pantai tabuhan banyuwangi

Seperti yang telah diketahui, Banyuwangi menyimpan beragam destinasi wisata yang begitu menawan. Salah satunya yakni Pantai Tabuhan Banyuwangi, yang terletak di ujung utara, atau lebih tepatnya berada di wilayah Selat Bali.

Pantai yang satu ini berada di pulau tunggal yang dikelilingi laut, sehingga cara untuk bisa mencapainya hanya dengan menggunakan jasa penyewaan kapal khusus. Pulau tidak berpenghuni ini menyajikan panorama yang benar-benar indah, lengkap dengan pantai berpasir putih dan pepohonan rindang.

Tentu saja Sedulur merasa tergiur untuk berlibur ke pantai yang terasa privat ini, bukan? Jika iya, langsung saja simak informasi penting yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Rongkang, Keindahan Pantai Tersembunyi Madura

Pesona Pantai Tabuhan Banyuwangi

pantai tabuhan banyuwangi
Pexels/Asad Photo

Pantai Tabuhan merupakan salah satu destinasi wisata yang menawan dan mempesona, yang terletak di sebelah utara kota Banyuwangi. Keindahan pantai ini terletak pada pasir putihnya yang lembut dan air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan.

Panorama alam di sekitar Pantai Tabuhan sangat memukau dengan pepohonan hijau yang rimbun serta angin laut yang sejuk, menciptakan suasana yang tenang dan juga damai. Suara deburan ombak dan semilir angin laut memberikan pengalaman relaksasi yang menyeluruh bagi para pengunjung.

Di samping itu, pemandangan matahari terbenam di pantai ini adalah salah satu yang terbaik, membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Dijamin, Sedulur akan mendapat pengalaman yang tak terlupakan selama berlibur ke objek wisata ini.

Alamat Pantai Tabuhan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Pulau Tabuhan ini terletak terpisah dari Banyuwangi. Diperlukan waktu kurang lebih 15 sampai 20 menit untuk menyeberang dengan menggunakan kapal penyeberangan ke pulau yang satu ini.

Sementara itu, alamat lengkap dari Pantai Tabuhan Banyuwangi ini ada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sedulur memulai perjalanan dari pusat Kota Banyuwangi, silahkan arahkan kendaraan ke Pelabuhan Ketapang melalui Jalan Raya Situbondo. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Dari Pelabuhan Ketapang, lanjutkan perjalanan ke arah utara menuju Pantai Bangsring.

Nah, Jarak dari Pelabuhan Ketapang ke Pantai Bangsring sekitar 15 sampai 20 menit perjalanan. Di Pantai Bangsring, Sedulur dapat menyewa perahu penyeberangan khusus yang akan membawa Sedulur ke Pulau Tabuhan.

Perjalanan dengan menggunakan perahu penyeberangan ini biasanya memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit, tergantung dengan kondisi cuaca maupun arus laut.

BACA JUGA: Pantai Paseban: Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Fasilitas

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

pantai tabuhan banyuwangi
Pexels/Asad Photo

Pantai Tabuhan adalah destinasi yang menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan petualangan. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai tersebut.

  • Piknik

Bagi yang suka kegiatan santai, Pantai Tabuhan menawarkan tempat yang sempurna untuk piknik dan berjemur. Pengunjung dapat membawa bekal dan menikmati makan siang di tepi pantai sambil menikmati pemandangan laut yang mempesona.

  • Berjemur

Pantai dengan pasir putih yang lembut dan angin laut yang sejuk adalah tempat yang ideal untuk berjemur dan bersantai, mendengarkan deburan ombak, dan menikmati suasana yang damai.

  • Fotografi

Pantai ini juga merupakan tempat yang sempurna bagi para pecinta fotografi. Keindahan alamnya yang mempesona, mulai dari pasir putih, air laut yang jernih, hingga pemandangan matahari terbenam yang spektakuler, menawarkan banyak kesempatan untuk mengambil foto yang menakjubkan.

  • Menikmati Pemandangan

Selain itu, pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai, menikmati pemandangan pulau dan laut yang luas, serta mengamati burung-burung yang sering terlihat di sekitar pantai.

  • Snorkeling

Keindahan bawah laut Pulau Tabuhan juga menjadi salah satu daya tarik utamanya. Dengan air yang sangat jernih dan terumbu karang yang berwarna-warni, snorkeling di sini adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk

Jika Sedulur tertarik untuk mengeksplorasi objek wisata di pulau yang menawan ini, berikut ini adalah estimasi biaya yang harus disiapkan.

  • Tiket masuk pulau: Gratis
  • Trip wisata keliling pulau: Mulai dari Rp275 ribu
  • Sewa perahu: Rp600 ribu sampai Rp800 ribu per 10 orang
  • Sewa alat snorkeling: Rp25 ribu

Perlu diketahui, tarif sewa perahu tersebut berlaku untuk perjalanan PP (pulang pergi). Sementara untuk penyewaan alat snorkeling, tarif di atas berlaku sepuasnya.

Jam Buka dan Jam Tutup

Kemudian untuk jam operasional, sebenarnya objek wisata alam yang satu ini tidak memiliki batasan jam operasional yang sifatnya permanen. Hanya saja, biasanya kunjungan wisata paling ramai yakni dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Fasilitas yang Tersedia

Pantai Tabuhan Banyuwangi juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat kunjungan wisatawan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Nah, berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini.

  • Penyewaan perahu.
  • Peralatan snorkeling.
  • Warung makan dan penjual makanan.
  • Pusat informasi dan pemandu wisata.
  • Fasilitas kamar mandi dan bilas.

Tips Sebelum Berkunjung

Berencana mengunjungi Pantai Tabuhan di Banyuwangi? Simak dulu beberapa tips yang dapat membantu Sedulur mempersiapkan perjalanan agar lebih menyenangkan dan nyaman berikut ini!

  • Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca baik.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan pribadi seperti sunblock, topi, kacamata hitam, dan pakaian ganti.
  • Meskipun beberapa tempat mungkin menerima pembayaran digital, ada baiknya tetap membawa uang tunai.
  • Jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Selalu patuhi aturan dan petunjuk keamanan yang diberikan oleh pemandu atau pihak berwenang di pantai.

Dengan segala yang dimilikinya, Pantai Tabuhan Banyuwangi adalah tempat yang ideal untuk menikmati keindahan alam dan melakukan berbagai aktivitas yang menarik. Hal ini menjadikannya sebagai destinasi yang wajib untuk dikunjungi.