pantai pasir putih baru

Situbondo dikenal sebagai Kota Santri. Namun kota kecil di Jawa Timur ini juga memiliki banyak sekali keindahan alam, khususnya pantai berpasir putih. Dimana belum lama ini, ada satu destinasi wisata yang cukup menarik perhatian masyarakat yaitu Pantai Pasir Putih Baru.

Walaupun memiliki nama Pasir Putih Baru, bukan berarti tempat ini baru dibuka atau ditemukan. Pantai ini sudah ada cukup lama dan terkenal namun memang baru direnovasi dan kelola lebih baik oleh pemerintah.

Kalau Sedulur sedang mencari rekomendasi pantai Situbondo yang memiliki pemandangan indah, maka informasi terkait pantai pasir putih ini patut Sedulur simak baik-baik.

BACA JUGA: Coban Kedung Darmo Malang: Daya Tarik, Rute, dan Tips

Sekilas Tentang Pantai Pasir Putih Baru

pantai pasir putih baru
Unsplash/Tung Le Ba

Pantai Pasir Putih Baru merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Situbondo Provinsi Jawa Timur yang berjarak kurang lebih ±41.30 km dari Kantor Kabupaten Situbondo. Pantai Pasir Putih Situbondo ini merupakan pantai pasir putih di Selat Madura yang membentang di sepanjang pantai.

Pantai ini begitu populer bagi masyarakat Jawa Timur. Saat berkunjung ke pantai ini, Sedulur akan menemukan beragam karang dan ikan berwarna-warni di antara terumbu karang. Ombaknya yang tenang menawarkan pesona tersendiri dan memungkinkan wisatawan menjelajahi pemandangan dengan biota bawah laut.

Pepohonan yang sangat rimbun mengelilingi pantai ini. Jadi bagi Sedulur yang berkunjung pada siang hari bisa berlindung di tengah pepohonan tersebut. Pantai Pasir Putih Baru juga menjadi destinasi wisata ramah keluarga. Pengunjungnya banyak saat hari libur atau akhir pekan.

Lokasi Pantai Pasir Putih Baru

Pantai Pasir Putih Baru terletak di Jalan Raya Pasir Putih No.87, Selomukti, Mlandingan, Pandansari, Pasir Putih, Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pantai ini diberi nama pasir putih karena pantainya memiliki pasir putih lembut dengan ombak yang sangat tenang.

Ketika Sedulur berlibur ke sini, maka bisa leluasa bermain air di sekitar bibir pantai. Ombaknya sangat bersahabat, jadi cocok untuk diving, snorkeling, atau menyewa perahu.

Rute Pantai Pasir Putih Baru

Pantai Pasir Putih berada di Kecamatan Bungatan, Situbondo. Nggak sedikit masyarakat Jawa timur yang mengenal Situbondo karena keindahan pantai ini. Destinasi wisata favorit ini berjarak kurang lebih 23 km di sebelah barat Situbondo.

Untuk menuju ke sini, Sedulur bisa mengikuti rute dari Jalan Raya Besuki – Situbondo – Jalan Raya Wringin Anom – Jalan Raya Pantura.

Jam Operasional Pantai Pasir Putih Baru

Pantai Pasir Putih Baru dari dulu terkenal karena jadi tujuan favorit untuk berwisata baik dengan keluarga, teman, atau pasangan. Pantainya sangat landai dengan ombak yang tenang.

Kalau Sedulur mau ke sini, pantai ini buka setiap hari 24 jam. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pagi hari menjelang sunrise dan sore menuju sunset. Tapi Sedulur bisa datang kapan saja sesuai keinginanmu.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Baru

Seperti tempat wisata pada umumnya, ketika Sedulur mau berkunjung ke Pantai Pasir Putih Baru juga harus membayar tiket masuk. Tapi tenang, untuk harganya bisa dibilang sangat terjangkau dan Sedulur bisa bermain sepuasnya di pantai ini. Berikut informasinya:

  • Tiket masuk: Rp10.000
  • Sewa Perahu: Range Rp50.000 – Rp100.000
  • Sewa pelampung: Rp10.000

Kalau Sedulur berencana untuk menginap dan menikmati suasana malam di pantai ini, tenang saja. Pasalnya sudah tersedia juga penginapan dengan harga yang relatif terjangkau. Tarif penginapan di Pantai Pasir Putih mulai dari range harga Rp200.000 sampai Rp500.000. Sedulur bisa memilih sesuai kebutuhanmu.

