pantai rongkang

Bingung menentukan destinasi wisata saat berkunjung ke Jawa Timur? Sedulur bisa mengunjungi Pantai Rongkang yang berada di Bangkalan, Madura ini. Pantai yang dianggap sebagai salah satu hidden gem ini memiliki keunikan berupa bebatuan yang menambah keindahan tersendiri. Tak heran, tempat ini pun menjadi salah satu spot foto favorit bagi wisatawan yang datang ke Madura.

Apakah Sedulur juga penasaran dengan pesona Pantai Rongkang? Sebelum berkunjung langsung ke sana, yuk, simak terlebih dahulu rangkuman informasi seputar Pantai Rongkang berikut ini.

BACA JUGA: Pantai Paseban: Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Fasilitas

Mengenal Pantai Rongkang Madura

pantai rongkang
Unsplash/Iqbal Alfaa

Pantai Rongkang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang bisa menjadi pilihan Sedulur saat berkunjung ke Jawa Timur. Selain menawarkan pemandangan laut yang indah, pantai ini juga dihiasi bebatuan karang yang memiliki pesona tersendiri.

Nama Pantai Rongkang pun disebut menyimpan kisah tersendiri. Dikatakan bahwa ‘rongkang’ berasal dari kata dalam bahasa lokal Madura, yaitu ‘ngrongkang’ yang memiliki arti berlubang. Kata tersebut merujuk pada kondisi bebatuan pantai yang berlubang akibat proses alam, yakni abrasi air laut.

Bebatuan yang terhampar di hampir sebagian kawasan pantai itu rupanya malah menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Rongkang hingga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Pesona Pantai Rongkang

Bebatuan yang hampir menutupi sebagian kawasan tentu menjadi pesona tersendiri yang sekaligus membuat Pantai Rongkang terlihat berbeda dengan pantai lainnya. Apalagi batu-batu karang yang berlubang sebagai akibat dari proses abrasi air laut itu sengaja dibiarkan keasliannya sehingga tetap alami.

Di sisi lain, Pantai Rongkang juga memiliki sejumlah daya tarik lain. Misalnya, bukit-bukit yang berjajar di sekitar pantai. Meski tidak terlalu tinggi, kehadiran bukit-bukit tersebut menambah keindahan di samping pemandangan lautnya.

Tak hanya bukit-bukit, Sedulur juga bisa melihat Jembatan Suramadu yang memang tak terlalu jauh dari lokasi pantai. Apabila berkunjung pada malam hari, Sedulur akan melihat gemerlapnya cahaya dari jembatan tersebut.

Pesona Pantai Rongkang yang bisa Sedulur temukan pada berbagai fasilitas yang tersedia. Pasalnya, pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya yang masih asli tapi juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang mendukung aktivitas rekreasi yang menyenangkan.

Beberapa fasilitas yang disediakan pihak pengelola adalah gazebo, perahu wisata, tempat memancing, hingga camping ground sehingga Sedulur juga bisa bermalam di pantai ini. Tak berhenti sampai di situ, ada pula rumah makan yang menyediakan berbagai olahan seafood yang akan memanjakan lidah Sedulur. Adapun fasilitas lain yang bisa Sedulur temukan adalah toilet umum dan musala.

BACA JUGA: Pantai Payangan di Jember: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Lokasi

pantai rongkang
Unsplash/Yassin Nur Fadhilah

Sedulur yang ingin berkunjung ke Pantai Rongkang tentu perlu mengetahui lokasinya. Nah, Pantai Rongkang berada di Pulau Madura, tepatnya di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Pantai ini terletak di sebelah timur Jembatan Suramadu.

Harga Tiket

Pantai Rongkang juga bisa menjadi pilihan wisata alam yang ramah di kantong. Pasalnya Sedulur hanya perlu merogoh kocek Rp 5 ribu untuk setiap orang saat berkunjung ke pantai ini. Di sisi lain, pengelola tidak mengenakan tarif parkir. Namun, pengunjung diharapkan dapat mengawasi kendaraan masing-masing.

Jam Buka

Pantai Rongkang buka selama 24 jam. Tak heran, karena pantai ini juga menyediakan area camping sehingga wisatawan dapat bermalam di sana.

Tips Berkunjung

Berikut ada beberapa informasi tambahan sekaligus tip yang bisa menjadi perhatian Sedulur sebelum berkunjung ke Pantai Rongkang.

  • Akses jalan menuju Pantai Rongkang belum sepenuhnya beraspal. Untuk itu, ada baiknya Sedulur memastikan kondisi kendaraan atau malah menggunakan kendaraan yang memadai untuk di jalanan yang belum beraspal.
  • Untuk menuju ke Pantai Rongkang, Sedulur bisa menyeberang ke Pelabuhan Kamal menggunakan perahu dengan jarak tempuh 12 km atau sekitar 30 menit.
  • Pilihan rute lain untuk menuju ke Pantai Rongkang adalah melewati Jembatan Suramadu dengan waktu tempuh sekitar 15 menit atau dengan jarak 5 km.
  • Sedulur yang tidak membawa kendaraan pribadi juga tidak perlu khawatir, sebab ada bus mini dan bus reguler yang tersedia di Pulau Madura dan siap mengantar Sedulur ke Pantai Rongkang.

Itu dia ulasan mengenai Pantai Rongkang, surga tersembunyi di Pulau Madura. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi Sedulur, khususnya yang sedang merencanakan liburan ke Jawa Timur, ya!

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati pantai ini!

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.