Pantai payangan

Jember memiliki beberapa pantai yang sangat mempesona, jadi tidak heran bila kabupaten ini kerap dianggap sebagai surga bagi wisatawan. Salah satu tempat wisata paling dicari adalah pantai. Dimana Pantai Payangan mungkin jadi tempat yang Sedulur bisa kunjungi.

Bila umumnya pantai di Jember memiliki pasir putih yang cantik, Sedulur bisa menikmati pasir hitam yang indah dengan deburan ombak yang ringan di Pantai Payangan Jember. Selain itu, Sedulur juga bisa mencicipi beberapa kelezatan kuliner dan keunikan dari pantai ini yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Apabila Sedulur penasaran dan tertarik untuk datang ke sini? Mari simak informasi lengkap tentang Pantai Payangan mulai dari keunikan, harga tiket masuk, hingga rute menuju ke sana dalam informasi di bawah ini!

BACA JUGA: Teluk Love Jember, Keindahan Alam yang Menakjubkan

Mitos Pantai Payangan 

Pantai payangan
Unsplash/Lucas Chizzali

Ritual di laut sudah menjadi budaya yang dilakukan oleh sebagian masyarakat sejak lama di beberapa daerah. Misalnya menghanyutkan atau melarung sesaji berupa makanan dan kepala kerbau atau kambing sebagai rasa syukur atas kekayaan alam. Pantai Payangan Jember memiliki beberapa mitos yang diyakini masyarakat setempat, seperti mencari kekayaan atau ilmu kanuragan. 

Pantai Payangan juga mempunyai bukit karang yang bernama Bukit Syarat yang diapit oleh dua bukit lainnya yakni Semboja dan Suroyo. Di salah satu bukit terdapat makam tua yang dikenal oleh warga yaitu Pati Ulung. Namun sayangnya masyarakat Jawa Timur di luar Jember selalu percaya bahwa bukit ini bisa mendatangkan kekayaan.

Saat ini banyak masyarakat dari luar Jember yang datang untuk melakukan beberapa ritual dan selalu dikaitkan dengan hal-hal yang mistis. Masyarakat setempat meyakini bahwa Pantai Payangan merupakan tempat mencari kekayaan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang dimilikinya.

Namun, kekayaan Pantai Payangan sebaiknya tidak dimanfaatkan untuk hal-hal praktis seperti melakukan ritual, melainkan untuk menjaring ikan. Mengingat sebagian besar masyarakat sekitar berprofesi sebagai nelayan.

Lokasi Pantai Payangan 

Pantai Payangan lokasinya berada di Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Untuk menuju pantai ini paling mudah dan nyaman adalah menggunakan kendaraan pribadi. Baik motor maupun mobil, bisa menjangkau akses masuk ke pantai. Jalannya juga sudah cukup halus dan lancar.

Rute Menuju Pantai Payangan 

Jika Sedulur menempuh perjalanan dari pusat kota Kabupaten Jember, Pantai Payangan kurang lebih berjarak 38 kilometer di sebelah selatan. Untuk menuju lokasi bisa Sedulur tempuh dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam 15 menit.

Untuk rute perjalanan Sedulur bisa melalui Jalan Semeru, lalu berjalan ke arah Jalan Jember-Ambulu, Jalan Kopral Soetomo, Jalan Raya Suyitman, dan terakhir Jalan Watu Ulo hingga sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk Pantai Payangan 

Pantai payangan
Unsplash/Tamara Bellis

Kalau Sedulur ingin menikmati keindahan Pantai Payangan Jember, Sedulur perlu membayar tiket masuk yang bisa dibilang masih cukup terjangkau. Untuk per orang akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp7.500 per orang.

Sementara untuk tarif parkirnya, kendaraan motor sebesar Rp5.000 dan mobil Rp10.000. Tapi perlu dicatat bahwa harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola setempat atau musim liburan.

