pantai lon malang

Bicara tentang objek wisata pantai di wilayah Jawa bagian timur memang tidak ada habisnya. Kali ini ada Pantai Lon Malang, yang siap dijadikan sebagai destinasi wisata untuk liburan yang berikutnya. Mungkin Sedulur tidak tahu, namun pantai ini sempat mendapat banyak kontroversi.

Akan tetapi, untung saja kontroversi tersebut justru membawa ketenaran untuk pantai yang satu ini. Tidak hanya menjadi lebih terkenal, bahkan pantai ini juga menjelma jadi salah satu objek wisata dengan jumlah pengunjung paling tinggi di Pulau Madura.

Nah, bagi Sedulur yang merasa tertarik untuk berkunjung ke Pantai Lon Malang, langsung saja simak beberapa informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Coban Parang Tejo di Malang, Wisata Air Terjun Tersembunyi

Pantai Lon Malang

pantai lon malang
Unsplash/Junel Mujar

Ketika beroperasi pertama kali pada tahun 2017, pantai yang satu ini langsung menuai banyak kritikan, khususnya dari para tokoh agama di sekitar. Ya, awalnya pantai ini memang punya nama yang lebay, namun bukan itu yang permasalahkan.

Kritikan-kritikan dari para tokoh agama muncul karena nama dari berbagai spot foto yang ada di pantai ini. Pihak pengelola dari pantai ini mengaku, jika pada awalnya mereka berniat membuat nama-nama yang nyeleneh agar pantai ini lebih cepat terkenal.

Hanya saja, reaksi yang berdatangan tidak sesuai dengan ekspektasi awal. Pemda Sampang yang mengetahui akan masalah ini, pada akhirnya membuka forum untuk mencari solusi terbaik supaya objek wisata pantai tersebut tidak terbuang sia-sia.

Setelah pertemuan dilakukan, pengelola pantai akhirnya menerima semua masukan dan mengikuti masukan tersebut di keesokan harinya. Pantai yang awalnya Cuma Kamu, diganti menjadi Lon Malang, sesuai dengan lokasi dari pantai ini.

Berikutnya, mereka juga mencabut papan-papan untuk nama spot foto yang terdengar nyeleneh, seperti Danau Asmara, Kamar Janda Mendesah, Papa Pulang Mama Basah, dan lain sebagainya. Kata Lon sendiri diambil dari kata Solon, yang artinya saluran irigasi.

Sedangkan Malang berarti melintang, sehingga maksud dari nama pantai, yakni ini menjadi tempat bermuaranya suatu saluran irigasi yang melintang milik masyarakat sekitar.

Alamat Pantai Lon Malang

Pantai Lon Malang ini beralamat di Jalan Raya Batu Lenger, Batu Lenger Timur, Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur.

Jam Buka dan Jam Tutup

Pantai yang satu ini buka setiap hari untuk umum, mulai dari pagi sampai sore hari. Hanya saja, jam operasional untuk hari biasa dan akhir pekan berbeda, dimana akhir pekan pantai ini buka lebih lama. Berikut ini informasi jam operasional dari pantai tersebut.

  • Senin: 07.30 WIB – 17.30 WIB
  • Selasa: 07.30 WIB – 17.30 WIB
  • Rabu: 07.30 WIB – 17.30 WIB
  • Kamis: 07.30 WIB – 17.30 WIB
  • Jumat: 07.30 WIB – 17.30 WIB
  • Sabtu: 07.30 WIB – 18.00 WIB
  • Minggu: 07.30 WIB – 18.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan yang tersaji di pantai ini, Sedulur tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Bisa dibilang jika harga tiket masuk ke objek wisata ini sangat murah. Hanya saja, jika Sedulur ingin menaiki berbagai wahana di dalamnya, harus menyiapkan dana tambahan.

Selain itu, Sedulur juga perlu membayar tarif parkir bagi yang datang dengan membawa kendaraan pribadi. Untuk lebih jelasnya lagi, kira-kira berikut ini dana yang harus dipersiapkan.

