pantai papuma

Banyak yang bilang jika Papuma Jember merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Jawa. Mungkin masih banyak yang belum kenal dengan pantai yang satu ini. Wajar saja, Pantai Papuma memang belum terlalu lama dikembangkan oleh Perum Perhutani Jawa Timur sebagai destinasi wisata.

Dijamin para pengunjung tidak akan merasa bosan dengan hamparan laut biru lengkap dengan suara deburan ombak yang mampu membuat pikiran lebih tenang. Tidak heran, pantai ini menjadi salah satu primadona dari sekian banyak pantai yang ada di Jawa Timur.

Mungkin mendengar hal tersebut Sedulur akan langsung tertarik untuk mengunjunginya. Namun sebelum itu, simak dulu beberapa informasi penting yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Sembilan Sumenep: Harga Tiket, Daya Tarik dan Fasilitas

Pantai Papuma Jember

pantai papuma
Unsplash/Farano Gunawan

Pantai Papuma juga memiliki julukan lain, yakni Pantai Tanjung Papuma. Pemberian julukan tersebut, dilakukan dengan alasan karena letak dari pantai yang menjorok ke laut. Seperti yang telah diketahui, kondisi ini juga disebut sebagai tanjung.

Sementara untuk nama Papuma sendiri, sebenarnya adalah singkatan dari “Pasir Putih Malikan”. Nah, Malikan adalah nama resmi yang diberikan oleh Perhutani ketika membuka lokasi tersebut, dan menjadikannya sebagai objek wisata.

Pemandangan yang ada di pantai ini benar-benar indah dan juga memesona. Pastinya panorama yang mengagumkan ini akan terasa sangat dinikmati bersama dengan pasangan, keluarga, ataupun teman-teman dekat.

Lokasi Pantai Papuma

Pantai Papuma ini beralamat di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember, Jawa Timur. Bisa dibilang jika para wisatawan dapat dengan mudah menjangkau lokasi dari pantai, karena jalanan yang dilalui sudah cukup nyaman dan memadai.

Rute Menuju Lokasi

pantai papuma
Unsplash/Mohammed Ricky

Jika Sedulur memulai perjalanan dari stasiun utama Jember, maka bisa mencapai lokasi pantai menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Jarak dari stasiun utama ke Pantai Papuma sendiri sekitar 45 kilometer.

Nah, silahkan ambil rute menuju ke arah Terminal Ambulu, kemudian langsung lanjut dengan menuju arah Pantai Puma. Perlu diketahui, dalam perjalanan Sedulur akan menemui jurang dan tanjakan yang cukup curam. Jadi pastikan untuk selalu berhati-hati selama perjalanan.

Jam Buka dan Jam Tutup

Untuk jam operasional dari Pantai Papuma, pantai yang satu ini dibuka selama 24 jam penuh bagi para pengunjung tanpa adanya batasan waktu. Dengan begitu, maka Sedulur dapat berkunjung ke pantai nan indah ini kapan saja.

Namun jika ingin menikmati pengalaman yang lebih istimewa, Sedulur bisa datang di pagi hari atau sore untuk menyaksikan fenomena sunrise dan sunset yang menakjubkan.  

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang jika harga tiket masuk ke Pantai Papuma Jember cukup terjangkau. Selain itu, Sedulur juga perlu menyiapkan dana untuk tarif parkir di area pantai. Langsung saja, berikut ini dana yang perlu Sedulur siapkan untuk bisa masuk ke Pantai Papuma.

  • Harga Tiket Masuk: Rp18.000
  • Tarif Parkir Motor: Rp5.000

BACA JUGA: Wisata Pantai Lon Malang: Pesona, Fasilitas, dan Harga Tiket

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

pantai papuma
Unsplash/Farano Gunawan

Dengan keindahan alamnya yang memukau, Pantai Papuma Jember menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Nah, berikut ini beberapa aktivitas yang dapat Sedulur nikmati selama berada di Pantai Papuma.

1. Menikmati pemandangan pantai

Menikmati pemandangan di Pantai Papuma menjadi salah satu kegiatan yang paling memikat bagi para pengunjung. Dengan pasirnya yang putih dan air laut yang jernih, pantai ini dikelilingi oleh formasi batu karang besar yang menawan.

2. Menikmati hidangan laut

Terdapat beberapa warung di sekitar Pantai Papuma yang menawarkan berbagai macam hidangan laut segar. Ya, menikmati makanan ini sambil melihat pemandangan pantai dan laut tentu saja menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

3. Bermain wahana air

Di pantai ini Sedulur juga bisa bermain beberapa wahana air yang menyenangkan seperti banana boat dan jet ski. Wahana tersebut memang telah disediakan oleh pengelola, hanya saja Sedulur perlu menyiapkan dana lebih jika ingin mencobanya.

4. Menyaksikan sunrise dan sunset

Pantai Papuma terkenal dengan pemandangan matahari terbit dan terbenamnya yang spektakuler. Momen tersebut pastinya menjadi kesempatan yang sempurna untuk menikmati keindahan alam yang eksotis dan juga dramatis.

5. Berkemah di Pantai

Bagi pengunjung yang ingin menikmati nuansa dan suasana pantai dalam waktu yang lebih lama, berkemah di sini bisa menjadi pilihan yang menarik. Sedulur bisa menyaksikan bintang di malam hari lengkap dengan suara ombak.

Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum Sedulur yang tertarik untuk berkunjung ke Papuma Jember, berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu Sedulur untuk mempersiapkan kunjungan.

  • Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa prakiraan cuaca.
  • Bawa tabir surya dengan SPF yang tinggi, topi, kacamata hitam, dan sandal pantai.
  • Bawa pakaian ganti, handuk, serta kantong tahan air untuk menyimpan barang elektronik.
  • Selalu bawa kembali sampah yang dihasilkan dan buang di tempat yang sudah disediakan.

Pantai Papuma Jember tidak hanya menawarkan keindahan, namun juga kesempatan untuk berinteraksi dengan alam dan beristirahat dari kesibukan sehari-hari. Pantai ini cocok bagi Sedulur yang mencari ketenangan dan petualangan kecil di alam terbuka.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati Pantai Lon Malang.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!