindang di sekelilingnya.

Dengan udara segar yang memanjakan, Danau Angsa Pakuwon City tidak hanya menjadi tempat yang tepat untuk berolahraga. Tetapi juga untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Sebagai oase di tengah hiruk-pikuk kota, taman ini menyediakan suasana yang damai dan menyegarkan.

  • Alamat: Jalan Kalisari Darma Sel. III Blok H-3 No.1, Kalisari, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur.
  • Jam buka: Senin – Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

17. Taman Hutan Raya Balas Klumprik

Taman Hutan Raya Balas Klumprik menjadi salah satu destinasi liburan favorit yang dapat dinikmati tanpa biaya, menarik banyak pengunjung yang mencari pengalaman menyenangkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Taman di Surabaya ini juga menawarkan berbagai wahana bermain yang dirancang khusus untuk anak-anak, sehingga cocok untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama. Di tengah taman, terdapat sebuah danau yang mempesona serta hamparan bunga yang indah.

  • Alamat: Jalan Balas Klumprik, Balas Klumprik, Kecamatan Wiyung, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Gratis

18. Taman Mozaik

Di Taman Mozaik, pengunjung bisa merasakan kesejukan kota Surabaya. Destinasi wisata ini menawarkan berbagai fasilitas, termasuk area bermain, tempat duduk, dan toilet yang memadai. Terletak di dalam kawasan perumahan, taman kota ini memiliki pemandangan yang indah dan penataan yang rapi.

Suasana yang tenang, membuat taman di Surabaya yang satu ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai bersama keluarga. Di samping itu, latar estetikanya juga menjadikannya tempat yang sempurna untuk berfoto.

  • Alamat: Wiyung, Kecamatan Wiyung, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Minggu – Selasa, 09.00 WIB – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Gratis

19. Danau Unesa Lidah Wetan

Berada di dekat salah satu universitas unggulan di Surabaya, Danau Unesa Lidah Wetan menjadi tempat yang populer untuk melepas penat. Di sekitar danau yang tenang ini, terdapat berbagai kedai makanan yang menawarkan beragam pilihan kuliner.

Pengunjung bisa menikmati waktu dengan berjalan santai atau jogging sambil menikmati pemandangan kota. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada sore hari, saat matahari terbenam, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan momen istimewa yang sayang untuk dilewatkan.

  • Alamat: Jalan Raya Kampus Unesa, Lidah Wetan, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

20. Adventure Land Romokalisari

Sedulur juga bisa mempertimbangkan Adventure Land Romokalisari sebagai destinasi taman di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang satu ini sangat direkomendasikan karena tidak hanya menawarkan taman dengan suasana yang asri, namun juga berbagai macam wahana permainan.

Di sini, para pengunjung juga bisa menikmati mini zoo, perahu, jet ski, sepeda air, ATV, dan banyak lagi. Adventure Land Romokalisari adalah pilihan yang ideal untuk berlibur sambil tetap menjaga anggaran tetap terjangkau.

  • Alamat: Jalan Romokalisari I, Romokalisari, Kecamatan Benowo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 08.00 WIB – 16.00 WIB
  • Harga tiket: Rp15.000

Rekomendasi taman di Surabaya tersebut, tentu dapat menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat sekaligus mempercantik feed media sosial Sedulur. Baik untuk bersantai, berolahraga, atau sekadar menikmati suasana, taman-taman hits di atas wajib Sedulur kunjungi saat berada di kota Pahlawan!

Oia, biar suasana jalan-jalan serta bermain di taman Kota Surabaya di atas makin krezi dan seru,Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.