pantai paseban

Bagi yang sedang merencanakan liburan namun masih bingung ingin pergi ke tempat wisata mana, cobalah berlibur ke pantai bernama Pantai Paseban. Terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pantai ini sangat cocok untuk kumpul keluarga, apalagi untuk berburu foto dan diunggah di media sosial. 

Tempat wisata ini sangat cocok untuk acara pesta keluarga dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Sedulur bisa berkumpul di sini bersama keluarga, teman, maupun pasangan dengan mencari berbagai spot foto yang sesuai dengan selera.

Jika Sedulur penasaran silahkan kunjungi pantai ini. Liburan Sedulur pasti akan semakin berkesan dan akan membuat Sedulur bahagia karena liburanmu akan menyenangkan. Tapi sebelum itu, lebih baik simak dulu informasi lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Pantai Sembilan Madura: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

Sekilas Tentang Pantai Paseban

pantai paseban
Unsplash/Agung Hendri

Pantai Paseban, destinasi eksotik yang menawarkan pesona alam luar biasa dan keindahan pantai yang memukau. Dengan pasir hitamnya yang lembut, ombak yang tenang dan pemandangan laut yang menawan, Pantai Paseban menjadi daya tarik wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam.

Pantai Paseban memiliki ombak Laut Selatan yang penuh mitos. Pantai ini terletak 50 km barat daya dari Kota Jember. Tempat ini terdiri dari pantai-pantai yang sangat panjang dan hamparan pasir lebar yang membentang dan menawarkan kesenangan tersendiri bagi para wisatawan yang berjalan di sepanjang bibir pantai. 

Banyak masyarakat setempat yang memanfaatkan tempat ini sebagai tempat Nyandra pada saat bulan Suro dan hari-hari tertentu. Paseban sekaligus dijadikan arena voli pantai bagi para pecinta olahraga. Pantai ini menawarkan nilai jual sehingga tempat ini ramai dikunjungi saat pekan raya atau malam Suro.

Pantai Paseban dikelilingi oleh pohon kelapa yang tinggi sehingga menciptakan suasana sejuk dan rindang. Pengunjung dapat menikmati bersantai di pantai, bermain air atau sekadar menyaksikan matahari terbenam yang menakjubkan di cakrawala barat laut. Selain keindahan alamnya, pantai ini menawarkan berbagai kuliner lezat di warung makan yang menyajikan ikan laut segar, tempat istirahat, dan taman bermain anak.

Pantai ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman atau pasangan saat liburan romantis. Bagi pecinta fotografi, Pantai Paseban menawarkan pemandangan menawan dengan perpaduan langit biru, air laut jernih, dan pasir putih. Tempat ini juga sering digunakan untuk foto pernikahan atau foto liburan dengan kenangan indah.

Pantai Paseban merupakan salah satu destinasi pantai yang tidak terlalu ramai sehingga menawarkan pengalaman liburan yang lebih tenang dan damai. Keindahan alamnya menjadikannya tempat sempurna untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Lokasi Pantai Paseban

Pantai Paseban sangat menarik dengan pasir hitam halus dan ombaknya yang eksotis. Berbagai aktivitas bisa dilakukan pengunjung seperti bersantai sambil menikmati panorama keindahan alam, apalagi jika berkunjung pada pagi atau sore hari dengan hembusan angin sejuk yang sejenak melepas penat dan menenangkan.

Lokasi Pantai Paseban ini berada di Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

BACA JUGA: 15 Destinasi Wisata Situbondo Paling Hits dan Populer 2024

Rute Menuju Pantai Paseban

pantai paseban
Unsplash/Azmaan Baluch

Bagi yang ingin berkunjung ke Pantai Paseban mungkin perlu mengetahui cara menuju tempat wisata ini. Jika Sedulur belum mengetahuinya, tetapi memutuskan untuk pergi ke sana, justru bisa tersesat di suatu tempat. Bagi yang ingin menuju ke pantai ini perlu mengetahui rute menuju ke sana. 

Untuk mencapai Pantai Paseban, Sedulur harus melalui jalan utama dari pusat kota Jember yaitu Jalan Lumajang-Jember lalu menuju Jalan Tanggul-Kencong. Selain jalan utama, Sedulur juga bisa berkendara di Jalan Kawi dan Jalan R.A Kartini jika jalan utama macet. 

