taman blambangan

Banyak orang yang sudah paham, jika Banyuwangi memiliki objek wisata yang benar-benar lengkap. Mulai dari pantai, bukit, kawah, bahkan hingga taman kota seperti halnya Taman Blambangan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Bisa bilang Taman Blambangan hanya satu dari beberapa taman di wilayah Banyuwangi yang seringkali dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Menariknya, taman ini juga telah dianggap sebagai landmark dari Banyuwangi itu sendiri.

Sama seperti taman kota pada umumnya, taman yang satu ini menawarkan keindahan dari lanskap buatan lengkap dengan vegetasi yang ada di sekitarnya. Area taman yang luas, tentu juga cocok digunakan untuk berbagai macam aktivitas.

Nah, bagi Sedulur yang sedang berkunjung ke Banyuwangi, berkunjung ke taman ini adalah pilihan yang menarik. Namun sebelum itu, simak dulu sedikit informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 6 Warung Sego Cawuk Banyuwangi Paling Maknyus, Bikin Nagih

Sejarah Taman Blambangan

taman blambangan
Unsplash/Roberto Rendon

Taman Blambangan merupakan suatu taman rekreasi sekaligus alun-alun kota yang lokasinya berada di antara 4 jalur utama, alias tepat di tengah kota. Taman yang memiliki nama lain Lapangan Tegaloji ini terlihat indah, apalagi dengan adanya sejumlah bangunan kuno yang mengelilinginya.

Ya, bangunan-bangunan kuno tersebut mempunyai desain arsitektur khas Eropa, atau lebih tepatnya bekas hunian para penjajah Belanda di era kolonial. Jadi tidak heran jika bangunan ini juga masuk ke dalam daftar wisata sejarah di Banyuwangi.

Untuk saat ini, taman kota ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata bagi warga sekitar maupun para wisatawan yang sedang berkunjung ke Banyuwangi. Tidak hanya menjadi lokasi untuk rekreasi, taman yang satu ini juga benar-benar cocok untuk piknik bersama keluarga.

Pesona Taman Blambangan

Taman Blambangan memiliki pesona alam yang memikat dengan keindahan pohon-pohon rindang dan udara segar yang menyejukkan. Terletak di pusat kota, taman ini menjadi oase hijau yang menyegarkan di tengah kesibukan perkotaan.

Suasana yang tenang dan asri membuat pengunjung merasa seolah-olah berada di tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota, menjadikannya tempat yang ideal untuk melepas penat dan bersantai. Para pengunjung dapat menikmati suasana damai taman sambil menikmati pemandangan alam yang indah dan menyegarkan.

Pohon-pohon besar yang tumbuh di sekitar taman memberikan rasa teduh yang nyaman dan menjadi tempat yang cocok untuk berteduh. Selain sebagai tempat rekreasi, taman ini juga menjadi pusat kegiatan masyarakat dengan berbagai acara seni, budaya, dan olahraga yang sering diadakan.

Dengan pesonanya yang unik dan beragam kegiatan yang ditawarkan, Taman Blambangan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Banyuwangi. Sedulur dapat menikmati keindahan alam, suasana santai, dan berbagai hiburan yang ditawarkan di taman ini.

Lokasi Taman Blambangan

Taman Blambangna sendiri berada di Jalan Diponegoro No.2, Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya yang ada di tengah kota, membuat para wisatawan bisa dengan mudah untuk mengaksesnya.

Rute Menuju Lokasi

Sedulur dapat memulai perjalanan dari Alun-alun Banyuwangi. Dari sini, arahkan kendaraan ke arah utara menuju Jalan Ahmad Yani. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke arah utara. Sedulur akan melalui berbagai persimpangan dan lampu lalu lintas sepanjang jalan ini.

Setelah beberapa jalan, Sedulur akan sampai di persimpangan dengan Jalan Soekarno-Hatta. Belok kiri ke Jalan Soekarno-Hatta dan teruslah mengikuti jalan ini. Setelah melalui beberapa lampu lalu lintas, akan terlihat tanda yang menunjukkan masuknya ke Jalan Blambangan.

Belok kanan ke Jalan Blambangan dan teruslah mengikuti jalan ini. Setelah beberapa saat, Sedulur akan melihat Taman Blambangan di sebelah kanan jalan. Biasanya terdapat papan penunjuk arah atau tanda yang menunjukkan masuknya ke taman ini.

BACA JUGA: Air Terjun Lider di Banyuwangi: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Harga Tiket Masuk

taman blambangan banyuwangi
Unsplash/Dea Febriano

Bisa dikatakan jika para pengunjung tidak akan dibanderol biaya sepeser pun untuk bisa masuk ke dalam area taman kota yang satu ini. Hanya saja, Sedulur hanya perlu menyiapkan uang kecil untuk membayar tarif parkir kendaraan yang dibawa.

Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini adalah tarif parkir kendaraan yang paling baru di wisata taman kota Banyuwangi ini.

  • Tiket masuk: Gratis
  • Parkir motor: Rp2.000
  • Parkir mobil: Rp5.000

Jam Buka dan Jam Tutup

Menjadi salah satu fasilitas publik yang disediakan oleh pemerintah, Taman Blambangan ini selalu buka untuk pengunjung umum selama 24 jam penuh di setiap harinya. Dengan begitu, Sedulur bisa berkunjung hari apa saja dan juga jam berapa saja.

Fasilitas yang Tersedia

Taman Blambangan yang ada di Banyuwangi ini menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan pengunjung untuk menikmati waktu mereka di sana. Nah, kurang lebih beberapa fasilitas yang tersedia di taman yang satu ini adalah sebagai berikut.

  • Penginapan bagi para wisatawan
  • WC atau toilet untuk umum
  • Mushola untuk ibadah Umat Muslim
  • Gazebo dan tempat istirahat
  • Restoran dan warung makan
  • Area parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat
  • Beberapa wahana permainan
  • Tempat sampah umum
  • Jogging track
  • Area skateboard

Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum berkunjung ke Taman Blambangan di Banyuwangi, ada beberapa tips yang bisa Sedulur pertimbangkan untuk mempersiapkan perjalanan yang dilakukan, agar lebih lancar dan juga menyenangkan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti.

  • Sebelum pergi, pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca di Banyuwangi dalam kondisi baik.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas di taman.
  • Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau tidak nyaman.
  • Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan seperti topi, kacamata hitam, sunscreen, dan payung jika diperlukan.
  • Bawa camilan ringan atau air minum untuk menyegarkan diri selama berkunjung di taman.
  • Patuhi semua aturan dan peraturan yang berlaku.
  • Jaga kebersihan taman dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak lingkungan sekitar.

Dengan berbagai hal yang dimiliki dan ditawarkannya, Taman Blambangan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Banyuwangi. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam, suasana santai, serta berbagai hiburan dan fasilitas yang ditawarkan di taman ini.