Taman Air Paggora Kediri: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Taman Air Pagora berada di Kawasan Pondok Pesantren Kota Kediri yang menjadi destinasi populer, terutama saat musim liburan dan hari raya. Namun meski di hari biasa, wisata air ini tetap digemari keluarga. Bahkan, hingga saat ini Kolam Renang Pagora masih ramai dikunjungi wisatawan. Taman Wisata Pagora merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga di kota Kediri yang cukup melegenda. 

Akses menuju kota wisata air ini sangat mudah. Pasalnya tempat piknik keluarga ini terletak di jantung kota Kediri. Suasana dan lingkungan sangat sejuk, nyaman, aman, dan ramah anak. Selain kolam renang, destinasi wisata ini juga menawarkan berbagai aktivitas seru lainnya. Kolam di Pagora sendiri juga terbagi menjadi tiga kolam. 

Taman Wisata Pagora memiliki kebun binatang mini dengan beberapa hewan. Terdapat juga area bermain untuk anak-anak. Terdapat panggung hiburan yang biasa digunakan untuk acara musik dan kegiatan lainnya. kalau Sedulur tertarik datang ke sini, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Go Fun Night Carnival Bojonegoro: Wahana, dan Harga Tiket

Sekilas Tentang Taman Air Pagora Kediri

taman air paggora kediri
Unsplash/Edwin Petrus

Meski Kediri memiliki banyak tempat wisata, Taman Air Pagora di pusat kota Kediri tetap menjadi tempat wisata populer bagi keluarga. Taman Wisata ini merupakan objek wisata ramah keluarga yang terletak di jantung kota Kediri, berhadapan dengan Stadion Brawijaya Kediri dan mudah diakses dari segala arah.

Taman Wisata Pagoda Kediri didirikan oleh Soekertijo pada tanggal 14 Juli 1963. Hampir setengah abad yang lalu, Taman Wisata Pagoda didirikan dan terus sukses hingga saat ini. Bahkan, tidak pernah sepi pengunjung. Persaingan tempat wisata dan kolam renang di Kediri yang lebih modern tidak bisa menyurutkan kepopuleran taman wisata Pagora ini. 

Berdiri di lahan seluas 7,6 hektar, Taman Air Pagora tidak hanya menjadi destinasi wisata keluarga namun juga edukasi. Taman ini merupakan tempat wisata dan kolam renang pertama di Kediri. Suasananya sejuk, nyaman, aman dan sangat cocok untuk anak-anak bermain.

Wahana yang tersedia mencakup kolam renang, kolam perahu motor, taman bermain, kebun binatang mini dengan berbagai hewan eksotis, dan masih banyak lagi.

Lokasi dan Rute Taman Air Pagora Kediri

Kolam renang Pagora dianggap sebagai objek wisata air tertua di Kota Kediri. Meski begitu, Kolam Renang Pagora dengan berbagai inovasinya tetap menjadi objek wisata populer bagi keluarga.

Selain itu, terdapat berbagai jenis wahana yang dapat dicoba. Wisatawan juga dapat menikmati live music di hari-hari tertentu. Lokasinya di Jl. Ahmad Yani No. 10, Ngadirejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Sementara untuk rutenya, Taman Air Pagora Kediri letaknya sangat strategis dan mudah ditemukan. Terletak di seberang Stadion Brawijaya. Wisatawan yang menggunakan angkutan umum dari luar kota dapat naik kereta api menuju Stasiun Kediri. Dari sin Sedulur bisa berjalanlah sekitar 10 menit menuju tempat wisata. 

Layanan ojek juga tersedia. Taman Air Pagora Kediri Kediri terletak di pusat kota Kediri sehingga tidak sulit untuk dijangkau. Sedulur juga dapat mencapai tempat wisata dengan mobil pribadi, motor atau angkutan umum. Atau, Sedulur juga bisa menggunakan Google Maps.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Taman Air Pagora, Sedulur hanya butuh membayar tiket yang cukup terjangkau. Sementara untuk jam operasionalnya juga buka dari pagi sampai sore. Biar lebih jelas, Sedulur bisa menyimak informasinya di bawah ini.

