Wisata Pantai Ngalur Tulungagung: Lokasi, Rute, dan Harga

Unsplash/Secret Travel Guide

Tulungagung memang bukan daerah yang besar, tapi kabupaten di Jawa Timur ini terkenal dengan banyak sekali potensi wisata alamnya yang cantik. Salah satunya adalah Pantai Ngalur Tulungagung.

Pantai Ngalur merupakan pantai pasir putih yang masih sangat asri. Suasananya begitu tenang dan masih sepi, sehingga pesona alamnya masih alami. Belum lagi lokasinya yang cukup tersembunyi, membuat pengalaman berkunjung ke pantai ini seperti pantai pribadi.

Kalau Sedulur tertarik berlibur dan menikmati indahnya Pantai Ngalur Tulungagung. Mari simak informasi lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Pantai Banyu Anjlok Malang: Daya Tarik, Lokasi, & Harga Tiket

Pesona Pantai Ngalur Tulungagung

pantai selok dadap
Unsplash/Jeffrey Thumann

Pantai Ngalur adalah wisata tersembunyi di Tulungagung dengan pesona alam yang masih perawan karena belum banyak pengunjung yang datang. Sedulur pun bisa melihat kondisi pantai yang masih sangat asri dan bersih.

Kecantikan pantai ini memang terpancar dari pesona pasir pantainya yang berwarna putih bersih. Alhasil, terciptalah gradasi air laut yang sangat cantik yakni perpaduan antara biru muda hingga biru tua.

Sedulur juga bisa menikmati banyak pepohonan rindang yang masih tetap berdiri menghiasi birunya laut, hamparan pasirnya pun berwarna putih bersih juga cukup luas. Kemudian di sekitar Pantai Ngalur terdapat bebatuan karang yang eksotis sekali, seakan ikut menambah kecantikan dari pantai ini.

Langit di Pantai Ngalur pun sangat bersih, suasana alamnya sungguh sangat menenangkan. Pas banget untuk Sedulur yang ingin mengasingkan diri sejenak dari kesibukan dunia.

Namun, Sedulur harus tetap berhati-hati ketika menikmati pantai ini ya. Karena Pantai Ngalur ombak yang cukup besar karena berada di pesisir selatan Pulau Jawa.

Lokasi dan Rute

Alamat Pantai Ngalur terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Dari pusat Kota Tulungagung, pantai ini berjarak sekitar 25 kilometer. Perjalanan ke Pantai Ngalur dapat ditempuh dengan berkendara selama 1,5 jam.

Bila berangkat dari Kota Tulungagung, arahkan kendaraan ke selatan menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro, lalu teruskan melewati Jalan Raya Boyolangu. Kemudian, lanjutkan melewati Jalan Sokolimo Campurjanggran hingga sampai ke Ngepoh.

Selanjutnya, teruskan perjalanan melewati Jalan Raya Tulungagung menuju Kalitalun. Jalan tersebut akan mengantarkanmu ke Pantai Sanggar terlebih dahulu. Setibanya di Pantai Sanggar, Sedulur akan menjumpai jalan bercabang kanan dan kiri. Pilihlah cabang kiri untuk ke Pantai Ngalur.

Dari sini, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati perbukitan dan jalan setapak karena kendaraan pribadi tidak bisa lewat. Alternatif lain Sedulur bisa menggunakan jasa ojek dengan membayar sebesar Rp25 ribu.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Ngalur sangat murah yaitu gratis, itu artinya Sedulur tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Mungkin jika sudah dikelola secara maksimal dan mulai ramai dikunjungi, akan ada tarif khusus ketika mengunjungi Pantai Ngalur.

Jam operasional dari Pantai Ngalur masih sangat fleksibel, itu artinya pantai ini terbuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Namun, mengingat medan yang dilalui agar tiba di Pantai Ngalur cukup berat, maka sebaiknya datang dan pulang sebelum gelap ya.

BACA JUGA: Candi Bajang Ratu: Sejarah, Daya Tarik, Lokasi, dan HTM

Aktivitas Menarik di Pantai Ngalur

pantai bakung
Unsplash/Nofi Sofyan

Sedulur bisa melakukan banyak aktivitas menarik di Pantai Ngalur. Berikut ini diantaranya:

  • Fotografi

Pantai ini menawarkan banyak spot menarik untuk diabadikan dalam foto, baik di area pantai maupun dari atas bukit. Selain itu, pemandangan matahari terbenam dan terbit di sini juga sangat menawan.

  • Bermain di pantai

Pasir pantainya yang berwarna putih bersih dan deburan ombak yang cukup tenang membuat tempat ini ideal untuk bermain pasir, berjemur, atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai.

  • Camping

Bagi yang ingin lebih lama menikmati keindahan pantai, camping adalah pilihan yang tepat. Sedulur bisa mendirikan tenda di tepi pantai, menikmati malam di bawah langit berbintang, dan merasakan ketenangan suara ombak.

Fasilitas yang Tersedia

Meski terbilang cukup alami, beberapa fasilitas pendukung telah tersedia di Pantai Ngalur. Sejumlah warung makan dan toilet bersih bisa Sedulur temukan di sini. Di pinggiran pantai terdapat beberapa gazebo dan bale-bale yang bisa kamu gunakan untuk bersantai dan berteduh dari teriknya matahari.

Sedulur juga bisa memandang laut dari sini. Berikut ini beberapa fasilitas lain yang tersedia:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Kamar mandi umum
  • Warung makanan dan minuman

Tips Liburan Pantai Ngalur

Sebelum datang ke Pantai Ngalur Tulungagung, ada beberapa hal penting yang perlu Sedulur perhatikan. Berikut ini tips berwisata ke Banyu Anjlok.

  • Perlu kehati-hatian jika Sedulur datang bersama anak karena aksesnya yang sulit dan membutuhkan tenaga ekstra.
  • Dilarang membuang sampah sembarangan atau merusak dan mencorat-coret apapun di kawasan pantai..
  • Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah pagi hari saat air laut surut.
  • Kalau ingin berkemah, sebaiknya siapkan semua perlengkapan dengan baik termasuk bekal.
  • Bagi yang ingin memancing, wajib menggunakan cara manual sehingga tidak merusak ekosistem laut.

Oia, biar suasana jalan-jalan menikmati Pantai Ngalur makin krezi dan seru,Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Demikian tadi informasi lengkap tentang wisata Pantai Ngalur di Tulungagung. Semoga informasi ini bisa menjadi pedoman untukmu yang ingin menikmati suasana pantai alami dan asri ya.