Fasilitas di Pantai Pasir Putih Baru

Pantai Pasir Putih Baru menjadi objek wisata favorit di Situbondo. Di pantai ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas yang bisa mendukung kegiatan wisatamu. Jadi, Sedulur merasa nyaman dan betah di sini. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia.

  • Penginapan
  • Parkiran
  • Pusat informasi
  • Kamar mandi bilas
  • Toilet
  • Mushola
  • Spot foto
  • Rumah makan
  • Kios souvenir 
  • Toko oleh-oleh

BACA JUGA: Pantai Ngudel Malang: Lokasi, Daya Tarik, Rute, dan Harga Tiket

Daya Tarik Pantai Pasir Putih Baru

pantai pasir putih baru
Unsplash/Bob Oh

Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan pantai pasir putih di Selat Madura yang membentang di sepanjang pantai. Saat berkunjung ke pantai ini, Sedulur akan menemukan beragam karang dan ikan berwarna-warni di antara terumbu karang. Ombak yang tenang menawarkan daya tarik tersendiri dan memungkinkan wisatawan menjelajahi kehidupan bawah laut.

Nah, pemandangan matahari terbenam pun tak kalah menariknya saat Sedulur berada di tepi pantai. Banyak anak muda yang memanfaatkan efek romantis matahari terbenam untuk mengabadikan fotonya. Pantai ini jadi tempat yang cukup epik untuk memotret matahari terbit dan terbenam. 

Perpaduan warna langit dan pantai cukup indah untuk dipandang. Namun sebagian orang yang ingin melihat momen matahari terbit ada yang bermalam di tenda atau penginapan yang tersedia di ini.

Di sekitar kawasan wisata pantai terdapat berbagai tempat wisata lain seperti Bukit Pecaron. Banyak spot foto dengan pemandangan eksotis di sini yang membuat kegiatan wisatamu semakin berwarna.

Aktivitas Seru di Pantai Pasir Putih Baru

Pantai Pasir Putih Baru Situbondo menjanjikan liburan yang sungguh berbeda dibandingkan pantai lainnya. Banyak sekali aktivitas seru di tempat wisata yang harus diketahui pengunjung jika ingin berkunjung ke kawasan wisata Situbondo ini.

Bermain pasir di pinggir pantai memang menyenangkan, apalagi jika mengajak anak kecil atau keluarga besar. Permainan ini jarang ditemukan di berbagai kawasan permainan kota. Pasir putih merupakan bagian penting dan disukai oleh berbagai kalangan wisatawan di sini. 

Sedulur juga bisa bermain bersama keluarga dan teman dengan membuat rumah atau patung pasir. Salah satu keistimewaan pantai ini adalah pasirnya yang seakan menjadi taman bermain yang indah untuk anak-anak dan keluarga. 

Banyak kegembiraan tercipta di antara para wisatawan. Sedulur juga bisa naik perahu, kano, snorkeling, dan menyelam di pantai ini. Di sini pengunjung terutama anak-anak biasanya menghabiskan waktu di tepi pantai untuk mencari keong, kerang, dan ikan-ikan kecil saat air laut sedang surut.

Tips Berwisata ke Pantai Pasir Putih Baru

Mengetahui berbagai daya tarik dan aktivitas serunya, apakah Sedulur jadi penasaran dan ingin berkunjung ke Pantai Pasir Putih Baru? Tapi sebelum itu, ada baiknya Sedulur perlu tahu beberapa tips di bawah ini agar kegiatan wisatamu semakin berkesan dan lancar.

  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momenmu.
  • Bawa baju ganti, peralatan mandi, dan obat-obatan jika diperlukan.
  • Kalau Sedulur ingin menikmati sunrise dan sunset, disarankan untuk menginap sekaligus bisa menikmati suasana malam di pantai.
  • Siapkan fisik yang prima selama berwisata.
  • Taati peraturan setempat dan jangan membuang sampah sembarangan.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Pasir Putih Baru Situbondo. Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati Pantai Lon Malang.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!