pantai sembilan sumenep

Objek wisata di Madura yakni Pantai Sembilan Sumenep menjadi perbincangan banyak orang. Hal ini karena menawarkan pemandangan yang sangat indah yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Meski wisata alam Sumenep ini konon memiliki kondisi cuaca yang sulit untuk diprediksi, namun hal itu tidak menyurutkan niat wisatawan untuk datang ke pulau ini dan menghabiskan waktu liburannya.

Dijuluki Pulau Garam, pulau yang berada di seberang Surabaya ini memiliki destinasi wisata menarik bernama Pantai Sembilan. Pantai ini terletak di Kepulauan Gili Genting. Pantai Sembilan tepatnya terletak di Sumenep, Kecamatan Gili Genting.

Terletak di puncak Pulau Madura, Sumenep memang sangat terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat menarik dan indah. Tak hanya itu, harga tiket yang murah juga menjadi daya tarik tempat wisata di sana. Kalau Sedulur ingin ke destinasi wisata Sumenep ini, wajib tahu beberapa informasi penting di bawah ini.

BACA JUGA: Pantai Teluk Asmara Malang: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Sekilas Tentang Pantai Sembilan

pantai tampora
Unsplash/Alvian Hasby

Sebelum membahas Pantai Sembilan ada baiknya Sedulur mengetahui terlebih dahulu tentang Pulau Ginting dan lokasinya. Pulau ini terletak di wilayah Sumenep dan tenggara Pulau Madura dengan luas 30,31 kilometer persegi.

Gili Genting mulai terbentuk sejak tanggal 7 April 1982, yang menjadi kecamatan dan bagian dari kecamatan Bluto. Kecamatan ini terdiri dari beberapa desa yaitu Bringsang, Desa Aenganyar, Desa Galis, Desa Gedugan, Desa Banmaleng, Desa Jete Banbaru dan juga Lombang.

Tempat ini dulu bernama Pantai Bringsang. Namun setelah diperhatikan bentuk pulaunya yang menyerupai angka sembilan akhirnya dinamakan Pulau Sembilan. Masyarakat setempat lebih suka menyebutnya Pantai Putih karena pasir putihnya yang sangat bersih. 

Dahulu tempat ini merupakan pelabuhan kecil tempat banyak perahu berlabuh sebelum akhirnya berlayar sampai ke tempat tujuan. Perahu-perahu ini sebenarnya adalah kapal feri dan menghubungkan Pulau Gili Genting ke Pantai Marethen yang ada di seberang Pantai Sembilan. Kemudian saat ini Pantai Sembilan benar-benar menjadi tujuan wisata yang digandrungi wisatawan.

Lokasi Pantai Sembilan Sumenep

Salah satu pilihan favorit para wisatawan ketika berlibur ke kepulauan Sumenep, adalah Pantai Sembilan yang berada di Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting. Tepatnya di Jalan Raya Bringsang, Bringsang, Giligenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pantai ini termasuk wisata bahari yang bersebelahan dengan dermaga pelabuhan kapal-kapal tradisional. Para wisatawan berkunjung ke ini untuk melepas penat dan menghindari kebisingan kota. Jadi, sangat untuk untuk menghilangkan stres dan membuat Sedulur merasa lebih rileks.

BACA JUGA: Pantai Klayar Pacitan: Daya Tarik, Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Rute Menuju Pantai Sembilan Sumenep

pantai sembilan sumenep
Unsplash/Andrey Stakhovskiy

Tentunya untuk menikmati pesona Pantai Sembilan, Sedulur harus tiba di sana terlebih dahulu. Sedulur sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor. Karena sepeda motor bisa diangkut dengan perahu untuk melakukan penyeberangan ke lokasi.

Kalau ambil jalan dari Surabaya langsung saja ke arah Jembatan Suramadu. Setelah itu menuju Tangkel Bangkalan, belok ke timur dan menuju Sampang, Pamekasan. Dari sana Sedulur akan melewati sebuah pantai bernama Pantai Talang Siring di perbatasan Pamekasan.

