pantai pathek situbondo

Salah satu objek wisata pantai yang menarik di Situbondo, Jawa Timur adalah Pantai Pathek atau Pantai Grand Pathek. Selain sebagai tempat wisata, pantai ini juga berfungsi sebagai tempat memancing para nelayan. Tak heran jika di pantai ini terdapat perahu-perahu penangkap yang ikut mempercantik suasana pantai.

Pantai pemancingan ini dikenal juga dengan nama Pantai Gelung. Letaknya yang berada di jalur Pantura yang membuat Pantai Pathek banyak dikunjungi wisatawan yang hanya sekadar bersantai setelah melakukan perjalanan atau memang ingin mencicipi kelezatan hidangna laut di sana.

Pantai Pathek juga memiliki pendopo di tepiannya. Pantai ini landai dan punya pasir hitam yang cukup eksotik. Apalagi dengan adanya batuan karang yang tersebar di sepanjang pantai.  Meskipun Pantai Pathek dikenal sebagai pantai pemancingan, namun juga dilengkapi dengan berbagai layanan dan aktivitas wisata yang seru dan menarik.

Karena keindahan alamnya, pantai ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk bersantai bersama keluarga. Kalau Sedulur ingin ke sini, simak dulu informasi lengkapnya!

BACA JUGA: 10 Tempat Makan di Situbondo yang Murah dan Terkenal

Sekilas Tentang Pantai Pathek Situbondo

pantai pathek situbondo
Unsplash/Ernesto Macedo

Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang keempat di dunia, Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar yang kaya akan potensi kelautannya. Sebagai pembangun perekonomian nasional patut disyukuri, apalagi pantai-pantai di Indonesia penuh dengan berbagai keistimewaan yang menawan.

Salah satunya Pantai Pathek, pantai pemancingan dengan pemandangan alam yang indah. Sayangnya Pantai Pathek tidak mendukung snorkeling karena air di sepanjang pantai keruh.

Namun pantai ini menjadi tempat favorit para nelayan tradisional untuk melemparkan pancingnya. Dengan teknik merendam setengah badan dalam air, Sedulur bisa melihat banyak nelayan tradisional di pantai pada siang hari.  Dimana ikan hasil tangkapan para nelayan umumnya dijual dan dipakai untuk konsumsi sehari-hari.

Pantai Pathek juga dilengkapi dengan restoran dengan suasana terapung. Sebagai pantai pemancingan, Pantai Pathek menjadi tempat banyak perahu nelayan. Pada sore hari pemandangan pantai ini didominasi oleh aktivitas para nelayan yang ingin menangkap ikan di perairan Selat Madura.

Lokasi Pantai Pathek Situbondo

Situbondo memiliki potensi wisata alam yang begitu indah, tentu salah satunya adalah wisata pantai seperti Pantai Pathek. Oleh masyarakat sekitar, pantai ini lebih familier dengan sebutan Pantai Gelung, yang sekarang menjadi destinasi populer di sana.

Lokasinya berada tepat di Jalur Pantura, tepatnya di Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Rute Menuju Pantai Pathek Situbondo

Akses menuju Pantai Pathek Situbondo dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Sedulur juga bisa menggunakan transportasi umum, seperti angkutan kota. Akses menuju objek wisata Pantai Pathek cukup baik.

Pantai Pathek Situbondo berjarak kurang lebih 11 km dari Alun-alun Situbondo. Waktu perjalanan sekitar 20 menit. Berikut rute yang bisa Sedulur lakukan.

Pertama ambil arah ke utara di Jalan Achmad Jafar atau Jalan A. Jakfar menuju Jalan Hasanuddin. Kemudian belok kiri menuju Jalan Ahmad Yani atau Jalan Raya Banyuwangi Situbondo atau Jalan Raya Pantura. Ambil ke arah Jalan Anggrek hingga Sedulur mencapai tujuan di Desa Gelung.

Harga Tiket Masuk Pantai Pathek Situbondo

Pantai Pathek merupakan pantai yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) milik Desa Gelung dan mempunyai pesona pemandangan pantai yang indah. Pantai ini merupakan pantai buatan yang dirancang untuk melestarikan lingkungan pantai dengan mengubah tempat kotor menjadi tempat wisata yang menarik.

Harga tiket masuknya hanya sekitar Rp3 ribu. Sementara itu, untuk wistawan yang membawa kendaraan makan akan dikenai biaya parkir motor Rp2 ribu dan mobil Rp5 ribu. Namun perlu dicatat bahwa harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Jam Operasional Pantai Pathek Situbondo

Pantai Pathek Situbondo buka selama 24 jam setiap hari. Jadi, Sedulur bisa datang kapan saja sesuai dengan prefensi kamu. Tapi waktu terbaik tentu saja pagi hari saat matahari terbit dan sore ketika sunset. 

