Pantai Keben Blitar: Daya Tarik, Rute, Lokasi, dan Harga Tiket

Blitar tidak hanya terkenal dengan objek wisata Kampung Coklat saja. Blitar tidak hanya dikenal sebagai Kota Proklamator saja, namun juga memiliki banyak tempat wisata menarik. Bagi mereka yang menyebut dirinya sebagai anak pantai, pasti belum pernah mengeksplor sepenuhnya pantai di salah satu desa di Blitar punya banyak pantai indah, yakni Desa Ngadipuro.

Ya, desa tersebut memiliki banyak pantai indah di sepanjang jalur selatan. Salah satunya adalah Pantai Keben. Pantai ini merupakan salah satu dari sekian pantai lain di Blitar dengan panorama luar biasa. Banyak yang bilang Pantai Keben adalah pantai terbaik di Desa Ngadipuro. 

Namun untuk menikmati keindahan pantai ini harus dibayar dengan ‘harga mahal’. Pasalnya, sangat sulit akses untuk mencapai pantai ini. Pantai Keben bisa dikatakan salah satu pantai yang paling sulit diakses dibandingkan pantai lain yang biasa dikunjungi wisatawan.

Pengunjung harus melewati perkebunan tebu yang tidak dapat diakses oleh kendaraan roda empat. Kendaraan off-road diperbolehkan, namun tidak tersedia tempat parkir untuk kendaraan roda empat. Oleh karena itu pengunjung dianjurkan untuk mengendarai sepeda motor, namun hati-hati karena jalanannya sangat berbahaya.

Meski jalan menuju Pantai Keben cukup sulit, namun keindahan pantainya akan memukau. Pantai ini tidak terlalu luas, namun pasirnya lembut dan indah. Kalau Sedulur ingin ke sini, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Duta Probolinggo: Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

Sekilas Tentang Pantai Keben

pantai keben
Unsplash/Fery Andriyansyah

Pantai Keben memang tidak terlalu luas, namun memiliki pasir yang lembut dan indah. Karena tidak ada pohon besar di sekitarnya, cuaca cukup panas, jadi sebaiknya hindari datang pada siang hari. Pantai ini masih sangat sepi dan asri. Tapi karena masih sedikit wisatawan sehingga belum ada sampah. 

Tidak disarankan juga kalau ingin berkemah di pantai ini. Pasalnya terlalu berbahaya jika muncul gelombang tinggi secara tiba-tiba. Tidak disarankan juga berenang di Pantai Keben. Tidak ada ruang ganti atau tempat mencuci, dan ombaknya sangat besar serta berbahaya.

Untuk mencapai pantai ini harus melintasi perkebunan tebu yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Kendaraan off-road kalaupun bisa, namun tidak tersedia tempat parkir untuk kendaraan roda empat.

Bagi Sedulur yang belum terlalu mahir menggunakan sepeda motor, sebaiknya hati-hati karena medan cukup sulit. Tidak disarankan datang ke Pantai Keben pada musim hujan atau musim panen tebu, karena kondisi jalan yang makin sulit dan jalan yang tersedia banyak dipenuhi truk tebu.

Lokasi dan Rute Pantai Keben

Pantai Keben terletak di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Banyak yang mengatakan bahwa pantai ini adalah yang terindah di Desa Ngadipuro, namun untuk mencapainya memerlukan usaha yang tidak sedikit. Pantai ini bisa dikatakan salah satu yang paling sulit diakses dibandingkan pantai lain yang banyak dikunjungi wisatawan.

Sebenarnya jalur menuju Pantai Keben sama dengan rute ke Pantai Jebring, karena berada di satu kawasan. Tapi ada beberapa rute yang bisa Sedulur pilih.

  • Rute utama dari Kota Blitar – Kanigoro – Sutojayan – Ngeni – Ngadipuro – JLS – Arah Pantai Jebring – Ikuti petunjuk menuju ke Keben.
  • Rute Tambak dari Kota Blitar – Kademangan – Wonotirto – Tambakrejo – JLS – Arah Pantai Jebring – Ikuti petunjuk menuju ke Keben.
  • Rute Serang dari Kota Blitar – Kanigoro – Sutojayan – Panggungrejo – Serang – JLS Arah Pantai Jebring – Ikuti petunjuk menuju ke Keben.

Jalur pertama cocok bagi pengunjung dari arah barat, seperti Tambakrejo, Bakung, Kademangan, dan daerah sekitarnya. Sedangkan jalur ketiga cocok bagi wisatawan yang datang dari arah timur seperti Kesamben, Selorejo, Binangun dan Wates. Kedua jalur tersebut memiliki koneksi jalan yang cukup baik.

Rute kedua cukup berkembang karena perbaikan jalan baru-baru ini mempermudah pembangunan jalan di daerah pedesaan. Sebelum sampai di pantai, coba ikuti Google Maps untuk mencapai Pantai Jebring. Setelah Sedulur menemukan petunjuk arah ke Pantai Keben, ikuti saja.

Sesampainya di Desa Ngadipuro, Sedulur akan diberikan petunjuk arah menuju 10 pantai desa tersebut. Belok kanan ikuti jalan lalu belok kiri hingga masuk gerbang masuk Pantai Jebring. Di pertigaan, ambil jalan ke kiri menuju Pantai Keben.