Lalu lanjutkan perjalanan Sedulur ke Sumber Beceng Kaduara Timur Sumenep, menuju Prenduan, Karduluk lalu mencapai Kapedi Pekandangan dan Bluto. Setelah sampai di sini, Sedulur akan sampai di suatu kecamatan bernama Saronggi. Setelahnya, belok kanan dan menuju Pelabuhan Tanjung.

Sedulur tidak dapat melanjutkan menggunakan sepeda motor di sini karena harus menyeberang. Namun jangan khawatir, Sedulur tetap bisa membawa sepeda motor di kapal pesiar tersebut. Jika Sedulur berangkat dari Pelabuhan Tanjung Saronggi atau Pelabuhan Pagar Batu, penyeberangan memakan waktu sekitar 30 menit.

Harga penyeberangan per orang tidak mahal. Dijamin kantong Sedulur tidak akan menangis mendengar harganya. Jika membawa sepeda motor untuk menyeberang maka akan dikenakan biaya tambahan untuk menyeberang sepeda motor. Tarif per orang saat menyebrang Rp15 ribu. 

Kemudian Rp13 ribu per motor dengan plus ongkos bongkar muat Rp2 ribu per motor. Jadwal penyeberangan dari Pelabuhan Tanjung paling akhir pukul 17.00 WIB. Sedangkan jadwal penyeberangan dari Pantai Sembilan ke Pelabuhan Tanjung paling akhir pukul 16.00 WIB. Setelah sampai, perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor.

Jam Buka Pantai Sembilan Sumenep

Pantai Sembilan menjadi sadi salah satu tempat wisata paling populer di Kabupaten Sumenep. Berlokasi di Pulau Giligenting, Desa Bringsang, pantai ini memiliki beragam wahana air yang patut Sedulur coba.

Pantai ini buka 24 jam. Jadi, Sedulur bisa berkunjung kapan saja. Tapi waktu terbaik adalah saat pagi hari ketika sunrise dan sore ketika sunset. Pemandangannya tidak akan pernah Sedulur lupakan.

Harga Tiket Pantai Sembilan Sumenep

Saat tiba di pantai ini Sedulur akan melihat hamparan pasir putih Pantai Sembilan. Lalu Sedulur akan melihat seperti cekungan yang terdapat air lautnya. Genangan air laut di tengah pasir putih ini menjadi daya tarik tersendiri. Cekungan ini juga menjadi kekhasan dari Pantai Sembilan. 

Pasalnya Sedulur tidak akan menemukannya di pantai lain di kawasan Pulau Gili. Untuk menikmati keindahan ini, harga tiket masuknya juga sangat terjangkau yakni Rp15 ribu per orang. Namun harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Mungkin juga berbeda ketika musim liburan.

BACA JUGA: Pantai Pacar Tulungagung: Lokasi, Jam Buka, Tiket, dan Rute

Fasilitas Pantai Sembilan Sumenep

pantai sembilan sumenep
Unsplash/The Travel Nook

Pantai ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan wisatawan. Boleh dibilang sudah cukup lengkap. Jadi, Sedulur tak perlu khawatir ketika datang ke sini. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia.

  • Mushola

Penting sekali untuk memiliki tempat shalat bagi wisatawan muslim, pantai Sembilan dilengkapi dengan mushola permanen, bangunannya awet dan indah serta cukup luas, tersedia mukena dan sajadah serta sarung.

  • Toilet

Toilet bersih, air berlimpah dan tersedia dalam jumlah banyak, serta toilet umum maupun toilet khusus untuk wisatawan yang bermalam.

  • Listrik

Listrik di Pantai Sembilan sangat mencukupi, setiap gazebo ada colokan. Listrik ini pakai solar cell yang menyala 24 jam.