Fasilitas di Pantai Pathek Situbondo

Untuk mendukung kegiatan wisatawan selama di Pantai Pathek, pengelola juga telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Dengan begitu Sedulur akan merasa nyaman ketika datang ke sini. Ada apa saja kira-kira? Berikut di antaranya:

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Tempat isitirahat
  • Perahu wisata dan lain-lain.

BACA JUGA: 15 Destinasi Wisata Situbondo Paling Hits dan Populer 2024

Daya Tarik Pantai Pathek Situbondo

pantai pathek situbondo
Unsplash/Jernej Graj

Daya tarik Pantai Pathek tidak hanya pemandangan alamnya saja yang indah, namun juga keseharian para nelayan yang bisa dinikmati pengunjung. Banyak orang yang ingin singgah sejenak, tidak hanya sekedar beristirahat, namun juga menikmati kuliner khas pantai serta merasakan hangatnya suasana pantai yang tenang.

Pendopo yang menghiasi tepi pantai memberikan nuansa tradisional yang menarik bagi pengunjung. Pantai ini memiliki ciri khas dengan garis pantai yang landai dan pasir yang lembut. Batu karang yang tersebar di sepanjang pantai memberikan karakter dan pesona tersendiri.

Ombak di Pantai Pathek tidak terlalu besar sehingga pengunjung bisa bermain-main air di bibir pantai. Berjalan-jalan di pantai untuk merasakan pasir halus juga merupakan aktivitas yang menyenangkan.

Alam Pantai Pathek sangat indah dengan perbukitan hijau dan bebatuan karang yang unik. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sembari menjelajahi pesisir pantai. Selain perahu yang digunakan para nelayan, juga tersedia perahu di pantai ini bagi wisatawan yang ingin menjelajahi kawasan sekitar.

Aktivitas Seru Pantai Pathek Situbondo

Selain memiliki daya tarik pemandangan pantai yang memikat, di sini Sedulur juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Tentu akan membuat pengalaman wisatamu menjadi lebih menyenangkan. Berikut ini beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pathek.

1. Berenang di pantai dan bermain air

Pantai Pathek memiliki ciri khas ombak yang tidak begitu besar. Di sini, wisatawan bisa bermain air laut di pinggiran. Berjalanlah di pantai dan menjelajahi garis pantai yang panjang sambil merasakan pasir halus sangat menyenangkan. Namun wisatawan harus selalu waspada dan berhati-hati, karena tidak ada penjaga pantai di pantai di sini.

2. Perahu wisata

Perahu-perahu di kawasan pantai ini tidak hanya digunakan untuk menangkap ikan oleh para nelayan saja. Ada perahu untuk wisatawan. Sedulur bisa menuju pantai dengan menggunakan perahu untuk melihat pantai lebih dekat.

3. Spot memancing

Pantai Pathek juga menjadi spot favorit para pecinta mancing. Kalau Sedulur suka dengan hobi ini, nggak ada salahnya untuk merasakan sensasi mancing di Pantai Pathek. Apalagi spot mancing di pantai ini dikenal memiliki ikan yang melimpah.

4. Kolam buatan di pinggir pantai

Kolam ini menjadi daya tarik baru di kawasan wisata Pantai Grand Pathek. Kolam ini merupakan kolam buatan yang dibuat untuk tempat renang khusus anak. Sehingga tak hanya menikmati suasana pantai, tapi juga menjadi tempat bermain yang seru dan menyenangkan bagi si kecil.

5. Wisata kuliner

Pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas pesisir di warung makan objek wisata Pantai Pathek. Nikmati hidangan laut sambil menikmati indahnya pemandangan alam Pantai Pathek akan menjadi pengalaman yang berkesan.

Tips Berwisata ke Pantai Pathek Situbondo

Sebelum Sedulur berkunjung ke sini, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Jadi, aktivitas wisatamu bisa berjalan dengan lancar. Berikut beberapa tipsnya.

  • Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momenmu di sini.
  • Bawalah baju ganti dan peralatan mandi.
  • Jika ingin memancing, bawalah peralatan sendiri.
  • Bawalah bekal secukupnya.
  • Taati peraturan setempat dan jangan buang sampah sembarangan.
  • Siapkan fisik yang prima saat ke sini agar pengalamanmu bisa maksimal.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Pathek Situbondo. Apakah Sedulur berminat ingin ke sini? Selamat berwisata ya.