Jam Operasional Pantai Payangan 

Jam operasional Pantai Payangan buka 24 jam. Itulah kenapa pada malam hari masih ada wisatawan yang datang. Bahkan, ada juga yang melakukan ritual. Sedulur pun bisa datang jam berapa saja. Tapi waktu terbaik adalah pagi hari menuju matahari terbit dan sore saat sunset. Pantai ini buka setiap hari Senin sampai Minggu.

Fasilitas Pantai Payangan 

Pantai Payangan memiliki beberapa fasilitas untuk mendukung kenyamanan wisatawan. Beberapa di antaranya seperti toilet, tempat bilas, dan warung makan. Jadi Sedulur tak perlu khawatir jika perut lapar. Kalau Sedulur ingin menginap, sudah tersedia pula homestay atau resort di sekitar pantai.

BACA JUGA: Pantai Papuma Jember: Lokasi, Daya Tarik, Tiket, dan Jam Buka

Daya Tarik Pantai Payangan 

Pantai payangan
Unsplash/Camille Brodard

Pantai Payangan merupakan tempat wisata populer di Kabupaten Jember. Destinasi wisata ini mempunyai beberapa keunikan yang membuat pengunjung yang datang terpesona. Salah satu yang menarik pengunjung adalah pemandangannya yang indah.

Selain itu, pantai ini masih terawat dengan baik sehingga para pengunjungnya merasa nyaman dan tenang. Berikut ini beberapa daya tarik yang bisa Sedulur nikmati.

1. Pasir hitam yang menawan

Pantai ini terkenal dengan pantai pasir hitamnya yang indah. Pasirnya yang hitam menyatu dengan air laut yang kebiruan, menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan. Pemandangan semakin sempurna dengan adanya tebing karang menjulang tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau.

2. Menikmati pantai dari ketinggian

Jika ingin menikmati pemandangan pantai ini dengan cara yang berbeda, pengunjung bisa mendaki Bukit Syarat. Bukit ini merupakan bukit di tebing karang yang keindahannya luar biasa. Dari puncak bukit, pengunjung bisa menyaksikan keindahan Samudera Hindia. Tempat ini adalah spot yang bagus untuk mengambil foto-foto.

3. Pantai dengan bukit-bukit kecil di tepi laut

Keistimewaan Pantai Payangan salah satunya bukit-bukit di tepi pantai. Sedulur bisa mendaki ke puncak gunung untuk melihat pemandangan. Selain menyuguhkan panorama alam yang indah, perbukitan Pantai Payangan juga menyimpan beberapa peninggalan sejarah yaitu bunker Jepang.

4. Terdapat teluk berbentuk hati

Saat datang ke Pantai Payangan, Sedulur juga harus melihat keindahan lain di pantai ini yaitu Teluk Love. Tempat ini sangat unik karena berbentuk hati. Teluk ini bisa dilihat dari ketinggian salah satu bukit Pantai Payangan yaitu Bukit Suroyo, yang berada di sebelah timur Pantai Payangan.

Aktivitas Seru Lainnya

Selain menikmati pemandangan laut yang indah, Sedulur juga bisa melakukan beberapa aktivitas menyenangkan di Pantai Payangan. Misalnya bermain air dari pinggir pantai, bermain pasir, berjemur, hingga trekking di perbukitan sekitar pantai. Sedulur pun bisa memancing dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.

Peraturan Wisata

Tak diragukan lagi Pantai Payangan memiliki pemandangan yang begitu indah. Pasir pantai yang hitam berpadu sempurna dengan air laut yang biru. Namun pada kondisi tertentu seperti ombak besar wisatawan dilarang untuk berenang.

Pasalnya, pantai selatan tidak boleh untuk mandi karena gelombangnya besar dan sangat berbahaya. Hal ini dikhawatirkan ada pusaran arus di bawah laut. Terlebih pantai ini juga sudah memakan korban.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Payangan di Jember. Kalau sedang di kota Jember jangan lupa untuk mampir menikmati keindahan alamnya.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati pantai ini!

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!