Ketika sampai di ujung jalan, parkirkan sepedamu di dekat perkebunan tebu dan berjalanlah menuju pantai. Demi keamanan, sebaiknya Sedulur membawa kunci duplikat atau gembok sepeda motor.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Pantai Keben sebenarnya belum memiliki jam operasional. Jadi, buka 24 jam setiap hari. Tapi lebih baik datanglah antara pagi sampai sore saja. Datang malam hari atau bahkan berkemah tidak disarankan karena terlalu berbahaya dan belum ada fasilitas pendukung.

Sedangkan untuk harga tiketnya juga masih gratis. Sedulur tidak akan dipungut biaya. Parkir pun juga belum ada, karena tempatnya juga belum tersedia. Jadi, Sedulur bisa berwisata ke sini secara mandiri.

Fasilitas di Pantai Keben

Seperti yang sudah disinggung sedikit belumnya, fasilitas yang tersedia bisa dibilang belum memadai. Di sini belum tersedia tempat parkir, toilet, tempat bilas, warung makan, dan fasilitas pendukung wisata lainnya. Pasalnya, pantai ini masih sangat sepi dan jarang ada wisatawan datang.

Daya Tarik Pantai Keben

Meskipun secara akses terbilang cukup sulit, tapi pemandangan yang ada di sini begitu memanjakan mata. Sedulur bisa menikmati berbagai keindahan. Lantaran masih astri, suasananya seperti pantai pribadi. Berikut ini beberapa hal menarik yang bisa Sedulur nikmati di Pantai Keben.

1. Hamparan pasir putih yang luas

Pantai ini mempunyai pasir putih yang sangat luas. Keistimewaan pasir putihnya yang sangat lembut dan indah membuatnya sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini panas sekali karena di sekitar pantai tidak ada pepohonan. Untuk menghindarinya, Sedulur bisa mengunjungi pantai ini pada pagi atau sore hari.

2. Air laut bersih dan jernih

Karena belum banyak wisatawan yang berkunjung, maka tak heran jika kondisi pantai masih sangat bersih dan tidak ada sampah di sekitarnya yang merusak pemandangan. Pengunjung tidak disarankan berenang di pantai ini karena ombaknya besar dan berbahaya. Selain itu, tidak ada fasilitas sanitasi atau toilet di area pantai.

3. Suasana sejuk

Suasana di pantai ini sangat sejuk karena jauh dari pemukiman penduduk. Tapi, fasilitas pendukung di kawasan pantai belum tersedia. Sedulur bahkan tidak akan menemukan warung makan atau minuman di sini. Jika ingin mengunjungi destinasi wisata ini wajib membawa makanan dan minuman sendiri. 

Jika menggunakan roda empat, kendaraan off-road lebih cocok karena medannya sangat sulit. Di area pantai juga tidak ada tempat parkir, jadi Sedulur bisa memarkir mobil di dekat perkebunan tebu. Dapat diakses dengan kendaraan roda dua, namun perlu kehati-hatian karena medannya cukup berbahaya dan direkomendasikan untuk pengguna motor yang sudah mahir.

4. Banyak spot foto menarik 

Keindahan pantai ini memang tiada tandingannya dan terlihat sangat unik. Pantai ini berbentuk melengkung seperti bulan sabit jika dilihat dari ketinggian dan bisa menjadi spot foto menarik. Saking jernihnya airnya, Sedulur juga bisa melihat dengan jelas karang-karang di dasar pantai.

Hal menarik lainnya dari pantai ini adalah keindahan teluk yang berada di tengah laut. Di pinggir pantai Sedulur bisa berfoto dengan latar belakang teluk.

Tips Berkunjung ke Pantai Keben

Keindahan Pantai Keben memang tiada duanya jika dibandingkan dengan pantai lain di Blitar. Bahkan, disebut sebagai salah satu pantai terindah di kota tersebut. Namun, untuk menuju tempat ini juga butuh perjuangan yang gak gampang karena aksesnya yang masih sulit.

Pantainya memang belum terjamah, jadi fasilitas pun belum memadai. Kalau Sedulur mau ke sini, berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  • Disarankan menggunakan sepeda motor karena medan yang terjal dan berbahaya. Tapi jika menggunakan mobil, sebaiknya pakai mobil off-road.
  • Belum ada tempat parkir di sini, jadi parkir kendaraan di dekat perkebunan tebu dan kunci gSedulur kendaraan untuk keamanan.
  • Pastikan kondisi fisik yang prima karena medan sulit bisa membuat Sedulur cukup lelah perjalanan.
  • Disarankan datang antara pagi sampai sore, karena malam terlalu berbahaya dan belum ada fasilitas pendukung di sana.
  • Tidak dianjurkan untuk berenang karena ombak yang besar. Jika hanya ingin bermain air di bibir pantai, bawalah baju ganti. Tapi perlu diingat bahwa tidak ada toilet di sini.
  • Jangan lupa membawa tabir surya karena ketika siang cuaca sangat terik. Pasalnya, tidak ada pepohonan besar di sekitarnya.
  • Di sini belum ada penjual makanan maupun minuman, jadi lebih baik bawa bekal sendiri.
  • Karena belum ada tempat sampah, jangan meninggalkan sampah di sini untuk menjaga kebersihan dan keasriannya.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Keben. Kalau Sedulur sedang ke Blitar dan butuh spot indah untuk healing, pertimbangka pantai ini.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan stamina karena perjalanannya cukup menantang dan melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum. Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan menaklukkan tantangan saat menjelajah keindahan alam nusantara.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.