taman botani sukorambi

Bingung menentukan destinasi wisata bersama keluarga? Sedulur bisa berkunjung ke Taman Botani Sukorambi yang berada di Jember, Jawa Timur. Taman Botani Sukorambi merupakan obyek wisata berkonsep edukasi alam dengan berbagai wahana permainan sehingga cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Sedulur juga bisa memilih destinasi wisata satu ini untuk kegiatan sekolah maupun kantor.

Nah, sebelum berkunjung langsung ke sana, simak dulu, yuk, berbagai informasi seputar Taman Botani Sukorambi. Berikut informasi lengkapnya.

BACA JUGA: Alun-Alun Situbondo: Daya Tarik, Lokasi, dan Aktivitas Serunya

Mengenal Taman Botani Sukorambi

taman botani sukorambi
Unsplash/Muaz Aj

Disampaikan sebelumnya, Taman Botani Sukorambi adalah obyek wisata alam dengan konsep edukasi dan dilengkapi berbagai wahana permainan yang terletak di Jember, Jawa Timur. Mengutip dari laman tamanbotanisukorambi.com, taman botani ini didirikan oleh Bapak H. Abdul Kahar Muzakir, seorang pensiunan yang memiliki latar belakang pertanian dan perkebunan.

Awalnya, ia membeli tanah berukuran kecil yang terus ditambah hingga menjadi satu area besar seluas 12 hektar. Ia juga mengembangkan area edukasi maupun wahana secara bertahap hingga berkembang menjadi Taman Botani Sukorambi seperti saat ini.

Menilik latar belakang pembangunan obyek wisata ini, Bapak H. Abdul Kahar Muzakir ingin menciptakan tempat rekreasi yang alami bagi masyarakat Jember dan sekitarnya. Tempat rekreasi ini juga diharapkan dapat menjadi sarana belajar bagi masyarakat mengenai alam, khususnya lingkungan, tanaman, dan binatang.

Pesona yang Ditawarkan

Bicara soal pesona atau daya tariknya, Taman Botani Sukorambi memiliki beragam wahana edukasi maupun permainan yang menarik untuk berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Di lahan seluas 12 hektar, Sedulur bisa menemukan berbagai koleksi flora dan fauna yang tidak hanya memanjakan mata tapi juga bisa menjadi sarana edukasi yang menyenangkan. Koleksi fauna yang ada di Taman Botani Sukorambi, antara lain, adalah kelinci, landak, kijang, rusa, burung merah, serta aneka burung dan ikan.

Sementara untuk koleksi floranya ada beragam tanaman buah, bunga, sayuran, dan berbagai tanaman obat. Selain itu ada juga kebun durian dengan luas 2 hektar. Sedulur yang ingin menikmati kelezatan buah durian juga bisa langsung mencobanya di fasilitas yang disediakan tak jauh dari kebun durian.

BACA JUGA: Wisata Kampung Blekok: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas

Pilihan Wahana dan Aktivitas

taman botani sukorambi
Unsplash/Matthew Harwood

Di samping area flora dan fauna yang menarik sekaligus edukatif, Taman Botani Sukorambi juga memiliki sejumlah wahana yang bisa Sedulur nikmati. Menariknya lagi, berbagai wahana ini bisa dinikmati oleh hampir semua usia sehingga Sedulur bisa berekreasi bersama seluruh anggota keluarga.

Berikut beberapa wahana yang bisa Sedulur temukan di Taman Botani Sukorambi.

1. Rumah pohon

Rumah pohon ini berada di ketinggian sekitar 5 meter dari permukaan tanah. Dari rumah pohon, Sedulur bisa melihat keindahan pemandangan alam di area taman rekreasi tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa rumah pohon ini hanya memiliki luas 2×2 meter saja atau berkapasitas 6 orang.

Oleh karena itu, Sedulur harus mengantre atau bergantian untuk dapat menikmati wahana satu ini.

2. Kolam renang

Berenang juga bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan yang dilakukan saat berkunjung ke Taman Botani Sukorambi. Ada beberapa ukuran kolam, di antaranya kolam untuk orang dewasa dan kolam untuk anak-anak.

Selain itu, ada juga pilihan kolam renang khusus muslimah yang memiliki konsep tertutup bagi Sedulur yang kurang nyaman berenang di tempat umum dan terbuka.