  • Penginapan

Pantai Sembilan mungkin merupakan satu-satunya pantai di kawasan Sumenep yang memiliki penginapan dengan konsep modern namun tetap terlihat nyambung dengan suasana pantai.

enginapan luas, setiap kamar bisa muat 3-4 orang, tempat tidur nyaman, lampu dan stop kontak ada, serta air di toilet melimpah. Harga di kisaran Rp500 ribu per bungalow untuk 3-4 orang. 

  • Warung makan

Menu yang tersedia biasanya terdiri dari seafood dan sayuran. Olahan ikan menjadi hasil tangkapan nelayan, sehingga rasanya begitu segar dan nikmat jika disajikan dengan berbagai cara, seperti dibakar, digoreng, atau dibumbui langsung dengan santan. 

  • Tempat Parkir

Tempat parkir juga sudah tersedia dan cukup untuk menampung beberapa kendaraan. Jadi kalau Sedulur membawa motor dari penyebrangan, tak perlu khawatir.

Daya Tarik Pantai Sembilan Sumenep

Pasir pantai yang putih bersih dengan deburan ombak dan angin sepoi-sepoi sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan teman. Keindahan pantai terlihat dari gugusan terumbu karang serta kondisi alam yang masih asri dan rindang. Tak hanya pasir putihnya saja yang memesona, jernihnya air laut yang tampak biru jernih mengundang Sedulur untuk berenang. Berikut ini beberapa daya tariknya.

  • Pemandangan menawan

Saat Sedulur mendekati Pelabuhan Bringsang, Sedulur bisa menyaksikan indahnya Pantai Sembilan, apalagi jika menyeberang pada malam hari, lampu-lampu Pantai Sembilan terlihat seperti lampu kota yang sangat terang dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.

  • Ayunan

Ada ayunan di tempat ini dan Sedulur bisa menikmati keindahan pantai sambil bermain ayunan. Pantai jarang menawarkan ayunan. Foto ala selebriti juga bisa diambil di ayunan.

  • Masakan khas Madura

Selain bermalam, Sedulur juga bisa menikmati kuliner khas Madura. Sajian masakan Madura ini bisa didapatkan dari warung-warung kecil. Kios ini buka hingga malam hari.

  • Wahana air

Pantai Sembilan juga menawarkan layanan ini. Di sana Sedulur bisa menyewa water sport seperti banana boat dan donat boat bersama teman. Sedulur harus membayar sekitar Rp150 ribu untuk menaiki banana boat. Jika ingin mencoba donat boat, harga yang Sedulur bayarkan tentu akan berbeda sekitar Rp250 ribu. 

  • Lokasi foto sempurna

Bagi pecinta selfie, Pantai Sembilan adalah surganya. Pantai ini memiliki berbagai dekorasi untuk mengambil foto romantis, dengan caption atau tulisan-tulisan bernuansa romantis yang terkadang membuat tersenyum saat membacanya.

Tips Berkunjung ke Pantai Sembilan

Kalau Sedulur ingin berkunjung ke Pantai Sembilan, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Berikut ini beberapa tips saat Sedulur berwisata ke Pantai Sembilan Sumenep.

  • Kalau Sedulur ingin bermain wahana air seperti banana boat, speed boat atau donat boat, Sedulur perlu membawa uang cash yang cukup karena di sini belum tersedia ATM.
  • Kalau mau melihat sunset datanglah sekitar pukul 17.00 WIB atau kalau ingin sunrise datang pukul 05.00 WIB.
  • Sedulur bisa berkemah di sini, tapi harus membawa peralatan pribadi.
  • Bawa baju ganti sekaligus dengan peralatan mandinya.
  • Selalu jaga kebersihan dan tata tertib setempat. Jangan meninggalkan sampah atau buang pada tempatnya.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Sembilan Sumenep. Kalau Sedulur sedang datang ke Madura, jangan lupa untuk menyediakan waktu mampir ke sini. Pemandangannya tidak akan mengecewakan. Selamat berwisata!