pantai bolu bolu

Berwisata mengunjungi wisata pantai Malang Jawa Timur merupakan salah satu cara untuk menghabiskan liburan yang menyenangkan. Salah satu pantai yang bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur adalah Pantai Bolu-bolu. 

Pantai Bolu Bolu Malang merupakan destinasi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi di akhir pekan. Di pantai ini, Sedulur bisa menikmati garis pantai yang landai dan menyelam untuk melihat pemandangan bawah laut yang eksotis seperti terumbu karang dan berbagai jenis ikan.

Namun untuk sampai ke Pantai Bolu Bolu, Sedulur harus menaiki perahu terlebih dahulu. Pantai ini menawarkan panorama bawah laut yang indah, serta air laut yang jernih dan pepohonan yang hijau membuat suasana liburan semakin seru. Bila Sedulur penasaran bagaimana cara untuk ke pantai ini dan berapa tiket masuknya, langsung simak ulasan berikut.

BACA JUGA: Pantai Tamban: Lokasi, Daya Tarik, Jam Buka, dan Harga Tiket

Sekilas Tentang Pantai Bolu Bolu

pantai bolu bolu
Unsplash/Juliana Barquero

Salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Kabupaten Malang dan layak untuk dikunjungi adalah Pantai Bolu-Bolu yang bisa dikatakan sebagai surganya para pecinta snorkeling. Pantai ini merupakan tempat menyelam yang bagus dengan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Pengalaman ini pasti akan menyenangkan para pecinta snorkeling.

Namun pengunjung disarankan untuk berkemah di Pantai Bolu-Bolu jika ingin snorkeling menikmati keindahan bawah laut. Karena waktu terbaik untuk snorkeling adalah pada pagi hari. Lalu, ada perahu jukung yang berlabuh di tepi pantai pada pagi hari dan mengantarkan pengunjung ke spot snorkeling.

Pengunjung tidak perlu khawatir membawa perlengkapan snorkeling, pihak pengelola pantai menyediakan penyewaan perlengkapannya. Setelah persiapan snorkeling selesai, pengunjung dapat menyelam ke dalam air laut sedalam sekitar 7 meter.

Pengunjung juga diperkenalkan dengan keindahan terumbu karang Pantai Bolu-Bolu serta beragam jenis ikan dan biota laut.  Jangan lupa mengabadikan momen snorkeling dengan latar belakang keindahan bawah laut Pantai Bolu-Bolu dengan membawa kamera tahan air.

Sementara itu, pengunjung yang tidak menyukai snorkeling dapat menikmati alam sekitar pantai dengan menikmati berbagai kuliner yang ditawarkan oleh para pedagang di tepi pantai.

Lokasi Niagara Pantai Bolu Bolu

Pantai Bolu Bolu merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang bisa dikunjungi karena Sedulur tidak hanya bisa menikmati keindahan pantainya saja. Tapi juga dapat menyelami langsung keindahan panorama sumber daya alam bawah laut, terumbu karang, dan berbagai jenis ikan.

Lokasi Pantai Bolu-Bolu alang cukup strategis. Tapi pengunjung harus menaiki perahu untuk mencapai pantai ini. Sembari menikmati keindahan alam berlayar dengan perahu di laut, Sedulur juga bisa langsung berenang dan menikmati panorama bawah laut. Pantai Bolu Bolu sendiri terletak di Desa Purwodadi, Dusun Lenggoksono, Kecamatan Tirtoyudo, Malang.

Rute Menuju Pantai Bolu Bolu

Rute menuju Pantai Bolu-bolu juga cukup mudah. Jika Sedulur ingin mengunjungi pantai ini, Sedulur bisa mengambil jalur dari kota Malang menuju Gadang, lalu menuju ke Bululawang. Lalu lanjutkan perjalanan ke Turen. Setelah sampai di kawasan Turen, lalu Sedulur akan menuju Dampit lalu ke kawasan Tirtoyudo.

Di sini Sedulur akan menemukan pertigaan dan belok kanan menuju Desa Lenggoksono atau Desa Purwodadi. Jadi sesampainya di sini, Sedulur bisa menjangkau Pantai Lenggoksono dan pantai berpasirnya yang luas.

