Wisata

Pantai Mayangkara: Lokasi, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas

Liburan ke pantai merupakan agenda yang sangat menyenangkan bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Sedulur pun tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati pantai yang indah, karena Pantai Mayangkara di Gresik, Jawa Timur juga tak kalah mempesona dari pantai-pantai Pulau Dewata.

Meski namanya tak sepopuler kota besar lainnya, namun Gresik memiliki banyak tempat wisata dengan pemandangan indah. Sebagai destinasi wisata, Pantai Mayangkara memiliki ciri khas pasir putih dengan air laut yang begitu jernih hingga berwarna biru kehijauan.

Tak hanya panta pasirnya saja yang begitu cantik, tapi suasana Pantai Mayangkara juga sangat syahdu. Ada banyak pepohonan hijau yang mengelilingi pantai sehingga bisa menjadi tempat berteduh sembari menikmati suasana. Kalau Sedulur tertarik untuk liburan ke sini. Mari simak informasi lengkap mengenai Pantai Mayangkara yang sayang untuk dilewatkan!

BACA JUGA: Pantai Pasur: Lokasi, Daya Tarik, Jam Buka, dan Harga Tiket

Sekilas Tentang Pantai Mayangkara

pantai mayangkara
Pixabay/Sarahbernier3140

Pantai Mayangkara merupakan salah satu pantai yang ada di Pulau Bawean. Di destinasi wisata pantai ini Sedulur akan disuguhi pemandangan indah pasir pantai yang putih dan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Semilir angin khas pantai akan menyambut Sedulur begitu melangkah ke Pantai Mayangkara. 

Pemandangan sekitar begitu menyejukkan karena banyak pepohonan hijau yang bisa melindungi Sedulur dari cuaca panas. Pantai ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur. Menjadi tempat refreshing untuk melepas kepenatan akibat aktivitas sehari-hari. 

Jika ke Pantai Mayangkara Sedulur juga bisa mengajak keluarga, pasangan atau teman. Semakin ramai, tentu semakin seru suasana liburannya. Sebenarnya Pantai Mayangkara merupakan pantai yang sering dikunjungi wisatawan di Kabupaten Gresik. Tak sedikit wisatawan yang mengatakan bahwa pantai ini seindah pantai-pantai di Thailand atau Bali.

Lokasi Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara terletak di Kepulauan Bawean, Desa Kepuhteluk, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sekarang ini banyak wisatawan yang berlibur di Pantai Mayangkara. Tempatnya kurang lebih 500 kilometer dari jalan raya utama. Jadi akan memudahkan Sedulur untuk mencari lokasinya. 

Pantai ini telah menarik banyak perhatian baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Mulai dari berenang di pinggir pantai, bermain pasir atau duduk-duduk menikmati deburan ombak, semuanya bisa Sedulur lakukan di pantai ini.

Rute Menuju Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara terletak di Pulau Bawean. Tempatnya di Desa Kepuh Teluk, Kecamatan Tambak berjarak 500 meter dari jalan Sangkapura-Tambak, sehingga sangat mudah untuk menuju ke sana. Pulau Bawean Gresik dapat diakses melalui udara dan laut. 

Penerbangan bisa berangkat dari kota Surabaya atau kabupaten Sumenep di Madura. Sedangkan wisatawan dapat juga melewati pelabuhan Gresik dan Paciran di Kabupaten Lamongan jika ingin melalui jalur laut. 

Sesampainya di Desa Kepuh Teluk, Sedulur bisa langsung mengikuti jalan beraspal. Jalan raya dengan pepohonan di kedua sisinya membuat perjalanan menjadi sangat menyenangkan.

Jam Operasional Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara di Pulau Bawean buka 24 jam setiap harinya. Namun tidak dengan jasa transportasi penyebrangannya. Kebanyakan feri ke pulau ini berangkat pukul 09.00 WIB. Dan itu hanya tersedia pada hari-hari tertentu, begitu pula dengan pesawat terbang. 

Jadi apabila Sedulur ingin berkunjung ke Wisata Pulau Bawean harus merencanakan jadwal keberangkatan dengan sangat matang agar Sedulur bisa tiba sesuai dengan jadwal yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Pantai Mayangkara

Harga tiket masuk Pantai Mayangkara saat ini masih gratis. Jadi, kalau Sedulur ingin masuk ke pantai ini tidak dipungut biaya. Dengan begitu, Sedulur bisa bermain sepuasnya. Tapi perlu dicatat bahwa informasi tiket ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Tergantung kebijakan pengelola setempat.