  • Tiket masuk: Rp8.000
  • Parkir sepeda motor: Rp5.000
  • Parkir mobil: Rp10.000
  • Wahana banana boat : Rp100.000
  • Wahana ATV: Rp20.000

BACA JUGA: Gronjong Wariti Kediri: Sejarah, Lokasi, Aktivitas, dan Harga Tiket

Daya Tarik yang Dimiliki

pantai semilir
Unsplash/Manuel Meurisse

Pantai Lon Malang mempunyai sejumlah daya tarik yang membuatnya menarik bagi para pengunjung. Bagi Sedulur yang berkunjung ke pantai satu ini, makan bisa merasakan beberapa hal menarik seperti yang ada di bawah ini.

1. Keindahan alam yang menakjubkan

Pantai Lon menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan pasir putihnya yang lembut, air laut yang jernih, dan tebing-tebing batu karang yang menghiasi sepanjang pantai. Suasana pantai yang alami dan tenang membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

2. Atmosfer yang tenang dan damai

Berbeda dengan pantai-pantai yang ramai dan padat, Pantai Lon memiliki suasana yang lebih tenang dan damai. Pengunjung dapat menikmati kesunyian pantai sambil mendengarkan suara deburan ombak dan merasakan angin sepoi-sepoi laut, menciptakan pengalaman santai yang menyegarkan.

3. Spot foto yang Instagramable

Keindahan alam Pantai Lon menciptakan banyak spot foto yang Instagramable. Mulai dari pasir putih yang bersih, tebing-tebing batu karang yang unik, hingga matahari terbenam yang memukau, pantai ini menyediakan latar belakang yang sempurna untuk mengabadikan momen-momen berharga.

4. Area untuk berkemah

Bagi suka dengan aktivitas berkemah, maka bisa menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang tepat. Sedulur bisa datang bersama teman-teman atau keluarga dengan membawa tenda atau menyewa tenda di sini. Kemudian menginap di sini dari sore sampai pagi saja.

5. Menikmati panorama sunset

Menjelang matahari tenggelam di sore hari, warna langit di pantai ini akan berubah menjadi oranye keemasan. Di bawah langit, Sedulur bisa sambil menikmati ombak air yang menderu-deru manja lengkap dengan hamparan pasir putih. Ya, melihat sunset di sini tentu memberi pengalaman yang tak terlupakan.

BACA JUGA: Air Terjun Kakek Bodo: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Fasilitas yang Tersedia

pantai lon malang
Unsplash/Deeva Sood

Wisata alam pantai yang satu ini menyediakan area lahan parkir yang terbilang lumayan luas. Hanya saja, tidak ada pembatas maupun tanda pemisah antara parkiran mobil dan motor. Jadi memang parkir untuk mobil dan sepeda motor menyatu dan terlihat kurang rapi.

Di samping itu, Pantai Lon Malang juga menyediakan berbagai macam wahana aktivitas seru yang menarik untuk dicoba. Di antaranya seperti Taman Paseser, kolam renang, camping ground, menara pandang, dermaga wisata, panggung kesenian, dan juga permainan ATV serta banana boat.

Jika merasa lapar, Sedulur juga tidak perlu khawatir karena di sini telah tersedia banyak warung lesehan yang menyajikan beragam makanan khas dari Jawa Timur yang nikmat. Fasilitas lain yang tidak kalah penting, yakni mushola untuk beribadah dan juga toilet umum.

Mungkin Sedulur tidak akan menemukan banyak toko oleh-oleh berupa makan khas Jawa Timur di wilayah pantai ini. Sebagai gantinya, di pantai ini terdapat beberapa toko souvenir yang menjual berbagai pernak-pernik lucu yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Tips Berkunjung

Jika Sedulur berencana untuk berkunjung ke Pantai Lon Malang, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mempersiapkan perjalanan agar lebih lancar dan juga menyenangkan.

  • Pastikan untuk memeriksa ramalan cuaca sebelum pergi ke Pantai Lon Malang.
  • Siapkan perlengkapan yang diperlukan seperti pakaian renang, tabir surya, topi, kacamata hitam, dan sandal pantai.
  • Penting untuk menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Ketahui dan patuhi peraturan yang berlaku di Pantai Lon Malang, termasuk larangan berenang di area yang berbahaya, larangan merusak lingkungan, dan larangan membawa alkohol atau narkoba.

Dengan daya tarik alamnya yang memukau, suasana yang tenang dan damai, dan juga beragam spot foto yang menarik, Pantai Lon Malang cocok dijadikan sebagai destinasi yang layak untuk dikunjungi bagi Sedulur yang mencari pengalaman santai dan menyegarkan di tepi pantai.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati Pantai Lon Malang.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!