3. Flying fox

Flying fox juga menjadi salah satu wahana andalan sekaligus favorit di tempat ini. Tak hanya satu, Taman Botani Sukorambi bahkan memiliki beberapa wahana flying fox dengan pilihan lintasan panjang dan curam serta lintasan yang pendek.

Pilihan pertama bisa Sedulur temukan di wahana Flying Fox Jungle yang memiliki panjang sekitar 160 meter dan ketinggian 40 meter. Wahana ini cocok untuk Sedulur yang merupakan petualang ekstrim dan senang memacu adrenalin.

Di sisi lain, ada Flying Fox Tombro yang cocok untuk pemula. Wahana ini hanya memiliki panjang 100 meter dengan lintasan yang tidak terlalu curam.

4. Berkuda

Aktivitas berkuda tengah banyak diminati masyarakat beberapa waktu belakangan. Nah, Sedulur juga bisa melakukan aktivitas ini di Taman Botani Sukorambi.

Selain orang yang sudah berpengalaman, Sedulur yang masih pemula juga bisa mencoba wahana ini. Sebab Sedulur akan didampingi oleh pawang yang berpengalaman saat menunggang kuda mengelilingi area taman.

Lokasi dan Jam Buka

Tertarik untuk berkunjung? Taman Botani Sukorambi beralamat di Jalan Mujahir, Sukorambi, Krajan, Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tepatnya, taman rekreasi bernuansa alam ini berjarak sekitar 10 menit dari pusat kota Jember.

Adapun terkait jam operasionalnya, Taman Botani Sukorambi buka setiap hari kecuali hari Jumat mulai pukul 07.00 hingga 16.30 WIB. Sedulur bisa menyesuaikan kunjungan dengan jadwal tersebut.

Fasilitas

Di samping berbagai wahana yang sudah dipaparkan di atas, Taman Botani Sukorambi juga dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat menunjang aktivitas Sedulur selama berekreasi. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Area parkir yang luas
  • Musala
  • Rumah makan atau cafe dengan beragam makanan
  • Toilet umum
  • Gazebo untuk bersantai

Harga Tiket Masuk

Sedulur yang akan berkunjung ke Taman Botani Sukorambi perlu menyiapkan biaya untuk masuk ke area taman. Adapun tiket masuk yang dikenakan adalah Rp 12 ribu pada hari biasa dan Rp 20 ribu pada akhir pekan atau hari libur. Di sisi lain, Sedulur juga perlu menyiapkan biaya tambahan untuk menikmati beberapa wahana, misalnya flying fox.

Rute yang Bisa Dilalui

Sedulur yang ingin berkunjung ke Taman Botani Sukorambi bisa memilih rute dari pusat kota Jember. Dari sana, Sedulur dapat berjalan sekitar 7,5 km ke arah timur atau 15 menit perjalanan. Adapun rute yang dilalui adalah Jalan Gatot Subroto, Jalan Trunojoyo, Jalan Gajah Mada, Jalan Kenanga, Jalan Arowana, dan Jalan Mujahir.

Tips Berkunjung

Berikut ada beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti agar kunjungan kian menyenangkan.

  • Ada baiknya Sedulur berkunjung saat cuaca cerah atau bukan musim hujan agar dapat menikmati berbagai wahana secara maksimal mengingat tempat ini memiliki konsep wisata alam yang terbuka.
  • Perhatikan rute perjalanan yang akan dilalui agar tidak tersesat. Sedulur bisa menggunakan bantuan aplikasi peta di smartphone sebagai petunjuk arah di samping mengikuti informasi rute yang sudah dipaparkan.
  • Selalu jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Itu dia rangkuman informasi seputar Taman Botani Sukorambi yang cocok menjadi alternatif tempat rekreasi bersama keluarga. Oia, supaya menikmati kawasan taman ini semakin nyaman dan Sedulur terbebas dari dehidrasi, sebaiknya mempersiapkan perbekalan untuk mengatasi haus dengan membawa Pirlo Air Mineral.

Pirlo merupakan air minum dalam kemasan yang sangat mudah dibawa kemana saja dengan kandungan mineral murni yang menyegarkan. Pirlo Air Mineral bisa dengan mudah ditemukan serta tersedia di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.