pemandian bektiharjo

Jika Sedulur ingin berlibur bersama keluarga dan harus memilih tempat yang cocok di Tuban, Jawa Timur, cobalah untuk mengunjungi Pemandian Bektiharjo. Tempat wisata ini selalu dikunjungi saat musim liburan atau weekend dan cocok untuk melakukan relaksasi.

Pemandian Bektiharjo sendiri cocok untuk acara kumpul keluarga dan memiliki kolam renang yang sangat bagus. Di sini Sedulur bisa berkumpul bersama keluarga dan menemukan spot foto yang berbeda sesuai selera. Liburan Sedulur pasti akan semakin berkesan dan membuat Sedulur lebih segar setelah bersantai di sini.

Wisata pemandian Tuban Bektiharjo merupakan destinasi wisata yang wajib Sedulur kunjungi karena pesonanya yang tiada tandingannya. Penduduk lokal di kawasan itu juga sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun asing. Kolam mata air alami yang juga berfungsi sebagai sumber air minum ini terletak sekitar 5 km dari kota Tuban. 

Yang menarik dari pemandian ini adalah terdapatnya monyet-monyet liar di sekitar kolam. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan monyet-monyet ini karena mereka jinak dan ramah. Bagi yang berminat berkunjung, simak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: Sendang Asmoro: Lokasi, Daya Tarik, Jam Buka, dan Harga Tiket

Sejarah Pemandian Bektiharjo

pemandian bektiharjo
Unsplash/Darren Lawrence

Masyarakat setempat meyakini bahwa sejarah Pemandian Bektiharjo erat kaitannya dengan asal muasal Tuban itu sendiri. Beberapa sumber menyebutkan bahwa seorang Adipati bernama Raden Arya (RA) Dandang Wacana mendapat wangsit atau pesan magis untuk membuka alas papringan (hutan bambu) untuk tempat tinggal. 

Namun kedatangan putra Adipati Lumajang ini bertepatan dengan musim kemarau sehingga menyebabkan kawasan hutan bambu menjadi sangat tandus. Namun Dandang Wacana kemudian menggunakan kesaktiannya untuk mencabut sebatang dahan bambu, dan tanah yang ditempati bambu tersebut segera mengeluarkan air (sumber air). Dalam bahasa Jawa disebut “metu banyune” yang berasal dari meTU BANnyu, dan lahirlah nama TUBAN.

Sekilas Tentang Pemandian Bektiharjo

Pemandian Bektiharjo merupakan destinasi legendaris yang sudah puluhan tahun eksis di Tuban. Airnya yang selalu jernih dan lokasinya yang asri menjadikan Bektiharjo sangat populer sebagai destinasi wisata berenang. Pemandian ini merupakan pemandian mata air alami yang tidak pernah kering. 

Pemandian ini banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin menghabiskan waktu dengan berenang atau sekedar refreshing keluarga. Pemandian Bektiharjo menawarkan kepada pengunjung banyak pohon berusia ratusan tahun. Lingkungan sekitar pemandian masih sangat alami. 

Pemandian ini banyak dinaungi oleh pepohonan besar, walaupun telah beberapa kali dilakukan renovasi namun keberadaan pepohonan besar tersebut tetap dipertahankan. Tak heran, suasana di sana sangat sejuk, meski di tengah musim panas. Bersama dengan monyet-monyet yang bermain-main di sekitar pemandian, menciptakan suasana alami dan menjadi nilai tambah untuk tamasya di sini.

Di sisi utara terdapat Sendang Lanang atau kolam khusus pria, dan di sisi selatan terdapat Sendang Wadon atau kolam khusus wanita. Namun seiring berjalannya waktu, pemisahan fungsi antara kedua sumber ini hanya sebatas nama saja. 

Pengunjung yang akan datang bebas berenang bersama. Saat ini Sendang Wadon telah berubah operasionalnya menjadi kolam renang berstandar nasional, dan pengunjung dapat menggunakan kolam renang tersebut secara gratis.

Sendang Lanang kini menjadi tempat berenang yang sangat cocok bagi Sedulur yang ingin bermain air. Selain kolam renang dewasa, Pemandian Bektiharjo ini juga memiliki kolam renang anak.

Tradisi Manganan di Pemandian Bektiharjo

Tradisi Sedekah Bumi atau Manganan di kawasan wisata Pemandian Bektiharjo Tuban masih sering dilakukan. Juru Kunci Pemandian Bapak Hartono mengatakan, tradisi manganan ini digelar sebagai tanda syukur atas nikmat dan karunia Tuhan kepada masyarakat melalui sumber air Pemandian Bektiharjo. 

Acara manganan ini berlangsung setiap tahun. Tak hanya masyarakat sekitar yang mengikuti tradisi ini, namun desa tetangga seperti Prunggahan Wetan, Prunggahan Kulon, Tegalagung ikut meramaikan tradisi tahunan di sini. Pasalnya, mereka yang datang ke tradisi Manganan dan memanjatkan doa tersebut biasanya menggunakan sumber air Pemandian Bektiharjo. 

Usai salat, warga melemparkan nasi di sekitar sumber mata air Bektiharjo dan meletakkannya di bawah pohon besar tempat pemandian Bektiharjo. Tujuannya adalah agar dimakan oleh ikan-ikan dan kera-kera di kawasan tersebut, yang dianggap sebagai penjaga atau leluhur sungai.

Lokasi Pemandian Bektiharjo

Kalau Sedulur akan berkunjung ke tempat wisata Pemandian Bektiharjo ajaklah teman, sahabat atau keluarga agar lebih menyenangkan berkegiatan di sini. Wisatawan dapat dengan mudah mengunjungi tempat wisata Pemandian Bektiharjo Tuban dengan menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor.

Pemandian Bektiharjo berjarak sekitar 5 km dari kota Tuban yang lokasinya terletak di Dusun Krajan, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tempatnya cukup strategis dan mudah untuk ditemukan. Jika bingung, Sedulur pun bisa memanfaatkan Google Maps karena lokasinya sudah ditandai dalam aplikasi tersebut.

BACA JUGA: Wisata Air Terjun Talempong: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Rute Menuju Pemandian Bektiharjo

sendang asmoro
Unsplash/Anelya Okapova

Bagi yang berencana mengunjungi Pemandian Bektiharjo tentunya harus mengetahui akses jalan menuju destinasi wisata ini. Jika Sedulur belum mengetahuinya, tetapi memutuskan untuk pergi ke sana, Sedulur bisa tersesat di suatu tempat daripada berlibur.

Bagi yang ingin menuju pemandian ini harus mengetahui pintu masuk jalan menuju tempat wisata. Sedulur bisa melalui jalan utama Tuban yaitu Jalan Tuban-Babat. Selain jalan utama, kamu juga bisa berkendara di Jalan Nakula dan Jalan Mojopahit saat jalan utama diblokir.

Dan perjalanan dari Tuban menuju Pemandian Bektiharjo hanya memakan waktu sekitar 18 menit jika tidak macet. Jika terjadi kemacetan, Sedulur bisa menggunakan dua alternatif tadi cara untuk mencapai tempat wisata ini. Dan yang terpenting adalah berhati-hati dalam perjalanan menuju ke sana dengan selamat.

Jam Operasional Pemandian Bektiharjo

Saat Sedulur datang berwisata ke Pemandian Bektiharjo, Sedulur akan disuguhi dengan suasana alam yang masih sangat asri ditambah pepohonan besar yang menjulang. Udaranya segar di sini dan terdapat tiga kolam dan banyak tempat makan maupun minuman. Pemandian Bektiharjo buka setiap hari dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Pemandian Bektiharjo

Destinasi wisata alam di Tuban Jawa Timur ini bisa Sedulur kunjungi kapan saja karena buka setiap hari. Pastikan Sedulur mengajak teman, pasangan, atau keluarga. Sedulur bisa bermain air sepuasnya dengan membayar tiket yang cukup terjangkau harganya.

  • Tiket masuk hari Senin–Jumat untuk dewasa Rp8 ribu per orang dan anak–anak Rp5 ribu per anak
  • Tiket masuk hari libur nasional, Sabtu dan Minggu untuk dewasa Rp10 ribu per orang dan anak–anak Rp6 ribu per anak

Fasilitas Pemandian Bektiharjo

Berbicara fasilitas yang ada di sini Sedulur tak perlu khawatir. Semua kebutuhan atau fasilitas yang mendukung kegiatan berwisata Sedulur sudah tersedia. Jadi, Sedulur bisa dengan nyaman saat berkunjung ke sini. Berikut beberapa di antaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung makanan dan minuman
  • Spot foto
  • Tiga kolam renang (1 dewasa, 1 kolam anak-anak, 1 sendang)
  • Toilet dan kamar mandi
  • Tempat shalat
  • Gazebo

Daya Tarik Pemandian Bektiharjo

Pemandian Bektiharjo memiliki banyak daya tarik dan pesona yang bisa Sedulur nikmati. Ketika ke sini Sedulur bisa menikmati udara yang begitu segar dan suasananya sejuk. Bahkan, sekalipun cuaca sedang panas. Hal ini karena lokasi pemandian dikelilingi oleh pepohonan yang besar dan rindang.

Selain itu, tentunya Sedulur bisa berenang sepuasnya. Pasalnya mata air di Pemandian Bektiharjo tidak pernah kering. Airnya pun jernih dan menyegarkan. Sedulur akan merasa rileks ketika berenang dengan air yang dingin sekaligus menyegarkan.

Tak lupa, di sini banyak sekali spot foto yang bisa Sedulur abadikan. Jadi bisa mengambil gambar di beberapa sudut yang ada. Pastinya Sedulur gak akan kehabisan tempat untuk selfie dan diunggah di media sosial. 

Atau, jika hanya sekadar bersantai di sini juga bisa. Sedulur bisa membeli kopi atau makanan dan minuman yang kios yang ada. Lalu duduk di gazebo sambil merasakan udara yang segar dan suasana alam yang masih sangat asri.

Tips Berkunjung Pemandian Bektiharjo

Kalau Sedulur ingin berlibur ke Pemandian Bektiharjo, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Dengan begitu Sedulur bisa berwisata dengan nyaman. Untuk itu simak beberapa tips di bawah ini.

  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan bersama teman, pasangan, maupun keluarga, dan pastinya liburanmu tidak akan sia-sia. 
  • Waktu terbaik untuk datang menikmati liburan di Pemandian Bektiharjo yaitu pagi dan siang hari.
  • Bawalah baju ganti jika ingin bermain air di tempat ini dan pastinya perhatikan kesehatan dengan tidak terlalu lama di dalam air.
  • Bawalah keperluan lain yang dibutuhkan, seperti makanan minuman, uang cash secukupnya, dan obat-obatan jika perlu.
  • Siapkan fisik yang prima agar liburanmu lebih maksimal.
  • Jaga tata krama dan sopan santun selama di lokasi.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pemandian Bektiharjo yang perlu Sedulur tahu. Jika Sedulur sedang berada di Tuban dan ingin mencari suasana alam yang menyegarkan, datanglah ke sini. Selamat berwisata!