Harga Tiket dan Tarif Wahana

  • Tiket Masuk Dewasa: Rp15.000
  • Tiket Masuk Anak: Rp12.000
  • Mini Zoo: Rp5.000
  • Terapi Ikan: Rp5.000
  • Kereta Mini: Rp6.000
  • Komidi Putar: Rp6.000
  • Becak Mini: Rp6.000
  • Perahu Bebek: Rp10.000

Jam Operasional 

  • Hari Biasa: 06.00 – 17.00 WIB
  • Khusus Rabu, Minggu, Hari Libur: 05.00 – 17.00 WIB

Fasilitas di Taman Air Pagora Kediri

Untuk fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Jadi jangan khawatir, Sedulur akan berwisata dengan nyaman di sini bersama anak-anak. Berikut diantaranya:

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Taman Bermain
  • Tempat Pemancingan
  • Panggung Kesenian

Daya Tarik Taman Air Pagora Kediri

Taman Wisata Air Pagora adalah loka rekreasi family yg berada di pusat Kota Kediri. Tempat rekreasi ini memiliki berbagai macam aktivitas seru dan menarik. Daya tarik utamanya merupakan kolam renang yang dilengkapi dengan berbagai wahana. Selain kolam renang, tersedia juga macam-macam aktivitas seru lainnya. Berikut daya tarik yang ada.

1. Aneka Kolam Renang

Di sini ada berbagai kolam yang tersedia. Pertama ada kolam anak punya kedalaman masing-masing 100 cm dan 130 cm. Kolam ini dilengkapi dengan seluncuran mini dan ember tumpah. Sebenarnya cukup dalam untuk anak berenang, hendaknya orang tua mengawasi anak saat bermain dan berenang di kolam ini.

Lalu ada dua kolam khusus balita. Di tengah kolam terdapat seluncuran mini dan air mancur. Anak-anak akan menyukai karena ada dua patung gajah yang menyemburkan air dari belalainya di antara dua kolam tersebut. 

Lalu ketiga ada kolam standar olimpiade. Bagi yang ingin belajar freediving dan berenang, kolam ini mempunyai kedalaman 2,75 meter. Khusus kolam ini hanya untuk orang yang bisa berenang.

2. Perahu Bebek

Kawasan taman Pagora mempunyai kolam buatan yang digunakan untuk wisata air yaitu perahu bebek. Menikmati perahu bebek ini dikenakan biaya Rp10.000 per perahu. Di atas kolam buatan ini terdapat jembatan yang juga menjadi spot foto cantik.

3. Mini Zoo

Mini Zoo merupakan salah satu wahana yang paling populer di Pagora Kediri. Kebun binatang mini ini memamerkan berbagai hewan. Sayangnya, kebun binatang mini di Pagora saat ini tidak terawat dengan baik dan banyak kandang yang perlu diperbaiki.

4. Terapi Ikan

Rasakan sensasi geli digigit ikan-ikan kecil di Kolam Terapi Ikan Pagora. Tiketnya dibanderol Rp5.000 per orang selama 15 menit.

5. Panggung Hiburan

Karena merupakan tempat rekreasi keluarga, Pagora Kediri memiliki panggung hiburan yang biasa digunakan untuk live music dan kesenian tradisional.

6. Taman Bermain

Taman bermain ini penuh dengan patung-patung besar dengan berbagai bentuk, termasuk dinosaurus, naga, wayang, dan lainnya. Beberapa patung ini digunakan sebagai spot berfoto dan juga dapat diakses oleh anak-anak. Masih banyak lagi permainan untuk anak lainnya seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, dan seterusnya.

Tips Berkunjung ke Taman Air Pagora Kediri

Sebelum datang ke sini, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Berikut beberapa tips berkunjung ke Taman Air Pagora Kediri. Simak di bawah ini!

  • Datanglah saat musim panas, jika hujan akan membuat Sedulur dan anak tidak nyaman beraktivitas di sini. Justru bisa sakit.
  • Datanglah pagi hari agar tidak terlalu ramai dan cuaca tidak panas. Atau menjelang sore hari.
  • Jangan lupa bawa sunblock atau tabir surya agar kulit tidak terbakar, terutama menjelang siang.
  • Jangan lupa bawa perbekalan, terutama bagi Sedulur yang datang bersama anak.
  • Bagi yang membawa anak, selalu awasi dimanapun mereka bermain. Terutama di kolam.
  • Siapkan baju ganti dan kamera untuk mengabadikan momen.
  • Taati aturan setempat dan jangan membuang sampah sembarangan.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Taman Air Pagora Kediri. Kalau Sedulur butuh santai bersama keluarga ketika di Kediri, jangan lupa mampir ke sini.

Oia, biar suasana jalan-jalan serta bermain di Taman Air Pagora makin krezi dan seru,Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.