Akses menuju Pantai Bolu-bolu tidak berhenti sampai disitu saja, petualangan Sedulur selanjutnya adalah menggunakan perahu yang disediakan Pantai Lenggoksono menuju Pantai Bolu-bolu. Selama 20 menit perjalanan dengan perahu, Sedulur bisa bersantai di tepi laut menikmati keindahan laut biru kehijauan dan hijaunya pepohonan khas lautan.

BACA JUGA: Pantai Pulodoro: Pesona, HTM, Rute, dan Aktivitas Serunya

Harga Tiket Masuk Pantai Bolu Bolu

pantai bolu bolu
Unsplash/Nathan Farrish

Untuk masuk ke Pantai Bolu Bolu, tentu Sedulur perlu membayar retribusi atau tiket masuk. Nggak hanya tiket saja, Sedulur juga perlu menyediakan uang untuk menyeberang menggunakan perahu. Tapi tenang, bisa dibilang harganya relatif sangat terjangkau dan nggak bikin kantong jebol:

  • Tiket masuk Pantai Lenggoksono: Rp5.000 per orang
  • Biaya perahu untuk menyeberang: Rp50.000 per 11-12 orang
  • Tiket masuk Pantai Bolu Bolu: Rp5.000 per orang

Jam Operasional

Sementara untuk jam operasional pantai 24 jam. Jadi, Sedulur bisa datang kapan saja. Tapi waktu terbaik adalah ketika pagi hari menuju sunrise dan sore sebelum sunset. Bahkan, Sedulur juga bisa camping di sini karena di lokasi ada yang menyewakan peralatannya.

Fasilitas di Pantai Bolu Bolu

Dari segi pelayanan tidak ada bedanya dengan destinasi wisata alam yang masih terpencil lainnya. Meski lokasi Pantai Bolu-bolu cukup tersembunyi, namun fasilitas yang ditawarkan cukup memadai kok. 

Fasilitas yang ditawarkan mulai dari spot snorkeling, spot berenang, spot camping, perahu, perlengkapan snorkeling, dan masih banyak lagi. Tapi selain itu, di sini juga sudah tersedia fasilitas lain untuk mendukung kenyamanan berwisata Sedulur. Berikut di antaranya:

  • Penjual makanan

Meski merupakan pantai yang tidak berpenghuni, namun Sedulur masih bisa menemukan beberapa penjual makanan di tepi pantai untuk makan siang atau sore hari. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, dan aneka minuman panas/dingin, semuanya tersedia.

  • Alat snorkeling

Harga sewa alat snorkeling di pantai ini sekitar Rp50.000 per orang. Sedulur pun bisa menyelami keindahan pantai dengan terumbu karang dan ikan-ikan yang indah. Waktu terbaik untuk snorkeling adalah pagi hari.

  • Kamar mandi

Untuk menunjang kenyamanan wisatawan setelah berenang atau menyelam, pihak pengelola pantai telah menyediakan ruang bilas atau mandi yang dapat diakses 24 jam. Namun tempatnya hanya dua, sehingga jika pengunjungnya banyak, misalnya saat hari raya, atau musim liburan harus bersabar dalam antrean.

BACA JUGA: Pantai Ngudel Malang: Lokasi, Daya Tarik, Rute, dan Harga Tiket

Daya Tarik Pantai Bolu Bolu

Pantai payangan
Unsplash/Tamara Bellis

Pantai ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Sedulur bisa menikmati berbagai keindahan yang tersedia di sini. Kira-kira apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Keragaman biota laut

Kalau Sedulur suka dengan snorkeling untuk melihat biota laut, dijamin Sedulur nggak akan kecewa dan puas snorkeling di sini. Pasalnya terumbu karangnya sangat indah dan masih terjaga. Sedulur pun bisa melihat berbagai jenis ikan yang indah.

2. Pasir putih bersih

Pasir di pantai ini berwarna putih dan bersih yang luas. Sedulur bisa menikmati hangatnya pasir tanpa alas kaki di sepanjang pantai. Nikmati sekali ketika berjalan-jalan tanpa alas kaki di pinggir pantai.

