pantai goa petapa

Madura memang tidak pernah bisa lepas dari keindahan panorama alam serta objek wisata yang sangat menakjubkan. Salah satu pertama tersembunyi alias hidden gem yang ada di pulau ini yang wajib untuk dikunjungi, yakni Pantai Goa Petapa.

Bagaimana tidak, pantai yang satu ini menyajikan pemandangan pantai yang tidak biasa, dimana para pengunjung bisa bersantai dan menikmati udara sejuk di pantai, sembari melihat megahnya jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Kota Surabaya dengan Pulau Madura.

Nah, bagi yang penasaran akan pantai ini, langsung saja berikut ini beberapa informasi penting terkait Pantai Goa Petapa yang perlu untuk Sedulur ketahui!

BACA JUGA: Pantai Teluk Asmara Malang: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Pesona Pantai Goa Petapa

pantai goa petapa
Unsplash/Aurelio Marcelino

Bisa dibilang jika sebenarnya Pantai Goa Petapa ini telah diresmikan pada tahun 2019 silam, hanya saja baru populer dan banyak dibicarakan belakangan ini. Pantai ini menawarkan panorama yang menakjubkan dengan tambahan pemandangan indah dari Jembatan Suramadu di kejauhan.

Pemandangan Jembatan Suramadu dari Pantai Goa Petapa ini tentu saja menambah keindahan alam pantai dengan latar belakang jembatan yang kokoh dan megah. Terutama saat matahari terbenam atau terbit. Pemandangan ini menjadi lebih dramatis dengan permainan cahaya dari atas jembatan.

Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan arsitektur yang spektakuler secara bersamaan. Tidak heran jika pantai ini sering dikunjungi para wisatawan, baik itu lokal maupun luar daerah.

Selain itu, keberadaan gua alami di Pantai Goa Petapa menambah daya tariknya. Sedulur dapat menjelajahi gua-gua yang misterius dan menikmati suasana sejuk di dalamnya. Aktivitas ini memberikan pengalaman petualangan yang menarik bagi para pengunjung yang datang.

Lokasi Pantai Goa Petapa

Pantai Goa Petapa sendiri berlokasi di Desa Sukolilo, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Bisa dibilang jarak dari pantai ini dari Jembatan Suramadu sekitar 3 km, hanya saja para pengunjung harus menggunakan jalan yang memutar untuk bisa sampai ke pantai.

BACA JUGA: Pantai Kalanganyar di Sidoarjo: Lokasi, Harga Tiket, dan Pesona

Rute Menuju Lokasi

Unsplash/Pascal Habermann

Mulailah perjalanan dari Kota Bangkalan menuju timur laut ke arah Kecamatan Labang. Sedulur dapat mengikuti jalan utama yang mengarah ke Labang. Selama perjalanan, Sedulur akan melewati beberapa desa seperti Desa Karangsono dan Desa Kertajaya.

Teruslah mengikuti jalan utama yang menuju ke arah Kecamatan Labang. Setelah melewati beberapa desa, Sedulur akan mencapai Simpang Tiga Labang. Di sini, silahkan ambil arah ke kanan menuju Kecamatan Labang.

Jika sudah melewati Simpang Tiga Labang, teruslah mengikuti jalan tersebut hingga sampai di Desa Sukolilo. Setelah itu, silahkan ikuti petunjuk arah dan tanda-tanda jalan yang mengarah ke Pantai Goa Petapa. Sedulur juga bisa menggunakan bantuan aplikasi peta seperti Google Maps.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan yang ada di objek wisata pantai ini terbilang sangat murah. Para pengunjung tidak dikenakan tiket masuk sama sekali alias gratis. Hanya saja, nantinya diwajibkan membayar biaya retribusi parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Jam Buka dan Jam Tutup

Berbeda dari beberapa pantai di Madura yang hanya dibuka untuk pengunjung umum dari pagi sampai sore hari saja, Pantai Goa Petapa ini buka selama 24 penuh setiap hari. Dengan begitu, tentu saja Sedulur bisa datang kapan saja sesuai dengan keinginan.

BACA JUGA: Pantai Lempuyang Situbondo: Lokasi, Daya Tarik, dan Fasilitas

Fasilitas yang Tersedia

pantai goa petapa
Pexels/Tomfisk

Sebagai destinasi wisata alam, Pantai Goa Petapa memiliki fasilitas sederhana yang mendukung kegiatan wisatawan. Meskipun tidak sebanyak pantai-pantai yang lebih ramai, pantai yang satu ini tetap menyediakan beberapa fasilitas dasar untuk kenyamanan pengunjung.

Nah, berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Goa Petapa.

  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Toilet dan Kamar Mandi
  • Warung Makan
  • Area Istirahat
  • Penyewaan Alat

Peraturan di Pantai

Meskipun Pantai Goa Petapa masih tergolong alami dan belum mendapat pengawasan yang ketat, tetap ada beberapa peraturan yang harus diikuti oleh para pengunjung untuk menjaga kelestarian alam dan keamanan pengunjung.

Mulai dari pengunjung yang diharapkan untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian Dilarang merusak lingkungan alam, termasuk tanaman, satwa liar, dan ekosistem laut.

Hindari untuk mengambil atau merusak karang, batu-batu laut, atau spesies lain yang terdapat di sekitar pantai. Pengunjung juga diharapkan untuk menghormati budaya dan kebiasaan lokal yang ada di sekitar pantai.

Bersikaplah sopan dan hormati penduduk setempat serta jangan melakukan kegiatan yang mengganggu atau melanggar adat istiadat setempat.

Tips Sebelum ke Sana

Sebelum mengunjungi Pantai Goa Petapa, berikut beberapa tips yang dapat Sedulur pertimbangkan untuk bisa mendapat pengalaman liburan yang maksimal.

  • Pastikan untuk memeriksa perkiraan cuaca sebelum berangkat.
  • Bawa perlengkapan yang sesuai seperti pakaian pantai.
  • Bawa uang tunai secukupnya untuk kebutuhan selama di pantai.
  • Pastikan untuk mematuhi semua peraturan yang berlaku di pantai.

Dengan kombinasi panorama alam pantai yang menakjubkan dan pemandangan megah dari Jembatan Suramadu, Pantai Goa Petapa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan arsitektur yang luar biasa di wilayah Jawa Timur.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!