pantai lumbung

Seperti yang kita tahu, wilayah Jawa Timur menyimpan banyak objek wisata yang benar-benar menawan. Salah satunya adalah Pantai Lumbung, yang belakangan ini sedang ramai dibicarakan oleh para penggemar destinasi wisata alam.

Panorama pantai yang ada di sini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Dijamin objek wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai, healing, dan juga menenangkan pikiran usai menjalani rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

Jadi jangan ragu untuk menjadikan Pantai Lumbung sebagai tujuan wisata di liburan yang berikutnya. Namun sebelum itu, alangkah baiknya simak dulu informasi penting yang ada di bawah ini selengkapnya!

BACA JUGA: Asyiknya Wisata ke Kebun Belimbing Tulungagung

Pesona Pantai Lumbung

pantai lumbung
Unsplash/Baehaki Hariri

Pantai Lumbung merupakan destinasi dengan pesona alam yang sangat memukau. Terletak di kawasan pesisir selatan, pantai ini dikenal dengan pasir putihnya yang luas dan air laut yang jernih. Pantai ini memiliki keindahan alam yang masih alami dan juga minim terganggu.

Hal tersebut menjadikannya sebagai tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan laut. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk aktivitas seperti berenang, berjemur, atau hanya sekadar menikmati senja di tepi pantai.

Dengan suasana yang tenang dan panorama yang menakjubkan, Pantai Lumbung merupakan destinasi yang layak dikunjungi bagi Sedulur yang mencari ketenangan dan keindahan alam di Tulungagung.

Lokasi Pantai Lumbung

Pantai Lumbung berlokasi di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung. Lokasinya yang cukup tersembunyi, membuat pantai ini cocok bagi mereka yang mencari suasana yang lebih sepi dan damai, jauh dari keramaian.

Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa sampai ke lokasi, Sedulur bisa menuju ke arah Pasar Ngunut. Ketika sampai di Pasar Ngunut, ambil arah ke Pasar Panjerejo. Lalu ikuti jalur tersebut sampai di Lok Songo, yang merupakan tanjakan berkelok-kelok.

Ikuti jalan ini sampai Sedulur menemui pasar untuk yang ketiga kalinya, yakni Pasar Puser Desa Sumberdadap. Sampai di Pasar Puser, Sedulur dapat memilih jalur untuk menuju ke Pantai Lumbung.

Nah, dari pusat Kota Tulungagung, perkiraan waktu yang diperlukan untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Lumbung sendiri, yakni kurang lebih selama 40 menit lebih perjalanan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Lumbung adalah Rp 5.000. Jangan lupa siapkan biaya tambahan untuk parkir kendaraan, sehingga kunjungan Sedulur lebih nyaman dan lancar. Selain itu, siapkan biaya untuk keperluan lain, seperti membeli makanan, minuman, dan lain sebagainya.

Jam Buka dan Jam Tutup

Pantai Lumbung buka selama 24 jam, memungkinkan para pengunjung menikmati keindahan pantai kapan saja. Dengan jam operasional yang fleksibel ini, Sedulur bisa merencanakan kunjungan sesuai dengan kenyamanan dan waktu luang yang dimiliki.

BACA JUGA: Air Terjun Kalipait: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

pantai lumbung
Unsplash/Adrian Hartanto

Dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan, kunjungan ke Pantai Lumbung pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Nah, kurang lebih berikut ini beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan di pantai yang satu ini.

  • Berenang di pantai

Nikmati segarnya air laut dengan berenang di pantai. Namun, pastikan untuk tetap berada di area yang aman dan mengikuti petunjuk keselamatan.

  • Bermain pasir

Pantai Lumbung memiliki pasir yang lembut, ideal untuk bermain pasir, membuat istana pasir, atau sekadar bersantai di tepi pantai.

  • Berswafoto

Abadikan momen-momen indah di Pantai Lumbung dengan berswafoto. Banyak spot menarik yang bisa dijadikan latar belakang foto Sedulur.

  • Berkemah

Bagi Sedulur yang suka petualangan, berkemah di pantai ini bisa menjadi pengalaman yang seru. Nikmati malam di bawah bintang-bintang dengan suara deburan ombak sebagai latar belakang.

  • Menikmati matahari terbenam

Jangan lewatkan keindahan matahari terbenam di Pantai Lumbung. Pemandangan sunset di sini sangat memukau dan menjadi momen yang sempurna untuk bersantai dan menikmati alam.

Fasilitas yang Tersedia

Pantai Lumbung menawarkan beberapa fasilitas untuk kenyamanan pengunjungnya. Dengan fasilitas-fasilitas seperti yang ada di bawah ini, pengunjung dapat menikmati liburan yang nyaman dan menyenangkan di pantai tersebut.

  • Area parkir untuk kendaraan bermotor
  • Kamar mandi dan toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung
  • Beberapa warung makan dan penjual makanan ringan
  • Area untuk berteduh seperti gazebo atau tempat duduk
  • Beberapa spot foto yang menarik
  • Area khusus untuk berkemah dengan biaya tambahan

Tips Berkunjung

Bagi Sedulur yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Lumbung, diharapkan untuk tidak mengunjungi pantai ini terlalu larut malam. Hal ini karena jalur yang harus dilalui untuk bisa sampai ke pantai terbilang curam dan juga ekstrem.

Jika ingin mendirikan tenda dan berkemah di sini, jangan lupa untuk menyiapkan segala peralatan yang diperlukan dan bekal yang cukup. Apabila ingin mengabadikan momen indah di pantai ini, jangan lupa bawa kamera dengan baterai yang masih penuh.

Karena kondisi pantai yang masih benar-benar terjaga, jangan sampai membuang sampah sembarangan. Yang tidak kalah penting, jangan pernah memberanikan diri untuk berenang bagi yang masih amatir. Hal ini karena ombak di sini terbilang cukup besar.

Mungkin hanya itu informasi penting yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Ya, Pantai Lumbung merupakan destinasi yang sempurna untuk menikmati keindahan alam dan melakukan berbagai aktivitas yang seru!

Oia, karena berkeliling di wisata di atas cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmatinya.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!