Paralayang Bukit Sempu, Wisata Anti Mainstream di Pasuruan

Paralayang Bukit Sempu adalah destinasi yang menawarkan wahana paralayang di Pasuruan dengan harga yang terjangkau. Keunikan dari tempat ini terletak pada pengelolaannya yang dilakukan secara langsung di bawah TNI AU Malang.

Selain itu, hal menarik dari kegiatan paralayang di sini, yaitu bahwa para petugas yang memandu adalah anggota TNI AU yang memang khusus ditugaskan untuk olahraga ini. Keberadaan anggota TNI AU sebagai pemandu ini, tentu memberikan pengalaman yang berbeda.

Sangat jarang hal semacam ini ditemukan di lokasi paralayang yang lainnya. Penasaran mengenai wahana Paralayang Bukit Sempu? Langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Sendi Adventure Park: Lokasi, Harga Tiket, dan Fasilitas

Paralayang Bukit Sempu

paralayang bukit sempu
Unsplash/Aditi Bhatt

Menurut informasi yang diambil dari situs pasuruankab.go.id, Bukit Paralayang Sempu resmi diperkenalkan oleh Komandan Lanud Abdul Rachman Saleh, Marsma TNI Zulfahmi pada tahun 2022 silam.

Di lokasi ini, para wisatawan akan melakukan lepas landas dan mendarat di dua lokasi yang terpisah. Anggota TNI AU dari Dinas Potensi Dirgantara Lanud Abdul Rachman Saleh, akan memberikan bimbingan kepada para wisatawan untuk memastikan bahwa olahraga paralayang dilakukan dengan aman.

Baik itu para atlet maupun pemula yang baru pertama kali mencoba paralayang, nantinya akan berada di bawah pengawasan petugas. Dari ketinggian 300 mdpl, para peserta akan disuguhi pemandangan yang memukau.

Hal ini termasuk dengan hamparan pepohonan, air jernih, bukit-bukit, dan pemukiman penduduk. Tidak lupa, udara segar yang ada juga mampu memberikan pengalaman yang sangat memikat ketika mencoba olahraga ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Paralayang Bukit Sempu terletak di Sempu, Cowek, Kec. Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Dengan letaknya yang berada di ketinggian, Bukit Sempu menyediakan panorama alam yang mempesona dan udara segar yang membuat pengalaman paralayang semakin menyenangkan.

Untuk bisa mencapai lokasi dari objek wisata ini, mulailah perjalanan dari pusat Kota Pasuruan dan arahkan kendaraan menuju Jalan Raya Purwodadi. Teruskan perjalanan menuju arah Cowek, Purwodadi. Setelah memasuki kawasan Cowek, ikuti petunjuk arah menuju Sempu.

Bukit Sempu akan berada di sepanjang rute yang Sedulur lewati, dengan tanda-tanda atau petunjuk yang akan membantu menemukan lokasi paralayang. Jika Sedulur menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkutan umum menuju Purwodadi.

Kemudian bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek atau transportasi lokal menuju lokasi Bukit Sempu. Pastikan untuk memeriksa rambu-rambu jalan atau bertanya pada penduduk setempat untuk memastikan Sedulur tiba di tujuan dengan lancar.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Tiket masuk ke area paralayang sendiri bisa dibilang sangat terjangkau, yakni sebesar Rp10.000 saja per orang. Hanya saja, bagi Sedulur yang ingin mencoba langsung olahraga paralayang, maka perlu membayar lagi tambahan biaya.

Nah, tarif untuk satu kali terbang dengan paralayang adalah Rp350.000. Biaya yang telah dibayarkan tersebut, tentu saja sudah mencakup panduan dan pendampingan dari anggota TNI AU yang sudah berpengalaman dan pastinya bersertifikat resmi.

Dengan biaya ini, Sedulur sudah bisa menikmati pengalaman terbang dengan aman dan nyaman. Sementara itu, untuk jam operasional Paralayang Bukit Sempu ini adalah setiap hari selama 24 jam, penuh. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk menikmati berbagai aktivitas kapan saja.

Fasilitas dan Tips Berkunjung

Bisa dibilang jika fasilitas yang tersedia di sini telah memenuhi standar yang baik. Fasilitas yang dimaksud, meliputi peralatan paralayang yang berkualitas dan terawat. Selain itu, tempat ini juga telah dilengkapi dengan toilet umum, tempat menginap, bahkan kafe yang menyajikan berbagai hidangan yang nikmat.

Semua fasilitas ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi wisatawan yang datang untuk berolahraga atau berlibur di lokasi ini. Selain itu, Sedulur perlu mengikuti beberapa tips berikut agar kunjungan terasa lebih maksimal.

  • Pastikan untuk memeriksa ramalan cuaca sebelum berkunjung. Hindari hari dengan cuaca buruk atau angin kencang.
  • Untuk menghindari kerumunan dan mendapatkan pengalaman terbaik, datanglah pagi hari.
  • Pilihlah pakaian yang nyaman dan sesuai untuk kegiatan outdoor.
  • Kenakan sepatu yang nyaman dan jangan lupa membawa jaket atau sweater.
  • Pastikan untuk mengikuti briefing dan petunjuk dari instruktur.
  • Bawa perlengkapan tambahan seperti kamera, sunblock, dan kacamata hitam.
  • Selain tiket masuk, siapkan juga budget untuk biaya tambahan yang dibutuhkan.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan stamina karena perjalanannya cukup menantang dan melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum. Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan menaklukkan tantangan saat menjelajah keindahan alam nusantara.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Paralayang Bukit Sempu menghadirkan pengalaman olahraga paralayang yang memukau di Pasuruan, lengkap dengan pemandangan yang mempesona. Dengan harga tiket masuk yang bersahabat, tempat ini berhasil menarik banyak wisatawan untuk merasakan sensasi seru sambil menikmati keindahan alam.