Pantai Sumur Pawon: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Lokasi

Pantai Sumur Pawon merupakan salah satu pilihan destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Selain menawarkan keindahan pemandangan laut, pantai ini juga memiliki keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, pantai ini juga terbilang baru sehingga masih asri dan belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Nah, seperti apa pesona Pantai Sumur Pawon? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya, mulai dari daya tarik, harga tiket, lokasi, hingga rute yang bisa dilalui untuk menuju ke sana.

BACA JUGA: Candi Brahu Mojokerto: Sejarah, Daya Tarik, Lokasi, dan HTM

Menilik Wisata Pantai Sumur Pawon

pantai sumur pawon
Pexels/Padli

Indonesia telah lama dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Tak heran banyak obyek wisata alam yang menarik dijelajahi di berbagai daerah. Seperti misalnya Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata laut.

Salah satunya adalah Pantai Sumur Pawon yang berlokasi di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Keindahan alam yang memukau dan belum banyak dijamah tangan manusia membuatnya memiliki pesona tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lain.

Pantai Sumur Pawon sendiri masih terbilang baru. Diketahui, pantai ini baru diresmikan sebagai tempat wisata pada 2021 silam dan masih terus dikembangkan hingga kini.

Hal tersebut tentu menjadi kelebihan tersendiri karena Pantai Sumur Pawon belum banyak diketahui orang sehingga pengunjung yang datang pun tak seramai pantai lain di Tuban yang sudah populer. Oleh karenanya, Sedulur bisa menjadikan pantai ini sebagai pilihan destinasi wisata dengan suasana tenang.

Pesona dan Daya Tarik

Seperti halnya wisata pantai lainnya, Pantai Sumur Pawon menawarkan keindahan pemandangan laut yang memukau. Pantai ini juga dihiasi pasir putih dan batu-batu karang yang tersebar di tepi pantai sehingga menambah keelokannya.

Tak berhenti sampai di situ, keberadaan pohon cemara yang tumbuh berderet di tepi pantai juga memberikan pesona tersendiri bagi pantai yang resmi dibuka sebagai tempat wisata pada 2021 ini.

Di samping pemandangan alamnya yang memukau, Pantai Sumur Pawon juga memiliki keunikan yang mungkin tidak Sedulur jumpai di pantai lainnya. Keunikan tersebut berupa kehadiran sumur tua yang terletak di pinggir pantai.

Sumur tua itu menyerupai pawon atau dalam bahasa Jawa berarti tungku dari tanah liat. Hal ini jugalah yang membuat pantai ini diberi nama Pantai Sumur Pawon atau berarti Pantai Sumur Tungku.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Kondisi pantai yang belum banyak diketahui orang membuatnya tak terlalu ramai oleh pengunjung. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri terlebih bagi Sedulur yang ingin berwisata di pantai dengan suasana tenang dan tak banyak orang.

Selain bersantai menikmati pemandangan laut, Sedulur juga bisa melakukan beraneka ragam aktivitas di sana. Misalnya bermain pasir dan air. Tak hanya menikmati kesegaran air laut, Sedulur juga bisa menikmati air tawar yang ada di kolam tersendiri.

Sedulur yang menyukai kegiatan camping alias berkemah juga bisa melakukannya di sana. Pasalnya Pantai Sumur Pawon memiliki area camping ground yang cukup luas. Meski masih terbilang baru, camping ground di sana telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Beberapa fasilitas yang dapat Sedulur temukan di sana di antaranya adalah kamar mandi dan toilet dengan air bersih, musala atau tempat, serta aliran listrik yang memadai. Oleh karenanya, Sedulur tak perlu khawatir jika kehabisan battery saat sedang berwisata karena bisa mengisi daya di sana..

BACA JUGA: Taman Kunang-Kunang: Lokasi, Rute, Fasilitas, dan Kulinernya

Tiket Masuk

pantai sumur pawon
Pexels/Flickr

Sedulur yang ingin berwisata ke Pantai Sumur Pawon tentu penasaran dengan biaya tiket masuknya. Seperti diketahui, tiket masuk menjadi salah satu hal yang umum ditemukan di berbagai tempat wisata.

Nah, kabar baiknya menurut informasi terakhir, pihak pengelola belum menetapkan tarif untuk tiket masuk ke Pantai Sumur Pawon. Adapun pengunjung hanya dikenai biaya parkir kendaraan, yaitu Rp 5 ribu untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor dan Rp 10 ribu untuk mobil.

Oleh sebab itu, tempat ini bisa menjadi alternatif tempat wisata dengan harga murah bagi Sedulur yang memiliki budget terbatas.

Alamat Lokasi

Pantai Sumur Pawon berlokasi di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Tepatnya pantai ini berada di deretan Pantai Pasir Putih yang terletak di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Pantai ini sendiri berjarak sekitar 16 kilometer atau 30 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi dari pusat kota Tuban.

Rute yang Bisa Dilalui

Untuk sampai ke lokasi Pantai Sumur Pawon, Sedulur setidaknya perlu menempuh perjalanan selama 30 menit dari pusat kota Tuban. Kondisi jalan menuju pantai ini sendiri terbilang cukup baik meski jalan yang dilintasi tidak terlalu lebar karena merupakan jalan pedesaan dan perkebunan.

Meski begitu Sedulur tetap bisa menggunakan kendaraan roda empat walaupun harus berhati-hati saat bersimpangan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan.

Tips Sebelum Berkunjung

Agar agenda liburan Sedulur makin menyenangkan berikut ada beberapa tip yang bisa diikuti.

  • Cek prakiraan cuaca sebelum pergi berlibur. Hal ini tentu penting dilakukan apalagi Sedulur akan berkunjung ke tempat wisata alam terbuka.
  • Gunakan pakaian yang nyaman terlebih jika ingin bermain air.
  • Gunakan tabir surya atau sunblock agar kulit tidak terbakar terkena paparan sinar matahari.
  • Bawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup.
  • Pastikan kendaraan dalam kondisi prima terlebih jika Sedulur datang dari luar daerah karena akan melakukan perjalanan panjang serta melintasi jalanan pedesaan dan perkebunan.

Itu dia rangkuman informasi seputar Pantai Sumur Pawon yang perlu Sedulur ketahui sebelum berkunjung ke sana. Selain itu juga telah dipaparkan beberapa tip yang bisa dilakukan sebelum berkunjung ke sana. Jalan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuangnya ke laut, ya!

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan stamina karena perjalanannya cukup menantang dan melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum. Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan menaklukkan tantangan saat menjelajah keindahan alam nusantara.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.