Sedulur membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Jember menuju pantai Paseban di luar jam sibuk. Dan jika terjadi kemacetan, Sedulur bisa menggunakan dua alternatif cara seperti yang sudah disebutkan tadi untuk mencapai tempat wisata ini.

Namun, ada hal penting yang tidak boleh Sedulur lupakan yaitu keselamatan perjalanan saat menuju ke sana. Untuk akses jalan juga sudah halus bisa untuk mobil maupun motor.

Harga Tiket Masuk Pantai Paseban

Kalau Sedulur ingin datang ke sini, wajib membayar tiket masuk. Harganya juga cukup murah yaitu Rp5 ribu per orang. Wisata bahari di sini termasuk sepi ketika hari biasa. Jadi, Sedulur bisa berwisata sepuasnya dengan tenang.

Jam Operasional Pantai Paseban

Pantai Paseban buka 24 jam. Jadi, Sedulur bisa datang jam berapa saja. Tapi waktu terbaik adalah ketika pagi hari menuju matahari terbit dan sore ketika sunset. Pasti pengalaman liburanmu di sini semakin menyenangkan karena bisa menikmati panorama alam yang begitu indah.

Fasilitas Pantai Paseban

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini harus mengetahui fasilitas apa saja yang ada di sana. Dari segi fasilitas, Pantai Paseban mempunyai area yang sangat luas. Sudah terdapat toilet umum jika ingin buang air kecil atau besar. Dan kawasan ini juga sangat luas, sehingga bagi yang ingin berburu selfie. 

Pantai Paseban juga mempunyai tempat parkir yang sangat luas, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir jika berkunjung pada musim liburan. Kemudian terdapat juga restoran dan warung makan di dekat pantai jika lapar dan terdapat tempat ibadah jika ingin sholat.

BACA JUGA: Gili Ketapang Probolinggo: Lokasi, Harga Tiket, dan Fasilitas

Daya Tarik Pantai Paseban

pantai paseban
Unsplash/Bagus Ilham

Jika Sedulur ingin mengunjungi tempat wisata ini, Sedulur harus mengetahui beberapa spot foto yang bisa Sedulur gunakan untuk mengambil foto yang bagus. Di tempat wisata ini, Sedulur bisa berfoto dengan latar belakang keramaian. Kemudian Sedulur juga bisa berfoto saat berada di dalam air. 

Lalu Sedulur juga bisa memotret pemandangan indah dari sana, tapi ingat perlu membawa drone, karena lebih baik mengabadikan momen dari atas, dijamin foto kekinian milikmu bakalan keren banget. Jadi bagi Sedulur yang belum pernah ke destinasi wisata ini, cobalah berlibur bersama keluarga atau pacar, pasti pengalaman liburan Sedulur akan lebih menyenangkan. 

Selain itu, Sedulur juga bisa bermain air dan pasir di bibir pantai. Atau hanya sekadar berjemur dan beristirahat sambil santai menikmati pemandangan alam yang indah. Pasti Sedulur akan betah berlama-lama berwisata di sini.

Tips Berwisata ke Pantai Paseban

Bagi Sedulur yang ingin berlibur ke Pantai Paseban, ada beberapa hal yang harus Sedulur perhatikan sebelum berlibur di ana. Pertama-tama Sedulur perlu membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga, dan tentunya liburan tidak ada gunanya jika tidak membawa kamera. 

Selain itu, Sedulur bisa mencoba berbagai spot foto bagus di sana. Dan Sedulur juga bisa mencoba bersantai di pinggir pantai. Paling penting adalah selalu membawa perlengkapan, seperti kamera, makanan, baju ganti, dan kebutuhan lainnya. Dengan begini aktivitas Sedulur menjadi lebih nyaman dan lancar.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Paseban. Pengunjung juga bisa melihat banyak perahu nelayan yang terparkir di pesisir, sehingga sembari menikmati keindahan alam pengunjung juga bisa melihat aktivitas memancing di pinggir pantai.

Di antara sekian banyak aktivitas yang bisa dilakukan, pengunjung tidak diperbolehkan berenang di Pantai Paseban untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama saat ombak sedang besar.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati pantai ini!

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.