Pantai remen

Tuban merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang mempunyai banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Banyak tempat wisata alam di Tuban antara lain Goa Kancing, Air Terjun Nglirip, Bukit Kapur, Goa Putri Asih, dan Goa Suci. Namun bagi yang menginginkan suasana liburan pantai, Pantai Remen bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Bertamasya ke pantai bisa menjadi pilihan tepat bagi Sedulur yang menyukai keindahan alam, bersantai di pantai, aktivitas air, dan jalan-jalan santai. Pantai Remen merupakan salah satu pantai indah yang patut Sedulur kunjungi ketika berkunjung ke Tuban, Jawa Timur. Tapi sebelum itu, Sedulur perlu menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 11 Oleh-Oleh Khas Tuban Terpopuler dan Wajib Dibawa Pulang

Sekilas Tentang Pantai Remen

Pantai remen
Unsplash/John Mukiibi

Pantai Remen merupakan tempat wisata yang terletak di Tuban. Dahulu Pantai Remen merupakan pantai karang dan berbatu. Pasir putih mulai terlihat pada saat pembangunan pabrik PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Pantai ini terkenal sebagai satu-satunya pantai berpasir putih di Tuban yang membedakannya dengan pantai-pantai lain di sekitarnya yang biasanya memiliki pasir berwarna coklat dan kontur yang landai. 

Pantai Remen memberikan pengunjung kebebasan untuk bermain dan menikmati keindahan alamnya. Perkembangan pariwisata ini berdampak positif terhadap perekonomian warga setempat. Mereka awalnya adalah petani dan kemudian menjadi pedagang.

Lokasi Pantai Remen

Pantai Remen lokasinya berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kalau Sedulur mau ke sini, dari pusat kota perlu berkendara kurang lebih 30 menit. Tempat wisata ini selalu ramai pengunjung, terutama ketika weekend atau musim liburan.

Rute Menuju Pantai Remen

Untuk menuju Pantai Remen, Sedulur bisa memulainya dari pusat kota Tuban. Jarak tempuh dari kota sampai lokasi pantai kurang lebih sekitar 19 kilometer dengan waktu perjalanan kurang lebih selama 34 menit. 

Untuk menuju ke sini, Sedulur bisa memulai perjalanan dari Jalan Kragan-Rembang-Surabaya, Jalan Beji, Jalan Raya Mentoso, Jalan Raya Desa Remen, dan Jalan Sumur Gede. Sedulur bisa melihat juga petunjuk jalannya yang sudah ada. Atau menggunakan Google Maps karena Pantai Remen sudah ada dalam titik aplikasi tersebut.

Jam Operasional Pantai Remen

Pantai Remen buka setiap hari mulai dari pukul 06.30 WIB sampai 17.00 WIB. Pada musim liburan, pantai ini biasanya cukup padat wisatawan. Waktu terbaik datang ke sini adalah pagi hari setelah sunrise dan sore ketika sunset.

Harga Tiket Masuk Pantai Remen

Sedulur tak perlu khawatir karena harga tiket masuk ke Pantai Remen cukup terjangkau. Jadi, kantong Sedulur nggak akan tipis. Untuk harga tiket masuknya Rp5 ribu per orang. Lalu parkir motor Rp5 ribu dan mobil Rp15 ribu.

Tapi perlu dicatat bahwa harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola setempat, terutama saat musim liburan.

Fasilitas di Pantai Remen

Untuk menunjang aktivitas Sedulur ketika ke sini, Pantai Remen memiliki fasilitas yang cukup memadai. Jadi, kegiatan Sedulur selama di sini bisa berjalan dengan lancar dan nyaman. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Parkir luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung

BACA JUGA: Pantai Sowan Tuban: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Daya Tarik dan Aktivitas Seru di Pantai Remen

pantai remen
Unsplash/John Simon

Ketika Sedulur berkunjung ke sini, ada banyak daya tarik dan aktivitas seru yang bisa Sedulur nikmati. Pasti Sedulur akan betah berlama-lama di sini liburan bersama keluarga, teman, atau pasangan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Pasir putih

Pantai ini memiliki pasir putih yang menjadi daya tarik tersendiri. Tapi dulunya pantai ini dipenuhi semak belukar, kerikil, dan pasirnya tidak seputih sekarang. Pasir putih muncul setelah penghancuran karang di sekitar pabrik untuk pembangunan dermaga. Penduduk sekitar lalu membersihkannya dan menjadi tempat wisata yang indah.

2. Danau kecil

Di pantai ini terdapat cekungan yang terlihat layaknya danau atau laguna. Cekungan ini akan terlihat ketika air laut surut. Di sini airnya lebih tenang dan cocok untuk anak-anak bermain.

3. Pohon cemara

Di sepanjang pantai terdapat pohon cemara yang membuat suasana rindang. Keberadaan pohon ini untuk mencegah abrasi dan mengurangi dampak panas karena dekat dengan pabrik minyak.

4. Aktivitas yang seru

Selain daya tariknya, di ini Sedulur juga bisa menikmati berbagai aktivitas seru. Di Pantai Remen tersedia banyak aktivitas yang bisa Sedulur coba. Berikut di antaranya:

  • Naik perahu
  • Naik ATV dan mini trail
  • Main layang-layang
  • Camping

Tips Berwisata ke Pantai Remen

Sebelum berkunjung ke Pantai Remen, ada beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan. Simak di bawah ini.

  • Datanglah ketika pagi untuk menikmati sunrise dan belum banyak pengunjung.
  • Kalau ingin sunset, Sedulur bisa berangkat dari sore hari.
  • Jangan lupa bawa baju ganti dan peralatan mandi.
  • Pastikan kamera baterainya full untuk mengabadikan momenmu.
  • Taati aturan setempat dan jangan buang sampah di sini.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati pantai ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Itulah tadi informasi mengenai Pantai Remen Tuban yang harus Sedulur sambangi. Tertarik datang ke sini? Selamat berwisata!