BACA JUGA: Air Terjun Blawan: Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket, dan Rute

Daya Tarik Pantai Mayangkara

pantai mayangkara
Pexels/Taryn Elliott

Selain pantainya yang indah, Pulau Bawean juga dikenal dengan panorama alam lainnya seperti danau, air terjun, dan hutan tropis. Bagi pecinta alam dan pantai, Pulau Bawean merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Mayangkara merupakan salah satu pantai di Kabupaten Gresik yang sering dikunjungi wisatawan. Pantai ini sangat cocok untuk Sedulur refreshing dan bersantai. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa pantai ini tidak seindah pantai Thailand atau Bali. 

Daya tarik yang utama tentu adalah pemandangannya. Pantai Mayangkara merupakan salah satu pantai yang ada di Pulau Bawean. Pantai ini tidak terlalu luas namun memiliki pasir putih yang halus.

Jernihnya air laut membuat Sedulur betah berlama-lama bermain di sana. Pemandangan sekitar pun tak kalah indahnya, suasananya sejuk karena banyak pepohonan rimbun yang bisa melindungi Sedulur dari cuaca panas.

Selain itu, Sedulur juga bisa menikmati sunrise dan sunset di sini. Kalau Sedulur ingin menikmati sunrise, disarankan untuk datang di pagi hari sekitar pukul 05.30 WIB. Sedangkan untuk menikmati sunset, Sedulur bisa datang pada pukul 17.00 WIB. Panorama matahari terbit dan tenggelam akan memberi pengalaman tak terlupakan.

Aktivitas Seru di Pantai Mayangkara

Selain menikmati daya tarik yang ada, Sedulur juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sini. Sedulur bisa hunting foto karena banyak sekali spot yang menarik untuk diabadikan. Menyenangkan juga jika Sedulur bermain pasir atau pasir di sini. Tapi tidak disarankan untuk berenang karena ombaknya bisa cukup membahayakan. Tapi masih aman jika Sedulur ingin bermain air di bibir pantai.

Fasilitas di Pantai Mayangkara

Sebelum ke sini, Sedulur harus tahu sarana dan prasarana yang tersedia di objek wisata ini. Pantai Mayangkara selain memiliki pemandangan indah juga, bisa punya fasilitas yang cukup lengkap dan pelayanannya memadai. Berikut ini di antaranya:

  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Kamar ganti
  • Warung wisata
  • Mushola

Tips Berkunjung ke Pantai Mayangkara

Kalau Sedulur ingin mengunjungi destinasi wisata Pantai Mayangkara bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang patut Sedulur perhatikan. Dengan begitu Sedulur bisa berwisata dengan lancar. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Jangan lupa untuk memesan kamar hotel atau akomodasi jika berkunjung ke Pulau Bawean lebih dari satu hari.
  • Jangan lupa bawa keperluan pribadi, baju ganti, obat-obatan, dan lainnya.
  • Dilarang keras membuang sampah sembarangan di sekitar objek wisata ini demi menjaga keindahannya. 
  • Saat ke desa, Sedulur bisa membawa aksesoris atau makanan ringan agar dompet tidak cepat kering. 
  • Jangan lupa membawa kamera atau handphone untuk mengambil foto-foto seru. 
  • Taati aturan yang ada di lokasi setempat.

Oia, saat berkunjung ke Pantai Mayangkara sebaiknya Sedulur mempersiapkan perbekalan yang lengkapnya. Khususnya membawa air minum untuk mencegah dehidrasi saat berjalan-jalan. Air Minum Pirlo bisa menjadi pilihan untuk menemani Sedulur dalam menjelajah alam dan berwisata di Pnatai Mayangkara.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Pantai Mayangkara merupakan destinasi wisata pantai yang tak kalah indah dengan pantai yang ada Bali dan Thailand, Bangkok. Pantai ini menawarkan pemandangan pantai yang menawan. Pasir pantainya putih berpadu dengan air laut yang bening berwarna biru kehijauan.

Selain keindahan pantainya, Pulau Bawean juga terkenal dengan keindahan alam lainnya seperti hutan tropis, air terjun, dan danau. Bagi pecinta alam dan pantai, Pulau Bawean merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi.