pantai wonogoro

Pantai masih menjadi destinasi wisata alam yang banyak diminati masyarakat. Apalagi di Indonesia ada banyak pilihan wisata pantai yang bisa dikunjungi di berbagai daerah. Misalnya bagi Sedulur yang akan berlibur ke Malang bisa mengunjungi salah satu pantai di sana, yakni Pantai Wonogoro yang menyajikan keindahan yang memukau.

Penasaran dengan pesona alam Pantai Wonogoro? Yuk, simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: Berlibur di Bukit Jaddih: Harga Tiket, Jam Buka, dan Lokasi

Mengenal Pantai Wonogoro

pantai wonogoro
Unsplash/Fritz Benning

Pantai Wonogoro adalah sebuah pantai yang terletak di wilayah pantai selatan sekaligus di antara beberapa pantai lain di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meskipun memiliki keindahan alam yang menawan lantaran masih asri dan belum banyak dijamah manusia.

Pantai ini terbilang kurang populer jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Malang. Kendati demikian, bukan berarti pantai ini tidak layak masuk daftar kunjunganmu. Apalagi kondisi pantai yang terbilang sepi dan jarang pengunjung malah bisa menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi Sedulur yang ingin menikmati ketenangan.

Pesona Dan Daya Tarik

Keindahan alam yang mempesona menjadi salah satu daya tarik Pantai Wonogoro. Apalagi pantai ini belum banyak mengalami perombakan sehingga masih asli. Sedulur bisa melihat jajaran pohon kelapa yang menjulang tinggi di sekitar pantai yang memberikan nuansa sejuk dan teduh.

Di sisi lain, pemandangan laut yang berpadu dengan deburan ombak juga akan memberikan kesan tersendiri saat berkunjung ke sana. Tak berhenti sampai di sini, garis pantai ini juga dihiasi dengan bebatuan karang yang unik dan menambah keelokan pemandangan di sana.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Di samping memanjakan mata dengan pemandangan pantai yang memukau, Sedulur juga bisa melakukan beragam aktivitas saat berkunjung ke Pantai Wonogoro.

Akan tetapi perlu menjadi catatan bahwa Sedulur tidak dianjurkan untuk berenang di laut karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan bisa membahayakan. Meski begitu, masih banyak pilihan aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini.

  • Bermain air di muara sungai

Terdapat aliran sungai yang terhubung dengan pantai dengan muara yang tidak terlalu dalam. Spot ini bisa menjadi pilihan untuk bermain air karena aliran airnya juga tidak deras sehingga aman bagi pengunjung.

  • Berjalan menyusuri pantai

Pantai Wonogoro memiliki garis pantai yang panjang. Nah, kondisi ini bisa menjadi ide aktivitas yakni berjalan menyusuri pesisir pantai sembari bercengkrama dengan teman atau sekadar menikmati pemandangan.

  • Berkemah

Sedulur yang menyukai aktivitas camping alias berkemah juga bisa melakukannya di pantai ini. Namun perhatikan spot yang dipilih untuk mendirikan tenda agar tetap aman, ya!

Fasilitas Yang Tersedia

Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, Pantai Wonogoro juga menyediakan fasilitas yang memadai. Keberadaan sejumlah fasilitas ini tentu bisa menunjang aktivitas Sedulur selama berekreasi di sana.

Adapun beberapa fasilitas yang disediakan, di antaranya adalah gazebo serta tempat duduk untuk bersantai di tepi pantai, musala, toilet dan kamar mandi, dan lahan parkir yang luas. Selain itu juga banyak tersedia warung makan yang menyediakan aneka hidangan lezat sehingga Sedulur tidak perlu khawatir akan kelaparan saat berkunjung ke Pantai Wonogoro.

Lokasi Pantai Wonogoro

Tertarik untuk mengunjungi Pantai Wonogoro? Sedulur bisa langsung meluncur ke Dusun Sukorejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tepatnya pantai ini berjarak sekitar 56 kilometer dari pusat kota Malang atau sekitar 2 jam perjalanan.

Jam Buka

Selain lokasinya, Sedulur juga perlu mengetahui jam buka pantai ini. Kabar baiknya, Pantai Wonogoro buka 24 jam sehingga tidak ada jam buka ataupun jam tutup. Oleh sebab itu, pantai ini bisa menjadi pilihan menarik untuk berkemah sekaligus menikmati matahari terbit dan tenggelam.

Harga Tiket

Sedulur perlu menyiapkan biaya untuk masuk ke kawasan Pantai Wonogoro. Dihimpun dari berbagai sumber, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang. Di sisi lain, ada juga biaya untuk parkir, yaitu Rp 5 ribu untuk sepeda motor atau roda dua dan Rp 10 ribu untuk mobil atau roda empat.

Rute yang Bisa Dilalui

Sebagai alternatif, berikut rute perjalanan yang bisa Sedulur tempuh dari kota Malang menuju Pantai Wonogoro.

Pertama, Sedulur bisa berkendara dari Malang menuju Gading Bululawang. Selanjutnya ke arah Gondanglegi, lalu Pagelaran, Bantur, dan terakhir menuju Gedangan. Tak lama kemudian, Sedulur akan menemukan Pantai Wonogoro.

Sekadar informasi, meski masih belum banyak wisatawan yang mengetahui pantai ini, akses jalan menuju Pantai Wonogoro terbilang cukup mudah. Sehingga Sedulur bisa berkendara menggunakan mobil ataupun motor dengan nyaman.

Tips Berkunjung ke Pantai Wonogoro

Agar agenda liburan Sedulur makin menyenangkan, berikut ada beberapa tips yang bisa menjadi perhatian saat berkunjung ke Pantai Wonogoro.

  • Selalu patuhi peraturan dan imbauan petugas yang berjaga, termasuk dengan tidak berenang di laut untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.
  • Selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan sehingga pantai tetap terjaga kebersihan dan keindahannya.
  • Perhatikan cuaca saat akan berkunjung. Ada baiknya Sedulur menghindari kunjungan di musim hujan.
  • Membawa bekal dari rumah bisa menjadi opsi untuk menghemat budget Sedulur saat berwisata.
  • Bawa keperluan sesuai kebutuhan, misalnya payung, topi, hingga perlengkapan berkemah.

Itu dia rangkuman informasi seputar Pantai Wonogoro di Malang, Jawa Timur. Pantai satu ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata alam terutama bagi Sedulur yang menyukai pantai tersembunyi dan belum terlalu ramai didatangi pengunjung.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati pantai ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!