3. Bukit untuk melihat sunrise

Disebut sebagai Bukit Sunrise, karena dari puncak bukit ini, Sedulur bisa melihat matahari terbit di pagi hari. Bukit ini juga menjadi lokasi yang sempurna untuk berfoto saat sunrise.

4. Pepohonan rindang

Deretan pepohonan yang hijau dan rindang di area pantai menambah suasana damai dan menyejukkan. Sedulur bisa meringkuk di bawahnya menikmati keindahan alam di hadapan Sedulur atau melindungi diri dari terik sinar matahari di siang hari. 

5. Keindahan pantai

Pantai Bolu-bolu mempunyai pantai yang indah. Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk berenang dan tempat yang bagus untuk bersantai. Tapi Sedulur juga tidak harus berenang, tapi bisa berjalan-jalan di pantai, bermain pasir, tidur di pasir atau sekedar berfoto.

Aktivitas Seru Pantai Bolu-bolu

Gak hanya bisa menikmati keindahan dari berbagai daya tarik pantai, Sedulur pun bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sini. Jadi, Sedulur nggak akan kehabisan ide untuk menikmati wisata pantai yang ada di sini. Berikut beberapa kegiatan yang bisa Sedulur lakukan.

1. Snorkeling

Destinasi wisata ini wajib dikunjungi oleh para penyelam atau pecinta snorkeling. Tempat ini sangat cocok untuk menyelam karena suasananya yang tenang dan ombaknya yang bersahabat.

Saat menyelam, Sedulur berada dekat dengan ikan-ikan karena air lautnya dangkal. Berbagai ikan hias laut dan karang dapat ditemukan di pantai ini. Pantai ini adalah salah satu dari sekian banyak tempat di mana Sedulur bisa snorkeling. Sedulur bisa melihat formasi terumbu karang di sini.

2. Berkemah

Berkemah di pinggir pantai Sedulur bisa menikmati suasana pantai di malam hari, yang membuat liburanmu di Pantai Bolu-bolu menjadi menarik. Pastinya akan menjadi pengalaman unik. Tempat ini memiliki lokasi perkemahan yang aman, jadi Sedulur tidak perlu khawatir.

3. Berenang

Ombak di Pantai Bolu-bolu sangat tenang dan landai. Jadi, cocok untuk Sedulur berenang atau hanya sekadar bermain air. Bagi yang tidak bisa berenang namun ingin menikmati keindahan bawah laut pantai, tenang saja air pantai di sini sangat jernih jadi Sedulur bisa melihat terumbu karang tanpa harus menyelam.

4. Swafoto

Tentu saja mengabadikan momen liburanmu sangat penting. Pasalnya di sini Sedulur nggak akan kehabisan lokasi untuk berswafoto. Pasti Sedulur memiliki banyak momen menyenangkan.

Tips Berwisata ke Pantai Bolu Bolu

Sebelum Sedulur berangkat ke Pantai Bolu-bolu, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Dengan begitu bisa mendukung aktivitas wisatamu dengan nyaman. Berikut ini beberapa tips berwisata ke Pantai Bolu Bolu.

  • Bawalah kamera untuk mengabadikan kegiatan wisatamu.
  • Bawa uang cash secukupnya karena lokasi pantai terpencil jauh dari ATM.
  • Bawa baju ganti, peralatan mandi, dan obat-obatan untuk berjaga-jaga.
  • Jika Sedulur ingin memaksimalkan liburanmu di sini, tersedia jasa agen wisata agar Sedulur tidak perlu repot menyiapkan segala kebutuhan wisatamu.
  • Hormat peraturan setempat dan jangan buang sampah sembarangan. Jagalah kebersihan pantai.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Bolu Bolu. Oia, supaya menikmati suasana pantai ini semakin nyaman dan Sedulur terbebas dari dehidrasi, sebaiknya mempersiapkan perbekalan untuk mengatasi haus dengan membawa Pirlo Air Mineral.

Pirlo merupakan air minum dalam kemasan yang sangat mudah dibawa kemana saja dengan kandungan mineral murni yang menyegarkan. Pirlo Air Mineral bisa dengan mudah ditemukan serta tersedia di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.