Pantai Gatra Malang: Pesona, Lokasi, Jam Buka & Harga Tiket

Unsplash/Liz Morgan

Pesisir Kabupaten Malang memang tidak pernah kehabisan spot cantik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Gatra Malang yang berada di Desa Sendang Biru, Sitiarjo, Kabupaten Malang. Pantai berpasir putih ini cocok banget menjadi pilihan untuk berlibur di akhir pekan, karena selain pemandangannya yang cantik tapi juga suasananya yang menenangkan jiwa.

Tentunya sebelum Sedulur memutuskan untuk menikmati akhir pekan di Pantai Gatra Malang. Harus ada persiapan dan mengetahui rute serta apa saja yang harus dibawa ke sana. Nah, agar tidak bingung kami sudah menyiapkan informasi lengkap tentang Pantai Gatra Malang di bawah ini.

BACA JUGA: Pantai Banyu Anjlok Malang: Daya Tarik, Lokasi, & Harga Tiket

Mengenal Pantai Gatra Malang

pantai gatra malang
Unsplash/Arief Munandar

Pantai Gatra merupakan pantai di pesisir selatan yang terletak di Desa Sendang Biru. Letaknya yang lumayan terpencil dan jauh dari pemukiman warga membuat pantai ini tidak diketahui banyak orang.

Namun, pantai ini dikelola dengan sangat baik oleh kelompok masyarakat Bhakti Alam Sendang Biru. Alhasil, kebersihan pantai membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama menikmati pantai ini.

Pantai Gatra sendiri menjadi salah satu pantai dengan gugusan pulau kecil. Pemandangannya cukup mirip dengan kawasan Raja Ampat yang begitu terkenal. Jadi tidak heran kalau pantai ini sering dianggap sebagai surga tersembunyi di selatan Malang.

Lokasi dan Rute

Lokasi Pantai Gatra Malang berada di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sitiarjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika dari pusat Kota Malang menuju ke pantai ini, jaraknya sekitar 42 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 25 menit.

Sedulur bisa memulai perjalanan dari Jalan Raya Sumbermanjing Wetan – Jalan Rajawali – Jalan Capung – Jalan Raya Sumberagung – Jalan Raya Sitiarjo. Setelah sampai di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, ikuti petunjuk arah untuk menuju pantai.

Pantai ini terletak sekitar 500 meter dari tempat pelelangan ikan Sendang Biru dan berada di dalam kawasan konservasi mangrove Sendang Biru.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Gatra terbilang cukup murah, yaitu sebesar Rp10.000 per orang. Jika ingin perjalanan wisata lebih aman, Sedulur bisa menyewa pemandu dengan tambahan biaya Rp50.000 sampai Rp100.000 per kelompok.

BACA JUGA: Keindahan Lembah Watu Pawon, Hidden Gem di Trenggalek

Daya Tarik Pantai Gatra Malang

pantai kasap pacitan
Unsplash/Ridho Ibrahim

Ada cukup banyak daya tarik yang bisa Sedulur temukan di pantai ini. Berikut beberapa diantaranya:

1. Menikmati susur pantai

Pantai Gatra memiliki pasir putih yang halus dan pemandangan yang cantik dan masih sangat asri. Sedulur bisa berjalan santai sepanjang pantai sambil menikmati pemandangan dan semilir angin. Pasti pikiran dan tubuh Sedulur akan terasa segar kembali.

2. Konservasi hutan mangrove

Kawasan hutan mangrove juga menjadi salah satu daya tarik utama pantai ini. Sedulur bisa mengunjungi hutan mangrove yang sangat alami dan asri ini. Ingat, jangan meninggalkan sampah apapun di sini ya!

3. Area berkemah

Belum puas jika hanya sebentar saja menghabiskan waktu di Pantai Gatra? Sedulur bisa juga camping di pantai ini. Jangan khawatir jika tidak punya tenda, karena ada penyewaan tenda dan alat lainnya di sana. 

Pemandangan malam di Pantai Gatra tidak kalah cantik dari pemandangan saat siang. Sedulur juga bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

4. Keindahan pulau karang

Pantai Gatra memang tidak seterkenal pantai lain di Malang. Namun, keindahan Pantai Gatra tidak bisa dianggap remeh. Ada pulau-pulau karang cantik di pantai ini yang bisa Sedulur nikmati. Sedulur bisa menyewa kayak untuk menyeberang ke pulau karang.

5. Spot foto

Banyak sekali spot foto estetik di Pantai Gatra. Sedulur bisa puas foto-foto di pantai ini. Akan sayang sekali jika momen saat di sana tidak diabadikan. Pemandangan yang menakjubkan juga akan membuat Sedulur tidak tahan untuk mengambil fotonya.

Tips Berkunjung

Datanglah lebih awal untuk mendapatkan tempat yang nyaman dan menikmati pemandangan matahari terbenam dengan lebih baik. Pastikan bawa perlengkapan yang diperlukan seperti sunscreen, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Bawa juga perlengkapan pribadi seperti handuk, pakaian ganti, dan peralatan bermain di pantai. Selain itu, jangan lupa membawa botol air minum dan makanan ringan, karena fasilitas di sekitar pantai mungkin terbatas.

Oia, biar suasana jalan-jalan serta bebertualang di Pantai Gatra juga makin krezi dan seru, Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang Pantai Gatra Malang. Semoga informasi di atas bisa jadi pedoman liburan untuk Sedulur ya!